10 Wisata Sawah Terindah di Indonesia yang Menenangkan

Ditulis oleh Siti Hasanah

Saat berbicara wisata alam, mungkin yang kamu pikirkan adalah pantai, gunung, air terjun, atau sungai. Namun, tak hanya pantai saja yang dapat kamu kunjungi saat berwisata alam, sawah dapat dijadikan wisata alam alternatif selain empat wisata alam populer tadi. Sawah juga menawarkan hal lain dengan kecantikannya yang memesona.

Pesona yang ditawarkan wisata sawah adalah ketenangan dalam balutan hijaunya tanaman padi yang terhampar sejauh mata memandang.

Sistem terasering atau subak pada areal persawahan memperlihatkan kontur bumi yang cukup menarik, yang pastinya akan membuat kamu terpesona. Berikut ini adalah beberapa wisata sawah di Indonesia yang layak untuk kamu kunjungi.

1. Sawah Kemetul – Semarang, Jawa Tengah

  • Alamat: Kemetul, Susukan, Krajan, Kec. Susukan, Kab. Semarang, Jawa Tengah
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: Rp 5.000

Wisata sawah Kementul sesungguhnya merupakan satu objek wisata yang masuk dalam kawasan Desa Wisata Kemetul Semarang.

Sawah Kemetul dapat kamu nikmati dari jembatan kayu yang membentang yang berada di tengah-tengah areal persawahan, di antara hijaunya tanaman padi yang membentang luas yang akan memanjakan mata para pengunjung.

Jembatan tersebut biasa dijadikan spot untuk berswafoto dengan areal persawahan yang hijau membentang sebagai latarnya.

Jika tidak memiliki drone, kamu tak perlu khawatir, ada sebuah gardu pandang yang dapat dijadikan tempat mengambil foto, agar areal persawahan hijau yang luas dan cantik dapat menjadi latar dalam fotomu.

2. Sawah Pronosutan – Kulon Progo, Yogyakarta

  • Alamat: Dsn. Pronosutan, Ds. Kembang Kec. Nanggulan, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta
  • Jam Operasional: 24 Jam

Berwisata di Yogyakarta tak hanya dapat mengunjungi Keraton saja, tetapi ada juga tempat wisata baru yang telah ramai diperbincangkan.

Wisata Sawah Pronosutan saat ini sedang jadi incaran para wisatawan untuk dikunjungi. Sebuah areal persawahan nan hijau yang membentang di belah oleh sebuah jalan beton yang membuatnya tampak unik, karena terlihat kontras.

Sawah Pronosutan mulai dikenal saat banyak pesepeda yang melakukan gowes ke daerah ini pada saat pandemi. Di sawah ini terdapat tiga buah jalan yang membelah areal persawahannya.

Selain tempat berswafoto pengunjung juga dapat bersepeda di jalan tersebut. Warga sekitar pun menyediakan penyewaan sepeda bagi pengunjung yang tidak membawa sepeda sendiri.

3. Sawah Jatiluwih – Tabanan, Bali

  • Alamat: Jl. Jatiluwih Kawan, Ds. Jatiluwih, Kec. Penebel, Kab. Tabanan, Bali
  • Jam Operasional: 08.00 – 17.00
  • HTM: Rp 15.000 – Rp 40.000

Sawah Jatiluwih merupakan satu objek wisata yang menjadi bagian dari Desa Wisata Jatiluwih. Areal persawahan ini memiliki luas sekitar 53 hektar, dan keindahan sawah dengan sistem subak ini bahkan pernah dikunjungi oleh mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Di sini pengunjung dapat menikmati indahnya areal persawahan serta kegiatan sehari-hari dari para petaninya.

Keindahan dari subak di Jatiluwih bahkan membuat UNESCO menjadikannya warisan budaya tak benda pada tahun 20212. Subak tersebut telah menjadi warisan dari generasi ke generasi yang ditangani oleh tangan-tangan yang ahli. Selain berswafoto di areal persawahannya, pengunjung juga dapat belajar cara menanam padi dari para petani.

4. Sawah Bukit Pergasingan – Lombok Timur, NTB

  • Alamat: Ds. Sembalun, Kab. Lombok Timur, NTB
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM: Rp 15.000

Keindahan areal sawah yang satu ini dapat kamu nikmati dengan mendaki bukit terlebih dahulu, yaitu Bukit Pergasingan.

Dari atas ketinggian Bukit Pergasingan kamu dapat melihat indahnya areal persawahan dan juga ladang warga yang berwarna-warni. Areal sawah dan ladangnya tersebut membentuk kotak-kotak yang sempurna yang tampak seperti karpet.


Bukit Pergasingan sendiri merupakan sebuah lokasi yang biasa dijadikan tempat untuk pemanasan sebelum mendaki Gunung Rinjani. Tak butuh waktu lama untuk kamu dapat mendaki bukit ini hanya diperlukan waktu sekitar 2-3 jam.

Bukit Pergasingan ini berada di Desa Sembalun yang memiliki ketinggian sekitar 1.700 mdpl. Dari puncak inilah hamparan sawah terlihat amat menawan.

Baca juga: 10 Ngarai Terindah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

5. Sawah Laba-Laba – Flores, NTT

Sawah Laba-Laba – Flores, NTTSumber: ksmtour.com
  • Alamat: Cacar, Kec. Ruteng, Kab. Manggarai, NTT
  • HTM: Rp 10.000 – Rp 20.000

Sawah yang satu ini merupakan sawah dengan bentuk yang paing unik dan hanya ada satu-satunya di dunia. Sawah yang berada di Pulau Flores ini memiliki bentuk seperti jaring laba-laba atau biasa disebut dengan lodok.

Bentuk sawah ini sesungguhnya memiliki makna tersendiri yaitu berfungsi sebagai tanah yang dikelola secara adat dengan pembagiannya dilakukan oleh ketua adat.

Keindahan bentuk sawah ini dapat kamu saksikan dari sebuah puncak bukit. Tempatnya harus ditempuh dengan berjalan kaki dengan menaiki anak tangga yang telah dibuat oleh warga.

Walaupun lelah kamu akan merasa puas dengan pemandangan yang disuguhkan. Tempat ini cukup ramai dikunjungi tak hanya wisatawan domestik, tapi oleh wisatawan mancanegara juga.

6. Sawah Lemah Harau – Payakumbuh, Sumatera Barat

Sawah Lemah Harau – Payakumbuh, Sumatera BaratSumber: ksmtour.com
  • Alamat: Kab. Limapuluh Koto, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.
  • Jam Operasional: 09.00 – 20.00 WIB
  • HTM: Rp 10.000

Sawah yang satu ini juga memiliki lokasi yang amat unik, dibentengi oleh tebing-tebing batu granit yang cukup tinggi. sawahnya terbentang dalam sebuah lembah yang dikenal orang dengan nama Lembah Harau.

Perpaduan dari pemandangan sawah dan tebing ini terlihat luar biasa menarik, dengan air terjun yang menuruni tebingnya menjadikan lanskapnya terlihat luar biasa.

Tempatnya amatlah tenang, yang terdengar hanyalah suara alam berupa kicauan burung dan binatang liar lainnya. Tempat ini tak hanya menarik untuk para fotografer, tapi tentunya menarik para pecinta kegiatan ekstrem berupa panjat tebing.

Tebingnya yang menjulang tinggi dengan hamparan sawah nan hijau menjadikan tempatnya penuh dengan pesona yang menarik banyak orang berkunjung.

7. Sawah Lukis – Binjai, Sumatera Utara

  • Alamat: Jl. Pertamina, Cengkeh Turi, Kec. Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara
  • Jam Operasional: 07.00 – 21.00 WIB
  • HTM: Rp 10.000 – Rp 100.000

Saat pertama kali melihat wisata sawah lukis di Binjai, mungkin akan mengingatkanmu pada Tanbo Art di Jepang. Tanbo Art sendiri merupakan seni melukis sawah yang berasal dari Jepang.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram