Menikmati Wisata Alam dari Ketinggian Tebing Keraton Bandung

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tebing Keraton merupakan salah satu wisata alam di Bandung yang sangat menarik untuk dikunjungi. Di sini kamu dapat menikmati pemandangan hijau pepohonan serta udara yang sejuk. Tebing Keraton yang berada di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda ini berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl. Karena berada di ketinggian, Tebing Keraton menjadi salah satu objek wisata yang menawarkan pemandangan sangat indah dan instagramable.

Sebelum menjadi tujuan wisata seperti sekarang, Tebing Keraton sudah cukup terkenal di kalangan pesepeda atau pelari. Untuk yang menyukai kedua olahraga ini, Tebing Keraton merupakan tempat yang tepat karena jalurnya yang menanjak dan memiliki hasil akhir yang indah yaitu pemandangan indah dari atas tebing.

Penasaran dengan keindahan Tebing Keraton? Untuk info lebih lanjut, simak ulasannya berikut ini yuk!

Wahana atau Spot Populer

Wahana atau Spot Populer

Kalau kamu mengunjungi Tebing Keraton, kamu mesti sedikit berjalan dari pintu masuk menuju arah tebing. Jalanan menuju tebing sudah dibuat sedemikian rupa agar pengunjung nyaman dan aman, jadi nggak perlu takut nyasar ya cukup ikuti saja jalurnya.

Sesuai dengan namanya, Tebing Keraton ini memiliki spot terbaik yaitu di bagian tebingnya. Jadi tebing ini adalah bagian paling ujung yang menjorok keluar. Kalau kamu berdiri di tebing ini, kamu akan dapat melihat hamparan hijaunya pepohonan yang sangat indah. Dan untuk mendapatkan foto terbaik, biasanya pengunjung duduk di bagian paling ujung yang berbatu besar.

Untuk mendapatkan foto dengan pemandangan terbaik yang instagramable, kamu disarankan untuk datang ketika sunrise atau sunset. Dan yang perlu diperhatikan juga adalah cuaca, jika cuaca mendung maka pemandangannya agak kurang menarik. Meskipun di sekeliling tebing sudah dipagari, sebaiknya kamu mesti ekstrahati-hati lagi ya ketika berfoto di sini karena nggak ada tali atau pengaman yang disediakan.

Oh iya, satu lagi yang perlu diperhatikan nih, karena berada di ketinggian kota Bandung maka udara di sekitar Tebing Keraton cukup dingin lho! Jadi jangan lupa bawa jaket atau sweater ya.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket dan Jam Operasional

Ketika kamu mengunjungi Tebing Keraton, di loket pembelian tiket masuk kamu akan diberikan tanda masuk berupa gelang yang bertuliskan Tebing Keraton. Selain bukti pertanda masuk, gelang ini bisa juga menjadi kenang-kenangan kamu dari objek wisata ini.

  • Harga tiket masuk: Rp11.000 (wisatawan domestik) dan Rp76.000 (wisatawan asing)
  • Jam buka: 05.00-18.00 WIB

Fasilitas

Fasilitas

Tebing Keraton memiliki beberapa fasilitas menarik seperti:

  • Camping ground: Biasanya pengunjung yang mengincar foto saat sunrise akan menginap di camping ground ini supaya nggak terlambat mendapatkan waktu foto terbaik. Kalau kamu tertarik, silahkan hubungi petugas yang ada di sini.
  • Mushola
  • Toilet umum
  • Lahan parkir: Untuk lahan parkir yang disediakan hanya untuk motor. Sedangkan untuk parkir mobil, kamu mesti parkir di area bawah dan berjalan sekitar 10-15 menit menuju Tebing Keraton. Atau bisa juga menggunakan ojek yang sudah mangkal dari bawah.
  • Tempat makan: Di sini terdapat deretan warung kopi yang menjual camilan seperti gorengan hingga makanan berat seperti mie instan. Letak dari warung-warung ini nggak jauh dari pintu masuk, untuk kamu yang kelelahan berjalan bisa santai sejenak di sini sebelum melanjutkan perjalanan.

Alamat dan Akses Transportasi

Alamat dan Akses Transportasi

Alamat: Ciburial, Cimenyan, Bandung Jawa Barat 40198

Akses Transportasi

Mobil: Tebing Keraton yang berada di kawasan Tahura ini bisa di akses dari beberapa jalan namun jalur yang paling mudah untuk ditempuh adalah melalui Dago. Lokasinya sebenarnya nggak terlalu jauh dari kota, hanya jalannya saja yang cukup terjal dan menanjak.

Dari terminal Dago, kamu hanya perlu menempuh kurang lebih 5KM untuk sampai ke objek wisata ini. Jika kamu menggunakan mobil pribadi, kamu mesti parkir di area bawah dan melanjutkan dengan berjalan kaki atau ojek.

Motor: Tapi jika kamu menggunakan kendaraan roda dua, kamu bisa langsung ke atas menuju lokasi dan parkir tepat sebelah objek wisata Tebing Keraton ini. Perlu diingat ya sebelum kesini menggunakan motor, sebelumnya cek dulu kendaraan kamu seperti rem atau bensin.

Kendaraan umum: Lalu bagaimana ya dengan nasib yang menggunakan kendaraan umum? Kalau kamu menggunakan kendaraan umum, kamu bisa menggunakan angkot jurusan Dago seperti Leuwipanjang-Dago atau Stasion-Dago. Berhenti di sekitar MCD Simpang Dago dan lanjutkan menggunakan angkot Dago-Ciburial.

Agar nggak nyasar, lebih baik sebelum naik kamu bilang tujuan kamu ke pak supir agar diturunkan di tempat yang tepat. Nah, jika kamu menggunakan angkot, kamu akan di jalan masuk paling bawah alias cukup jauh untuk berjalan. Kalau kamu kuat, kamu bisa tempuh dengan berjalan kaki atau naik ojek dari pangkalan terdekat.

Hotel di Sekitar

Hotel di Sekitar

Untuk kamu yang sedang berlibur di Bandung atau mungkin warga Bandung yang ingin menikmati beberapa tempat wisata di kawasan Dago, lebih baik menginap di hotel yang berada di sekitar objek wisata. Nah, jika kamu tertarik untuk mengunjungi Tebing Keraton, ada banyak pilihan hotel atau villa yang keren di sekitarnya.

Untuk pilihan hotel atau villa di sekitar Tebing Keraton kebanyakan berada di area Dago Pakar, seperti The Valley Resort Hotel, Dago Highland Resort atau villa Rumah Jae, Imah Kenangan dan masih banyak lagi.

Semoga informasi atas dapat membantu kamu dalam mempertimbangkan waktu atau kendaraan yang tepat untuk menuju ke Tebing Keraton. Hargai keindahan alam dengan tetap mejaga kebersihan dan mengikuti aturan yang ada ya. Selamat berlibur!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *