10 Destinasi Wisata Alam Di Subang untuk Liburan Akhir Pekan

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Saat mendengar nama Kota Subang, maka yang terlintas dalam benak kita adalah buah yang menjadi ciri khasnya yaitu nanas. Tetapi selain nanas, Subang juga menyimpan keindahan alam yang masih alami dan belum banyak diketahui orang.

Ingin tahu wisata alam di Subang yang menarik? Berikut ini beberapa wisata alam yang mungkin dapat kamu kunjungi saat berada di Kota Subang. Simak ulasannya yuk!

1. Pemandian Air Panas Ciater – Nagrak

Pemandian Air Panas Ciater - Nagrak

Jika kamu memerlukan tempat berendam air panas untuk relaksasi, tempat Pemandian Air Panas Ciater Subang mungkin bisa masuk dalam pilihanmu. Sumber air panasnya berasal dari Gunung Tangkuban Perahu. Selain berendam ada banyak lagi yang dapat kamu lakukan di pemandian ini.

Fasilitas yang terdapat di pemandian ini cocok untuk kamu datangi bersama keluarga. Selain terdapat kolam pendian air panas, mereka juga menyediakan outbound, pijat tradisional, restoran, serta bungalow jika kamu ingin menginap bersama keluarga, dan masih banyak lagi fasilitas yang lainnya.

  • Alamat: Jalan Raya Ciater, Nagrak, Kab Subang, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Kolam Reguler Rp20.000, Kolam Privat Rp80.000
  • Parkir: Motor, Senin-Jumat Rp20.000, Sabtu-Minggu Rp25.000, Mobil, Senin-Jumat Rp30.000, Sabtu-Minggu Rp35.000, Bus, Senin- Jumat Rp42.000, Sabtu-Minggu Rp45.000

2. Curug Cina – Sagalaherang

Curug Cina – Sagalaherang

* sumber: www.jalajahnusae.com%20

Curug yang indah dengan ketinggian sekitar 50 meter ini memiliki sejarah menyedihkan yang menjadi asal dari namanya. Cerita yang berkembang di masyarakat, di suatu masa ada seorang pemburu asal Tionghoa yang mengalami kecelakaan di area sekitar curug yang mengakibatkan kematian.

Tetapi dibalik cerita kelamnya, curug ini memberikan kamu  pemandangan air terjun yang mempesona. Selain itu di sekitar curug ini juga terdapat kolam air hangat alami yang bisa kamu gunakan untuk beredam. Walaupun airnya tak sepanas di pemandian air panas ciater.

  • Alamat: Ds. Curugagung, Kec. Sagalaherang, Kab Subang, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Gratis, cukup membayar parkir Rp5.000

3. Hutan Kota Ranggawulung – Subang

Hutan Kota Ranggawulung – Subang

Nama Ranggawulung berasal dari sebuah legenda yang berkembang di daerah setempat, tentang seorang eyang yang memiliki kesaktian setingkat wali dengan nama Eyang Ranggawulung. Di dalam hutan kota ini juga terdapat makam seorang sesepuh lainnya yang bernama Eyang Genjreng.

Hutan ini dijaga oleh seorang kuncen yang juga penjaga makan Eyang Genjreng. Di dalam hutan kota ini selain terdapat aneka ragam flora, hutan ini  juga menjadi rumah dari berbagai fauna terutama burung-burung. Hutan kota ini kini telah memiliki fasilitas yang cukup baik, walaupun belum optimal.

  • Alamat: Kel. Parung, Kec. Subang, Kab Subang, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Gratis

4. Kasumber Mata Air Cipondok – Kasomalang

Kasumber Mata Air Cipondok – Kasomalang

* sumber: backpackerjakarta.com

Kasumber merupakan sebuah mata air yang terkenal karena kejernihannya, sama dengan umbul ponggok di klaten. Di tempat ini kamu bisa berswafoto dengan di dalam air yang akan memperlihatkan kejernihannya sehingga kamu dapat melihat dasar kolam dengan jelas.

Perjalanan untuk menuju tempat ini hanya bisa kamu akses dengan berjalan kaki atau dengan kendaraaan roda dua, karena jalannya kecil melewati pematang sawah. Jika kamu membawa mobil, mobilnya harus kamu parkir di dekat Pabrik Aqua.

  • Alamat:Kp. Cipondok, Ds. Pesanggrahan, Kec. Kasomalang, Kab Subang, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Gratis (Parkir Rp2.000 & Toilet Rp2.000)

5. Mata Air Cimincul – Kasomalang

Mata Air Cimincul – Kasomalang

* sumber: bobo.grid.id

Selain mata air Kasumber, kamu juga tidak boleh melewatkan mata air Cimincul yang letaknya tidak jauh dari mata air Kasumber yang berada di desa yang sama yaitu Desa Pasanggrahan. Mata air ini menjadi destinasi wisata populer di kota Subang, karena kejernihan air kolamnya yang seperti kaca.

Kolam mata air ini tidak  terlalu dalam hanya sekitar 50 – 120 centimeter, sehingga cukup aman untuk anak-anak juga untuk orang yang tidak bisa berenang. Pemandangan hamparan sawah disekeliling mata air ini menjadi daya tarik tersendiri. Fasilitas pendukung mata air ini juga sudah mulai di bangun.

  • Alamat: Ds. Pesanggrahan, Kec. Kasomalang, Kab Subang, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka: 07.00 – 18.00 WIB
  • HTM: Rp10.000

6. Pantai Cirewang – Legon Kulon

Pantai Cirewang – Legon Kulon

Subang tak hanya wisata curug atau pun air panas, tetapi kamu juga dapat berwisata ke pantai yang ada di Subang yaitu pantai Cirewang. Pantai Cirewang merupakan sebuah pantai dengan pohon-pohon bakau berada di tepian pantainya, sehingga dikembangkan menjadi ekowisata tanaman mangrove.

Pantai ini kini telah memiliki fasilitas penunjang lainnya setelah dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata. Selain dari pantainya kamu juga bisa mengunjungi hutan mangrove dengan menggunakan perahu dengan membayar sebesar Rp15.000 dengan melintasi muara yang menuju ke pantai.

  • Alamat: Ds. Pangarengan, Kec. Legon Kulon, Kab Subang, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Rp10.000

7. Kebun Teh Ciater – Sagalaherang

Kebun Teh Ciater – Sagalaherang

* sumber: wahanashinta.blogspot.com

Kebun teh Ciater yang telah hadir sejak zaman Hindia Belanda ini menawarkan hamparan hijau dari kebun teh yang akan membuatmu perpukau dengan keindahannya. Selain itu kamu dapat menikmati juga udara sejuk perkebunan dengan ditemani kopi panas dan jagung bakar.

Kebun Teh Ciater kini memiliki konsep wisata edukasi, dengan mengunjungi pengolahan pabrik teh, atau kamu juga bisa mengikuti tea walk dan tea break serta masih banyak kegiatan lainnya. Kamu juga dapat menginap di Agrowisata Ciater Tea Mountain untuk melihat indahnya matahari terbit.

  • Alamat: Ds. Cicadas, Kec. Sagalaherang, Kab Subang, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Gratis

8. Arung Jeram Cipunagara – Cisalak

Arung Jeram Cipunagara – Cisalak

Jika kamu gemar dengan kegiatan yang menantang, Arung Jeram Cipunagara yang berada di Kabupaten Subang ini layak kamu coba. Sungai Cipunagara masih cukup terjaga, masih belum tercemar oleh limbah pabrik ataupun limbah dari desa.

Selama perjalanan menyusuri sungai, kamu akan di tawari pemandangan yang menarik dari persawahan hingga tebing dan ngarai yang tinggi. Arung Jeram ini cocok bagi kamu yang baru mau mencoba kegiatan rafting, tetapi jangan lupa kamu harus tetap ditemani skipper yang profesional.

  • Alamat: Ds. Cipunagara, Kec. Cisalak, Kab Subang, Prov. Jawa Barat

9. Wisata Alam Bukit Pamoyanan – Tanjungsiang

Wisata Alam Bukit Pamoyanan – Tanjungsiang

Satu destinasi wisata yang cukup terjangkau, tetapi kamu akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa, satu diantaranya adalah Bukit Pamoyanan. Panorama Kota Subang yang terhampar di depan mata saat matahari terbit menjadi satu momen yang tidak boleh kamu lewatkan.

Tempat ini juga memiliki spot foto yang instagramable, hal inilah yang menjadikan daya tarik Bukit Pamoyanan ini menjadi tempat yang ramai dikunjungi. Pengelola telah menyiapkan failitas dasar yang kamu perlukan, termasuk tempat penyewaan tenda jika kamu berencana untuk berkemah.

  • Alamat: Ds. Kawungluwuk, Kec. Tanjungsiang, Kab Subang, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Rp5.000

10. Bukit Pasir Jaka – Cisalak

Bukit Pasir Jaka – Cisalak

* sumber: wisatacimanggu.blogspot.com

Destinasi wisata untuk melihat Kota Subang dari ketinggian tak hanya di Bukit Pamoyanan, tetapi kamu juga dapat melihatnya dari tempat yang lebih tinggi yaitu Bukit Pasir Jaka. Destinasi wisata ini harus kamu tempuh dengan berjalan kaki selama 30 – 45 menit, cocok untuk yang senang hiking.

Jika kamu mengunjungi di saat fajar, kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang mempesona dari mentari di pagi hari yang memancarkan sinarnya yang keemasan. Selain itu, kamu akan melihat hamparan awan putih yang mengagumkan menutupi hutan dan pemukiman dibawahnya.

  • Alamat: Kp. Panyeredan, Ds. Cimanggu, Kec. Cisalak, Kab Subang, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka: 24 Jam

Wisata alam Kota Subang, masih belum banyak yang terkenal secara luas, Masih banyak wista alam yang tersembunyi, dan memiliki potensi untuk dijadikan sebagai destinasi wisata yang potensial. Jika kamu sedang berada di Subang kamu bisa mencoba untuk eksplor keindahan-keindahan alam yang sayang jika kamu lewatkan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *