Pelesir di Solo? Yuk, Mampir ke 9 Tempat Wisata Malam Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 November 2019

Kota dengan julukan “The Spirit of Java” ini tak pernah ada habisnya untuk di-explore. Wisata alam, kuliner, dan budayanya selalu berhasil menyisakan rindu. Terutama, wisata budaya yang tak pernah berhenti menghibur pengunjung dengan ciri khas budaya tradisional Jawa. Kota Solo memiliki kenangan yang berbeda dengan kota-kota lainnya.

Meskipun tidak termasuk kota kerja seperti Jakarta, Surabaya, ataupun Medan, Solo bisa dibilang merupakan salah satu kota yang tak pernah tidur. Dengan kata lain, kota ini selalu ramai meskipun pada malam hari, baik kuliner malamnya maupun tempat wisatanya. Jika kamu ingin berwisata malam, berikut ini referensi 9 tempat wisata malam di Kota Solo yang sayang untuk kamu lewatkan. Apa saja itu?

1. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg

* sumber: pesona.travel

Jika di Jogja ada Benteng Vredenburg, di Solo terdapat Benteng Vastenburg yang merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1774 dan selesai tahun 1779 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Luas area Benteng Vastenburg adalah 40.000m2.

Pada zaman dahulu, bangunan ini merupakan tempat pertahanan para pasukan Belanda. Namun kini, sudah dialih fungsikan menjadi gedung bersejarah dan tempat pertunjukan seni yang biasa diadakan malam hari. Jika datang pada libur lebaran, Benteng Vastenburg menjadi tempat ditampilkannya pertunjukan seni wayang orang ataupun sendratari

  • Alamat : Jalan Jenderal Soedirman, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Kota Surakarta
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Dewasa Rp 2.000/orang, Anak Rp 1.000/orang

2. Alun-Alun Kidul Surakarta

Alun-Alun Kidul Surakarta

* sumber: bonvoyagejogja.com

Di setiap kota, Alun-Alun selalu menjadi tempat yang ramai dikunjungi. Tak terkecuali Alun-Alun Surakarta. Tempat yang merupakan pelataran atau halaman belakang dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini menjadi tempat yang menyenangkan dan ramah bagi pengunjung dari berbagai kalangan dan usia.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah malam hari. Karena tidak panas dan lingkungan Alun-Alun lebih ramai dibanding siang hari. Ragam kuliner dan jajanan pasar tersedia di sini. Kamu bisa berkeliling Alun-Alun Kidul menggunakan becak modifikasi dengan tarif Rp 10.000 – Rp 15.000/orang untuk satu kali putaran. Dijamin seru!

  • Alamat : Jalan Gading, Gajahan, Pasar Kliwon, Kota Surakarta
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Gratis

3. Ngarsopuro Night Market

Ngarsopuro Night Market

* sumber: rentalmobiljogja.id

Sama seperti kota besar lain, di Solo sering diadakan car free day dan car free night. Namun, ada yang unik dari car free night Kota Solo. Karena di sini menjual beraneka ragam pakaian, makanan, dan oleh-oleh khas Solo dengan harga terjangkau. Bertempat di daerah Ngarsopuro, tempat ini diberi julukan Ngarsopuro Night Market.

Bagi kamu yang datang dari luar Kota Solo, wajib berkunjung ke sini. Karena selain bisa berbelanja, di sini juga menghadirkan pentas seni yang diadakan pada waktu tertentu. Ngarsopuro Night Market dibuka mulai dari Jalan Diponegoro – gerbang Pura Mangkunegaran. Jadi kamu bisa memarkirkan kendaraan beberapa meter sebelum lokasi night market.

  • Alamat : Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta
  • Waktu Operasional : Sabtu – Minggu, 18.00 – 23.00
  • Harga Tiket Masuk : Gratis

4. Taman Hiburan Rakyat Sriwedari

Taman Hiburan Rakyat Sriwedari

* sumber: nusantaranews.co

Pada zaman dahulu, Taman Sriwedari merupakan tempat rekreasi dan peristirahatan bagi keluarga kerajaan, kemudian menjadi pusat perkembangan kesenian dan kebudayaan di Kota Solo. Di sini, terdapat beberapa tempat yang biasa digunakan sebagai tempat pertunjukan seni. Diantaranya, pertunjukan tari, teater, serta tempat berkumpul.

Apabila kamu ingin melihat pertunjukan seni khas Solo yang diselenggarakan secara rutin, Taman Hiburan Rakyat Sriwedari tepat untuk dikunjungi. Setiap hari Selasa – Minggu mulai jam 7 malam, di sini selalu diadakan pertunjukan Wayang Orang Sriwedari di Gedung Wayang Orang. Tema yang dibawakan berbeda setiap harinya, jadi jangan sampai terlewat, ya!

  • Alamat : Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Gratis. Pertunjukan Wayang Orang : Rp 3.000/orang

5. Wedangan Pendopo

Wedangan Pendopo

* sumber: www.wisataindonesia.xyz

Wedangan atau biasa disebut dengan angkringan, merupakan tempat nongkrong malam yang menyediakan makanan tradisional yang enak dan murah. Di Solo banyak wedangan yang bisa kamu kunjungi, salah satunya adalah Wedangan Pendopo. Di sini terdapat menu idola, yaitu nasi dengan sayur ndeso, sosis solo, dan minuman wedang uwuh.

Wedangan Pendopo menyediakan tempat dengan nuansa Jawa klasik yang kental. Kursi-meja yang lawas, wayang sebagai pajangan, alat musik tradisional hingga hiasan-hiasan yang lekat dengan budaya Jawa ada di sini. Sehingga dapat membuat pengunjung merasa nyaman berlama-lama nongkrong bersama teman di wedangan ini.

  • Alamat : Jalan Srigading I No. 7, Mangkubumen, Banjarsari, Kota Surakarta
  • Waktu Operasional : 18.00 – 24.00
  • Harga Menu : Rp 3.000 – Rp 30.000

6. Pasar Malam Pusat Grosir Solo (PGS)

Pasar Malam Pusat Grosir Solo

* sumber: solo.tribunnews.com

Pusat Grosir Solo (PGS) merupakan pusat berbelanja yang ada di Surakarta. Waktu operasional PGS setiap hari mulai jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Banyak pengunjung yang tidak sempat berbelanja di waktu siang, hingga akhirnya dibuka Pasar Malam PGS. Di sini, pengunjung bisa berbelanja baju dan oleh-oleh pada malam hari.

Pasar Malam PGS menyediakan aneka kain batik tulis, cap, dan printing, serta produk fashion lain seperti blouse, dress, hingga kaos Solo. Apabila kamu berkunjung ke Solo, dan ingin berbelanja tanpa perlu merasakan hawa panas di siang hari, bisa berbelanja di Pasar Malam PGS yang buka setiap hari.

  • Alamat : Jalan Mayor Sunaryo No. 01, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Kota Surakarta
  • Waktu Operasional : 18.00 – 22.00
  • Harga Baju : Mulai dari Rp 25.000

7. Wedangan Omah Lawas

Wedangan Omah Lawas

* sumber: surakarta.go.id

Satu lagi wedangan yang Keluyuran rekomendasikan untuk teman-teman yang hendak berwisata ke Kota Solo. Wedangan Omah Lawas sangat terkenal dan cukup ramai dikunjungi. Tempatnya yang nyaman, menunya yang banyak dan juga enak menjadi alasan pengunjung datang ke wedangan satu ini.

Jika kamu datang ke Solo menggunakan kereta api, bisa turun di Stasiun Solo Balapan. Lokasinya, tidak jauh dari stasiun. Jadi sangat dianjurkan bagi kamu untuk mampir ke Wedangan Omah Lawas sesampainya di stasiun. Tak perlu khawatir kantong bolong, karena makanan di sini dijual dengan harga yang murah.

  • Alamat : Jalan Prof. DR. Supomo No. 55, Mangkubumen, Banjarsari, Kota Surakarta
  • Waktu Operasional : Minggu – Jumat, 16.30 – 23.00 dan Sabtu – Minggu, 16.30 – 24.00
  • Harga Menu : Rp 2.000 – Rp 25.000

8. Wisata Kuliner Nasi Liwet Wongso Lemu

Wisata Kuliner Nasi Liwet Wongso Lemu

* sumber: travelingyuk.com

Kota Solo, terkenal dengan kuliner malamnya yaitu Nasi Liwet. Berbeda dengan nasi liwet di Bandung, liwet Solo terdiri dari nasi gurih yang disajikan bersama sayur labur siam, suwir ayam, dan areh. Salah satu tempat makan nasi liwet yang terkenal di Solo adalah Nasi Liwet Wongso Lemu. Sudah terkenal sejak tahun 1950, tempat ini tak pernah sepi pengunjung.

Seperti nasi liwet pada umumnya, nasi di sin disajikan menggunakan puncuk daun pisang. Tak hanya sayur dan suwir ayam, terdapat pula tambahan lauk seperti telur, ayam, dan ati ampela. Lebih lengkap lagi, jika kamu memesan teh manis panas untuk penutup. Uniknya, penjual Nasi Liwet Wongso Lemu melayani pembeli menggunakan baju kebaya khas Solo.

  • Alamat : Jalan Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta
  • Waktu Operasional : Senin – Sabtu, 16.00 – 01.00 dan Minggu 16.00 – 24.00
  • Harga Menu : Mulai dari Rp 19.000/porsi

9. Playground Solo

Playground Solo

* sumber: travelingyuk.com

Mendengar kata “playground”, apa yang ada di pikiranmu? Tempat bermain? Nah, berbeda dengan Playground Solo, ini merupakan wedangan dengan konsep modern dan kekinian. Di sini, kamu bisa menikmati menu nasi kucing, nasi teri, dan aneka kudapan seperti sate usus, sate telur puyuh, dan sate ayam.

Wedangan dengan konsep cafe yang asik, cocok bagi yang ingin sekadar nongkrong, ataupun bekerja. Sesuai dengan slogannya creative space, yaitu eat, talk, and create. Kamu dapat bekerja sambil menikmati suasana baru sambil menikmati wedang jahe yang akan menghangatkan malammu. Tak hanya itu, menu khas cafe pun tersedia di sini.

  • Alamat : Jalan Kenanga No. 163, Badran, Purwosari, Laweyan, Kota Surakarta
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 12.00 – 24.00
  • Harga Menu : Rp 2.000 – Rp 25.000

Keluyuran malam hari di Solo ternyata seru! Kamu bisa mengenal budaya Jawa khas Solo melalui pentas Wayang Orang Sriwedari, menikmati udara Solo di Alun-Alun Kidul Surakarta, hingga nongkrong dan makan malam di wedangan. Sudah siap Keluyuran di Solo? Baca juga artikel tempat wisata di Solo ini untuk menambah list tempat yang wajib kamu kunjungi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *