Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Pangkep yang Menyejukkan Mata

Ditulis oleh Siti Hasanah

Terdapat 3 ruangan di dalam gua ini dan permukaan lantainya cenderung datar dan memiliki lebar sekitar 15 m. Di dalam gua terdapat beberapa lukisan dinding, cangkang moluska, artefak batu, fragmen gerabah dan fragmen tulang serta gigi.

Adapun lukisan dinding yang bentuknya cap tangan memiliki berbagai ukuran. Ada juga cap kaki anak-anak, serta gambar yang mirip dengan babi rusa. Lukisan – lukisan ini memiliki warna merah serta sebagian besar dijumpai di dinding gua bagian kiri.

Sementara itu, temuan artefak batu dijumpai tersebar di permukaan lantai gua dan cangkang moluska tersebar di lantai sampai pelataran gua. Adapun fragmen tulang serta gigi ditemukan tersebar di lantai tapi jumlahnya sangat sedikit.

7. Telaga Biru Palleo

Telaga Biru PalleoSumber: instagram.com
  • Alamat: Ds. Baring, Kec. Segeri, Kab. Pangkep, Sulawesi Selatan

Di Desa Baring, Kecamatan Segeri terdapat sebuah pemandangan alam yang indah dipandang mata. Nama tempat wisata di Pangkep itu adalah Telaga Biru Palleo. Tempat wisata dengan nuansa alam yang indah ini akan membuat takjub siapa pun yang melihat airnya.

Air Telaga Biru Palleo ini sangat tenang. Selain itu, airnya pun bisa berubah warna sesuai dengan cuaca. Saat tidak turun hujan, warna airnya adalah toska, sementara saat turun hujan, warna airnya akan berubah jadi biru. Ini menjadi ciri khas Telaga Biru Palleo.

8. Gunung Bulusaraung

Gunung BulusaraungSumber: instagram.com
  • Alamat: Tompo Bulu, Kec. Balocci, Kab. Pangkep, Sulawesi Selatan
  • Jam Buka: 24 Jam
  • HTM: Rp10.000

Gunung Bulusaraung terletak di Desa Tompio Bulu, Kec. Balocci, Kab. Pangkep. Tempat wisata di Pangkep ini merupakan salah satu gunung favorit untuk para pendaki di Provinsi Sulawesi Selatan. Dari pusat Kota Makassar, titik awal pendakian gunung ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih dua setengah jam.

Jika dibandingkan dengan gunung-gunung di Indonesia lainnya, ketinggiannya tak begitu mencolok. Namun tetap saja mendaki Gunung Bulusaraung bukan hal yang mudah. Di sepanjang jalur pendakian yang menuju puncak gunung bisa dilihat beragam jenis tumbuhan. Ada pohon rotan, kelapa juga kemiri.

Gunung Bulusaraung jadi habitat asli untuk beberapa fauna seperti musang, kera hitam, dan beragam jenis kupu-kupu. Sementara itu, bebatuan memenuhi jalur yang menuju puncak Gunung Bulusaraung dan medannya cukup terjal. Sesampainya di puncak, pendaki bisa menyaksikan hamparan Karst Maros.

9. Sungai Palattae

Sungai PalattaeSumber: instagram.com
  • Alamat: Desa Biringere, Kecamatan Bungoro, Kab. Pangkep, Sulawesi Selatan

Sungai Palattae terletak di Desa Biringere, Kec. Bungoro, Kab. Pangkep. Tempat wisata di Pangkep ini berbeda dari sungai-sungai di Indonesia pada umumnya. Bentang alam sungai ini kebanyakan dipenuhi oleh batuan-batuan yang besar.

Bebatuan ini terhampar dan membentang secara merata serta terlihat eksotis. Kecantikan pantai ini semakin sempurna karena di sekeliling sungai terdapat pepohonan yang menambah keasrian sungai.


10. Air Terjun Baruttung

Air Terjun BaruttungSumber: instagram.com
  • Alamat: Dsn. Buhung-Senggerang, Kel. Balleangin, Kec. Balocci, Kab. Pangkep, Sulawesi Selatan

Bagi masyarakat di sekitar Kab. Pangkep, mungkin nama Baruttung tidak akan asing karena nama ini mengingatkan mereka pada air terjun di tempat tersebut.

Air terjunnya indah sehingga menarik wisatawan untuk datang. Wisatawan yang datang tak hanya masyarakat lokal, tapi juga wisatawan dari luar daerah.

Untuk menuju air terjun ini dari jalan utama ke arah Kota Pangkep waktu tempuhnya sekitar 30 menit jika menggunakan sepeda motor. Kemudian diteruskan dengan jalan kaki sekitar 15 menit. Dalam perjalanan menuju air terjun ini juga ada air terjun yang lain. Pokoknya view objek wisata ini sangat menyegarkan.

Keindahan tempat wisata di Pangkep menjadi daya tarik bagi para para wisatawan. Tak hanya menyajikan kemolekan alam, tempat wisata di Kabupaten Pangkep juga ada yang menawarkan wisata sejarah, seperti Gua Sumpang Bita.

Seperti nama kabupaten ini, tempat wisata di Pangkep juga menawarkan keindahan pulau-pulau kecil. Jadi, untuk kamu yang ingin berlibur ke Pangkep, tak perlu khawatir akan bosan karena di kabupaten ini terdapat beragam jenis wisata. Yuk, liburan ke Pangkep!

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram