Wisata di Seputar Pusat Kota Garut yang Wajib Kalian Kunjungi!

Ditulis oleh Gerryaldo

5. Toko Oleh-Oleh Hadidjah

Wisata Garut_Toko Oleh-Oleh Hadidjah (Copy)
  • Alamat: Jl. Ciledug 73, Garut
  • Jam Buka: Senin - Minggu (08:00 - 21:00)
  • Telepon: 0812 2282 42110 / 0813 1536 67800
  • Instagram: @hadidjah_pioneerdodolgarut

Tak lengkap ya rasanya kalau jalan ke Garut tapi tidak membeli oleh-oleh khas Kota Dodol ini. Nah, dari semua toko oleh-oleh yang ada, aku dan Tim Keluyuran mampir ke salah satu outlet oleh-oleh paling ternama di sini yakni Toko Oleh-Oleh Hadidjah yang berada di Jl. Ciledug No. 73, Kota Garut. 

Pemilik Toko Oleh-Oleh Hadidjah ini merupakan orang yang sama dengan pemilik usaha dodol brand Picnic yang terkenal itu loh! Saat ini, Toko Oleh-Oleh Hadidjah dipegang oleh anak dari sang pemilik yakni Teh Winny, dia merupakan generasi ke 4 yang saat ini menjalankan Toko Oleh-Oleh Hadidjah yang sudah berdiri dari tahun 1928 silam.

Semua makanan dan minuman yang dijual disini merupakan saringan paling baik dari seluruh UMKM Garut dan sekitarnya, ini membuat kualitas makanan dan minumannya sudah terbukti bagus. Bahkan untuk dodol sendiri, pihak Toko Oleh-Oleh Hadidjah tidak menimbun banyak, supaya produknya terus berputar juga tetap fresh.

Di Toko Oleh-Oleh Hadidjah sendiri menyediakan banyak sekali macam jenis oleh-oleh; seperti dodol aneka rasa, cokelat, bakso aci, sambal, kerupuk kulit, dorokdok, burayot, ali agrem, hingga tteokbokki pun ada! Untuk minuman, mereka pun menyediakan perasan lemon asli, markisa hingga si legend sarsaparilla pun ada! Lengkap banget!

6. Sentra Kerajinan Kulit Sukaregang

Wisata Garut_Sentra Kulit (Copy)
  • Alamat: Jl. Jendral Gagak Lumayung No. 304, Kota Wetan
  • Jam Buka: Senin - Minggu (08:00 - 17:00)

Nah, selain domba, dodol dan dorokdok, Garut juga terkenal dengan produksi kulitnya yang sudah terkenal di seluruh dunia! Di Garut sendiri, wilayah untuk pengrajin kulit sudah dibuat satu tempat supaya terorganisir dengan baik yakni di Sentra Kerajinan Kulit Sukaregang yang berada di sepanjang Jl. Achmad Yani dan Jl. Gagak Lumayung.

Di Sentra Kerajinan Kulit Sukaregang ini kalian bisa menemukan banyak sekali barang-barang yang terbuat dari kulit dengan kualitas super seperti jaket kulit, sepatu kulit, tas kulit, sarung tangan kulit, celana kulit, dompet kulit dan lainnya. Apapun yang kalian cari dengan bahan dasar kulit sudah pasti kalian dapatkan karena disini bisa custom pesanan juga loh!

Harga produk berbahan kulit disini sangat bervariatif loh, ada yang puluhan ribu hingga jutaan. Jadi kalian bisa berbelanja kebutuhan disini sesuai budget, tapi yang pasti, meski murah, barang-barang disini dijamin bagus. Bahkan beberapa toko memberikan kalian garansi 1 tahun untuk barang yang kalian beli. Keren kan?

7. Kampung Sumber Alam

Wisata Garut_Kampung Sumber Alam (Copy)
  • Alamat: Jl. Raya Cipanas No. 122, Panunjung Tarogong Kaler, Cipanas
  • Jam Buka: Senin - Minggu 24 Jam
  • Telepon: (0262) 238000
  • Instagram: @kampungsumberalam

Sudah seharian berkeliling Garut pasti capek sekali bukan? Nah, untuk melepaskan rasa pegal di seluruh badan dan bikin kalian fresh lagi ayo mampir ke salah satu tempat berendam air panas yang berada di Kampung Sumber Alam, Cipanas. Jamin kalian akan betah berlama-lama berendam di sumber mata air panas belerang asli dari gunung!

Kampung Sumber Alam ini terletak persis di bawah kaki Gunung Guntur, berdiri dari tahun 1970, awalnya Kampung Sumber Alam dibangun untuk dijadikan sebagai klinik fisioterapi yang dilengkapi dengan penginapan untuk mengakomodir pasien luar kota. Seiring berjalannya waktu, Kampung Sumber Alam berubah menjadi resort paling terkenal di Garut.

Kampung Sumber Alam kini sudah seluas hampir 3 hektar dengan puluhan bungalow dan private villa yang terdiri dari ratusan kamar. Ada yang untuk pasangan maupun keluarga besar. Di tengah-tengah wilayah resort ini terdapat kolam renang air panas besar bernama Tasikmadu dengan pemandangan Gunung Guntur yang luar biasa cantik. 


Nah Kampung Sumber Alam ini juga jadi tempat kita menginap selama di Garut dan akan kita review juga di video selanjutnya. Jadi kalau kalian mau tahu lebih lengkap soal Kampung Sumber Alam ini, tonton video reviewnya nanti ya! Biar kalian bisa tahu informasinya sebelum datang mampir untuk menginap atau sekedar berendam disini!

Itu dia beberapa tempat wisata yang ada di pusat Kota Garut yang wajib kalian kunjungi saat berlibur atau berkunjung ke Garut ya! Selain bisa berswafoto ria bersama teman dan keluarga, kalian juga akan super irit karena hampir semua tidak berbayar alias gratis, kecuali ya tempat oleh-oleh, dan berendam di Kampung Sumber Alam ya! Next trip, kemana lagi nih kita?

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram