5 Pasar Hewan Paling Lengkap yang Ada di DKI Jakarta

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi kebanyakan orang, spot favorit atau tempat yang paling asik untuk dikunjungi adalah mall, cafe, dan tempat wisata lainnya. Tapi, bagi sebagian orang, berkunjung dan bertemu dengan berbagai jenis hewan merupakan suatu hiburan yang menyenangkan. Kegiatan ini juga dapat digunakan untuk memuaskan hobi hingga mencari pendapatan, loh. Bukan di petcare, petshop, atau kebun binatang, lebih tepatnya di pasar hewan.

Siapa bilang di Jakarta hanya ada bangunan-bangunan tinggi dan kemacetan? Buktinya ibukota negara Indonesia ini memiliki beberapa tempat yang unik dan seru untuk didatangi. Mungkin mayoritas orang lebih sering mendengar Pasar Mangga Dua, Pasar Senen dan pasar-pasar lainnya di Jakarta.

lalu, bagaimana dengan Pasar Hewan Barito, atau Pasar Hewan Jatinegara contohnya, apakah kamu pernah berkunjung kesana? Itu adalah beberapa pasar yang berisi aneka hewan peliharaan. Sebelum kamu makin penasaran, mari simak beberapa lokasi pasar hewan di Jakarta berikut ini, siapa tahu kamu tertarik Keluyuran dan berminat mengadopsi satu dari sekian hewan disana.

1. Pasar Hewan Jatinegara

5 Pasar Hewan Paling Lengkap yang Ada di DKI Jakarta 1

*Sumber: https://www.instagram.com/p/B52-DV9HukY/?igshid=1n5g0qdmm5u03

Pasar Jatinegara sebenarnya tidak terdiri dari pasar hewan saja, lebih tepatnya tempat ini adalah pasar tradisional seperti pasar lainnya yang kebetulan menawarkan beragam jenis hewan baik untuk dipelihara ataupun pakan. Umumnya, orang kemari untuk berburu pernak-pernik dan hiasan untuk acara pernikahan dan acara besar lainnya.

Tapi, di lokasi yang sama, tepatnya di seberang jalan Pasar Jatinegara, kamu akan menemukan sederet hewan mulai dari burung, ikan, kelinci, tokek, dan kura-kura yang dijual disana. Bisa dibilang pasar ini menduduki urutan nomor 1 dan menjadi pasar hewan paling menarik yang pasti dikunjungi orang-orang ketika di Jakarta.

Pasar hewan ini tak hanya populer, tetapi juga tergolong lengkap. Selain menyediakan berbagai hewan kecil seperti jangkrik hingga hewan lucu seperti marmut, harga hewan yang ditawarkan dibanderol dengan harga bervariatif. Yaitu mulai dari 5 ribu hingga jutaan rupiah.

Sayangnya, pasar ini tak luput dari keberadaan pedagang-pedagang nakal yang menjual hewan curian maupun hewan yang dilindungi. Sehingga kamu pun harus ekstra berhati-hati memilih hewan dan pintar memilih pedagang, dan siapkan line untuk tawar-menawar.

Karena kondisi pasar ini tak pernah sepi pengunjung, orang yang datang tampak sangat padat sehingga memicu banyaknya kasus pencopetan. Hati-hati dengan dompet dan barang bawaan kamu juga saat terpukau dengan hewan-hewan di sana, ya.

  • Alamat: Jalan Kemuning Raya, RT. 7 RW. 16, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13120
  • Jam Operasional: Senin (24 jam), Selasa – Minggu (01.00 – 17.00 WIB)

2. Pasar Burung Barito

5 Pasar Hewan Paling Lengkap yang Ada di DKI Jakarta 2

*Sumber: https://www.instagram.com/p/B52-DV9HukY/?igshid=1n5g0qdmm5u03

Pasar hewan yang wajib kamu kunjungi saat berada di area Jakarta selanjutnya adalah Pasar Burung Barito. Meskipun disebut pasar burung, dan faktanya memang ini adalah surga bagi para pecinta burung, tetapi pasar ini juga menawarkan beragam jenis-jenis hewan yang lain seperti kucing, hamster, kelinci, bahkan ular!

Lalu, mengapa dijuluki Pasar Barito, sebab pasar ini berlokasi di sepanjang pinggiran Jalan Barito I, Jakarta Selatan. Ini adalah sudut kota Jakarta yang kerap kali dikunjungi pecinta hewan. Tak hanya menyediakan beragam jenis burung hias, pasar burung ini juga menjual berbagai jenis pakan, perlengkapan, hingga sangkar burung dengan bermacam-macam ukuran dan bentuk.

Ada pula perlengkapan hewan-hewan lainnya, seperti kandang kucing dan kandang hamster. Kualitasnya pun tak kalah saing dengan petshop di pusat kota, dan justru harganya jauh lebih terjangkau. Beruntung pasar burung masih bisa kamu temui hingga saat ini, sebab pada tahun 2009 lalu ketika wabah Flu Burung melanda Indonesia, pasar ini hampir saja direlokasi oleh pemerintah.

  • Alamat: Jalan Barito I No. 1, RT. 1 RW. 1, Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
  • Jam Operasional: Senin – Minggu, 07.00 – 16.00 WIB

3. Pasar Hewan Pramuka

5 Pasar Hewan Paling Lengkap yang Ada di DKI Jakarta 3

*Sumber: https://www.instagram.com/p/B4SUAxWhd9G/?igshid=7ccm22lskoxi

Rupanya tak jauh dari Pasar Jatinegara terdapat pula pasar hewan yang dapat kamu kunjungi. Yakni Pasar Pramuka, pasar yang dikenal banyak menjual perlengkapan dan peralatan medis, hingga beragam obat yang dijual secara grosir. Tepat 300 meter dari pusat perbelanjaan di Pasar Pramuka, kamu akan menemukan pasar hewan di sana.

Memang, jenis-jenis hewan yang ditawarkan belum selengkap tetangganya, Pasar Jatinegara. namun, di sana kamu dapat memilih berbagai jenis hewan mulai dari burung, kelelawar, hamster, kura-kura, tupai terbang, hingga ular, lengkap dengan pakan dan kandang untuk tiap hewannya. Harga hewan yang dipatok di sana, contohnya untuk penjualan burung dari burung Love Bird hingga Jalak Bali, berkisar 250 ribu hingga 10 juta rupiah.

Tercatat ada 289 kios yang aktif beroperasi dalam pasar hewan ini. Pasar ini memang tergolong ramai dikunjungi bahkan menjadi spot favorit bagi para pecinta burung. Pada hari-hari biasa, area Pasar Pramuka ini juga selalu menyebabkan kemacetan, entah karena pembeli yang berdatangan untuk memelihara hewan atau untuk orang-orang yang membutuhkan keperluan medis.

Itulah mengapa, sebaiknya kamu mengenakan kendaraan umum jika akan berkunjung ke pasar tersebut. Mengingat lokasinya yang strategis dan dilewati kendaraan umum, fasilitas parkir yang tersedia di sana belum memadai pula, jadi pakai angkot, gojek, atau bus saja kalau mau ke sana, ya.

  • Alamat: Jalan Pramuka No. 01 RT. 12 RW. 6, Palmeriam, Kecamatan Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13140
  • Jam Operasional: Senin – Minggu, 05.00 – 18.00 WIB

4. Pasar Kolong Kebayoran Lama

5 Pasar Hewan Paling Lengkap yang Ada di DKI Jakarta 4

*Sumber: https://www.instagram.com/p/CHUQfV3FlAK/?igshid=14pmlzmp2bwwo

Kembali ke daerah Jakarta Selatan, ternyata di sana terdapat pasar hewan yang namanya tidak sepopuler pasar-pasar hewan sebelumnya. Namun, lokasinya selalu ramai pengunjung dan menjadi salah satu tempat hunting para pecinta burung. Namanya adalah Pasar Kolong Kebayoran Lama.

Pasar yang sudah lama beroperasi ini, tepatnya sejak awal tahun 2000, terletak di bawah fly over arah Keboyaran Lama – Ciledug, di sana kamu akan menemukan beragam jenis burung yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Dan juga lengkap beserta kebutuhan + aksesoris burung mulai dari sangkar, obat atau suplemen. Hingga pakan burung seperti jangkrik, ulat, dan kroto. Selain itu juga terdapat berbagai jenis ikan yang diperjualbelikan di sana.

  • Alamat: Pasar Kolong RT. 1 RW. 1, Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12240
  • Jam Operasional: Minggu (04.15 – 23.30 WIB), Senin – Sabtu (08.00 – 18.00 WIB)

5. Pasar Burung dan Ikan Kelapa Gading

5 Pasar Hewan Paling Lengkap yang Ada di DKI Jakarta 5

* sumber: www.checkinjakarta.id

Siapa sangka, di tengah kota Jakarta, tepatnya di area Kelapa Gading, terdapat lokasi pasar burung yang sudah berdiri selama kurang lebih 12 tahun. Lokasinya berada di Jalan Pelepah Raya. Pada area jalan itu, kamu akan menemukan kios-kios yang menjual burung dengan perlengkapannya.

Jenis-jenis burung yang bisa kamu temui antara lain merpati, kenari, murai batu, kacer, love bird, hingga cucak hijau. Selain burung, pada area yang sama kamu dapat melihat pula sejumlah ikan, aquarium ,dan pakan ikan yang diperjual belikan. Pasar hewan ini mudah untuk dikunjungi karena tempatnya yang strategis, yakni di sekitar Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan Boulevard Barat.

  • Alamat: Jalan Pelepah Raya RW. 5, Kelapa Gading Barat, Kecamatan Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240
  • Jam Operasional: Senin – Minggu, 06.00 – 20.00

Sebenarnya ada beberapa lokasi pasar hewan selain kelima pasar di atas, sayangnya perlahan pasar-pasar hewan di Jakarta itu digusur. Salah satunya Pasar Hewan Menteng atau Taman Latuharhari yang dahulu sepanjang jalannya menjual beragam jenis kucing dan anjing.

Selain disebabkan hewan-hewan yang diperjual belikan sembarangan dan tidak mendapatkan izin, pedagang di sana juga terbukti melanggar peraturan pemerintah setempat. Tapi tenang saja, saat kamu berkunjung ke satu dari kelima pasar tersebut, kamu tidak akan kecewa. Sebaliknya, kamu justru akan tertarik untuk memelihara hewan atau sekedar memanjakan mata melihat hewan yang lucu dan unik.

Namun, jika kamu memutuskan untuk memelihara, pastikan dulu kualitas hewan yang kamu pilih, ya. Dan, yang paling penting, bertanggung jawablah dengan hewan yang kamu pelihara. Jangan sampai hewan itu jadi kesenangan sesaat, lalu ditelantarkan.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *