Bermain Sambil Belajar di 10 Wisata Edukasi di Malang

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 2 Juni 2021

Malang merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang menjadi kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Kota yang sering dijuluki sebagai “Kota Apel” ini berada di dataran tinggi dengan titik tertinggi berada di 667 meter di atas permukaan laut sehingga Malang dikenal dengan udara yang sejuk.

Kota Malang memiliki beragam destinasi wisata yang selalu menarik wisatawan mulai dari wisata kuliner, kota, gunung, bukit, hingga pantai bisa kamu temukan di sini. Bisa dibilang Malang memiliki destinasi wisata yang lengkap.

Kali ini, Keluyuran akan mengulas 10 destinasi wisata edukasi di Malang Raya yang mencakup Kota Malang, Kabupaten Malang, serta Kota Batu. Simak ulasannya berikut ini!

1. Taman Edukasi Rolak Kedungkandang

Taman Edukasi Rolak Kedungkandang

* sumber: www.photomalang.com

Taman Edukasi Rolak Kedungkandang merupakan taman yang berada di atas Sungai Amprong atau dikenal dengan Sungai Rolak. Taman ini masuk ke dalam wilayah Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Taman Edukasi Rolak dibuat oleh warga setempat dengan memanfaatkan bantaran sungai agar lebih bersih dan menarik.

Taman Edukasi Rolak memiliki panjang lebih dari 100 meter yang dilengkapi dengan sarana permainan edukasi bagi anak-anak. Di sini, anak bisa bercocok tanam, membaca di perpustakaan taman baca, menyusuri sungai, hingga berselancar di dunia maya karena di sini disediakan layanan internet gratis.

  • Alamat : Kedungkandang, Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

2. Desa Wisata Edukasi Ngabab

Desa Wisata Edukasi Ngabab

* sumber: ayahaan.wordpress.com

Ngabab merupakan satu desa yang terletak di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Desa ini memiliki potensi wisata yang sangat baik, hingga akhirnya Desa Ngabab dijadikan sebagai salah satu desa wisata edukasi di Malang. Di sini, terdapat edukasi mengenai cara bercocok tanam, memerah susu sapi, dan pengolahan susu sapi.

Desa Ngabab berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Memiliki udara yang sejuk dan asri. Selain wisata edukasi, di desa ini pengunjung juga bisa melakukan wisata alam dengan mendaki Gunung Dworowati, berendam di pemandian Dewi Sri, hingga wisata religi di Watu Gilang. Desa wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi.

  • Alamat : Ngabab, Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis
  • Kontak : 0852-3344-8662

3. Museum Brawijaya

Museum Brawijaya

* sumber: www.momsbuzz.my.id

Museum Brawijaya merupakan salah satu museum militer di Indonesia yang terletak di Kota Malang. Museum ini menyimpan informasi pada era perjuangan yang kini berperan sebagai tempat untuk penelitian ilmiah, pembinaan wilayah, pewarisan nilai perjuangan, hingga menjadi sarana untuk rekreasi dan pendidikan.

Museum Brawijaya dibangun pada tahun 1962 oleh Brigjen TNI Soerachman. Pada halaman depan, terdapat Agne Yastra Loka yang merupakan taman senjata da nada pula tank Amfibi AM Tack. Di bagian dalam museum terdpat ruang koleksi. Pada halaman tengah terdapat Gerbong Maut yang menyimpan sejarah.

  • Alamat : Jl. Ijen No. 25A, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Operasional : 08.00 – 15.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000/orang
  • Kontak : (0341) 562-394

4. Kampoeng Wisata Keramik Dinoyo

Kampoeng Wisata Keramik Dinoyo

* sumber: www.kompasiana.com

Kota Malang memiliki sebuah kampung dimana sebagian besar masyarakatnya menjadi pengrajin dan penjual keramik. Hingga akhirnya, kampung ini dijadikan sebagai kawasan wisata edukasi yang menarik di Kota Malang. Kampoeng Wisata Keramik Dinoyo namanya. Letak kampung ini tidak jauh dari Universitas Brawijaya dan Politeknik Negeri Malang.

Kampung yang sudah berdiri sejak tahun 1957 ini awal mulanya hanya memproduksi gerabah sederhana, dan peralatan rumah tangga. Namun semakin lama, pengaruh keramik dari Cina sudah masuk ke Indonesia, jadi keramik berbahan lokal mulai dipadukan dengan keramik Cina. Di sini, pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatan keramik.

  • Alamat : Jl. MT. Haryono 9 No.336, Dinoyo, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur
  • Operasional : 08.00 – 15.00 WIB
  • Tiket masuk : Gratis
  • Kontak : 0812-3553-1979

5. Milkindo Green Farm

Milkindo Green Farm

* sumber: www.photomalang.com

Milkindo Green Farm merupakan peternakan yang sudah berdiri sejak tahun 1984 dan kini dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi di Kabupaten Malang. Di sini pengunjung bisa belajar dan melihat pangsung proses memerah susu sapi yang kemudian diolah menjadi beberapa produk, diantaranya susu segar, yoghurt, hingga produk kering yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Milkindo Green Farm memiliki beragam fasilitas yang menarik. Ada taman kelinci, dimana anak-anak dapat bermain langsung dengan kelinci yang berkeliaran. Kemudian ada pula playground yang menjadi tempat bermain anak dengan beragam wahana permainan, seperti ayunan, jungkat-jungkit, hingga lapangan bola mini.

  • Alamat : Ngempit, Tegalsari, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp10.000/orang
  • Kontak : (0341) 390 6000

6. Museum Angkut

Museum Angkut

* sumber: khalifah-wisata.com

Bergeser ke Kota Batu, terdapat sebuah museum yang cukup unik. Museum Angkut namanya. Ini merupakan museum transportasi yang memiliki koleksi lebih dari 300 jenis angkutan tradisional hingga modern. Museum Angkut dibagi dalam beberapa zona yang dibuat seperti bangunan dari tiga benua. Asia, Eropa, hingga Amerika.

Museum Angkut menjadi salah satu destinasi incaran bagi traveler dari dalam dan luar Jawa Timur. Di sini, pengunjung dapat wisata edukasi dengan mengenal mobil kuno, mobil listrik milik Dahlan Iskan, melihat kapal kuno, Replika Pelabuhan Sunda Kelapa, hingga mencoba wahana flight simulator.

  • Alamat : Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Operasional : 12.00 – 20.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp70.000 – Rp100.000
  • Kontak : (0341) 595 007

7. Jawa Timur Park 2

Jawa Timur Park 2

* sumber: www.nativeindonesia.com

Jawa Timur Park terdiri dari tiga bagian dengan konsep yang berbeda. Salah satunya ada Jawa Timur Park 2 (Jatim Park2) yang dikenal juga dengan Batu Secreet Zoo. Di sini bukan hanya Secret Zoo saja, ada pula Museum Satwa dan Eco Green Park. Di sini kamu bisa berwisata edukasi dengan mengenal fauna yang ada di Indonesia.

Jatim Park 2 memiliki beragam wahana seru yang bisa dicoba. Diantaranya Aquarium, Pulau Harimau, Savana, Eco Journey, River Adventure, Rumah Terbalik, Sangkar Raksasa, Eco Science Center, Khazanah Pengetahuan Fauna, hingga mengenal berbagai fosil di Galeri Fosil. Ketika liburan ke Malang, sayang jika melewatkan wisata edukasi yang satu ini.

  • Alamat : Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315
  • Operasional : 08.30 – 16.30 WIB
  • Tiket Masuk : Rp84.000 – Rp120.000
  • Kontak : (0341) 5025 777

8. Taman Selecta

Taman Selecta

Taman Selecta merupakan salah satu destinasi wisata yang diminati pengunjung dari berbagai daerah. Di sini terdapat kebun bunga yang terbentang di atas lahan seluas 10 hektare. Taman Selecta masuk ke dalam Kawasan Wisata Kota Batu, dan berjarak kurang lebih 25 km dari pusat kota Malang.

Taman Selecta sangat cocok dijadikan sebagai destinasi rekreasi bersama keluarga. Di sini terdapat berbagai wahana seru yang bisa dicoba, mulai dari outbound, playground, waterboom,  hingga wisata naik kuda. Selain itu, di sini juga memiliki fasilitas yang terbilang lengkap. Jika tidak membawa baru renang, kamu pun bisa menyewa alat renang di Selecta.

  • Alamat : Jl. Raya Selecta No. 1, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
  • Operasional : 06.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp20.000/orang
  • Kontak : (0341) 592 379

9. Taman Langit Gunung Banyak

Taman Langit Gunung Banyak

Siapa yang suka liburan di ketinggian? Rasanya banyak dari kita yang senang berada di ketinggian. Selain udara yang sejuk, dan pemandangan alam yang indah, kita bisa juga belajar hal baru. Seperti halnya di Taman Langit Gunung Banyak, di sini kamu bisa melihat landscape Kota Batu dari ketinggian.

Taman Langit Gunung Banyak menyimpan banyak hal menarik. Terdapat karya seni berupa patung manusia yang terbuat dari akar pohon, patung hewan, hingga kasur berselimut rumput. Bagi kamu yang suka dengan kegiatan paragliding, di sini kamu bisa mencoba paralayang dan terbang di atas langit Kota Batu.

  • Alamat : Jl. Gunung Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
  • Operasional : 07.00 – 24.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp10.000/orang
  • Kontak : 0813-3318-3380

10. Predator Fun Park

Predator Fun Park

Predator Fun Park merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di bawah manajemen Jatim Park Group. Di sini, pengunjung bisa melakukan wisata edukasi dengan mengenal jenis hewan predator secara dekat. Mulai dari buaya, hingga ular bisa kamu lihat di sini secara dekat karena hewan tersebut berbentuk replika atau patung.

Predator Fun Park menyediakan wahana yang seru dan mengedukasi. Seperti zona telur buaya, galeri buaya, pancing buaya, hingga wahana diluar replika predator. Di sini kamu bisa bermain wahana coco train, extreme trampoline, outbound, hingga waterboom, dan menyaksikan kesenian di Saung Angklung.

  • Alamat : Jl. Raya Tlekung No. 315, Tlekung, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur
  • Operasional : 08.30 – 16.30 WIB
  • Tiket masuk : Rp37.000 – Rp50.000
  • Kontak : (0341) 531 999

Itulah ulasan 10 destinasi wisata edukasi di Malang Raya. Jadi di Malang kamu pun bisa bermain sambil belajar dengan mengunjungi wisata edukasi. Keluyuran bareng teman dan keluarga menjadi lebih menyenangkan. Yuk, berwisata edukasi!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram