Keluyuran / Wisata Jawa Barat / 7 Wisata Pantai di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

7 Wisata Pantai di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Agustus 2019

Provinsi Jawa Barat terkenal memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang menarik. Wisata pantai pun tidak kalah populer di kalangan para pelancong. Baik dari Indonesia sendiri, atau pun dari luar negeri.

Nah, pada kesempatan kali ini, Keluyuran akan membagikan informasi tentang 7 destinasi wisata pantai di Jawa Barat yang wajib banget kamu kunjungi kalau liburan. Pantai mana sajakah yang masuk dalam daftar rekomendasi kami kali ini? Let’s check this out!

1. Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Nyari pantai berpasir putih di Sukabumi? Kunjungi saja pantai Ujung Genteng. Ya, di pantai ini, kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat memanjakan mata. Nggak cuma pasirnya saja, air laut di Ujung Genteng juga masih bersih.

Selain itu, pantai Ujung Genteng juga masih relatif sepi. Tidak terlalu banyak pengunjung yang datang. Saat kamu sedang berada di sana, kamu nggak usah khawatir bakal kelaparan. Di pantai Ujung Genteng ada tempat makan, pasar ikan, hingga homestay yang bisa kamu kunjungi untuk menginap.

Lingkungan di sekitar pantai juga masih asri. Jadi, kalau kamu ingin melepas penat, pantai Ujung Genteng yang ada di desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi ini adalah destinasi yang cocok.

Oh ya, kamu nggak cuma bisa berenang dengan aman dan nyaman, liat sunset, sunrise, air laut yang bening sampai pasir putih saja, lho. Di pantai ini, kamu bisa melihat penyu-penyu yang lucu, sampai pelepasan anak-anak penyu saat sore hari. Tertarik untuk berkunjung ke pantai Ujung Genteng?

  • Alamat: Ujung Genteng, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat

2. Batu Hiu

wisata pantai di jawa barat batu hiu

Kurang dari 16 kilometer jauhnya dari Pangandaran, ada satu pantai berpasir putih yang wajib dikunjungi, terlebih oleh kamu yang ingin menikmati wisata pantai di Jawa Barat. Ya, pantai Batu Hiu namanya.

Kenapa diberi nama Batu Hiu? Menurut penuturan masyarakat sekitar, kabarnya di tengah laut ada batu yang bentuknya menyerupai sirip dari ikan hiu, sang predator lautan. Ketika sampai di pantai Batu Hiu, kamu bisa melihat patung ikan hiu yang menjadi ikon pantai Batu Hiu, lho.

Pantai Batu Hiu cocok untuk kamu yang berkunjung hanya untuk berfoto atau pun bersantai, bukan berenang. Mengapa? Karena berenang menjadi salah satu aktivitas yang tidak dianjurkan untuk dilakukan di pantai ini. Alasannya, Pantai Batu Hiu memiliki ombak besar yang bisa membahayakan keselamatan jiwa.

So, kalau datang ke pantai Batu Hiu, jangan lupa isi baterai ponsel atau kamera kamu sampai penuh, ya. Biar bisa foto-foto sampai puas, dengan background pemandangan khas pantai berpasir putih dan air laut yang jernih.

Oh ya, di pantai yang dijuluki sebagai Tanah Lot-nya Jawa Barat oleh kebanyakan pengunjung ini, kamu juga bisa berkunjung ke penangkaran penyu, makan seafood enak sampai belanja oleh-oleh, lho. Mau berkunjung ke pantai Batu Hiu?

  • Alamat: Desa Ciliang, Kec. Parigi, Kab. Ciamis, Jawa Barat

3. Rancabuaya

Pantai Rancabuaya

Kalau berkunjung ke Garut, jangan lupa mampir dulu ke pantai Rancabuaya, ya. Pantai ini pemandangannya nggak kalah cantik dari pantai Santolo yang sudah amat tersohor di kalangan wisatawan.

Di pantai Rancabuaya, tentu kamu bisa menyaksikan indahnya matahari terbit mau pun terbenam, duduk-duduk cantik di atas hamparan pasir putih dan menikmati semilir angin sambil mendengar deburan ombak dari pantai yang airnya biru dan jernih.

Makan seafood enak pun bisa kamu lakukan di pantai Rancabuaya. Harga makanannya relatif murah dan banyak pilihannya. Belanja oleh-oleh untuk keluarga tercinta di rumah atau pun teman kantor juga bisa. Ada banyak toko souvenir yang menjual aneka ragam buah tangan.

Mau bermalam di sini? Bisa! Kamu tinggal pilih penginapan terdekat yang menurutmu paling nyaman. Sayangnya, pantai Rancabuaya tidak cocok untuk dijadikan tempat berenang karena ombaknya besar. So, kalau kamu mau mantai sambil santai, datang saja ke pantai Rancabuaya, ya.

  • Alamat: Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat

4. Karang Song

pantai karangsong

Pantai Karangsong atau Karang Song yang ada di Kabupaten Indramayu juga wajib kamu kunjungi. Di pantai ini, kamu masih bisa berenang dengan aman dan nyaman bersama anggota keluarga atau teman-temanmu.

Kamu juga akan disuguhi pemandangan hutan mangrove yang indah, tak jauh dari lokasi pantainya. Untuk bisa menikmati keindahan hutan mangrove dan menyaksikan burung-burung bercengkrama di sana, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp. 15.000,- per orang.

Untuk memasuki kawasan pantai Karangsong, kamu cuma harus membayar biaya masuk Rp. 5000,- per orang. Pemandangan pantai ini tidak kalah bagusnya dengan pantai lainnya yang ada di Tanah Sunda.

Oh ya, buat kamu yang punya hobi memancing, pantai dengan air yang masih jernih ini cocok untuk dikunjungi. Selain memancing, kamu dapat menyaksikan pelelangan ikan hingga aktivitas para nelayan di pantai ini. Menarik, bukan?

Sayangnya, di dekat pantai ini belum ada penginapan yang bisa digunakan untuk bermalam. Kamu harus menginap di penginapan atau hotel yang ada di pusat kota Kabupaten Indramayu. Tapi tenang, jaraknya nggak jauh, kok. Cuma 15 sampai 20 menit saja dari pantai. Tertarik untuk mengunjungi pantai Karang Song ini?

  • Alamat: Desa Karangsong Blok, Jl. Wanasari, Kec. Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 08.00-17.00 WIB, Sabtu-Minggu, 08.00-18.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 5000,- per orang, Hutan Mangrove Rp. 15.000,- per orang

5. Pamayangsari

pantai pamayangsari

Bukan cuma pantai Cipatujah, Tasikmalaya juga punya pantai lain yang nggak kalah bagus pemandangannya. Adalah pantai Pamayangsari, pantai dengan air laut yang jernih nan menyejukkan mata.

Kalau kamu ingin melepas penat saat berkunjung ke Tasikmalaya, pantai Pamayangsari ini bisa jadi pilihan utama. Mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa. Ada perahu nelayan berjejer rapi di bibir pantai. Di pantai ini kamu bisa foto-foto ria tentunya.

Kamu yang hobi makan juga akan terpuaskan, lho. Ada banyak tempat makan yang menyajikan menu makanan berbahan dasar seafood yang masih segar. Hayo, jadi kebayang enaknya makan seafood di pinggir pantai?

  • Alamat: Sindangkerta, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Bara

6. Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu Tempat Wisata Di Sukabumi

Sejak dulu, pantai Pelabuhan Ratu sudah menjadi destinasi wisata pantai di Jawa Barat yang sangat amat populer di kalangan wisatawan. Pemandangan sunset dan sunrise di pantai ini cantiknya tiada tandingan. Airnya jernih, hamparan pasirnya juga indah.

Selain Ujung Genteng, Pelabuhan Ratu bisa jadi destinasi wisata menarik yang wajib untuk dikunjungi bersama keluarga atau kerabat kamu. Sudah pernah berkunjung ke pantai Pelabuhan Ratu?

  • Alamat: Jl. Raya Cisolok – Pelabuhanratu No.16, Citepus, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat

7. Sedari

pantai sedari wisata pantai di jawa barat

Di Kabupaten Karawang, ada pantai yang bisa dijadikan destinasi liburan kamu. Yup, pantai Sedari namanya. Di pantai ini, kamu bisa mengunjungi hutan mangrove yang indah juga, lho. Pantai Sedari menyuguhkan pemandangan khas pantai yang cantik.

Pantai ini punya ombak yang cukup besar, jadi kamu harus hati-hati jika ingin melakukan aktivitas berenang. Pantai Sedari juga pas untuk jadi tempat bersantai selama kamu berada di Kabupaten Karawang. Makan seafood dengan aneka bumbu yang menggugah selera juga bisa kamu lakukan di kawasan pantai ini. Siap untuk liburan bareng keluarga dan kerabat di Pantai Sedari?

  • Alamat:  Sedari, Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat

Nah, itulah rekomendasi tujuh destinasi wisata pantai di Jawa Barat yang wajib kamu kunjungi. Kalau kamu punya rekomendasi wisata pantai lainnya yang ada di Tatar Sunda, silakan langsung sampaikan melalui kolom komentar yang tersedia di bawah, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar