10 Wisata Edukasi di Bandung untuk Menambah Wawasan

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bandung memiliki banyak tempat wisata dengan tema edukasi, seperti museum, galeri seni, pusat ilmu pengetahuan, taman edukasi, dan lain-lain. Umumnya wisata-wisata edukasi ini dikunjungi oleh para siswa yang sedang menjalani program study tour dari sekolah atau kampus mereka.

Salah satu wisata edukasi terpopuler di Kota Bandung adalah Museum Geologi yang terletak tidak jauh dari kantor gubernur. Pengunjung Museum Geologi tidak hanya datang dari dalam kota saja, tapi dari seluruh Indonesia dan bahkan dari berbagai negara.

Jika kamu sangat tertarik untuk mengunjungi Bandung dan berwisata edukasi di sana, berikut ini Keluyuran akan merekomendasikan objek-objek wisata edukasi paling populer di Bandung.

1. Museum Geologi

Museum Geologi

* sumber: www.wikipedia.org

Museum ini banyak menampilkan benda-benda pra-sejarah termasuk yang paling terkenal adalah fosil T-Rex. Para pengunjung utamanya datang ke Museum Geologi untuk melihat rekonstruksi tulang belulang binatang buas purbakala tersebut. Selain fosil binatang, Museum Geologi juga memamerkan fosil-fosil manusia zaman dulu yang dikumpulkan dari berbagai daerah di Indonesia.

Bertempat di sebuah bangunan megah bergaya kolonial, Museum Geologi adalah wisata edukasi di Bandung yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Saat bertandang ke sana, kamu bisa mendapatkan banyak sekali ilmu mengenai geologi, sejarah, dan lainnya.

Museum Geologi memiliki beberapa fasilitas seperti auditorium untuk melakukan kegiatan seminar, pemutaran film, dan lainnya. Selain itu, ada juga ruang edukasi berkapasitas 40 orang yang digunakan sebagai tempat berdiskusi, toko souvenir yang menjual berbagai macam cinderamata yang berhubungan dengan geologi seperti buku, gantungan kunci, dan aksesoris-aksesoris sejenis lainnya, serta fasilitas-fasilitas lainnya.

  • Alamat: Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40122
  • Jam operasional: Senin – Kamis (08:00 – 16:00), Sabtu & Minggu (08:00 – 14:00)
  • Nomor telepon: (022) 7213822

2. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo

* sumber: www.commons.wikimedia.org

Saung Angklung Udjo adalah wisata edukasi yang menampilkan pertunjukan alat musik angklung dan bagaimana cara memainkannya. Tidak hanya dikenal secara nasional, Saung Angklung Udjo juga telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit turis asing dari berbagai negara.

Beberapa pertunjukan yang ada di Saung Angklung Udjo antara lain, seperti demonstrasi wayang golek, helaran untuk upacara khitanan atau panen padi, tari topeng, orkestra angklung, dan bermain angklung bersama. Di Saung Angklung Udjo juga terdapat toko souvenir yang menjual berbagai macam aksesoris keren.

Karena pengunjung yang datang ke Saung Angklung Udjo selalu membludak terutama di akhir pekan, maka kamu harus pintar-pintar mengatur waktu sebelum datang ke sana. Jika tidak, mungkin kamu harus menunggu antrian yang cukup lama untuk masuk ke arena pertunjukan utama.

  • Alamat: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40192
  • Jam operasional: –
  • Nomor telepon: (022) 7271714

3. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

Selain menjadi taman kota, Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution telah menjadi sarana pendidikan dan rekreasi bagi masyarakat umum. Dengan luas sekitar 3,5 hektar, Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution diisi dengan ribuan pohon rindang dan diwarnai dengan berbagai macam tanaman berbunga yang sangat indah.

Di wisata edukasi ini masyarakat terutama anak-anak dapat belajar bagaimana tatakrama dalam berlalu lintas melalui kegiatan penyuluhan dan Pendidikan Keamanan Lalu Lintas (PPKLL). Selain mengais ilmu, masyarakat juga bisa sambil rekreasi bersama keluarga tercinta di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution.

Taman tersebut juga dilengkapi dengan sarana-sarana mainan anak-anak yang edukatif dan masih banyak lagi fasilitas-fasilitas yang ada di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution.

  • Alamat: Jl. Belitung No.1, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113
  • Jam operasional: Senin – Kamis & Sabtu (08:00 – 15:00), Minggu (08:00 – 16:00)
  • Nomor telepon: (022) 4201667

4. Taman Sejarah Bandung

Taman Sejarah Bandung

* sumber: blog.reservasi.com

Jika kamu ingin mengetahui sedikit dari sejarah Kota Bandung yang panjang, kamu bisa datang ke Taman Sejarah Bandung. Di sana kamu akan mendapati cuplikan-cuplikan sejarah Bandung dari era ke era. Kamu juga bisa mengetahui siapa saja orang yang pernah menjabat sebagai walikota Bandung dari masa ke masa.

Taman Sejarah Bandung sangat ramah bagi setiap pengunjung dari segala jenjang usia. Di sana terdapat kolam dengan air mengalir yang bisa menjadi tempat bermain anak-anak (pengawasan orang tua diperlukan).

Area di sekeliling taman dipenuhi dengan pohon-pohon besar yang rindang. Jadi, saat kamu datang ke Taman Sejarah Bandung di hari yang terik kamu akan tetap merasa nyaman karena udaranya yang sejuk dan segar.

  • Alamat: Jl. Aceh No.53, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117
  • Jam operasional: 24/7
  • Nomor telepon: –

5. Bandung Science Center

Bandung Science Center

* sumber: www.pintuwisata.com

Ini adalah tempat yang tepat bagi para siswa yang ingin mengetahui dasar-dasar ilmu pengetahuan atau science. Konsep yang ditawarkan oleh Bandung Science Center cukup bagus dan apa yang dipertunjukannya mudah dipahami oleh para pengunjung. Di sana juga terdapat pemandu yang sangat membantu dan ramah.

Agar perjalananmu di Bandung Science Center mendapat panduan, kamu setidaknya harus datang dalam grup kecil yang berisi 5 hingga 10 orang. Secara keseluruhan, Bandung Science Center adalah salah satu wisata edukasi yang perlu kamu kunjungi saat datang ke Bandung.

  • Alamat: Jl. Sirnagalih No.15, Gegerkalong, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40161
  • Jam operasional: Selasa – Minggu (09:00 – 17:00)
  • Nomor telepon: (022) 2060415

6. Taman Budaya Jawa Barat

Taman Budaya Jawa Barat

* sumber: petatempatwisata.com

Sebagai ibukota Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung tentu saja telah menjadi representasi dari wilayah tersebut. Budaya masyarakat Jawa Barat yang beragam dapat kamu lihat dalam satu tempat yang bernama Taman Budaya Jawa Barat. Jadi, kamu tidak perlu datang ke berbagai daerah di tanah Pasundan jika ingin mengetahui sekilas tentang budaya warganya.

Taman Budaya Jawa Barat memiliki banyak fasilitas termasuk galeri-galeri seni dan teater untuk berbagai pertunjukan seperti tari tradisional dan wayang golek. Wisata edukasi yang dikelilingi oleh perumahan warga ini juga terlihat hijau dan bersih sehingga nyaman untuk dikunjungi. Agar lebih seru, datanglah ke taman ini saat banyak event berlangsung.

  • Alamat: Jl. Bukit Dago Sel. No.53A, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135
  • Jam operasional: 24/7
  • Nomor telepon: (022) 2504912

7. Farm House Susu Lembang

Farm House

Kawasan Bandung Utara (KBU) adalah tempat yang penuh dengan perkebunan dan peternakan warga. Daerah tersebut selalu menjadi tujuan wisata yang sangat populer bagi para pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satu objek wisata edukasi di sana adalah Farm House Susu Lembang.

Di Farm House Susu Lembang pengunjung dapat belajar bagaimana menjadi seorang peternak. Mereka diajak untuk memberi makan berbagai hewan ternak seperti sapi, kambing, kelinci, dan lain-lain. Selain itu, terdapat pula berbagai macam toko souvenir dan kedai-kedai yang menjual aneka makanan. Tempat ini cukup besar dan dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk berkeliling.

  • Alamat: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
  • Jam operasional: Senin – Jum’at (08:00 – 19:00), Sabtu & Minggu (08:00 – 20:00)
  • Nomor telepon: (022) 82782400

8. Wisata Ilmu Sutera Bandung

Wisata Ilmu Sutera Bandung

Ini adalah pelopor wisata ilmu sutera yang pertama di Indonesia. Wisata Ilmu Sutera Bandung terletak di daerah pegunungan yang tidak terlalu jauh dari kota. Oleh karena itu, pengunjung akan disambut dengan udara yang segar dan hawa yang sejuk saat bertandang ke wisata edukasi di Bandung Timur ini.

Dengan pengawasan pengelola, pengunjung dapat belajar bagaimana proses pembuatan kain sutera dari awal, yaitu beternak ulat sutera. Mereka juga bisa langsung berinteraksi dengan ulat sutera, seperti memberi makan dan cara merawatnya. Dan masih banyak lagi fasilitas-fasilitas rekreasi dan pendidikan yang disediakan oleh Wisata Ilmu Sutera Bandung ini.

  • Alamat: Jl. Arcamanik Sindanglaya KM 4, Kp. Pamoyanan, Mekarmanik, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40196
  • Jam operasional: Sabtu – Kamis (09:30 – 14:30)
  • Nomor telepon: 0813-2003-8686

9. De Ranch

De Ranch

* sumber: www.nativeindonesia.com

Bagi kamu yang tertarik dengan wisata perkudaan, langsung datang saja ke De Ranch yang terletak di Kawasan Bandung Utara (KBU) ini. De Ranch menawarkan wisata edukasi yang menampilkan nuansa peternakan kuda yang masih merupakan hewan pekerja yang utama seperti di zaman cowboy.

Pengunjung De Ranch dapat melakukan atraksi kuda dengan langsung menunggangi binatang tersebut. Mereka juga dapat melakukan aksi tersebut dengan memakai pakaian dan aksesoris khas cowboy. Selain itu, masih ada lagi fasilitas wisata lainnya di De Ranch seperti balon air, peti luncur, dan memancing ikan di kolam.

  • Alamat: Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
  • Jam operasional: Kamis – Jum’at (09:00 – 17:00), Sabtu & Minggu (08:00 – 18:00)
  • Nomor telepon: (022) 2785865

10. Jendela Alam Bandung

Jendela Alam Bandung

* sumber: www.nativeindonesia.com

Agar anak-anak mampu menyayangi dan menjaga alam dengan baik, mereka perlu belajar banyak hal tentang alam dan lingkungan. Salah satu tempat di Bandung yang menawarkan wisata edukasi tersebut adalah Jendela Alam Bandung yang terletak di kawasan Cihideung, Kabupaten Bandung Barat.

Di Jendela Alam Bandung pengunjung anak-anak dan dewasa dapat belajar bagaimana alam harus dilestarikan. Mereka bisa mengenal berbagai jenis tumbuhan dan hewan, memberi makan hewan, memanen hasil ternak, bercocok tanam, dan lain-lain. Selain belajar, anak-anak juga bisa sekaligus bermain dengan hewan-hewan yang ada di sana.

  • Alamat: Jl. Puspa Raya, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559
  • Jam operasional: Setiap hari (09:00 – 20:00)
  • Nomor telepon: 0899-7104-977

Nah, itulah beberapa wisata edukasi terpopuler pilihan Keluyuran. Umumnya tempat-tempat di atas membutuhkan biaya untuk tiket masuk. Jika kamu tertarik mengunjunginya, silakan untuk melakukan kontak terlebih dahulu ke pihak yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi lebih mengenai biaya yang harus dikeluarkan.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *