10 Rekomendasi Wisata di Bali yang Mirip di Luar Negeri

Memang ada saja yang mengira bahwa Bali itu letaknya bukan di Indonesia. Keindahan alam dan kebudayaannya yang unik membuat pulau yang menjadi weekend getaway ini seakan merupakan kawasan terpisah dari kepulauan Indonesia. Bali menawarkan pengalaman berlibur yang menyenangkan. Di Pulau Dewata ini terdapat banyak tempat menarik yang tidak boleh dilewatkan.

Pesona keindahan tempat-tempat wisata di Bali yang akan kami ulas dalam artikel ini akan jadi suguhan menarik bagi kamu yang membutuhkan referensi tempat wisata anti mainstream.

Yang menarik dari tempat-tempat ini adalah pemandangannya yang mirip suasana luar negeri. Kalau sudah di sini, kamu pasti mengira benar-benar berada di luar negeri. Simak yuk informasinya berikut ini!

Baca juga: 10 Pura di Bali yang Menjadi Destinasi Wisata Favorit

1. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan
  • Alamat: Kawasan Taman Nasional Bali Barat, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng
  • Jam Buka: Setiap Hari 24 jam
  • Biaya Sewa Kapal: Rp300.000-Rp400.000

Di media sosial kamu pasti sering melihat pantai-pantai luar negeri milik pribadi. Suasana yang nyaman dan tenang tampak menjadi sebuah momen liburanmu menyenangkan.

Nah, untuk bisa menikmati pengalaman liburan di private beach yang seperti kamu lihat dalam unggahan luar negeri, kamu tidak perlu ke luar negeri. Pasalnya Bali juga punya pulau serupa yang indah.

Namanya Pulau Menjangan. Kawasan ini terkenal dengan pesona pemandangan bawah lautnya yang eksotik. Pulau Menjangan adalah salah satu pulau terindah di Bali. Pantas saja jika pulau ini dijuluki sebagai Surga Baharinya Bali.

Selain mempunyai pemandangan terumbu karangnya yang super indah, di pulau ini terdapat terdapat kumpulan menjangan yang hidup liar. Karena inilah pulau ini dinamakan Pulau Menjangan. Para turis dapat bercengkrama dengan bebas bersama bintang-binatang menggemaskan ini.

2. Nusa Ceningan

Nusa CeninganSumber: kintamani.id
  • Alamat: Pulau Ceningan, Kabupaten Klungkung, Bali
  • Jam Buka: Setiap Hari 24 Jam
  • Biaya Tiket Kapal: Rp75.000-Rp250.000

Tidak ada yang akan menolak diajak berlibur ke pantai seindah Maldives. Tapi jika jaraknya tidak memungkinkan untuk kamu tempuh, kamu cukup ke Nusa Ceningan saja dulu. Keindahan panorama alam di Nusa Ceningan mirip dengan pantai yang ada di sebelah selatan barat daya India itu. 

Hamparan laut biru, airnya yang jernih dan biota lautnya yang beragam pasti akan mengingatkan kamu pada Maldives. Kawasan ini dikelilingi laguna-laguna berwarna biru bak kristal. Karena keunikan panorama alamnya, banyak yang menganggap bahwa Nusa Ceningan adalah Maldives-nya Bali.

Di Nusa Ceningan terdapat Secret Beach yang menawarkan keindahan pantainya yang unik. Jika berkesempatan ke Bali, Nusa Ceningan wajib jadi destinasi wisata. Jangan lupa bawa kamera kamu saat berlibur ke sini.

3. Desa Pinggan

Desa Pinggan
  • Alamat: Kintamani, Bangil, Bali
  • Jam Buka: Setiap Hari 24 Jam
  • HTM: Gratis

Berlibur ke Gunung Batur memang harus siap dengan suasana yang ramai lantaran banyaknya pengunjung. Karena merupakan sebuah objek wisata populer, tidak heran jika kawasan ini selalu ramai dikunjungi.

Namun, jika ingin menikmati suasana yang lebih tenang, kamu bisa berbelok ke lembah Gunung Batur dan mampir ke Desa Pinggan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Desa Pinggan adalah pagi hari. Di jam-jam tersebut, kamu akan disuguhi pemandangan pagi berkabut yang indah mirip di Eropa.

Desa di atas awan ini adalah tempat terbaik untuk berburu sunrise. Hal ini dikarenakan Desa Pinggan terletak di ketinggian 900 – 1300 mdpl, maka tidak heran jika suhu udara di Desa berkabut ini mencapai 16-180C.

Kenakan pakaian tebal dan hangat jika kamu tertarik berkunjung ke desa yang berjarak 14 km dari Kabupaten Kintamani ini. Persiapkan fisik yang kuat sebab untuk mencapai lokasi ini, kamu akan bertemu dengan medan yang cukup ekstrem berupa tanjakan yang curam.

4. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul
  • Alamat: Jl Air Terjun Sekumpul, Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali
  • Jam Buka: Setiap Hari sampai pukul 17.00

Air terjun ini konon sulit dicapai karena lokasinya yang tersembunyi. Medannya juga cukup berat. Tapi jika berhasil mencapai lokasi ini, kamu akan dihadiahi pemandangan air terjun yang indah yang katanya mirip Plitvice Waterfall yang ada di Kroasia.

Sumber mata air di air terjun ini totalnya ada tujuh. Namun, dua mata air yang berdampingan adalah yang paling unik. Warna kedua air terjun ini berbeda. Air terjun di sebelah kiri berwarna bening, sedangkan air terjun di sebelah kanan berwarna lebih coklat.

Debit air di air terjun ini tergolong besar. Namun, air yang jatuh dari tebing setinggi 100 meter itu menampilkan pemandangan yang cantik. Jika beruntung, kamu bisa melihat pelangi dari percikan air yang jatuh dari atas.

5. Pantai Crystal Bay

  • Alamat: Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali
  • Jam Buka: Setiap Hari 24 Jam

Bali itu identik dengan pantai. Menariknya setiap pantai mempunyai keunikan yang tidak dimiliki pantai di wilayah Bali lainnya. Seperti Pantai Crystal Bay berikut ini. Terletak di Nusa Penida, Crystal Bay punya topografi yang berbentuk bulan sabit dan diapit oleh dua tebing karang dan pasir pantai.

Pantai Crystal Bay adalah surga bagi diver yang doyan menjajal keindahan pemandangan bawah laut. Para diver yang menyambangi spot ini biasa selalu menyempatkan diri melihat keberadaan ikan mora-mora di perairan Nusa Penida.

Waktu yang terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah sekitar bulan Agustus-September. Di waktu ini, arus laut cenderung tenang sehingga kamu bisa melihat pemandangan bawah laut yang indah karena air tidak terlalu beriak dan warnanya jernih.

6. Padang Bunga Kasna

Padang Bunga KasnaSumber: bali.indonesia360.net
  • Alamat: Desa Temukus, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali
  • Jam Buka: Setiap Hari Pukul 06.00-17.00

Bukan di luar negeri. Bunga kasna yang berwarna putih mirip tanaman semak yang tertutup salju ini ada di Bali. Karena jumlahnya banyak, jadi terlihat indah. Nah, pemandangan langka ini bisa kamu nikmati jika berkunjung ke sebuah lokasi wisata di Bali yang disebut Padang Bunga Kasna.

Di tempat ini, kamu akan disuguhi hamparan bunga kasna yang indah. Masyarakat Bali percaya bahwa Bunga kasna adalah bunga pemberian dewa. Bunga ini punya aroma wangi yang khas dan sengaja dibudidayakan untuk kebutuhan ritual adat seperti Kuningan dan Galungan.

Bunga kasna hanya dapat tumbuh di kawasan Temukus. Kamu bisa melihat hamparan bunga cantik yang seolah tertutup salju ini saat berlibur ke Bali kelak.

7. Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati

  • Alamat: Jalan Sahadewa, Banjar Wangbung, Guwang, Sukawati, Guwang, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
  • Jam Buka: Setiap Hari Pukul 08.00-17.00
  • HTM: Rp7.000-Rp10.000

Ingin menikmati suasana Grand Canyon Amerika Serikat versi Indonesia? Kamu bisa mampir ke Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati yang terletak di Gianyar, Bali. Spot wisata yang satu ini merupakan wisata alam yang menawarkan suasana yang asri dan damai.

Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati berada di jalur Sungai Beji. Spot wisata ini menawarkan pengalaman susur sungai yang menyenangkan. Aliran sungai Beji yang tenang membuat kegiatan ini aman dilakukan bahkan oleh anak-anak. 

Tebing-tebing yang berlekuk-lekuk di kanan kiri sungai yang berusia ratusan tahun menjadi pagar pembatas yang indah. Di ujung spot ini terdapat Pancuran Pura Suci yang segar. Kamu bisa membasuh muka di sini sambil rehat sejenak.

Pancuran Pura Suci mengalirkan air dari sumber mata air tanah yang alami. Karena termasuk tempat sakral, setiap pengunjung disarankan mengenakan pakaian yang sopan. 

8. Tegalalang Rice Terrace

  • Alamat: Jl. Raya Tegallalang, Tegallalang, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali
  • Jam Buka: setiap hari sampai pukul 18.00

Tak jauh dari pusat keramaian Ubud, terdapat sawah yang menghampar luas dengan undakan yang membentuk pola cantik yang memanjakan mata. Pemandangan seperti ini mirip di Banaue Rice Terrace, Filippina.

Sawah terasering ini termasuk wisata popular di Bali. Undakan Sawah Tegalalang dipagari tetumbuhan besar yang indah dan masih hijau membikin suasana sejuk dan damai. Pantas saja banyak wisatawan yang betah mengunjungi wilayah ini.

Selain menawarkan pemandangan asri khas pedesaan, Terasering Tegalalang adalah objek wisata yang tepat bagi pelancong dengan minim dana. Datanglah pagi hari ketika matahari baru muncul ke permukaan. Kamu bisa berjalan-jalan di pematang sawah sambil melihat kegiatan masyarakat lokal.

9. Pantai Padang Galak

Pantai Padang Galak
  • Alamat: Padang Galak, Sanur, Bali
  • Jam Buka: Setiap Hari

Pantai Padang Galak mempunyai keunikan berupa pasir pantainya yang berwarna hitam. Terkesan suram tapi setelah diperhatikan, pasir pantai di sini sangat lembut sehingga nyaman untuk bermain. Ketika ombak sedang surut, pengunjung dapat bermain lebih dekat ke laut. 

Hitamnya pasir di Pantai Padang Galak mirip dengan penampakan bentang alam Pantai Reynisfar di Islandia. Di sekitar pantai ini terdapat batu-batuan berongga yang membentuk persegi panjang. Dilihat dari jauh, bebatuan di sekitar pantai Reynisfar mirip dengan bangunan-bangunan rumah.

Nah, kamu tidak perlu jauh-jauh terbang ke Islandia untuk menikmati pemandangan pantai dengan pasir hitamnya menarik. Di Bali ada pantai Padang Galak yang punya pemandangan serupa.

Di pantai ini juga terdapat Prasasti Upacara Atma Wedanta dan Monument Pandang Galak. Tidak begitu banyak yang tahu tentang monumen yang dibuat untuk memperingati peristiwa kecelakaan pesawat PANAM di Tinga-tinga ini.

10. Danau Yeh Malet

  • Alamat: Jalan Antiga Kelod, Kec. Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali
  • Jam Buka: Setiap Hari Pukul 08.00- 17.00
  • HTM: Gratis
  • Sewa Rakit: Rp10.000-Rp15.000

Danau Yeh Malet yang terletak di Karangasem ini katanya mirip Danau Motosu di Jepang. Bunga-bunga eceng gondok yang berwarna ungu putih membuat danau penampungan ini terlihat indah seperti suasana Festival Tabur Bunga di Danau Motosu.

Tapi ada pula yang menyebutkan pemandangan di danau itu mirip di Eropa. Apa pun itu, yang pasti Danau Yeh Malet adalah sebuah danau yang dibuat sebagai penampung air hujan.

Pemandangan bunga-bunga eceng gondok ini menjadi latar berfoto yang indah. Tak sedikit pengunjung membawa baju ganti dengan properti yang sesuai untuk mendapatkan foto tertentu.

Sebelum dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai tempat wisata, Danau Yeh Malet seluas 7 hektar ini dulunya adalah kolam yang terbengkalai yang dipenuhi eceng gondok yang rapat. Namun, kini pengelola sudah mengadakan pembersihan sehingga banyak pengunjung yang tertarik.

Pengelola juga menyediakan rakit yang dibisa digunakan untuk menyusuri danau. Pengunjung bisa menyusuri sungai sambil menikmati keindahan tiga bukit yang mengelilingi danau, seperti Bukti Tengah, Bukti Ceeng dan Bukit Catu. 

Selain 10 wisata yang telah disebutkan di atas, masih banyak lho wisata-wisata di Bali yang mirip dengan lokasi di luar negeri. Topografi hasil kerja alam itu menjadi daya tarik bagi pengunjung yang ingin berlibur ke tempat-tempat dengan suasana baru yang belum banyak diketahui. Sebelum kamu benar-benar ke luar negeri dan mengunjungi tempat tersebut, ada baiknya ke Bali dulu.

Sebagian tempat wisata tersebut tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Cocok ‘kan untuk dijadikan sebagai alternatif tempat wisata di saat sedang ingin liburan tapi tidak ada dana yang besar. Persiapkan perbekalan dan waktu. Selamat berlibur!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram