Keluyuran ke Wonogiri, Kunjungi 10 Tempat Wisatanya Yuk!

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Jika kamu hendak menuju Pacitan dari arah Jawa Tengah, maka kamu akan melewati Wonogiri yang letaknya dekat dengan Pacitan. Masih masuk ke dalam bagian Kasunanan Surakarta, Wonogiri menyimpan banyak tempat wisata yang belum banyak diketahui wisatawan. Padahal destinasinya terbilang lengkap. Mulai dari wisata sejarah, gunung, pantai, hingga goa.

Sayangnya, ketenaran tempat wisata di Wonogiri masih kalah dengan Yogyakarta. Nah, buat kamu yang penasaran dengan wisata di Wonogiri, kali ini Keluyuran mau memberikan informasi tentang 10 tempat wisata di Wonogiri yang menarik untuk dikunjungi. Yuk, simak artikelnya.

1. Telaga Rowo

Telaga Rowo (Copy)

* sumber: www.solopos.com

Wonogiri memiliki beberapa telaga yang asyik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Telaga Rowo. Awalnya, telaga ini tidak terawat, hingga akhirnya dibenahi dan dijadikan tempat wisata yang kini cukup ramai dikunjungi masyarakat Wonogiri. Terletak di Desa Sumberejo, wilayah ini memiliki banyak potensi wisata menarik.

Telaga Rowo dikelilingi pepohonan yang nampak hijau ketika musim hujan tiba. Waktu yang pas untuk mengunjungi Telaga Rowo adalah sore hari menjelang matahari terbenam. Di sini, kamu bisa menikmati matahari terbenam dari pinggir telaga atau di atas sepeda air di tengah telaga. Tempat ini sangat cocok dikunjungi kala senja.

  • Alamat : Jl. Raya Baturetno – Batuwarno, Rowo, Sumberejo, Kabupaten Wonogiri
  • Operasional : 08.00 – 21.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

2. Pantai Nampu

Pantai Nampu (Copy)

* sumber: www.brobali.com

Berada di selatan Jawa Tengah, Wonogiri memiliki pantai eksotis yang bisa kamu kunjungi untuk menghilangkan penat. Salah satunya, ada Pantai Nampu. Masih satu garis pantai dengan Pantai Kijingan di Pacitan, Pantai Nampu memiliki hamparan pasir putih bersih dengan air laut yang jernih. Tempat ini cocok untuk bersantai buat kamu yang kurang suka tempat ramai.

Berjarak kurang lebih 70 km dari Kota Wonogiri, kamu perlu menempuh satu hingga dua jam untuk bisa sampai di Pantai Nampu. Jika kamu tiba di sini saat air laut sedang surut, kamu akan melihat karang-karang di tepi pantai serta ikan kecil yang terdapat di sela-sela karang. Sungguh indah dan cantik!

  • Alamat : Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp2.000/orang

3. Taman Wisata Tunggangan

Taman Wisata Tunggangan (Copy)

* sumber: jelajahkhatulistiwa.com

Ingin melihat pemandangan dari ketinggian? Coba datang ke Taman Wisata Tunggangan di Wonogiri. Taman wisata ini merupakan bukit dengan hutan lindung yang masih asri, berhawa sejuk, dan ditumbuhi pepohonan rindang. Sangat cocok menjadi tempat untuk melepas penat.

Naik hingga ke puncak bukit, kamu akan disuguhkan dengan landscape Wonogiri dari ketinggian. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah pagi hari ketika hawa masih sejuk-sejuknya. Udara segar menemanimu untuk sampai ke puncak bukit, dan ika ingin berkemah, kamu bisa meminta izin pada warga sekitar.

  • Alamat : Jatirto, Pingkuk, Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

4. Gunung Gandul

Gunung Gandul (Copy)

* sumber: travel.kompas.com

Dalam bahasa Jawa, “gandul” berarti gantung. Penamaan tersebut karena puncak Gunung Gandul nampak seperti batu besar yang digantung apabila dilihat dari kejauhan. Gunung ini terbilang pendek. Hanya sekitar 600 meter di atas permukaan laut. Mendakinya, hanya membutuhkan waktu 15 menit saja.

Meski gunung ini tidak setinggi gunung lainnya di Jawa Tengah, namun pemandangan yang disajikan dari puncak Gunung Gandul sangat indah. Di sebelah timur, kamu akan melihat gagahnya Gunung Lawu serta perbukitan hijau, di utara ada Waduk Tandon serta Gunung Gajah Mungkur, dan di selatan terdapat Gunung Gajah. Pemandangan yang cantik!

  • Alamat : Giriwono, Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

5. Telaga Claket

Telaga Claket (Copy)

* sumber: www.superadventure.co.id

Satu lagi telaga di Wonogiri yang menarik untuk dikunjungi. Telaga Claket namanya. Letaknya masih dekat dengan Nguter, Sukoharjo, air yang ada di Telaga Claket merupakan aliran dari Sungai Bengawan Solo yang merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa. Hijaunya air dan pemandangan di Telaga Claket menjadi daya tarik tersendiri.

Telaga Claket dikelilingi perbukitan yang ketika musim hujan berwarna hijau dan saat kemarau tiba berubah menjadi coklat. Mirip seperti pemandangan di Pulau Komodo. Kamu bisa menikmati keindahannya dengan duduk di sebuah dermaga kayu, atau berkeliling telaga menggunakan gethek atau perahu bambu.

  • Alamat : Jl. Claket, Ngawen, Keblokan, Sendangijo, Selogiri, Kabupaten Wonogiri
  • Operasional : 06.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

6. Museum Wayang Indonesia

Museum Wayang Indonesia (Copy)

* sumber: wayangku.id

Budaya Jawa sungguh erat kaitannya dengan wayang. Wayang merupakan kekayaan nusantara yang lahir dari budaya asli Indonesia. Untuk mengabadikannya, di Wonogiri terdapat Museum Wayang Indonesia yang telah diresmikan pada tahun 2004 dan dikelola oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri.

Museum Wayang Indonesia memiliki koleksi wayang yang banyak. Ada sekitar 200 buah wayang kulit dari berbagai daerah, seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Bali. Di sini kamu bisa mempelajari jenis-jenis wayang yang ada di Indonesia. Sangat cocok untuk kamu yang suka dengan wisata sejarah.

  • Alamat : Jl. Raya Wuryantoro No. 184, Ngebel, Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri
  • Operasional : Sabtu – Kamis, 08.00 – 15.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis

7. Pantai Pringjono

Pantai Pringjono (Copy)

*

Tak hanya Pantai Nampu, di Wonogiri juga terdapat Pantai Pringjono yang letaknya tidak jauh dari Pantai Nampu. Jalur menuju Pantai Pringjono masih berbatu dan cukup sulit jika dilintasi kendaraan roda dua dan empat. Maka disarankan untuk memarkir kendaraan di Pantai Nampu, kemudian lanjut berjalan kaki 5 – 10 menit sampai ke Pantai Pringjono.

Sesampainya di Pantai Pringjono, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang diapit dengan dua tebing, dan garis pantai yang tidak terlalu panjang namun juga bersih. Terdapat area pasir pantai yang tertutup tumbuhan liar. Pantai ini sungguh cantik dan memesona.

  • Alamat : Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

8. Air Terjun Girimanik

Air Terjun Girimanik (Copy)

Bermain di air terjun sering kali menjadi tujuan untuk menghilangkan penat dan menyegarkan pikiran. Di Wonogiri terdapat Air Terjun Girimanik yang terdapat di Slogohimo. Ada tiga air terjun di wilayah ini. Air Terjun Tinjo Moyo, Air Terjun Condromoyo, dan Air Terjun Manik Moyo. Jadi, kamu bisa menikmati banyak air terjun ketika berlibur ke Air Terjun Girimanik.

Air terjun ini sering dijadikan sebagai tempat ritual Kejawen, salah satunya ritual Susuk Wangan setiap hari sabtu kliwon di bulan Apit dalam kalendar Jawa. Air Terjun Girimanik pun tidak lepas dari cerita legenda yang menyebutkan air terjun ini menjadi tempat pertapaan tiga Dewa.

  • Alamat : Ngerapah, Setren, Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

9. Goa Putri Kencana

Goa Putri Kencana (Copy)

* sumber: pesonawonogiri.wordpress.com

Ingin wisata anti mainstream di Wonogiri? Coba datang ke Goa Putri Kencana, yang menjadi tempat bertapanya Raja Brawijaya V. Goa dengan luas 1000 meter2 ini banyak ditemukan batu stalaktit dan stalakmit yang masih aktif. Bebatuan ini memiliki bentuk yang bermacam-macam, ada yang seperti taring, gapura, hingga candi.

Penamaan Goa Putri Kencana berasal dari cerita pemuka desa yang menyebutkan bahwa goa ini menjadi tempat bersemayam wanita cantik yang bernama Putri Kencana. Dalam Goa Putri Kencana terdapat tujuh ruangan, yaitu Ruang Tamu, Kapusakan, Sendang Panyuwunan, Sarasehan, Kabudayan, Ruang Keluarga, dan Jumenengan.

  • Alamat : Dusun Wonosobo, Desa Wonodadi, Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri
  •  Operasional : 08.00 – 15.30 WIB
  • Tiket Masuk : Rp2.000/orang

10. Bukit Cumbri

Bukit Cumbri (Copy)

* sumber: phinemo.com

Tempat wisata yang satu ini pasti sudah tidak asing di kalangan wisatawan. Bukit Cumbri merupakan salah satu bukit di Wonogiri yang menarik untuk dikunjungi. Letaknya berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, Bukit Cumbri memberikan pemandangan yang sangat cantik, terutama ketika sunrise dan sunset.

Karena lokasinya berada di antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, kamu pun bisa mengakses bukit Cumbri dari Ponorogo. Sesampainya di sini, kamu perlu mendaki bukit dengan ketinggian 638 meter di atas permukaan laut ini selama 15 – 30 menit. Dari puncaknya kamu akan melihat pegunungan hijau yang memesona.

  • Alamat : Kepyar, Purwantoro, Ngudal, Sampung, Kabupaten Wonogiri, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Itulah informasi tempat wisata di Wonogiri yang bisa menjadi referensi liburanmu selanjutnya. Kasunanan Surakarta memang menyimpan banyak destinasi yang bisa dipilih. Liburan nanti kamu mau ke destinasi yang mana? Tulis di kolom komentar berikut ini ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram