10 Angkringan di Jakarta untuk yang Kelaparan di Malam Hari

Angkringan merupakan salah satu makanan yang terkenal di Jawa Tengah. Tempat makan ini banyak dicari oleh para wisatawan saat mereka berlibur di sana.

Namun sekarang angkringan tak hanya ada di Jawa Tengah saja. Kini kamu bisa menemukan angkringan di kota-kota lain termasuk Jakarta. Ya, di Jakarta pun kamu bisa menikmati makan ala Jogja tersebut.

Banyak yang menyukai angkringan karena harga makanannya umumnya sangat ramah di kantong. Konsep tempat makannya merakyat dan menghadirkan beragam menu, mulai dari bermacam jenis nasi kucing hingga lauk pauknya yang berupa sate, gorengan atau bacem-baceman.

Ingin tahu 10 angkringan di Jakarta yang recommended? Yuk, simak daftarnya pada ulasan berikut ini!

Baca juga: Inilah 10 Angkringan Populer dan Recommended di Surabaya

1. Angkringan Mercon ‘Bu Kus’

Angkringan Mercon ‘Bu Kus’Sumber: rukita.co
  • Alamat: Jl. Tebet Bar. No.13, RT.8/RW.2, Tebet Bar. Tebet, Jakarta Selatan
  • Jam operasional: 24 jam
  • Telepon: -
  • Harga: Rp2.000 s/d Rp20.000

Untuk penyuka makanan pedas, ada salah satu angkringan yang bisa kamu datangi dan coba hidangan pedasnya. Mampirlah ke Angkringan Mercon Bu Kus yang terletak di rooftop pasar PSPT Tebet.

Di Angkringan Mercon Bu Kus menu andalannya adalah nasi kucing serta beberapa macam nasi bakar yang disantap bersama oseng-oseng mercon super pedas.

Yang membuat tempat angkringan ini menjadi pilihan yang oke adalah suasannya karena lokasinya yang berada di rooftop pasar PSPT Tebet.

Nikmati suasana malam Kota Jakarta yang dipenuhi gemerlap lampu-lampu dari ketinggian. Jangan khawatir kantongmu bolong karena harga di angkringan ini benar-benar terjangkau.

2. Angkringan Eug

  • Alamat: RPPG+65M, RT.3/RW.7, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat
  • Jam operasional: 12.00 s/d 22.00
  • Telepon: 0817-7080-6116
  • Harga: mulai dari Rp3.000

Lokasi Angkringan Eug di Jl. Duri Kosambi, Cengkareng, Jakbar. Angkringan ini menjual makanannya menggunakan gerobak sederhana dan di kalangan anak muda, tempat ini cukup terkenal.

Tersedia menu beragam di Angkringan Eug, mulai dari nasi kucing atau sego kucing, aneka sate, gorengan juga bacem. Nikmati nasi kucingnya bersama dengan aneka sate.

Harga satu porsinya juga terjangkau. Angkringan Eug menyediakan minuman hangat seperti, menu wedang susu jahe. Pilihan lainnya ada wedang uwuh yang sudah terkenal bisa menyehatkan juga kopi Joss, kopi khas Jogja yang menambahkan arang panas pada kopinya.

3. Angkringan Abi Adnan

  • Alamat: Taman Bakrie, Jalan HR Rasuna Said No.62, RT.5/RW.5, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan
  • Jam operasional: 17.00 s/d 24.00
  • Telepon: -
  • Harga: mulai dari Rp2.500

Kalau kamu mencari makanan enak di kawasan Setiabudi, tepatnya di Taman Bakrie, coba mampir di Angkringan Abi Adnan yang sudah buka mulai pukul 5 sore. Angkringan ini biasanya buka sampai pukul 12 malam. 

Menu nasi kucingnya dibanderol dengan harga sekitar Rp2.500 satunya yang isinya sekitar tiga sampai empat sendok makan. Untuk topping-nya yaitu sambal teri yang rasanya pedas gurih.

Sebagai teman nasi, kamu bisa pilih bermacam sate, mulai dari usus, kulit ayam, kikil, otak-otak sampai telur puyuh.

Minuman yang bisa kamu pesan di sini ada jahe hangat yang diracik dari bahan-bahan, seperti jahe merah asli ditambah susu dan air panas. Per gelasnya dibanderol sekitar Rp5.000. Kalau tak ingin kehabisan lauknya, datanglah lebih awal.

4. Angkringan Mas Paijo

Angkringan Mas PaijoSumber: twitter.com
  • Alamat: Jalan Tarian Raya Barat Blok U/01 No.2, Kelapa Gading, Jakarta Utara
  • Jam operasional: 18.00 s/d 02.00
  • Telepon: -
  • Harga: Rp5.000 s/d Rp10.000

Salah satu angkringan di kawasan Kelapa Gading yang populer yang memiliki suasana Jogja adalah Angkringan Mas Paijo. Saat bersantap di sini, kamu akan dihibur oleh alunan musik campursari.

Tak hanya suasananya, angkringan ini juga menawarkan bermacam hidangan yang enak. Menu yang tersedia di sini ada ceker, ampela hati, kerang, sayap ayam, kepala ayam, dan otak-otak.

Untuk pilihan nasi kucingnya ada nasi kucing isi teri, nasi kucing isi pindang, dan bermacam-macam minuman versi angkringan Jogja yang akan memanjakanmu saat bersantap di Angkringan Mas Paijo.

Angkringan ini juga bisa dijadikan tempat untuk nongkrong malam hari. Harga makanannya di sini cukup terjangkau.

5. Angkringan Nasi Kucing Fatmawati

Angkringan Nasi Kucing FatmawatiSumber: idntimes.com
  • Alamat: Jl. RS. Fatmawati Raya No.57, Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Jam operasional: 20.00 s/d 24.00
  • Telepon: -
  • Harga: mulai dari Rp1.000

Menurut kabar angkringan ini merupakan pelopor angkringan di Jakarta. Warung angkringan dengan spanduk berwarna kuning lengkap dengan logo kucing hitam ini dikenal sebagai Angkringan Fatmawati.

Di sini kamu bisa nongkrong sambil minum minuman hangat berupa susu jahe serta menikmati nasi kucing yang lezat.

Makanan yang dijual di sini selain nasi kucing ada menu lauk pauknya, seperti sate usus, sate kikil, sate tulang muda, sate koyor atau gajih sapi, tahu tempe bacem dan ayam bakar yang menjadi favorit dan sering sekali habis sebelum angkringan ini tutup.

Untuk sambalnya di angkringan ini dipisah dari nasi kucingnya karena ada pembeli yang tak makan pedas. Harga makanan di angkringan ini cukup terjangkau, boleh dibilang cukup murah. Seporsi nasi kucing dengan lauk sate sekitar Rp4.000, kecuali untuk sate sosis sekitar Rp5.000.

Harga gorengan sekitar Rp1.000 sementara bacem-baceman Rp2.000. Untuk ayam bakar dibanderol sekitar Rp12.000. Rasa ayam bakarnya akan bikin kamu ketagihan.

6. Angkringan NKRI

  • Alamat: Jl. Raya Kb. Jeruk No.3, RW.3, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat
  • Jam operasional: 17.00 s/d 24.00
  • Telepon: 0897-5815-751
  • Harga: mulai Rp3.000

Salah satu angkringan yang bisa jadi tempat nongkrong yang asyik adalah Angkringan NKRI. Selain bisa mencicipi makanannya yang enak, kamu juga bisa ngobrol-ngobrol bareng teman.

Makanannya dijual di gerobak, tapi selain itu, angkringan ini juga menyediakan tempat duduk yang nyaman. Angkringan ini mempunyai dua lokasi, yaitu di Jl. Kebon Jeruk Raya No. 3, Jakbar dan di Ciledug.

Pilihan menunya sangat beragam, seperti nasi kucing lengkap dengan lauk oseng tempe juga teri, dan ada tersedia juga nasi bakar yang nikmat.

Aneka sate yang bisa kamu pilih, di antaranya sate telur puyuh, usus, ati ampela, dll. Kamu bahkan bisa membakar sendiri satenya. Ada juga menu kopi joss. Karena yang punya orang Jogja asli, nasi terinya enak sekali.

7. Angkringan Jasmerah

Angkringan Jasmerah
  • Alamat: Jl. Jengki Cipinang Asem No. 7, Kebon Pala, Jakarta Timur
  • Jam operasional: 17.30 s/d 02.00
  • Telepon: 083806015173
  • Harga: mulai dari Rp3.000

Angkringan Jasmerah menawarkan bermacam hidangan ala angkringan Jogja dan Solo. Menu yang dijual di sini ada bermacam nasi kucing, sate, baceman, serta minuman hangat ala angkringan.

Pilihan satenya ada sate kulit, usus, ati ampela, telur puyuh, sampai ceker. Di sini juga tersedia beraneka bakso ikan serta otak-otak yang tak kalah nikmat.

Tiap malamnya angkringan ini dikunjungi oleh para muda-mudi Jakarta sehingga selalu ramai. Dinginnya malam akan terasa pas jika kamu memesan minuman wedang jahe.

Suasana di angkringan ini nyaman karena terdapat beberapa kursi serta meja yang bisa digunakan saat menikmati nasi kucing dengan beraneka satenya.

8. Angkringan Tulungagung

  • Alamat: Jl. Benda, RT.6/RW.4, Cilandak Tim., Ps. Minggu, Jakarta Selatan
  • Jam operasional: 18.00 s/d 24.00
  • Telepon: -
  • Harga: mulai dari sekitar Rp3.000

Di wilayah Jakarta Selatan, Angkringan Tulungagung cukup populer. Angkringan ini tepatnya berada di wilayah Kemang. Walaupun Tulungagung adalah nama salah satu kota di Jawa Timur, tapi makanan yang dijual di sini adalah menu ala angkringan Jogja.

Seperti halnya angkringan Jogja lainnya, Angkringan Tulungagung juga jadi lokasi yang asyik untuk nongkrong. Selain itu, angkringan ini menawarkan makanan enak dan murah.

Nasi kucing isi teri serta nasi teri isi tongkol adalah menu andalan di sini. Nasinya ditemani oleh bermacam sate dan gorengan.

9. Angkringan Bu Gendut

  • Alamat: Jl. Melawai IV No.17-18, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Jam operasional: 19.00 s/d 24.00
  • Telepon: -
  • Harga: Rp 2.000 s/d Rp 18.000

Di daerah Blok M Square terdapat sebuah angkringan yang bisa didatangi. Nama angkringannya yaitu Angkringan Bu Gendut.

Tempat ini selalu ramai oleh pengunjung. Jumlah lauk pauk di angkringan ini banyak sekali, mencapai lebih dari 30 jenis dan rasanya enak.

Harganya lauknya dibanderol mulai dari Rp2.000, sedangkan untuk olahan ayam atau daging bisa mencapai sekitar Rp18.000.

Beberapa menu favorit pembeli adalah cumi goreng, ayam goreng, ikan goreng, kikil cabai hijau tongkol balado, sampai tempe orek.

Di sini juga tersedia beraneka ragam sayur-sayuran dengan pilihan berupa tumis jamur, capcay, cah taoge tumis kacang panjang, sampai sayur daun singkong.

10. Angkringan Bu Hendro

  • Alamat: Blok M Square, Jl. Melawai V, Jakarta Selatan
  • Jam operasional: 18.30 s/d 24.00
  • Telepon: 085881782584
  • Harga: Rp5.000 s/d Rp35.000

Selain Angkringan Bu Gendut, di Blok M Square juga ada angkringan lain, yaitu angkringan Bu Hendro. Kawasan ini memang jadi surga kuliner saat malam hari. Untuk menemukan angkringan ini, kamu bisa masuk lewat pintu timur maupun Pintu Mutiara.

Angkringan ini menjual makanannya menggunakan gerobak kayu dengan puluhan lauk enak khas Jawa tersaji untuk pembeli.

Yang unik di Angkringan Bu Hendro adalah tidak dijual nasi kucing, tapi yang tersedia nasi bakar yang pilihannya terdiri dari nasi kuning, nasi merah uduk, dan nasi putih dengan isian yang berbeda.

Harga nasi per bungkusnya sekitar Rp10.000. Untuk lauknya ada cumi cabai hijau, cakalang suwir, urap, telur balado, krecek, pepes, teri, hingga jengkol. Harga untuk nasi dengan lauk lengkap sekitar Rp35.000.

Itulah 10 tempat angkringan di Jakarta yang menawarkan makanan khas Jogja atau Solo yang enak dan murah. Saat kelaparan di malam hari, tempat ini pastinya wajib kamu datangi. Menu yang disediakan mencapai puluhan, jadi pasti ada yang sesuai dengan seleramu.

Kini untuk menikmati makanan khas Jawa tersebut, kamu tak perlu pergi jauh-jauh. Kerinduanmu akan hidangan khas Jogja akan terbalaskan di sini. Angkringan ini juga cocok untuk nongkrong bersama teman. Mau coba angkringan yang mana?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram