Ini Dia 10 Ide Acara Tahun Baru yang Menarik untuk Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Hampir sebagian orang pasti antusias ketika menyambut akhir tahun. Acara di malam tahun baru memang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Setidaknya, biarkan diri Anda merasakan euphoria pergantian tahun yang hanya terjadi setiap satu tahun sekali.

Gabut di malam tahun baru? Mungkin Anda bisa mencoba 10 ide acara tahun baru ini biar nggak gabut. Beberapa ide mungkin terbilang mainstream, tetapi ide-ide ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang belum memiliki acara apapun untuk merayakan pergantian tahun. Yuk, langsung saja kepoin 10 ide acara tahun baru dari Keluyuran yang menarik untuk dicoba ini.

10 Ide Acara Tahun Baru yang Menarik

1. Masak-masak

Masak-masak Ide Acara Tahun Baru

Bingung mencari ide acara tahun baru yang hemat dan bisa dilakukan bersama orang-orang terdekat? Mengapa tak coba memasak bersama saja? Pada tanggal 31 Desember Anda bisa pergi berbelanja bahan-bahan makanan di siang harinya. Kemudian, sore hari mulailah menyiapkan bahan-bahan makanan yang akan dimasak. Kemudian, malam harinya ajak keluarga atau sahabat untuk masak bersama di rumah Anda.

Kalau tidak ingin repot, ide untuk membuat barbeque juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Menghabiskan malam tahun baru sambil bakar-bakaran memang seru dan menyenangkan. Agar lebih hemat, mintalah semua peserta pesta malam tahun baru itu untuk patungan bersama.

2. Pesta Kembang Api

Pesta Kembang Api

Malam tahun baru terasa hambar kalau tanpa kembang api. Yuk, buat pesta kembang api bersama orang terkasih. Hanya bermodalkan kembang api yang dijual di pinggir jalan, Anda dan kawan-kawan bisa saling seru-seruan bersama.

Bila Anda memiliki dana ekstra, Anda bisa bergabung dalam pesta kembang api yang biasa diselenggarakan oleh restoran atau hotel. Pesta kembang api di restoran dan hotel biasanya sudah termasuk makan malam dan panggung hiburan, lho. Tentu saja pesta kembang api di luar lebih meriah karena Anda turut merayakannya bersama tamu-tamu lainnya.

3. Nonton Pementasan

Nonton Pementasan

Sudah menjadi tradisi jika setiap malam tahun baru selalu digelar konser yang menampilkan musisi ibu kota. Sebagian besar acara tersebut tiketnya gratis atau dijual dengan harga yang murah. Nah, kalau Anda ingin merayakan tahun baru secara beramai-ramai dengan orang lain, Anda bisa pergi ke pementasan yang diselenggarakan pada malam tahun baru.

Tak hanya konser band dan penyanyi saja, pementasan di malam tahun baru bisa meliputi wayang atau hiburan rakyat lainnya. Dari pada gabut di rumah lebih baik Anda join dengan orang-orang lain untuk menonton pementasan, bukan?

4. Nonton Film

Nonton Film

Di malam tahun baru, bioskop buka seperti biasa. Jika hari biasa show terakhir berkisar antara pukul 9 – 10 malam, sedangkan hari Sabtu tentu saja ada pertunjukan midnight. Nah, ide acara tahun baru yang bisa Anda lakukan adalah pergi nonton film bersama orang-orang terdekat. Usai menonton film, Anda bisa ikut berjalan-jalan menikmati suasana tahun baru atau mampir di tempat makan untuk mengisi perut.

Tidak mau ke bioskop karena khawatir terjebak macet? Tak masalah. Saat ini Anda bisa menonton film di mana saja, termasuk di rumah. Tonton film secara streaming atau melalui DVD bersama keluarga tercinta Anda. Jangan lupa untuk menyiapkan makanan kecil agar acara nonton film ini jadi semakin menyenangkan.

5. Camping

Camping

Ingin merayakan tahun baru dengan sesuatu yang beda? Yuk, ajak sahabat Anda untuk camping! Camping di malam tahun baru juga tidak kalah seru dibanding kegiatan lainnya kok. Pasalnya, Anda bisa merayakan tahun baru di tempat berbeda yang jauh dari hingar bingar. Tinggal pilih sendiri mau camping di hutan atau gunung.

Apabila Anda memilih untuk camping di gunung, setiap malam tahun baru banyak pendaki yang juga memilih untuk merayakan di gunung. Jadi, Anda dan rombongan bakal bertemu dengan orang-orang baru yang juga merayakan malam tahun baru dengan berkemah.

Jangan takut sunyi sepi karena Anda dapat bernyanyi atau bakar jagung bersama dengan pendaki lain saat malam tahun baruan di gunung. Syukur-syukur jika Anda bisa mendapat teman baru di sana.

6. Karaoke

Karaoke

Ide acara tahun baru lainnya yang bisa Anda lakukan adalah karaoke bersama. Tempat karaoke umumnya buka hingga dini hari. Jadi, Anda dan rombongan bisa bernyanyi sampai tengah malam dan menyambut pergantian tahun di tempat karaoke.

Jika Anda tidak ingin pergi ke tempat karaoke, maka Anda bisa melakukannya di rumah. Nyanyikan lagu-lagu favorit Anda dan teman-teman sampai pergantian tahun. Namun, akan lebih baik jika Anda melakukannya di tempat karaoke karena tidak mengganggu kenyamanan tetangga.

7. Main Game

Main Game

Perayaan tahun baru tidak akan meriah tanpa adanya game. Buatlah permainan seru yang bisa dimainkan oleh banyak orang. Anda bisa mencoba permainan tradisional, seperti ular tangga atau gobak sodor. Kalau ingin yang lebih mengasah otak, buat saja kuis cerdas cermat atau kuis sejenis “Who wants to be a millionaire” kecil-kecilan.

Ide bermain game semalam suntuk ini bisa menjadi pilihan bagi Anda dan keluarga atau sahabat yang ingin menghabiskan malam tahun baru di rumah saja. Jangan lupa untuk turut menyajikan makanan yang enak agar permainan tersebut jadi semakin menyenangkan.

8. Pesta dengan Tema Tertentu

Pesta dengan Tema Tertentu

Siapa bilang ide acara tahun baru lebih seru kalau dilakukan di luar rumah? Anda juga bisa menggelar pesta tahun baru yang seru dan lain dari pada yang lain, lho. Sebagai contoh, buatlah pesta dengan tema tertentu, seperti pesta dengan kostum hantu atau pesta bernuansa Hollywood.

Ajak teman-teman dan keluarga untuk turut memeriahkan pesta tahun baru tersebut. Jangan lupa untuk mendekorasi rumah sesuai dengan tema yang ditentukan untuk mendapatkan kesan yang lebih meriah.

9. Pergi ke Tempat Wisata

Pergi ke Tempat Wisata

Tahun baru adalah saat yang tepat untuk berlibur dan berganti suasana. Kunjungi sejumlah tempat wisata di dalam dan luar negeri untuk merayakan tahun baru. Setiap tempat wisata pasti memiliki acara tersendiri untuk merayakan pergantian tahun.

Perlu Anda ketahui bahwa ide acara tahun baru di tempat wisata ini mungkin menghabiskan biaya yang cukup besar dari biasanya. Pasalnya, biaya akomodasi dan transportasi selama tahun baru pasti meningkat ketimbang Anda berlibur di hari biasa. Kunjungi 8 Tempat Liburan Tahun Baru di Indonesia sebagai referensi tempat wisata.

10. Syukuran dan Doa Bersama

Syukuran dan Doa Bersama

Begadang di malam tahun baru sudah menjadi kebiasaan bagi hampir semua orang di dunia. Namun, sambil menunggu acara hitung mundur pergantian tahun tak ada salahnya jika Anda dan keluarga menggelar syukuran dan doa bersama untuk mengucap syukur atas segala yang terjadi satu tahun terakhir.

Tak perlu menyantap makanan mewah, makanan yang sederhana pun akan terasa nikmat jika syukuran di malam tahun baru ini dilakukan bersama orang-orang terkasih. Syukuran dan doa bersama ini juga bisa menjadi ajang untuk membuat resolusi yang lebih baik di tahun depan.

10 ide acara tahun baru ini sangat menarik untuk Anda coba. Perayaan tahun baru tidak selalu harus mewah kok. Yang penting Anda merayakannya dalam kondisi sehat dan bersama orang terkasih tentu sudah lebih dari cukup. Baca juga artikel perayaan tahun baru unik di beberapa negara ini, yuk!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *