Inilah 10 Tempat Indah yang Mirip Maldives di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 November 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Maldives selalu menjadi impian destinasi bulan madu bagi sebagian masyarakat. Pantainya yang sangat cantik, dan terdapat resort terapung di atas laut, menjadi alasan mengapa Maldives selalu diidam-idamkan pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan. Meski begitu, tidak punya paspor terkadang menjadi hambatan untuk mewujudkan bulan madu di Maldives.

Tapi, kamu tidak perlu sedih, karena Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki banyak destinasi yang bisa dipilih untuk bulan madu atau sekadar mengisi liburan. Banyaknya pantai yang eksotis, akan mengobati rasa penasaran kamu tentang Maldives. Jadi, tak perlu jauh ke luar negeri, karena ada 10 tempat di Indonesia yang mirip dengan Maldives. Penasaran? Yuk, disimak!

1. Pulo Cinta, Gorontalo

Pulo Cinta, Gorontalo (Copy)

* sumber: blogunik.com

Siapa yang tidak tahu Pulo Cinta? Pulau yang cantik nan eksotis di Gorontalo ini sudah lama menjadi incaran bagi para pelancong yang suka dengan keindahan laut. Di sini, tersedia resort terapung dengan bentuk yang unik. Jika dilihat dari atas, bentuk resort-nya seperti “love”. Makanya, dinamakan Pulo Cinta atau Pulau Cinta.

Hal menarik dari Pulo Cinta adalah konsep eco resort-nya yang membuat tempat ini ramah lingkungan. Listrik di sini menggunakan panel surya, dan tidak menggunakan AC. Pulo Cinta menyediakan 12 unit villa dengan fasilitas 1 kamar tidur, 1 unit villa dengan fasilitas 2 kamar tidur, dan 1 unit villa dengan fasilitas 3 kamar tidur.

  • Alamat : Patoameme, Botumoito, Kabupaten Boalemo, Gorontalo
  • Operasional : 24 jam
  • Tarif : Mulai dari Rp3.500.000/malam
  • Kontak : 0853-7751-7927

2. Pantai Ora, Maluku

Pantai Ora, Maluku (Copy)

* sumber: www.yuktravel.com

Maluku merupakan pulau dengan beragam keindahan. Salah satu primadonanya adalah Pantai Ora yang terletak di Seram, Maluku. Hal menarik dari Pantai Ora adalah taman bawah laut yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Air lautnya yang jernih memungkinkan kamu untuk melihat keindahan bawah laut dari permukaan.

Buat kamu yang ingin lebih lama menikmati keindahan Pantai Ora, di sini terdapat eco resort terapung yang bisa kamu coba. Selain itu, kamu juga bisa menjelajah Pantai Ora menggunakan kayak / perahu kayu yang disediakan di sana. Perjalanan jauh menuju Pantai Ora akan terbayarkan setelah kamu tiba di sini. Dijamin betah!

  • Alamat : Saleman, Seram Barat Daya, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Tarif Resort : Mulai dari Rp1.500.000/malam
  • Kontak : 0812-4889-6616

3. Raja Ampat, Papua Barat

Raja Ampat, Papua Barat (Copy)

* sumber: theculturetrip.com

Papua, pulau di ujung timur Indonesia yang memiliki berjuta keindahan. Salah satu yang menjadi primadona Papua adalah Raja Ampat, yang terletak di Papua Barat. Hal menarik dari Raja Ampat adalah pegunungan karst yang sangat memesona. Terdiri dari gugusan pulau-pulau eksotis, Raja Ampat selalu menjadi incaran para pelancong.

Semakin terkenalnya Raja Ampat di kancah nasional dan internasional, semakin banyak pula resort yang bisa kamu tempati. Di sini ada banyak eco resort terapung yang bisa dicoba. Salah satunya Misool Eco Resort. Kamu perlu memasukkan Raja Ampat ke dalam bucketlist-mu, apalagi jika kamu suka aktivitas diving!

  • Alamat : Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat
  • Operasional : 24 jam
  • Tarif Resort : Mulai dari Rp1.200.000/malam

4. Pulau Tegal Mas, Lampung

Pulau Tegal Mas, Lampung (Copy)

* sumber: travelingyuk.com

Lampung semakin mengepakkan sayapnya di dunia pariwisata. Setelah ramai dikunjungi karena pesona Pulau Pahawang, kini Lampung memiliki primadona eco resort­ yang akan membawamu merasakan sensasi menginap di atas laut. Jadi buat kamu yang ada di Sumatera, tidak perlu jauh-jauh ke timur untuk merasakan sensasinya.

Pulau Tegal Mas menyediakan eco resort­ dengan bentuk bangunan yang unik. Selain itu, di sini juga ada masjid terapung. Kamu bisa berkeliling pulau dengan menyewa kapal motor yang ada di sini. Jika kamu ingin mencoba keseruan lain, bisa juga bermain kayak ke tengah laut. Tak perlu khawatir, kamu akan diberi life jacket.

  • Alamat : Teluk Lampung, Pidada, Panjang, Kabupaten Pesawaran, Lampung
  • Operasional : Setiap hari, 07.00 – 18.00 WIB
  • Tarif Resort : Mulai dari Rp1.500.000/malam
  • Kontak : 0812-7209-9848

5. Pulau Bawah, Anambas, Riau

Pulau Bawah, Anambas, Riau (Copy)

* sumber: kumparan.com

Kamu tahu pulau di Indonesia yang dinobatkan sebagai pulau termahal? Yaitu Anambas, yang berada di Kepulauan Riau. Anambas terdiri dari gugusan pulau eksotis, salah satunya adalah Pulau Bawah. Pulau ini tak hanya indah, namun juga unik.

Di Pulau Bawah terdapat eco resort yang dibatasi untuk 70 orang dalam satu kunjungan dengan tujuan menjaga ekosistem di Pulau Bawah. Di sini, terdapat tiga laguna sejernih kristal, 13 pantai pasir putih, serta terumbu karang alami yang masih sangat terjaga. Tak heran pulau ini disebut sebagai pulau termahal di Indonesia. Pesonanya memang tak tertandingi.

  • Alamat : Pulau Bawah, Kiabu, Siantan Selatan, Kepulauan Riau
  • Operasional : 24 jam
  • Tarif : Mulai dari Rp25.000.000/malam
  • Kontak : +62 778 416 3937

6. Karimun Jawa

Karimun Jawa (Copy)

Sejak lama, Karimun Jawa selalu menjadi primadona wisata di Pulau Jawa bagian utara. Berada di Kabupaten Jepara, Karimun Jawa sangat mudah diakses. Kamu hanya perlu menyeberang dari Pelabuhan Kartini, Jepara. Untuk sampai di Karimun Jawa, kamu bisa memilih menggunakan kapal cepat atau ferry. Tentu, waktu tempuhnya jauh berbeda.

Sesampainya di Karimun Jawa, kamu bisa mengeksplor pulau lain di sektar sini. Seperti Pulau Menjangan Kecil, Pulau Cilik, Pulau Bengkoang, dan masih banyak lagi. Seperti halnya Raja Ampat, di Karimun Jawa juga terdapat banyak resort terapung. Harga yang ditawarkan pun berbeda-beda sesuai dengan lokasi dan fasilitasnya.

  • Alamat : Karimun Jawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tarif : Mulai dari Rp350.000
  • Kontak : (024) 7673 8248

7. Pulau Labengki

Pulau Labengki (Copy)

* sumber: travelingyuk.com

Ingin melihat pegunungan karst ketika membuka jendela kamar? Kamu bisa datang dan menginap di Pulau Labengki. Di sini, ada resort terapung yang menghadap langsung ke pegunungan karst dari kejauhan. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Pulau Labengki. Mulai dari jelajah pulau, diving, hingga bermain flying fox.

Pulau Labengki masuk ke wilayah Sulawesi Tenggara. Kamu yang datang ke sini bisa menggunakan pesawat atau kapal laut sampai Kendari. Beberapa resort menyediakan jemputan di bandara. Jadi kamu tak usah bingung cara untuk sampai ke Pulau Labengki.

  • Alamat : Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara
  • Operasional : 24 jam
  • Tarif : Mulai Rp1.100.000/malam
  • Kontak : 0852-9872-2160

8. Pulau Macan, Jakarta

Pulau Macan, Jakarta (Copy)

* sumber: dewawisata.com

Ingin mengasingkan diri dari kepadatan Kota Jakarta? Tak perlu jauh-jauh, kamu bisa berlibur dan menginap di Pulau Macan, Kepulauan Seribu. Kamu bisa menikmati laut dengan tenang. Karena Pulau Macan terbilang sangat sepi jika dibandingkan dengan pulau lain di Kepulauan Seribu.

Di sini, kamu bisa menginap di resort dengan view laut, hingga snorkeling dekat dengan tempatmu menginap. Pulau Macan sendiri merupakan private island jadi sangat cocok buat kamu yang ingin menjauh dari keramaian kota.

  • Alamat : Pulau Macan, Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta
  • Operasional : 24 jam
  • Tarif : Mulai Rp2.500.000/malam
  • Kontak : 0812-9753-1395

9. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan (Copy)

* sumber: heikaku.com

Kamu ingin berenang langsung dengan hiu paus? Kamu harus coba ke Pulau Derawan. Pulau yang cantik nan eksotis di Kalimantan ini merupakan salah satu habitat hiu paus terbesar di Indonesia. Pada waktu tertentu kamu bisa berenang langsung dengan hiu paus yang besar dan ramah terhadap manusia ini.

Sama seperti pulau eksotis lainnya, di sini juga terdapat resort terapung yang bisa kamu coba sebagai pilihan liburanmu. Pulau Derawan memiliki beberapa resort apung dengan fasilitas dan harga yan berbeda-beda pula. Jalan-jalan ke Derawan jangan lupa coba menginap di resort-nya dan berenang dengan hiu paus, ya!

  • Alamat : Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tarif : Mulai Rp1.000.000/malam

10. Kepulauan Kei, Maluku

Kepulauan Kei, Maluku (Copy)

Satu lagi pulau eksotis di Maluku. Kepulauan Kei, namanya. Meski tidak terdapat penginapan terapung seperti di Maldives, namun pesonanya tak kalah dengan Maldives. Kepulauan Kei memiliki Pantai Ngurtavur yang menjadi habitat burung pelikan yang bermigrasi dari Maluku ke Australia dan Papua Nugini.

Selain pasir putih Pantai Ngurtavur, Kepulauan Kei juga terkenal dengan landscape Pulau Bair. Di pulau ini kamu bisa menikmati laut menggunakan kayak ataupun berenang. Terdiri dari gugusan pulau-pulau eksotis, kamu harus memasukkan Kepulauan Kei ke dalam list destinasi liburanmu selanjutnya.

  • Alamat : Kepulauan Kei, Letvuan, Hoat Sorbay, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku
  • Operasional : 24 jam
  • Tarif penginapan : Mulai dari Rp400.000

Nah, banyak sekali kan, destinasi menarik di Indonesia yang mirip dengan Maldives? Kamu bisa jadikan salah satunya sebagai destinasi pilihan untuk berlibur atau bulan madu nanti. Kira-kira liburan selanjutnya mau ke pulau apa?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *