10 Wisata Alam di Magelang yang Unik dan Instagramable

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Wisata di Kota Magelang bukan hanya Candi Borobudur, ada banyak destinasi wisata yang menarik yang dapat kamu kunjungi saat bertandang ke kota Magelang. Ada begitu banyak pemandangan alam yang indah yang tersaji di Kota Magelang yang wajib kamu jelajahi.

Ingin tahu apa saja wisata alam di Magelang yang menarik? Berikut ini beberapa destinasi wisata alam di Kota Magelang yang dapat kamu kunjungi.

1. Gardu Pandang Silacur – Kaliangkrik

Gardu Pandang Silacur – Kaliangkrik

Gardu Pandang Silacur merupakan destinasi wisata alam yang letaknya berada di kaki gunung. Tempat ini merupakan tempat yang dengan pemandangan pegunungan yang menakjubkan. Panorama alam dari pegunungan dan taman bunga sangat cocok untuk digunakan untuk tempat berswafoto.

Selain lanskap pegunungan dan taman bunga, kamu juga dapat menikmati indahnya matahari terbit dengan warnanya yang keemasan di pagi hari. Waktu terbaik untuk kamu mengunjungi tepat ini adalah di pagi hari, kamu akan mendapatkan suasana yang akan merasa takjub.

Di Gardu Pandang ini juga tersedia tempat untuk berkemah jika kamu ingin melihat matahari terbit. Suhu di gardu pandang ini cukup dingin, jadi kamu jangan lupa untuk menyiapkan jaket tebal agar tidak kedinginan. Kondisi yang prima sangat dibutuhkan saat mengunjungi gardu pandang ini.

  • Alamat: Dusun dadapan, Ds. Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab Magelang, Prov. Jawa Tengah
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM:Rp5.000

2. Wisata Kulon Ndeso – Muntilan

Wisata Kulon Ndeso - Muntilan

Jika kamu ingin berlibur dengan suasana desa yang tenang dan asri, kamu wajib datang ke destinasi wisata ini. Sebuah destinasi yang berada di pedesaan dengan pemadangan dari pesawahan yang akan menghilangkan penat. Wisata alam yang melestarikan kearifan lokal dari masyarakat setempat.

Destinansi wisata ini berlokasi di daerah Muntilan, merupakan wisata yang dikembangkan oleh masyarakat. Satu daya tarik dari wisata di Kulon Ndeso adalah adanya jembatan bambu yang membentang di persawahan nan hijau. Spot ini sering dijadikan tempat untuk berswafoto oleh turis.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah dipagi hari, saat itu udara masih segar dan belum terlalu ramai oleh pengunjung. Kamu harus hati-hati saat berjalan, karena jembatannya tidak memiliki pagar di sisi kanan ataupun kirinya. Kamu harus hati-hati agar tidak jatuh ke sawah.

  • Alamat: Jl. Soko No. 2, Ds. Suko 2, Kec. Muntilan, Kab Magelang, Prov. Jawa Tengah
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Rp5.000

3. Air Terjun Kedung Kayang – Sawangan

Air Terjun Kedung Kayang – Sawangan

Air Terjun Kedung kayang menawarkan keindahan alam yang masih asri tenang. Air terjun ini. Ketinggian dari air terjun ini sekitar 40 meter, selain itu air yang jatuh di air terjun ini juga terbilang cukup deras. Kamu juga akan mendapatkan suasana yang sejuk disekitaran air terjun ini.

Tempat yang menjadi tempat favorit untuk memandang  dari air terjun ini, adalah sebuah gardu pandang. Gardu pandang ini terletak di atas sebuah pohon dengan panorama air terjun yang menakjubkan. Untuk berfoto di gardu pandang itu kamu harus membayar 10 ribu rupiah.

  • Alamat: Wonolelo, Kec. sawangan, Kab Magelang, Prov. Jawa Tengah
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp6.000

4. Ketep Pass – Sawangan

Ketep Pass - Sawangan

Ketep Pass merupakan destinasi wisata yang berada di Puncak Bukit Sawangan, dengan hawa sejuk khas pegunungan yang menyelimutinya. Ketep Pass menawarkan panorama yang luar biasa, di empat penjuru mata angin kamu dapat melihat panorama dari lima gunung yang mengelilinginya.

Gunung-gunung yang dapat kamu lihat tersebut adalah, Gunung Merapi, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro. Banyak wistawan yang datang pagi hari demi dapat mengambil menggambar matahari terbit. Perlu diingat bahwa suhu cukup dingin saat pagi hari.

Di tempat ini ada sebuah tempat yang memungkin kamu untuk melihat kelima gunung tersebut dengan jelas. Tempat itu bernama Panca Arga, yang berarti lima gunung. Selain itu ada juga Museum Vulkanologi, tempat kamu dapat melihat sejarah dari Gunung Merapi.

  • Alamat: Jl Ketep, Ds. Ketep Kec. Sawangan, Kab Magelang, Prov. Jawa Tengah
  • Jam buka : 06.00 – 17.00 WIB
  • HTM: (Domestik Weekday) Rp10.500, (Weekend) Rp12.500, (Mancanegara Weekday) Rp50.000, (Weekend) Rp60.000

5. Dewari Park – Salam

Dewari Park – Salam

Dewari park merupakan sebuah taman bunga yang luasnya mencapai 2800 meter. Taman bunga ini terkenal dengan taman bunga mataharinya yang sering digunakan sebagai tempat untuk berswafoto. Tempatnya yang berada di pedesaan menambah nilai tambah karena ketenangan dan keasriannya.

Waktu yang disarankan untuk datang kesini adalah di pagi dan sore hari, pada waktu itu kamu akan mendapatkan foto yang lebih indah. Taman ini masih dalam tahap pengembangan agar kamu dapat mengambil foto dengan spot-spot foto yang lebih menarik.

  • Alamat: Kradenan, Baturono, Kec. Salam, Kab Magelang, Prov. Jawa Tengah
  • Jam buka: 08.00 – 18.00 WIB
  • HTM: Rp5.000

6. Balkondes Ngadiharjo – Borobudur

Balkondes Ngadiharjo – Borobudur

Balkondes merupakan singkatan dari Balai Ekonomi Desa, merupakan program dari Kementrian BUMN untuk meningkatkan pendapatan daerah dengan meningkatkan kunjungan wisata. Balkondes Ngadiharjo letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur, sekitar 5 km berada di Dusun Ngabean.

Balkondes Ngadoharjo menawarkan pemandangan perbukitan yang mengelilinginya. Di tempat ini kamu bisa menikmati keindahan dari matahari terbit dan tenggelam diantara gunung-gunung.  Daya tarik dari Balkondes ini selain dari pemandangannya adalah keunikan arsitektur dari bangunannya.

Terdapat spot-spot foto dengan pemandangan alam yang menarik  yang sayang kamu lewatkan.  Ada juga kuliner khas dari Balkondes ini yang harus kamu coba yaitu Mie entok dan minuman kopi kapulaga. Selain itu juga ada cemilan khas dari desa Ngadiharjo yang terbuat dari singkong yaitu jet coolet.

  • Alamat: Ngabean, Ds. Ngadiharjo, Kec. Borobudur, Kab Magelang, Prov. Jawa Tengah
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Bergantung kamar yang disewa

7. Gunung Andong – Ngablak

Gunung Andong – Ngablak

Pagi orang yang senang dengan kegiatan naik gunung, tempat ini wajib kamu coba datangi. Gunung Andong cocok bagi para pendaki pemula karena ketinggian dari gunung ini kurang dari 2000 mdpl. Pendakian menuju gunung ini dapat kamu tempuh dalam waktu 1-2 jam.

Di puncak Gunung ini, Kamu hanya cukup membalikan badan, maka kamu dapat melihat banyak puncak gunung. Pucak gunung itu antara lain Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, Ungaran, Prau, dan Gunung Telomoyo. Selain pegunungan, kamu juga akan melihat bentang alam dari Kota Magelang.

  • Alamat: Ds. Girirejo, Kec. Ngablak, Kab Magelang, Prov. Jawa Tengah.
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Rp5.000

8. Sendang Mudal – Sawangan

Sendang Mudal - Sawangan

Sedang Mudal merupakan tempat sumber mata air, tempat ini menjadi terkenal karena kejernihan  dan kesegarannya. Kejernihan dari sumber mata air ini, sehingga kamu dapat melihat dasar kolam yang berpasir. Kedalaman dari sendang ini hanya sebatas pinggang orang dewasa.

Kejernihan dari sumber mata air ini, sangat bagus untuk orang yang senang dengan fotografi di bawah air. Sumber mata air ini airnya selalu mengalir sehingga sirkualsi air dalam sendangnya selalu terjaga kesegarannya. Jika mengunjungi sendang ini kamu harus tetap menjaga kebersihannya.

  • Alamat: Ds. Butuh Kulon, Kec. Sawangan, Kab Magelang, Prov. Jawa Tengah
  • Jam buka: 07.00 – 18.00 WIB
  • HTM: Rp5.000

9. Tok Ngudal Lanang – Candimulyo

Tok Ngudal Lanang – Candimulyo

Bagi pencinta fotografi bawah air kamu harus mempersiapakan kameramu untuk tempat wisata di jawa tengah yang satu ini. Sebuah telaga yang memiliki air yang bening dan jernih seperti kaca, membuat mu serasa dalam sebuah akuarium. Kamu dapat melihat dasar kolam yang dihiasi bebatuan berkat kejernihannya.

Tok Ngudal Lanang ini bersebelahan juga dengan telaga yang airnya jernih juga yaitu Tok Ngundal Wadhon. Telaga ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah sehingga tidak ada biaya restribusi. Sekalipun begitu kita tetap harus menjaga kebersihan tempat ini.

  • Alamat: Ds. Tampir Kulon, Kec. Candimulyo, Kab Magelang, Prov. Jawa Tengah
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Gratis

10. Bukit Rhema – Borobudur

Bukit Rhema – Borobudur

Bukit Rhema ini terkenal karena terdapat sebuah gereja dengan arsitekturnya yang unik, dan letaknya yang berada disebuah bukit. Keunikan dari gereja ini sudah terkenal hingga mancanegara, hal itu dikarenakan struktur bangunan ini yang  tidak memiliki pilar pada  bagian tengahnya.

Kamu dapat menikmati indahnya pemandangan dari bukit ini dengan menyantap makanan tradisional yang terdapat di sebuah kedai yang letaknya berada dibagian belakang dari gereja ayam ini. Dari puncak bangunan gereja ini kamu dapat melihat kemegahan Candi Borobudur dari ketinggian.

  • Alamat: Dusun Gembong, Ds. Kembanglimus Kec. Borobudur, Kab Magelang, Prov. Jateng
  • Jam buka: 05.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Domestik Rp20.000, Mancanegara Rp30.000

Indahnya pemadangan dari kota Magelang tidak akan membuat kamu menyesal telah singgah di kota ini. Pastikan waktu yang tepat saat kamu datang berkunjung ke setiap destinasi wisata untuk mendapatkan momen terbaik. Siapkan kamera untuk menangkap setiap keindahan alam yang tersaji di Kota Magelang ini ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *