Inilah 5 Wisata Danau di Bali yang Sangat Indah Alamnya

Ditulis oleh Siti Hasanah

Bali sudah diakui masyarakat dunia sebagai tempat wisata yang indah. Wisatawan lokal dan mancanegara berbondong-bondong mengunjunginya.

Salah satu yang destinasi wisata yang paling terkenal di Bali adalah pantai. Bali diberkahi dengan pantai-pantai yang elok sehingga membuat banyak orang ingin mengunjunginya.

Namun jangan berpikir wisata alam yang dimiliki Bali hanya pantai-pantai indahnya saja. Mungkin kamu harus mencoba berkunjung ke Bali Utara.

Di sana terdapat danau-danau yang indah, seperti yang terdapat di daerah Bedugul, yaitu Danau Beratan. Masih ada danau indah lainnya di Bali. Yuk kita intip keindahan wisata danau di Bali di artikel berikut ini!

Baca juga: 10 Pantai di Bali yang Paling Indah untuk Dikunjungi

1. Danau Batur

Danau Batur
  • Alamat: Penelokan Utara, Kec. Kintamani, Kab. Bangli, Bali
  • HTM: Rp15.000/orang

Sejarah Danau Batur mencatat bahwa danau ini adalah sebuah kaldera yang terbentuk dari letusan Gunung Batur yang dahsyat sekali.

Bukti dari letusan gunung tersebut masih bisa disaksikan hingga sekarang. Di areal kaki Gunung Batur terdapat sisa-sisa letusan yang berbentuk tumpukan-tumpukan batu hitam.

Yang menariknya, di dekat kawasan Danau Batur terdapat dua pemandian air panas komersial. Karena danau ini merupakan danau kaldera aktif, air danaunya kerap kali berubah warna. Hal ini dikarenakan adanya kandungan belerang dan sumber air panas.

Dari atas, bentuk Danau Batur terlihat seperti bulan sabit. UNESCO pun sudah mengakui keindahan alamnya sehingga menetapkan daerah danau ini sebagai Kawasan Taman Bumi.

Lokasi Danau Batur terletak di dataran tinggi yang mempunyai suasana sejuk yang khas dibarengi dengan pemandangan danau yang memiliki air berwarna hijau kebiru-biruan.

Ketinggian danau ini yaitu sekitar 1.050 mdpl. Danau Batur adalah danau terbesar di Bali yang luasnya sekitar 16 km2 dan kedalamannya sekitar 65 m.

Danau Batur Kintamani terletak di Desa Penelokan Utara, daerah Kintamani, yang termasuk ke masuk dalam Kabupaten Bangli. Jaraknya dari Kota Denpasar sekitar 65 kilometer.

Destinasi wisata Danau Batur sangat cocok untuk mereka yang ingin menyepi dari penatnya kota besar dan beristirahat sejenak dari padatnya aktivitas sehari-hari.


Fasilitas yang tersedia di daerah dekat Danau Batur cukup lengkap, diantaranya hotel dan restoran. Untuk melihat keindahan danau, pengunjung bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau.

Pengunjung juga bisa mampir di salah satu pulau yang bernama Pulau Seribu Tengkorak, yakni Desa Trunyan. Tak lupa pengunjung bisa menyaksikan keindahan Pura Ulun Danu yang menjadi ikon dari Danau Batur yang melegenda.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan pengunjung di Danau Batur selain berperahu adalah memancing. Di sini pengunjung bisa memancing dan ikan yang dominan di danau ini adalah ikan mujair.

2. Danau Tamblingan

Danau TamblinganSumber: ksmtour.com
  • Alamat: Desa Munduk, Kec. Banjar, Kab. Buleleng, Bali.
  • HTM: Rp10.000

Danau Tamblingan berada di Desa Munduk, yang masuk ke dalam Kecamatan Banjar di wilayah Kabupaten Buleleng. Keindahan danau ini tak jauh beda dari danau-danau di Bali lainnya.

Tempat wisata Danau Tamblingan termasuk ke dalam kawasan TWA Danau Buyan & Danau Tamblingan. Kedua danau ini sering kali mendapatkan julukan sebagai danau kembar.

Kawasan Danau Tamblingan dikelilingi oleh hutan dengan pepohonannya yang rimbun. Karena daerahnya terletak di dataran tinggi, danau ini mempunyai udara yang sejuk. Danau ini fungsinya lebih sebagai cagar alam serta budaya.

Sayangnya, di danau ini fasilitasnya masih minim, tapi jangan khawatir karena di sini tersedia penyewaan perahu sampan yang bisa digunakan untuk mengelilingi danau. Penyewaan ini disediakan oleh pihak pengelola wisata.

Sesudah puas naik perahu sampan untuk melihat pemandangan dari tengah danau, pengunjung bisa mendatangi beberapa pura yang berada di area danau tersebut, seperti Pura Ulun Danu Tamblingan.

Pura ini berada di tepi danau. Apabila berkunjung ketika air danau sedang meluap, tampak pura seperti mengapung.

Di daerah danau ini pengunjung juga bisa mendirikan tenda untuk berkemah. Namun fasilitas wisata berkemahnya dibatasi supaya tempat ini tetap alami. Pura yang berada di sekitar Tamblingan juga menarik karena kental sekali dengan mitos.

3. Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul
  • Alamat: Jl. Raya Candi Kuning, Desa Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan, Bali
  • HTM: Gratis – Rp30.000

Danau Beratan Bedugul letaknya berada di Bedugul yang termasuk ke dalam Kecamatan Baturiti Tabanan. Ini adalah salah satu danau yang sangat terkenal di Bali dan banyak sekali pengunjung yang mendatangi danau ini, mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara.

Luas Danau Beratan kurang lebih 375.6 hektar sehingga danau ini jadi danau terbesar kedua sesudah Danau Batur.

Terletak di ketinggian kurang lebih 1.240 mdpl, Danau Beratan Bedugul memiliki hawa yang sejuk serta cenderung dingin. Di Pulau Bali, wisata Danau Beratan Bedugul merupakan salah satu objek wisata yang hits dan populer.

Keindahan Pura Ulun Danu yang terletak di Danau Beratan bahkan sampai diabadikan dalam pecahan mata uang 50.000 rupiah.

Sementara itu, aktivitas yang bisa pengunjung lakukan di Danau Beratan, yakni bersantai, memancing di pinggir danau dan naik perahu atau boat yang disediakan oleh pengelola wisata Danau Beratan.

Mereka yang berlibur ke Pulau Bali, umumnya banyak yang membuat rencana perjalanan ke danau ini karena alamnya sekitarnya yang indah dan dikelilingi oleh lereng bukit hijau juga puranya yang berada di tepi danau.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram