Keluyuran / Wisata Jepang / 7 Tempat Wisata Musim Panas di Jepang yang Wajib Dikunjungi

7 Tempat Wisata Musim Panas di Jepang yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Agustus 2019

Selain terkenal akan aneka pilihan kulinernya yang lezat, Negeri Sakura Jepang juga merupakan destinasi wisata yang populer di kalangan para pelancong. Ya, ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Tak terkecuali 7 tempat wisata musim panas di Jepang yang akan keluyuran bahas dalam artikel ini.

Ya, kamu penasaran, tempat wisata mana saja yang bisa dikunjungi saat summertime atau musim panas tiba di Jepang? Simak langsung saja ulasannya di bawah ini, ya.

1. Kamikochi

kamikochi tempat wisata musim panas di jepang

Saat musim panas tiba, mengunjungi Kamikochi yang ada di kaki pegunungan Alpen Jepang. Tempat yang letaknya berada di sebelah barat wilayah Matsumoto, Perfektur Nagano ini punya pemandangan alam yang sangat indah dan tentunya mampu memanjakan mata.

Ada banyak spot menarik di Kamikochi, lho. Mulai dari jembatan Kappa atau Kappabashi yang berada tepat di atas kolam Tashiro. Kolam Tashiro punya air yang jernih. Ketika berkunjung ke Kamikochi, jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi kolam Taisho yang cantik. Kolam Taisho ini merupakan kolam yang terbentuk setelah Gunung Yakadake meletus pada tahun 1915 silam.

Ingin melihat pemandangan indah di Kamikochi? Dilansir dari infojepang, kamu bisa menaiki kereta dari Shinjuku Station menuju Matsumoto Station dengan menggunakan kereta JR Chuo Line. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana sekitar 4.5 jam. Kamu membutuhkan ongkos sekitar 4000 yen atau sekitar Rp500.000,-.

  • Alamat: Matsumoto, Nagano 390-1516, Jepang
  • Nomor Telepon: +81 263-95-2433

2. Pulau Ishigaki Okinawa

ishigaki island

Hobi snorkeling atau diving? Kamu bisa mengunjungi Pulau Ishigaki yang ada di Perfektur Okinawa. Pulau ini punya pantai-pantai yang indah dengan air yang jernih dan hamparan pasir berwarna putih yang cantik. Warna air di lautan dapat berubah seiring perubahan cuaca yang terjadi di sana. Terkadang kamu bahkan bisa melihat air lautnya berwarna biru kehijauan, layaknya permata Zamrud.

Pantai yang bisa kamu kunjungi di Pulau Ishigaki di antaranya Pantai Yonehara hingga Ishigaki Sunset Island Beach. Selain ke pantai, kamu juga bisa mengunjungi taman hiburan Ishigaki Yaima Village dan mencoba pakaian tradisional Ryukyu sampai membuat penganan manis berbentuk bola khas Okinawa, yang diberi nama Sata Andagi.

Dilansir dari theculturetrip, Pulau Ishigaki ini pernah dinobatkan sebagai destinasi liburan nomor satu di tahun 2018 oleh situs Tripadvisor. Tertarik untuk menghabiskan waktu musim panas di sini?

3. Uradome Coast

uradome coast

Selain kedua tempat di atas, kamu juga bisa mengunjungi Uradome Coast. Uradome Coast adalah pantai dengan bebatuan cantik yang terbentuk akibat erosi laut. Pantai ini punya pasir putih, pohon-pohon pinus yang indah dan laut berwarna biru.

Kamu bisa melakukan beragam aktivitas di sini. Mulai dari snorkeling, kayaking sampai diving. Atau, kamu bisa menelusuri Uradome Coast dengan berjalan kaki karena ada tempat berjalan kaki sejauh tiga kilometer yang tersedia. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan perahu untuk menjelajah lautannya.

Untuk bisa mengunjungi Uradome Coast, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih selama lima jam dengan menggunakan kereta dari Stasiun Tokyo menuju Stasiun Tottori. Setelahnya, kamu masih harus menempuh perjalanan dari Stasiun Tottori ke Uradome Coast selama kurang lebih satu jam dengan menggunakan kereta.

Hmmmm, cukup melelahkan, bukan? Namun, perjalanan selama enam jam tersebut tentu akan terbayarkan dengan pemandangan indah yang ditawarkan di Uradome Coast. Mau mencoba?

  • Alamat:  Uradome, Iwami, Iwami District, Tottori 681-0003, Jepang

4. Nagaoka Fireworks Festival

nagaoka fireworks

* sumber: matcha-jp.com

Ingin menyaksikan pertunjukan kembang api (hanabi) yang spektakuler selama musim panas berlangsung di Jepang? Kamu bisa mengunjungi Nagaoka Fireworks Festival yang biasanya dihelat pada akhir bulan Juli atau awal bulan Agustus setiap tahunnya. Festival kembang api yang dihelat di wilayah Nagaoka yang merupakan bagian dari Perfektur Niigata ini merupakan salah satu festival kembang api terbesar di Jepang.

Tahun 2019 ini, festival kembang api Nagaoka akan dihelat mulai tanggal 1 hingga 3 Agustus 2019 mendatang. Hayo, kamu tertarik untuk melihat indahnya pemandangan langit malam hari penuh dengan kembang api yang cantik? Langsung kunjungi saja Nagaoka Fireworks Festival, ya. Jangan lupa ajak orang-orang tercinta untuk menikmati malam yang indah sambil melihat kembang api bersama.

5. Gunung Fuji

Gunung Fuji

Siapa, sih yang tidak kenal dengan Gunung Fuji? Gunung yang cantik ini memang menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik, baik bagi wisatawan domestik maupun luar negeri.

Mendaki Gunung dengan ketinggian 3776 meter ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan selama musim panas berlangsung di Jepang. Culturetrip menyebutkan, waktu yang tepat untuk mendaki gunung yang terakhir kali meletus pada tahun 1707 ini memang pada saat musim panas tiba, yakni mulai awal bulan Juli hingga September.

Culturetrip juga menyampaikan bahwa kamu bisa mendaki gunung ini selama seharian, terlebih banyak kabin yang tersedia jika kamu ingin menginap selama proses pendakian berlangsung.

Akses paling mudah dan murah dari Tokyo menuju Gunung Fuji adalah dengan menaiki bus Ekspres Shinjuku menuju Kawaguchiko Station selama 1 jam lebih. Setelahnya, kamu bisa naik bus menuju Stasiun Kelima Gunung Fuji dari Kawaguchiko Station tadi. Gimana, mau mencoba?

  • Alamat: Kitayama, Fujinomiya, Prefektur Shizuoka, Jepang

6. Kuil Motonosumi Inari

monotosumi inari

Kuil Motonosumi Inari juga wajib untuk kamu kunjungi kala bertandang ke Negeri Sakura selama musim panas berlangsung. Berbeda dari Fushimi Inari Taisha yang punya ribuan gerbang, jumlah torii atau gerbang di Motonosumi Inari hanya berjumlah ratusan saja.

Nah, meski begitu, kuil shinto di pinggir pantai ini tetap menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama pada saat summertime tiba. Kuil Motonosumi Inari yang ada di Perfektur Yamaguchi ini bisa kamu kunjungi bareng keluarga atau teman terdekat. Kamu bisa menempuh perjalanan dengan naik taksi dari Stasiun Nagato-Furuichi ke lokasi selama sekitar 22 menit.

  • Alamat: 498 Yuyatsuo, Nagato, Yamaguchi, Jepang

7. Aomori Nebuta Festival

aomori nebuta festival

* sumber: matcha-jp.com

Selain festival kembang api di Niigata, ada juga Aomori Nebuta Festival yang bisa kamu kunjungi selama musim panas. Festival yang dihelat di wilayah Tohoku, Aomori  ini biasanya berlangsung mulai tanggal 2 Agustus hingga 7 Agustus setiap tahunnya.

Festival ini diadakan untuk menyambut Tanabata atau yang disebut juga Festival Bintang. Biasanya, orang-orang akan menuliskan apa yang menjadi harapan mereka pada kertas tanzaku yang punya lima warna berbeda, yakni merah, hijau, kuning, putih dan hitam.

Lalu, kertas tersebut diikatkan pada ranting pepohonan sebelum akhirnya dilarung di lautan. Nah, kalau kamu berencana liburan selama musim panas di Jepang, tidak ada salahnya untuk mengunjungi dan ikut memeriahkan Festival Nebuta di Aomori ini.

Itulah ketujuh tempat wisata musim panas di Jepang yang wajib untuk kamu kunjungi kala berlibur ke Negeri Sakura. Oh ya, pernahkah kamu berkunjung ke salah satu atau bahkan ke semua tempat wisata yang masuk dalam daftar di atas?

Atau kamu punya rekomendasi tempat wisata musim panas di Jepang lainnya? Jika, iya, tidak ada salahnya untuk berbagi pengalaman bersama para pembaca Keluyuran lewat kolom komentar yang tersedia.

Atau, kamu lagi bingung mencari destinasi wisata untuk musim dingin di Jepang? Kalau begitu, kepoin rekomendasinya di artikel 10 Tempat Wisata Musim Dingin di Jepang ini, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar