10 Cara Mencegah Mabuk Perjalanan yang Sangat Ampuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mabuk perjalanan bisa dialami oleh siapa saja, terutama bagi orang-orang yang tidak biasa berpergian jauh dengan alat transportasi tertentu. Ada yang mabuk ketika naik transportasi darat, tetapi tidak mabuk saat naik transportasi udara. Pun sebaliknya ada yang cepat mabuk ketika berpergian dengan kapal dan pesawat, tapi tidak mabuk saat melakukan perjalanan darat.

Apakah Anda salah seorang yang kerap kali mabuk saat melakukan perjalanan? Apa pun alat transportasi yang Anda pakai, berikut ini ada 10 cara mencegah mabuk perjalanan darat, laut, dan udara dari Keluyuran yang cukup efektif.

10 Cara Mencegah Mabuk Perjalanan yang Ampuh

1. Makan secukupnya saja

Makan secukupnya saja cara mencegah mabuk perjalanan

Perut kosong bisa membuat Anda masuk angin dan mudah mengalami mabuk perjalanan. Ketika perut kosong, lambung akan memproduksi asam dalam jumlah yang berlebih sehingga dapat menyebabkan Anda merasa mual.

Cara mencegah mabuk perjalanan yang cukup efektif adalah makan secukupnya. Makanlah dengan porsi normal dan usahakan untuk berhenti makan sebelum kenyang. Hindari juga makan sampai terlalu kenyang. Pasalnya, terlalu kenyang juga bisa membuat perut terasa begah dan merasa mual saat perjalanan.

2. Hindari makanan yang dapat menyebabkan mabuk

Hindari makanan yang dapat menyebabkan mabuk

Ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan risiko Anda mengalami mabuk saat perjalanan darat, di antaranya adalah makanan pedas dan makanan yang berminyak. Kedua makanan ini tidak friendly dengan sistem pencernaan Anda. Sebaiknya, konsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi atau makanan yang berserat tinggi.

Saat melakukan perjalanan udara dengan pesawat kelas bisnis, mungkin Anda akan ditawarkan wine atau minuman beralkohol lain untuk menenangkan diri. Jika Anda tidak terbiasa mengonsumsi minuman beralkohol, sebaiknya hindari minuman tersebut dan mintalah minuman hangat, seperti teh, untuk menangkan diri.

3. Tidak membaca saat perjalanan

Tidak membaca saat perjalanan

Sebagian orang terbiasa membaca buku, koran, komik, atau majalah saat melakukan perjalanan. Tujuannya untuk “membunuh” waktu dan mengatasi kebosanan saat melakukan perjalanan yang panjang. Namun, tahukah Anda bahwa membaca saat perjalanan darat, laut, maupun udara bisa membuat Anda mabuk?

Cobalah untuk tidak membaca buku saat perjalanan. Cara mencegah mabuk perjalanan tanpa membaca buku ini cukup efektif, lho. Sebagai gantinya Anda bisa menikmati pemandangan yang berada di sepanjang perjalanan Anda atau tidur saja.

4. Jaga suhu udara di dalam kendaraan

Jaga suhu udara di dalam kendaraan

Tips yang satu ini berlaku jika Anda melakukan perjalanan darat dengan mobil. Ya, salah satu cara mencegah mabuk perjalanan adalah dengan memperhatikan suhu udara di dalam kendaraan. Pastikan AC di mobil tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

Apabila AC terlalu kecil, maka udara di dalam mobil akan terasa pengap sehingga Anda jadi lebih mudah mabuk. Sebaliknya, jika AC terlalu besar dan mengarah ke tubuh, Anda jadi lebih mudah mabuk dan mengalami masuk angin saat perjalanan.

5. Pastikan tempat duduk Anda nyaman

Pastikan tempat duduk Anda nyaman

Ketika mudik atau melakukan perjalanan jauh, Anda mungkin memerlukan membawa lebih banyak barang. Akibatnya, barang yang tidak cukup diletakkan di bagasi akan berada di dekat tempat duduk Anda.

Secara tidak langsung, Anda harus berbagai jatah tempat duduk Anda dengan barang-barang yang Anda bawa. Ketika Anda tidak merasa nyaman saat duduk, maka Anda akan merasa pusing dan mabuk. Oleh karena itu, bawalah barang secukupnya saat berpergian jauh.

Selain itu, jika Anda naik transportasi umum, usahakan Anda memperoleh tempat duduk yang nyaman. Bila Anda merasa lebih nyaman duduk di dekat jendela, maka jangan ragu untuk request ke petugas yang berwenang untuk memperoleh tempat duduk yang dekat jendela.

6. Hindari penggunaan pewangi yang menyengat

Hindari penggunaan pewangi yang menyengat

Cara jitu mencegah mabuk perjalanan tanpa obat adalah menghindari penggunaan pewangi yang menyengat. Ketika ingin memasang pewangi kendaraan, pilih yang wanginya lembut dan tidak terlalu menyengat. Sebaiknya, pilih pewangi yang bersifat aromatherapy yang tidak akan membuat Anda mabuk di jalan.

Selain itu, gunakan juga parfum atau wewangian tubuh lainnya yang tidak terlalu menyengat. Pasalnya, pusing ketika mabuk di jalan juga bisa disebabkan karena wewangian yang Anda pakai di tubuh Anda.

7. Duduk di bangku depan sebelah pengemudi

Duduk di bangku depan sebelah pengemudi

Meskipun terlihat sepele, tetapi cara mencegah mabuk perjalanan darat yang satu ini cukup ampuh. Para ahli kesehatan percaya bahwa mabuk perjalanan bisa disebabkan karena ketidaksesuaian antara pandangan mata dengan respon tubuh dalam menginterpretasikan gerak kendaraan.

Ketika Anda duduk di kursi tengah, maka Anda akan melihat kursi bagian depan, tapi tubuh Anda akan sangat peka terhadap belokan atau kecepatan kendaraan yang Anda tumpangi.

Sementara itu, bila Anda duduk di kursi depan keseimbangan antara pandangan mata dan respon tubuh pada gerak kendaraan tetap terjaga. Bila perlu, Anda bisa menghindari risiko mabuk darat dengan mengemudikan kendaraan Anda sendiri.

8. Hindari jalanan yang tidak rata

Hindari jalanan yang tidak rata

Percaya atau tidak, jalanan yang tidak rata atau macet bisa membuat seseorang jadi mabuk darat, lho. Guncangan saat melewati jalan yang tidak rata bisa membuat isi perut Anda turut terguncang dan membuat Anda jadi lebih cepat muntah.

Jalanan yang sangat macet juga membuat kendaraan jadi lebih sering mengerem. Hal ini sangat berpengaruh pada potensi mabuk perjalanan. Solusinya adalah memilih jalanan yang rata dan lancar. Jika terpaksa melewati jalanan yang tidak rata atau macet, gunakan kendaraan yang dapat meredam guncangan dengan sangat baik.

9. Cukup tidur sebelum pergi

Cukup tidur sebelum pergi

Salah satu alasan mengapa orang sering mabuk saat berpergian jauh adalah kurang tidur. Apabila Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup sebelum pergi, kepala akan menjadi lebih cepat pusing dan perut pun terasa mual.

Miliki tidur yang cukup sebelum berpergian jauh. Hal ini dapat membuat tubuh jadi lebih fit dan segar sehingga Anda tidak mudah mabuk saat perjalanan. Jika kurang tidur usahakan tidak minum kopi agar Anda bisa tidur saat di perjalanan.

10. Minum obat anti mabuk

Minum obat anti mabuk

Dewasa ini, ada beragam obat anti mabuk yang bisa membantu Anda mencegah mabuk di perjalanan darat, laut, dan udara. Obat ini cukup efektif untuk mengurangi risiko mabuk dan membuat Anda mengantuk. Ketika Anda mengantuk, maka Anda akan tertidur saat perjalanan sehingga tidak akan mengalami mabuk.

Lantas, bagaimana jika anak-anak yang berpotensi mabuk perjalanan? Apakah obat tersebut aman untuk anak-anak? Pilih obat mabuk perjalanan untuk anak. Pasalnya, obat anti mabuk khusus dewasa tidak cocok dikonsumsi oleh anak-anak di bawah usia 12 tahun.

Inilah 10 cara mencegah mabuk perjalanan yang bisa Anda lakukan sebelum berpergian. Selain itu, Anda juga harus memastikan suasana hati Anda sedang tenang ketika hendak melakukan perjalanan jauh. Pasalnya, apabila suasana hati sedang buruk, Anda akan mudah merasa cemas, berkeringat dingin, dan mual. Tenangkan diri Anda dengan mendengarkan musik favorit Anda saat sedang melakukan perjalanan jauh.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *