10 Pasar Tradisional di Surabaya yang Serba Ada

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 26 Desember 2020

Pasar tradisional adalah tempat yang tepat untuk berbelanja. Selain tergolong lengkap, harganya pun relatif terjangkau, bahkan bisa ditawar sesuai kebutuhan. Pasar tradisional bisa kamu temukan di mana saja, termasuk di Surabaya.

Jadi, jika nanti kamu lagi tinggal di Surabaya dan ingin belanja, kamu tinggal datang saja ke sejumlah pasar tradisional yang ada di sana. Ada pasar tradisional apa saja di Surabaya? Simak daftar 10 pasar tradisional di Surabaya yang serba ada berikut ini!

1. Pasar Keputran

Pasar Keputran

Kalau kamu mau belanja kebutuhan sayur-mayur, pasar ini layak untuk kamu datangi. Beragam sayuran bisa kamu temukan di pasar satu ini. Pasar Keputran sendiri memang dikenal sebagai salah satu distributor sayuran yang ada di Surabaya.

Pasar ini sendiri biasanya ramai di sekitaran pukul 3 sore hingga pagi hari menjelang. Selain sayur, kamu juga bisa menemukan buah dan sembako selama berbelanja di pasar tradisional ini.

  • Alamat : Jalan Keputran Jalan Urip Sumoharjo, Keputran, Kecamatan Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur 60265
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam

2. Pasar Pagi Tugu Pahlawan

Pasar Pagi Tugu Pahlawan

* sumber: www.lintasdaerahnews.com

Sesuai namanya, pasar tradisional ini letaknya tidak jauh dari Tugu Pahlawan yang ikonik itu. Pasar satu ini menjual berbagai macam pakaian bekas yang berkualitas, mulai dari kemeja, kaos, hingga jaket dan celana.

Pasar satu tentu cocok buatmu yang suka sekali thrifting guna memburu pakaian pakaian bekas nan berkualitas. Harganya sendiri tergolong terjangkau, sekitar Rp 5 ribu hingga Rp 25 ribuan. Pasar Pagi Tugu Pahlawan bisa kamu sambangi di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Pahlawan No. 116, Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan, Surabaya, Jawa Timur 60175
  • Jam Operasional : Senin-Sabtu pukul 05.00 – 09.00 WIB, Minggu pukul 05.00 – 08.30 WIB

3. Pasar Pabean

Pasar Pabean

* sumber: www.foodgrapher.com

Pasar Pabean merupakan salah satu pasar tradisional yang tergolong legendaris di Surabaya. Sudah ada sejak 1849 silam, Pasar Pabean merupakan tempat yang tepat buatmu untuk membeli ikan segar.

Beragam jenis ikan segar bisa kamu dapatkan di sini, mulai dari udang, bandeng, hingga ikan pari. Selain ikan, beragam rempah-rempah pun juga bisa kamu dapatkan di pasar legendaris ini.

  • Alamat : Jalan Songoyudan, Nyamplungan, Kecamatan Pabean Cantian, Surabaya, Jawa Timur 60162
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam

4. Pasar Bunga Bratang

Pasar Bunga Bratang

* sumber: jawatimuran.wordpress.com

Kalau kamu mau berbelanja bunga yang bagus, pasar satu ini layak dikunjungi. Beragam koleksi bunga dan tanaman hias bisa kamu temukan di sini. Mawa Jambi dan Palm Phoenix adalah beberapa di antaranya.

Selain bunga dan tanaman hias, pasar ini juga menyediakan burung dan batu akik yang bisa kamu beli. Berbelanja di pasar ini tak akan bikin kamu sumpek. Pasalnya, pasar ini dipenuhi oleh deretan tanaman hijau yang enak dilihat.

  • Alamat : Jalan Bratang Binangun, Baratajaya, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 07.00 – 18.00 WIB
  • No. Telepon : (031) 5043451

5. Pasar Genteng

Pasar Genteng

* sumber: primaradio.co.id

Kalau yang satu ini harus kamu kunjungi sebelum pulang dari Surabaya nanti. Pasalnya, Pasar Genteng memiliki banyak oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang ke kampung halaman nanti.

Mulai dari aneka macam keripik, kerupuk udang, hingga aneka olahan bandeng bisa kamu dapatkan selama belanja di sini. Harganya sendiri cukup terjangkau, sehingga tak akan bikin kantongmu jebol.

  • Alamat : Jalan Genteng Besar, Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60275
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 09.00 – 17.00 WIB

6. Pasar Ikan Gunung Sari

Pasar Ikan Gunung Sari

Jika pasar sebelumnya adalah tempat dijualnya bunga dan tanaman hias, maka pasar satu ini menyediakan beragam macam ikan hias, mulai dari ikan badut, arwana, mas koki, hingga ikan cupang.

Selain ikan hias, beragam benih ikan pun juga tersedia di sini seperti benih ikan gurame, lele, nila, dan juga benih udang. Pasar ikan ini bisa kamu sambangi di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Gunungsari No. 71, Sawunggaling, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60242
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 06.00 – 00.00 WIB
  • No. Telepon : (031) 5683019

7. Pasar Blauran

Pasar Blauran

Tak lengkap rasanya bila tak menyantap jajanan pasar selama di Kota Pahlawan nanti. Dan bila kamu tertarik untuk melakukannya, kamu bisa datang langsung ke Pasar Blauran.

Beragam jajanan pasar khas Surabaya tersedia di sana, mulai dari ote-ote, kue usus, hingga tahu isi yang digoreng secara dadakan. Ada pulang lontong mie dan es dawet yang bisa kamu cicipi selama di pasar ini.

Selain jajanan pasar, Pasar Blauran juga menyediakan berbagai jenis buku baru yang murah. Bahkan, di momen-momen tertentu, terdapat diskon untuk tiap bukunya.

  • Alamat : Jalan Kranggan, Tembok Dukuh, Kecamatan Sawahan, Surabaya, Jawa Timur 60251
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 10.00 – 21.00 WIB

8. Pasar Bekas Gembong

Pasar Bekas Gembong

Selain Pasar Pagi Tugu Pahlawan, ada satu pasar lainnya yang cocok dijadikan tempat thrifting. Pasar Bekas Gembong adalah yang kami maksud. Berbagai pakaian bekas berkualitas tersedia di pasar tradisional ini.

Pasar ini pun juga menyediakan beragam barnag bekas lainnya. Semisal sepeda dan juga barang elektronik. Pasar Bekas Gembong bisa kamu sambangi di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Gembong Tebasan, Kapasari, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60273
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 08.00 – 21.00 WIB

9. Pasar Bunga Kayoon

Pasar Bunga Kayoon

Sumber: https://twitter.com/TICSby/status/1096278882603347968/photo/2

Surabaya masih punya satu pasar tradisional lainnya yang menjual beragam bunga. Pasar Bunga Kayoon adalah pasar yang dimaksud. Beragam jenis bunga tersedia di sini.

Mulai dari bunga anggrek hingga bunga nona orchid. Tersedia pula jasa merangkai bunga, serta dekorasi bunga di pasar tradisional ini. Bila kamu berminat, datangi saja alamat di bawah ini:

  • Alamat : Jalan Kayoon, Gubeng, embong Kaliasin, Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60271
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam

10. Pasar Ampel

Pasar Ampel

Pasar tradisional ini letaknya persis di dalam Kampung Ampel. Pasar ini selalu ramai dikunjungi oleh mereka yang selesai berziarah dari makam Sunan Ampel.

Di pasar ini, kamu bisa membeli beragam pernak-pernik Islami. Mulai dari gamis, peci, hingga mukena. Jangan langsung pulang setelah dari pasar tradisional ini.

Soalnya, pasar ini punya beragam tempat kuliner yang sajikan kuliner khas Timur Tengah mulai dari Nasi Kabsah, Nasi Biryani, hingga Kebab dan Roti Maryam. Pasar Ampel bisa dikunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Nyamplungan No. 97, Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya, Jawa Timur 60151
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam

Pasar tradisional juga bisa kamu temukan di Surabaya. Sepuluh di antaranya sudah kami sebutkan di atas. Di pasar-pasar itu, kamu bisa belanja apa pun yang kamu butuhkan. Entah itu sayuran, ikan, bunga, ikan hias, hingga pernak-pernik bernuansa Islami.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram