10 Tempat Wisata Alam di Jawa Timur yang Memesona

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jawa Timur memang terkenal memiliki banyak objek wisata alam yang menarik. Berbagai wilayah yang ada di Jawa Timur memang sering menjadi destinasi wisata para wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan alam yang disajikan oleh salah provinsi yang ada di Indonesia ini memang cukup beragam.

Bila kamu bingung dalam menentukan tempat wisata alam yang cocok untuk menghabiskan waktu liburanmu. Kali ini Bacaterus telah rangkum 10 tempat wisata alam yang ada Jawa timur yang mempesona dan wajib untuk dikunjungi. Berikut adalah daftarnya:

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan ikon wisata dari Jawa Timur yang sudah terkenal sampai ke mancanegara. Gunung Bromo adalah objek wisata paling populer di Jawa Timur. Gunung dengan ketinggian 2.329 mdpl ini memang menawarkan pengalaman liburan yang menarik bagi para wisatawan.

Pengunjung dapat menyaksikan keindahan alam yang unik berupa hamparan gurun pasir yang terbentang luas. Serta pemandangan alam yang indah dari puncak gunung Bromo yang eksotis. Bila kamu berkunjung ke Jawa Timur, maka objek wisata gunung Bromo adalah pilihan yang tepat untuk menikmati wisata alam

  • Harga tiket : Rp29.000 – Rp320.000
  • Jam operasional : 24 jam
  • Alamat : Area Gunung Bromo,Podokoyo, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur

2. Kawah Ijen

Kawah Ijen

Berbicara wisata alam yang ada di Jawa Timur. Kawah Ijen merupakan tempat wisata alam selanjutnya yang wajib dikunjungi bila kamu sedang berpelesir ke Jawa Timur. Salah satu yang paling populer di Kawah Ijen tentu adalah Blue fire yang merupakan salah satu fenomena alam yang menakjubkan. Hanya saja untuk melihat Blue fire,  wisatawan harus berangkat pukul 01.00 atau 02.00 pagi hari.

  • Harga tiket : Rp7500 – Rp150.000
  • Jam operasional : 24 Jam
  • Alamat :Taman Nasional Baluran. Ijen terletak dalam tiga bagian kabupaten, yaitu Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi, Jawa Timur.

3. Pantai Klayar

Pantai Klayar

Pantai memang menjadi tempat wisata paling digemari oleh banyak orang. Salah satu pantai yang ada di Jawa timur ini bernama pantai Klayar. Pantai Klayar memang memberikan pemandangan eksotis deburan air ke udara. Pengunjung dapat merasakan sensasi segar cipratan air di udara. Selain itu para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan batuan karang yang indah.

Pantai yang memiliki ombak besar ini memang cukup menarik karena pengelolaannya yang baik. Hanya saja bagi pengunjung yang suka berenang tempat ini mungkin kurang cocok mengingat ombaknya yang cukup besar dan terus berubah-ubah.

  • Harga tiket : Rp10.000
  • Jam operasional : 24 Jam
  • Alamat : Kalak, Sendang, Donorojo, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554, Indonesia

4. Gili Labak

Gili Labak

* sumber: pantainesia.com

Bila kamu sedang ke Madura, maka objek wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berwisata alam. Bernama Gili Labak, objek wisata yang berada di kawasan Sumenep ini memang menawarkan keindahan yang tak kalah dengan objek wisata alam lain yang ada di Indonesia.

Untuk bisa sampai ke Gili Labak pengunjung bisa menggunakan perahu motor dengan tarif sewa sebesar Rp350.000/15 orang. Di tempat itu para wisatawan bisa melakukan aktivitas seperti berenang atau snorkeling. Berada di lokasi yang terpencil Gili Labak memang terlihat masih asri karena jarangnya wisatawan ke tempat tersebut.

  • Harga tiket : –
  • Jam Operasional : 24 Jam
  • Alamat : Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

5. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran berada di dua wilayah administasi yaitu Situbondo dan Banyuwangi. Taman Nasional Baluran memang sangat menarik untuk dikunjungi. Para wisatawan yang datang ke tempat ini akan disuguhkan dengan pemandangan menarik berupa sabana yang sangat luas.

Pada musim hujan, kawasan sabana ini akan berubah menjadi kawasan hijau yang dipenuhi dengan aneka satwa. Bila kamu kebetulan berkunjung ke wilayah Jawa Timur, maka jangan sampai melewatkan wisata alam yang satu ini.

  • Harga tiket : Rp15.000,00- Rp225.000,00
  • Jam operasional  : 07.30-16.30 WIB
  • Alamat : Desa Wonorejo, Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur

6. Gua Gong

Gua Gong

*

Gua Gong adalah gua stalaktit dan stalakmit yang memiliki pemandangan indah berupa ukiran gua yang terbentuk secara alami. Gua Gong memang menjadi wisata alam yang menarik yang ada di Jawa Timur.

Di gua Gong pengunjung dapat mendengar beberapa bagian batu di gua yang akan berbunyi nyaring ketika mendapat hentakan. Gua Gong memang bisa menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin menikmati keunikan alam cintaan Tuhan.

  • Harga tiket : Rp5000
  • Jam operasional : 24 jam
  • Alamat : Desa Widoro, Donorojo, Bolo, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554

7. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade

* sumber: blogkulo.com

Salah satu objek wisata yang satu ini memang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Di pantai Sukamade pengunjung tidak hanya akan disuguhkan pemandangan laut yang indah dengan pasir pantainya yang putih. Namun juga kehadiran ratusan ekor anak penyu.

Berbeda dengan kawasan wisata pantai lainnya. Di pantai ini wisatawan dibawa untuk mencari penyu yang akan bertelur di malam hari. Wisatawan sendiri akan didampingi oleh para petugas yang akan menunjukan aktifitas tak biasa di pesisir pantai.

  • Harga tiket : Rp7500
  • Jam Operasional : 24 jam
  • Alamat : Dusun Sukamande, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

8. Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo

Salah satu objek wisata alam lain yang dapat memukau para pengunjung adalah Air terjun Coban Rondo. Air terjun ini memiliki debit air yang cukup deras sehingga mampu menimbulkan sensasi seperti kabut dingin.

Air terjun yang terletak di kaki gunung ini memang menawarkan landscape yang dapat memanjakan mata pengunjung. Para pengunjung dapat berswafoto di banyak titik lokasi karena pemandangannya yang indah. Air terjun Coban Rondo pun bisa menjadi alternatif wisata alam yang ada di Jawa Timur yang wajib kamu kunjungi.

  • Harga tiket : Rp15.000,00- Rp18.000,00
  • Jam operasional : 07.00-17.00 WIB
  • Alamat : Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa

9. Pantai Plengkung atau G-Land

Pantai Plengkung atau G-Land

* sumber: pantainesia.com

Pantai Plengkung atau kerap dijuluki dengan nama G-Land merupakan pantai yang memiliki ombak besar. Pantai yang sering dipakai untuk kejuaraan selancar tingkat dunia ini memang menawarkan pemandangan laut yang eksotis.

Ombak yang ada di pantai Plengkung ini dikenal sebagai salah satu ombak terbaik yang ada di dunia. Pantai yang kerap dikunjungi oleh wisatawan asing ini memang bisa menjadi pilihan tepat bagi para wisatawan yang menyukai olahraga berselancar.

  • Harga tiket : Rp5000
  • Jam operasional : 24 jam
  • Alamat : Purworejo, Kalipait, Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia

10. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

Salah satu air terjun tertinggi yang ada di Indonesia ini tentu tak bisa dilewatkan begitu saja bila kamu sedang berada di Jawa Timur. Air terjun Madakaripura menawarkan keindahan berupa air terjun setinggi 200 meter. Lokasi air terjun yang berada di perbukitan menawarkan pemandangan lain yang dapat memanjakan mata.

Meskipun untuk bisa sampai ke dasar air terjun membutuhkan  waktu yang cukup panjang. Namun sesampainya di dasar air terjun pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan sensasi menyegarkan.

  • Harga tiket : Rp11.000
  • Jam Operasional : 24 Jam
  • Alamat : Sapih, Branggan, Lumbang, Probolinggo, Jawatimur, 67183

Nah, 10 tempat wisata alam yang ada Jawa timur yang mempesona dan wajib untuk di kunjungi. Nantikan informasi menarik lainnya yang akan Bacaterus bahas untuk kamu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *