10 Destinasi Wisata Alam di Jawa Tengah yang Memesona

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Provinsi di Pulau Jawa yang dikenal sebagai ‘jantungnya’ budaya Jawa terletak di Provinsi Jawa Tengah. Provinsi dengan Ibu kotanya adalah Semarang ini menyimpan banyak hal menarik yang bisa di-explore. Selain wisata budaya dan sejarah, ada pula wisata alam yang sangat menarik.

Jawa Tengah memiliki luas wilayah 32.548 km2 dan terdiri dari gunung-gunung tinggi serta wisata bahari yang sangat memesona. Jawa Tengah seringkali dijadikan sebagai destinasi untuk liburan yang tidak terlalu jauh dari Ibu kota, Jakarta. Kali ini, Keluyuran akan merekomendasikan 10 destinasi wisata alam yang paling asyik. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir

* sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

Bukit Sikunir adalah salah satu destinasi wisata di Dieng, Wonosobo, yang paling banyak diminati traveler dari dalam dan luar Jawa Tengah. Bukit yang terletak di desa tertinggi di Pulau Jawa ini memiliki ketinggian 2.306 meter di atas permukaan laut, dan dikenal dengan golden sunrise yang paling dinanti oleh traveler.

Mendaki Bukit Sikunir hanya memakan waktu satu hingga satu setengah jam saja. Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Sikunir adalah ketika musim kemarau, dan waktu pendakian paling tepat pada waktu subuh sebelum matahari terbit. Dari puncak bukit, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit berlatar gagahnya Gunung Sindoro.

  • Alamat: Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
  • Operasional: 02.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp10.000/orang

2. Gunung Prau

Gunung Prau

Satu lagi spot golden sunrise di Dieng, Wonosobo. Gunung Prau dengan ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut. Gunung Prau dapat didaki melalui dua jalur resmi yaitu jalur Patak Banteng serta jalur Dieng. Kedua jalur menuju Gunung Prau memiliki keunikannya masing-masing. Jalur Patak Banteng lebih terbuka, sedangkan jalur Dieng kamu perlu melalui hutan.

Pendakian ke puncak Gunung Prau dari Patak Banteng lebih singkat, hanya membutuhkan waktu 2 – 4 jam saja, tetapi dengan jalur yang cukup terjal dan terus menanjak. Sedangkan Dieng, memiliki jalur yang lebih landai, dan membutuhkan waktu 6 jam pendakian.

Gunung Prau dikenal dengan puncaknya yang luas dan dari sini, kamu bisa melihat gagahnya Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan dari kejauhan terlihat Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

  • Alamat: Bakulan, Dieng, Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp15.000/orang

3. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung tinggi di Jawa Tengah. Gunung Merbabu terletak di empat kabupaten. Diantaranya, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Semarang, serta Kota Salatiga. Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut, dengan lima jalur pendakian.

Jalur pendakian Gunung Merbabu yang paling favorit di kalangan pendaki adalah via Selo yang terletak di Kabupaten Boyolali. Jalur lainnya ada Wekas di Kabupaten Magelang, Kopeng Cunthel di Salatiga, Kopeng Thekelan di Kabupaten Semarang, dan Suwanting di Kabupaten Magelang. Gunung Merbabu dikenal dengan sabana yang luas dengan pemandangan Gunung Merapi.

  • Alamat: Suroteleng,Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp15.000/orang

4. Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa

Karimunjawa merupakan sebuah pulau yang terletak di pesisir utara Jawa Tengah dan masuk ke dalam bagian dari Kabupaten Jepara. Taman Nasional Karimunjawa terdiri dari 27 pulau-pulau kecil yang memesona. Karimunjawa sangat dikenal dengan biota laut yang kaya dan dan masih terjaga kealamiannya.

Taman Nasional Karimunjawa dapat diakses menggunakan kapal ferry dari Pelabuhan Kartini, Jepara. Pulau utama Karimunjawa merupakan pulau berpenghuni dengan mayoritas penduduk bekerja sebagai nelayan. Pulau yang bisa kamu explore di Karimunjawa diantaranya Menjangan Kecil, Pulau Cemara, Menjangan Besar, Pulau Cilik, dan masih banyak lagi.

  • Alamat: Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

5. Gunung Slamet

Gunung Slamet

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dan menjadi gunung tertinggi kedua se-Pulau Jawa, dengan ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut. Secara administratif, Gunung Slamet terletak di antara lima kabupaten. Diantaranya Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Purwokerto.

Jalur pendakian Gunung Slamet yang paling umum adalah jalur Bambangan di Kabupaten Purbalingga. Ada pula jalur Dhipajaya di Kabupaten Pemalang. Serta jalur Guci di Kabupaten Tegal. Gunung Slamet menjadi gunung teraktif di Jawa Tengah dan terakhir erupsi pada tahun 2019 lalu. Meski begitu, gunung ini menjadi salah satu gunung yang patut didaki bagi pada pendaki.

  • Alamat: Gunungsari, Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp25.000/orang

6. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu

Suka wisata air terjun? Di Jawa Tengah, terdapat banyak air terjun yang bisa dikunjungi, salah satunya Grojogan Sewu yang terletak di Karanganyar. Air terjun ini cukup tinggi dengan debit air yang cukup deras dan merupakan aliran dari Gunung Lawu.

Di Grojogan Sewu, kamu bisa menikmati air terjun di atas bebatuan, tepi kolam alami, serta di atas jembatan yang sudah disediakan pengelola wisata. Di sini kamu dapat melihat monyet yang hidup berkeliaran. Selain itu, ada pula warung makanan dengan tikar untuk sekadar piknik bersama keluarga.

  • Alamat: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

7. Gunung Lawu

Gunung Lawu

* sumber: www.journeyofindonesia.com

Gunung Lawu merupakan gunung yang terletak di sisi paling timur Provinsi Jawa Tengah dan berada di perbatasan Jawa Tengah – Jawa Timur. Gunung Lawu memiliki ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut, dan menjadi salah satu gunung favorit di kalangan pendaki. Di puncak Lawu, terdapat warung tertinggi di Indonesia yang berada di ketinggian 3.150 mdpl.

Gunung Lawu dapat didaki melalui dua jalur di Jawa Tengah. Yaitu jalur Cemoro Kandang dan jalur Candi Cetho. Kedua jalur sama-sama berada di Kabupaten Karanganyar. Jalur Cemoro Kandang memiliki waktu tempuh yang lebih singkat, sedangkan jalur Candi Cetho waktu tempuhnya paling panjang. Keduanya memiliki pesona dan sensasi yang berbeda.

  • Alamat: Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp20.000/orang

8. Pantai Puyangan

Pantai Puyangan

Wonogiri merupakan kabupaten di pesisir selatan Jawa Tengah yang terletak di sisi timur Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Kabupaten Wonogiri memiliki beragam destinasi wisata yang jarang diketahui wisatawan. Terdapat bukit hingga pantai yang menarik untuk dikunjungi.

Salah satu pantai di Wonogiri yang masih tersembunyi adalah Pantai Puyangan. Pantai ini hanya bisa diakses dengan berjalan kaki dari kawasan Pantai Nampu. Kurang lebih 15 menit waktu yang perlu ditempuh untuk bisa sampai di hidden paradise-nya Wonogiri ini. Setibanya di Pantai Puyangan, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang bersih dan asri.

  • Alamat: Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
  • Operasional: 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk: Gratis

9. Hutan Mangrove Pantai Maron

Hutan Mangrove Pantai Maron

* sumber: piknikasik.com

Semarang merupakan Ibu kota Provinsi Jawa Tengah yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa. Di sini terdapat banyak destinasi wisata, salah satunya adalah Hutan Mangrove Pantai Maron. Sesuai dengan namanya, Hutan Mangrove ini berada di kawasan Pantai Maron, Semarang.

Hutan Mangrove Pantai Maron merupakan kawasan Edupark yang dikelola oleh masyarakat di sekitar Pantai Maron. Destinasi wisata ini masih terbilang baru, tetapi mampu menarik wisatawan dari dalam dan luar Kota Semarang. Menjelajahi Hutan Mangrove ini kamu bisa berjalan di atas jembatan bambu sambil menikmati keindahan di sekitarnya.

  • Alamat: Tugurejo, Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

10. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing

Satu lagi gunung tinggi di Jawa Tengah yang bisa kamu daki. Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi kedua di Provinsi Jawa Tengah dengan ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut. Gunung Sumbing terletak di antara Kabupaten Temanggung, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Wonosobo. Gunung ini sering juga disebut ‘gunung kembar’ dengan Gunung Sindoro.

Gunung Sumbing dapat didaki melalui lima jalur. Diantaranya jalur Garung, Kali Angkrik, Bowongso, Sipetung, dan Capit Parakan. Jalur yang paling umum adalah Kali Angkrik dan Garung. Jalur Garung, cukup ramah bagi pemula karena tidak terlalu menanjak. Dari puncak Gunung Sumbing, kamu bisa melihat Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi.

  • Alamat: Gunung Malang, Purwojiwo, Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp7.000/orang

Demikian rekomendasi 10 destinasi wisata di Jawa Tengah yang bisa kamu kunjungi. Ada banyak hal yang bisa kamu explore. Mulai dari pantai, bukit, hingga gunung-gunung tinggi. Jangan lupa persiapkan fisikmu jika ingin mendaki gunung di Jawa Tengah ini, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *