10 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Tanpa Menggunakan Obat

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah Anda tidak terbiasa menempuh perjalanan jauh? Jika ya, Anda berisiko mengalami mabuk perjalanan. Sedikit informasi, mabuk perjalanan adalah kondisi di mana Anda merasa pusing, mual, muntah, dan tidak enak badan saat sedang berpergian. Kondisi seperti ini tentu akan mengganggu perjalanan Anda.

Adakah cara mengatasi mabuk perjalanan tanpa perlu mengonsumsi obat anti mabuk? Tentu saja ada. Mengingat mabuk perjalanan adalah kondisi yang tidak bisa dihindari, maka Anda harus mengetahui beberapa cara untuk mengatasi mabuk perjalanan dari Keluyuran berikut ini agar Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan kondisi tubuh yang lebih baik.

10 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Tanpa Menggunakan Obat

1. Lebih sering beristirahat

Lebih sering beristirahat cara mengatasi mabuk perjalanan

Jika Anda adalah seorang yang mudah mengalami mabuk perjalanan, maka Anda harus lebih sering beristirahat. Cara mengatasi mabuk perjalanan darat yang satu ini menyarankan Anda untuk lebih sering menghentikan perjalanan untuk sekedar keluar dari mobil dan menghirup udara segar.

Anda dapat beristirahat di bawah pohon sambil menikmati pemandangan sekitar atau berhenti di minimarket untuk sekedar membeli cemilan. Usahakan untuk keluar dari mobil saat beristirahat agar Anda memperoleh suasana baru yang akan membuat tubuh jadi lebih segar.

2. Pindah duduk ke bangku depan

Pindah duduk ke bangku depan

Tips yang satu ini pernah kami bahas dalam artikel seputar cara mencegah mabuk perjalanan. Namun, apabila Anda sudah terlanjur duduk di kursi tengah atau belakang dan terbukti mengalami mabuk perjalanan, maka Anda harus pindah ke bangku depan.

Ketika duduk di kursi tengah atau belakang, fokus mata Anda hanya tertuju pada bagian belakang bangku depan, sedangkan tubuh menginterpretasikan gerakan mobil. Pada akhirnya terjadi ketidakseimbangan antara pandangan mata dan gerakan yang ditangkap tubuh.

Bila Anda duduk di kursi depan setidaknya Anda dapat melihat ke arah jalanan dan terjadi keseimbangan antara apa yang Anda lihat dengan gerakan mobil yang Anda rasakan.

3. Stabilkan posisi kepala

Stabilkan posisi kepala

Posisi kepala yang terlalu miring atau terlalu merosot ke bawah juga bisa membuat Anda mabuk perjalanan. Solusi paling tepat untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menstabilkan kepala. Duduklah secara tegak dan letakkan kepala pada sandaran kursi.

Masih merasa mual dan pusing dengan posisi ini? Itu artinya Anda harus menggunakan bantalan leher agar kepala Anda terasa lebih nyaman. Setelah menggunakan bantalan leher, letakkan kepala di sandaran kursi agar terasa lebih rileks.

4. Buat sirkulasi udara yang lebih baik

Buat sirkulasi udara yang lebih baik

Percaya atau tidak, beberapa orang memiliki tubuh yang sangat sensitif terhadap AC atau pendingin ruangan. Jadi, ketika orang tersebut naik mobil ber-AC untuk jangka waktu yang lama, maka tubuhnya akan terasa tidak enak dan berisiko mengalami mabuk perjalanan.

Cara mengatasi mabuk perjalanan akibat tubuh yang tidak tahan terhadap AC adalah mematikan AC mobil dan buka kaca mobil sedikit agar udara dari luar dapat masuk ke dalam. Jangan membuka kaca terlalu besar karena Anda bisa mengalami masuk angin karena terpaan angin dari luar mobil.

Sirkulasi udara yang baik ini juga dapat mengurangi bau tak sedap di dalam mobil yang berpotensi membuat seseorang mengalami mabuk perjalanan, seperti wewangian tubuh atau mobil, bau apek, dan aroma makanan.

5. Hentikan aktivitas membaca atau main gadget

Hentikan aktivitas membaca atau main gadget

Merasa mual dan pusing setelah membaca di dalam mobil? Itu adalah salah satu tanda-tanda mabuk perjalanan yang disebabkan karena aktivitas membaca. Bermain gadget juga dapat menyebabkan seseorang mengalami mabuk perjalanan, lho.

Apabila Anda merasakan hal ini, maka Anda harus segera menghentikan aktivitas membaca atau main gadget. Selama perjalanan sebaiknya Anda tidak melakukan aktivitas yang membuat mata Anda berfokus pada hal lain selain pemandangan di luar mobil. Pasalnya, aktivitas membaca akan membuat mata lelah dan menyebabkan rasa mual.

6. Gunakan minyak angin aromatherapy

Gunakan minyak angin aromatherapy

Sebagian orang mungkin merasa tidak tahan terhadap aroma original minyak angin. Kini, sudah banyak merk minyak angin aromatherapy yang dijual di pasaran. Tak ada salahnya jika Anda selalu membawa minyak angin jenis ini saat perjalanan jauh.

Bila mabuk perjalanan datang melanda, segera oleskan minyak angin ini di pelipis, leher, dan perut. Sensasi hangat berpadu dengan dingin ini akan mengurangi pusing dan mual. Selain itu, aromatherapy dari minyak angin tersebut juga bisa membuat Anda lebih rileks.

7. Matikan musik atau radio di dalam mobil

Matikan musik atau radio di dalam mobil

Suara yang Anda dengar ternyata juga berpotensi menyebabkan Anda mengalami mabuk perjalanan. Apalagi jika Anda mendengarkan radio yang penyiarnya terus berbicara tanpa memutar musik. Hal ini akan membuat telinga dan otak jadi berfokus pada suara radio tersebut sehingga Anda tidak bisa rileks saat di perjalanan.

Selain itu, mendengar musik yang tidak Anda sukai juga bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dan pusing. Cara mengatasi mabuk perjalanan yang disebabkan karena faktor suara ini adalah mematikan sumber suara dan ciptakan suasana yang lebih tenang agar Anda bisa lebih santai.

8. Coba untuk tidur

Coba untuk tidur

Ketika Anda merasakan tanda-tanda mabuk perjalanan, satu hal yang bisa Anda lakukan adalah mencoba untuk tidur. Pejamkan mata Anda ketika merasa pusing dan mual. Kemudian, jika bisa cobalah untuk tidur.

Bila Anda tidak mengalami mabuk perjalanan, Anda juga dapat mencoba tidur untuk mencegah gejala mabuk perjalanan. Apabila Anda tidur di sepanjang perjalanan, tubuh Anda juga jadi terasa lebih segar ketika sampai di tempat tujuan.

9. Konsumsi minuman hangat

Konsumsi minuman hangat

Minuman hangat terbukti dapat meredakan permasalahan pada sistem pencernaan, seperti mual dan muntah. Hentikan kendaraan sejenak untuk membeli minuman hangat ketika Anda mabuk perjalanan.

Anda dapat membeli teh manis hangat atau wedang jahe untuk meredakan rasa mual akibat mabuk perjalanan ini. Cairan hangat yang masuk ke dalam tenggorokan Anda akan memberikan sensasi hangat yang sangat nikmat sehingga mual di perut juga akan mereda dengan sendirinya.

10. Makan dulu sebelum melanjutkan perjalanan

Makan dulu sebelum melanjutkan perjalanan

Mabuk perjalanan bisa disebabkan karena perut yang kosong. Akibatnya, lambung akan memproduksi asam yang lebih banyak sehingga dapat membuat Anda merasa mual dan ingin muntah. Makanlah terlebih dahulu sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

Jika perut sudah terisi dan badan mulai terasa segar, maka Anda bisa segera melanjutkan perjalanan. Namun, jika sebelum makan Anda ingin muntah, maka muntahkan saja terlebih dahulu. Bila Anda sudah merasa lega setelah muntah, segera isi perut Anda dengan makanan dan minuman hangat. Hindari makanan yang pedas dan berminyak agar sistem pencernaan tidak terganggu.

Dengan 10 cara mengatasi mabuk perjalanan di atas, Anda tidak lagi memerlukan obat anti mabuk. Konsumsi obat anti mabuk yang terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Gunakan cara-cara alami terlebih dahulu, tetapi jika cara-cara tersebut tidak dapat menolong Anda maka Anda bisa mengonsumsi obat anti mabuk.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *