keluyuran web banner

10 Tempat Mancing di Jakarta untuk Mengisi Akhir Pekanmu

Ditulis oleh Dhiya Awlia Azzahra - Diperbaharui 20 Januari 2021

Buat kamu yang tinggal di Jakarta, tak ada salahnya jika mengisi akhir pekan dengan memancing. Selain bisa melepas penat, memancing juga bisa jadi alternatif liburan keluarga yang murah meriah. Setelah itu, kamu juga bisa menikmati ikan segar untuk diolah menjadi makanan yang nikmat.

Untuk kamu yang ingin mencoba memancing di kawasan Jakarta, yuk simak beberapa tempat mancing di Jakarta berikut ini!

1. Wisata Pemancingan Liung Sanim

Wisata Pemancingan Liung Sanim

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=2zeHtEVMmDM

  • Alamat: Jalan Pagelarang 1, RT 08/ RW 03 No 77, Lubang Buaya, Cipayung, RT.8/RW.3, Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur
  • Jam operasional: senin-kamis 06.00-18.00 WIB, Jumat tutup, Sabtu-Minggu pukul 06.00-18.00 WIB
  • Nomor telepon: (021) 8483050

Tempat mancing yang terkenal di Jakarta Timur ini memiliki dua kolam berbeda, yakni kolam harian dan kolam untuk lomba. Jika kamu bosan dengan aktivitas memancing yang biasa, mungkin kamu bisa berkunjung ke tempat ini untuk mengikuti lomba yang diadakan dua kali dalam seminggu. 

Jika tak memiliki alat pancing pribadi, kamu bisa menyewa peralatan yang ada di sana. Kamu akan dikenakan biaya sewa mulai dari Rp45.000 hingga Rp150.000. Selain itu, tempat ini juga menyediakan warung makan atau kantin yang bisa digunakan untuk berkumpul bersama keluarga di sela waktu memancing. 

2. Telaga Mina

Telaga Mina

  • Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur
  • Jam operasional: Senin-Minggu 06.00-18.00 WIB
  • Nomor telepon: (021) 87791954

Jika kamu ingin memancing sekaligus rekreasi bersama keluarga, Telaga Mina bisa jadi pilihan yang tepat. Berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah, tempat ini merupakan kolam pemancingan terluas di Jakarta. Telaga Mina memiliki kolam pemancingan seluas lebih dari 1.000 meter persegi. 

Selain itu, tempat ini dikelilingi taman yang asri dengan pepohonan yang hijau. Saat weekend tiba, biasanya tempat ini ramai oleh pengunjung yang ingin berlomba atau berkompetisi. Setelah mendapatkan banyak ikan, pengunjung harus menimbang, lalu mengembalikan ikan ke dalam kolam. 

3. Pemancingan Ecopark

Pemancingan Ecopark

* sumber: encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

  • Alamat: Ocean Eco Park, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara
  • Jam operasional: senin-minggu 06.00-18.00 WIB
  • Nomor telepon: (021) 29222222

Tempat pemancingan ini memiliki suasana yang nyaman, rapi, dan bersih. Kamu bisa menikmati pemandangan tanaman hijau dan pohon yang rindang di sana. Maka dari itu, tempat mancing ini sangat ramah keluarga. Selain memancing, kamu juga bisa rekreasi di kawasan Ancol. 

Berlokasi di tempat yang cukup eksklusif membuat tempat mancing ini cocok buat yang mengutamakan kenyamanan. Tempat ini juga menyediakan area rekreasi lainnya seperti eco bike dan ATV. 

4. Pemancingan Muara Angke

Pemancingan Muara Angke

* sumber: seribusatupulau.blogspot.com

  • Alamat: Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara
  • Jam operasional: Senin-Minggu 06.00-18.00 WIB

Jika kamu ingin memancing di tempat yang terbuka dan gratis, kamu bisa datang ke tempat ini. Muara Angke menjadi salah satu spot favorit memancing warga Jakarta Utara. Ini merupakan dermaga kapal-kapal yang berlabuh ke Kepulauan Seribu. Biasanya banyak pengunjung yang memancing ikan kakap putih di sana.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memancing kerang hijau. Selain memancing, kamu juga bisa menikmati suasana laut sambil berburu sunset. Biasanya tempat ini ramai oleh pemancing saat malam minggu. 

5. Pemancingan Si Bolang Sentra Primer

Pemancingan Si Bolang Sentra Primer  

  • Alamat: Jl. Sentra Primer Tim. No.417, RT.13/RW.8, Pulo Gebang, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur
  • Jam operasional: Senin-Jumat pukul 13.30-00.30 WIB, Sabtu-minggu pukul 09.30-12.30 WIB
  • Nomor telepon:  (021) 22859687

Tempat mancing yang terkenal dengan hadiah motornya ini membuat banyak pemancing tertarik untuk datang. Pemancing yang bisa mendapatkan ikan pita terberat bisa membawa pulang hadiah sepeda motor, lho. Mulai dari motor bebek, motor matik, hingga motor kopling. 

Semenjak kabar mengenai hadiah motor beredar luas, tak sedikit pemancing dari luar Jawa datang ke sana. Kolam pemancingan di tempat ini memiliki sekitar lebih dari 50 ton ikan. Sebaiknya ajak teman-teman atau keluarga supaya kegiatan memancingmu semakin seru. 

6. Pemancingan & Restoran Puspita

Pemancingan & Restoran Puspita

* sumber: encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

  • Alamat: Jl. Kukila Raya No.46, RW.3, Halim Perdana Kusumah, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur
  • Jam operasional: Senin-jumat pukul 07.00-21.00 WIB
  • Sabtu-Minggu pukul 07.00-20.00 WIB
  • Nomor telepon: (021) 8009749

Jika ingin memancing sekaligus menikmati hasilnya, kamu bisa datang ke Restoran Puspita. Tempat ini cocok untuk bersantai karena lokasinya cukup jauh dari jalan utama. Sehingga terhindar dari suara bising kendaraan. Di dalam kolam, terdapat ikan bawal dan ikan mas yang bisa dipancing. 

Tempat ini memiliki empat area yang berbeda, yakni pemancingan untuk harian, dua kolam pemancingan untuk lomba, dan restoran lesehan. Selain bisa menikmati hasil tangkapan, kamu juga bisa menikmati aneka menu seafood yang disediakan. 

7. Pemancingan Galatama Pancoran Indah

Pemancingan Galatama Pancoran Indah

* sumber: cingmancing.wordpress.com

  • Alamat: Jl. Triloka VI No.134, RT 3/RW 4, Pancoran, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan
  • Jam operasional: senin-minggu pukul 14.30-22.00 WIB
  • Nomor telepon: (021) 7949153

Buat kamu yang tinggal di daerah Jakarta Selatan bisa mengunjungi tempat ini. Lokasinya yang strategis membuat pemancingan ini ramai pengunjung. Selain memiliki kolam yang luas, pemancingan ini juga diisi dengan aneka ukuran ikan, mulai dari yang kecil hingga yang besar. 

Bahkan terdapat ikan besar dengan ukuran lebih dari tujuh kilogram. Selain itu, pemancingan yang sudah berdiri sejak 1980-an ini mengadakan lomba harian setiap harinya. Sesi lomba berjalan sebanyak dua kali per hari. Apakah kamu tertarik untuk mengikuti lomba memancing di tempat ini? 

8. Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang

* sumber: backpackerjakarta.com

Berlokasi di dekat pusat kota membuat Taman Situ Lembang jadi salah satu tempat mancing favorit. Taman ini memiliki danau buatan yang bisa digunakan warga untuk memancing secara gratis. Dikelilingi suasana taman yang hijau dan bersih akan membuat para pemancing betah dan nyaman. 

Kamu bisa mendapatkan beberapa jenis ikan, mulai dari ikan mas, ikan lele, ikan mujair, hingga ikan nila. Selain itu, kamu juga bisa piknik, jogging, atau bersepeda di kawasan taman yang cukup luas ini. 

9. Himaraya Galatama Patin

Himaraya Galatama Patin

* sumber: gemarimancing.wordpress.com

  • Alamat: Jl. Kresek Raya No.12, RT.6/RW.8, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat
  • Jam operasional: senin-minggu pukul 15.00-23.15 WIB
  • Nomor telepon:  0896-4488-8717

Tempat ini berada di lokasi yang strategis sehingga kerap ramai oleh para pemancing. Selain itu, memiliki kolam yang luas dengan ukuran ikan yang bervariasi. Salah satu daya tarik tempat ini adalah terdapat ikan patin. Bahkan ada patin albino yang memiliki berat hingga 7 kilogram. 

Selain itu, memiliki halaman yang luas serta fasilitas yang mendukung seperti toilet dan kantin. Tempat ini juga sering mengadakan lomba ikan yang digelar setiap hari. Untuk pemakaian umpan, dilarang menggunakan bahan yang bisa merusak kolam. Biasanya hanya diizinkan memakai ongol-ongol. 

10. Pemancingan Bahri Kampung Sumur

Pemancingan Bahri Kampung Sumur

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Qts3Hm4j2QA

  • Alamat: Jl. Kp. Sumur Utara No.34, RT.7/RW.10, Klender, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur
  • Jam operasional: senin-minggu 06.00-18.00 WIB
  • Nomor telepon:  0878-8146-8970

Tempat pemancingan yang sudah ada sejak 1991 ini adalah salah satu yang populer di Jakarta. Tempat ini kerap ramai oleh para pemancing karena memberikan hadiah motor setiap minggunya. Namun kini, hadiah motor sudah diganti dengan hadiah uang tanpa menurunkan minat para pemancing. 

Tempat ini menyediakan beberapa kolam, mulai dari kolam ikan mas, bawal, hingga lele. Selain itu, tempat ini menyediakan fasilitas parkir yang luas dan kantin dengan aneka makanan. Apakah kamu tertarik untuk memancing di tempat ini? 

Itulah 10 tempat mancing di Jakarta yang bisa jadi alternatif untuk liburan nanti. Jika kamu tahu tempat memancing lainnya di Jakarta, silakan berbagi dengan kami di kolom komentar, ya! 

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram