Suka Mabuk Perjalanan? Inilah 12 Penyebab Mabuk Perjalanan

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Libur telah tiba, siap-siap untuk mengemas barang untuk jalan-jalan. Ya, liburan adalah hal yang ditunggu-tunggu bagi semua orang, termasuk kamu kan? Hal yang paling mengasyikan akhirnya tiba setelah sudah lama bekerja atau sekolah akhirnya ini waktunya untuk menenangkan pikiran.

Akan tetapi, ada saja hal yang bisa mengacaukan liburanmu. Salah satunya adalah mabuk saat di dalam perjalanan. Mabuk kendaraan bisa dirasakan bagi kamu yang sedang perjalanan darah, laut, atau udara sekalipun.

Mabuk perjalanan adalah suatu kondisi tubuh yang kurang fit. Mabuk perjalanan lebih mudah dirasakan oleh anak-anak yang berusia 5 – 12 tahun, perempuan yang sedang hamil, hingga lansia.

Gejala yang biasa dirasakan saat mabuk perjalanan biasanya merasakan, mual kadang hingga muntah, meningkatnya produksi air liur, kondisi perut yang terasa dikocok-kocok, tubuh jadi lemas, kehilangan keseimbangan tubuh, hingga mengeluarkan keringat dingin.

Pasti kamu penasaran kenapa tubuh bisa bereaksi seperti itu? Nah, berikut adalah 12 penyebab dari mabuk perjalanan yang disebabkan dari beberapa faktor. Yuk, simak jawaban di bawah ini, check this out!

1. Hilangnya Keseimbangan di Dalam Tubuh

Hilangnya Keseimbangan di Dalam Tubuh

Apakah saat perjalanan kamu pernah merasa kehilangan keseimbangan dalam tubuh? Ya, hilangnya keseimbangan dalam tubuh bisa terjadi ketika kamu melihat ke arah jendela kendaraan dan berpikir kalau kamu sedang bergerak. Padahal sebenarnya kamu sedang diam, yang bergerak hanyalah kendaraanmu.

Hal ini jadi penyebab kehilangan keseimbangan tubuh, karena bagian dalam tubuhmu antara mata, telinga, dan otak sedang tidak sinkron. Dengan hilangnya keseimbangan dalam tubuh ini membuat pemicu dari mabuk perjalanan.

2. Bermain Ponsel

Bermain Ponsel

Kerap disepelekan oleh banyak orang, ternyata bermain ponsel diperjalanan bisa menyebabkan kamu akan mudah merasakan pusing. Pasti kamu pernah kan mengalaminya?

Kamu tahu tidak kenapa? Hal ini dikarenakan adanya perbedaa cahaya antara di ponsel dan di dalam kendaraan. Sehingga bisa membuatmu terasa pusing dan mual. Pastinya gejala-gejala ini membuat kamu akan merasakan mabuk perjalanan.

3. Membaca Buku

Membaca Buku

Selain bermain ponsel, mabuk perjalanan juga bisa terjadi ketika kamu membaca buku. Hal ini disebabkan karena penglihatan kamu tetap fokus pada buku akan tetapi telinga kamu mendengar adanya suara-suara kendaraan hingga guncangan. Adanya ketidak sinkron antara mata dan telinga ini akan membuat cepat merasakan mual dan pusing.

Makanya dari itu agar tidak terjadi mabuk perjalanan ada baiknya kamu tetap tenang dan lebih baik mengobrol dengan saudara atau teman. Selain itu, memilih tidur saat perjalanan juga bisa sebagai alternatif agar kamu tidak merasakan mabuk perjalanan

4. Faktor Gender

Faktor Gender

Siapa sangka kalau gender bisa mempengaruhi mabuk perjalanan. Sebuah studi US National Library of Medicine National Institutes of Health menerangkan bahwa perempuan bisa mengalami mabuk perjalanan lebih sering daripada pria. Hal ini disebabkan karena dari perbedaan kondisi ketahanan tubuh antara pria dan perempuan.

5. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan

Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan

Sebelum berangkat berlibur kamu memang tidak dianjurkan pergi dalam kondisi perut kosong. Ya, berpergian dengan kondisi perut yang kosong sangat tidak baik. Makanya kamu diperlukan memakan sebelum melakukan perjalanan jauh.

Akan tetapi, hal ini kadang dilupakan oleh banyak orang. Ya, meskipun diharuskan memakan sebelum perjalan kamu tetap tidak boleh mengonsumsi makanan terlalu banyak. Hal ini dikarenakan ketika kamu mengonsumsi makanan terlalu banyak itu akan bisa menyebabkan kamu mabuk perjalanan.

Apalagi ketika jalanan yang kamu lewati berkelak-kelok, kamu akan lebih mudah mengalami mual, perut terasa terguncang hebat karena banyaknya makanan yang belum diolah sempurna oleh organ tubuh.

6. Jalanan yang Berbelok

Jalanan yang Berbelok

Kamu pasti merasakan kalau jalanan yang berbelok kerap lebih mudah membuat kamu merasakan mual da pusing kan? Ya, ternyata rute perjalanan yang berkelak-kelok menyebabkan mabuk perjalanan lebih besar daripada jalanan yang hanya lurus saja.

Mulai dari belokan yang tajam, jalanan yang berlika-liku, hingga kondisi jalanan yang berbatu. Hal ini bisa menyebabkan perutmu terasa diaduk-aduk lalu jika sudah seperti ini mabuk perjalanan pun tidak bisa dihindari.

7. Sirkulasi Udara Dalam Kendaraan Tidak Bagus

Sirkulasi Udara Dalam Kendaraan Tidak Bagus

Mungkin hal ini tidak disadari oleh banyak orang, ternyata salah satu hal yang membuat kamu merasa mual saat di perjalanan adalah kurangnya sirkulasi udara di dalam kendaraan. Biasanya hal ini terjadi karena kurangnya udara yang bagus sehingga terasa pengap di dalam kendaraan.

8. Bau-bau Tajam di Dalam Kendaraan

Bau-bau Tajam di Dalam Kendaraan

Selain sirkulasi udara yang tidak bagus, ternyata bau-bau tajam juga bisa mempengaruhi penyebab mabuk saat perjalanan. Misal adanya aroma yang tidak sedap seperti asap rokok dan aroma berlebih yang terlalu menyengat, seperti pewangi kendaraan.

Lalu kenapa bau-bau tajam ini bisa juga menjadi pemicu mabuk saat perjalanan? Hal ini dikarenakan di dalam kendaraan, terutama mobil, kamu tidak akan bisa menghindari dari bau-bau tajam tersebut.

Sehingga tubuh kamu akan terlalu terpapar aroma yang tidak mengenakan. Dikarenakan tidak bisa menolak dan menghindari bau-bau tajam tersebut, maka reaksi tubuh akan menimbulkan rasa mual dan pusing.

9. Kondisi Tubuh yang Kurang Sehat

Kondisi Tubuh yang Kurang Sehat

Memaksaan liburan saat kondisi tubuh yang kurang sehat itu bukan hal yang baik! Ya, saat kamu sedang merasa sakit dan kekurangan stamina lebih baik untuk menghindari perjalanan yang jauh.

Kondisi tubuh yang kurang sehat atau kekurangan stamina bisa membuatmu lebih mudah mengalami mabuk saat perjalanan daripada orang yang sehat. Maka dari itu, lakukan perjalanan ketika kamu sudah merasa kondisi tubuhmu sehat ya!

10. Perubahan Hormon

Perubahan Hormon

Perempuan yang sedang mengalami perubahan hormon lebih mudah mengalami mabuk perjalanan. Ya, misalnya perempuan-perempuan yang sedang menstruasi, hamil, atau yang menggunakan pil KB.

11. Mempunyai Riwayat Mabuk Perjalanan

Mempunyai Riwayat Mabuk Perjalanan

Untuk kamu yang sering mengalami mabuk perjalanan dari kecil nampaknya itu akan membuat kamu mempunyai riwayat mabuk perjalanan. Ya, kamu yang mempunyai riwayat penyakit ini akan lebih mudah mengalami mabuk perjalanan daripada orang yang tidak mempunyai riwayat penyakit tersebut.

12. Mempunyai Riwayat Penyakit Migrain

Suka Mabuk Perjalanan? Inilah 12 Penyebab Mabuk Perjalanan 1

Nah, terakhir ada penyebab mabuk perjalanan adalah dari orang yang mempunyai riwayat migrain. Ya, orang yang menderita sakit kepala migrain ini lebih mudah terkena mabuk saat perjalanan.  Hal ini dikarenakan kondisi kendaraan akan membuatmu merasa lebih mudah terasa pusing, setelah sudah mengalami pusing maka kamu akan mengalami mabuk perjalanan.

Nah, mabuk perjalanan memang bisa mengacaukan kamu saat berlibur. Jangan sampai mabuk perjalanan bisa mengubah rencana liburan kamu ya! Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan 12 penyebab dari mabuk perjalanan tadi.

Setelah sudah mengetahui penyebab mabuk perjalanan maka sebaiknya kamu menghindari dari hal-hal yang bisa membuatmu merasakan mabuk perjalanan. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *