Mau ke McDonald's? Ini Cara Pesan Makanan di McD yang Benar

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 7 April 2021

Dunia akan selalu punya tempat baru yang asing buat kita. Bisa dibilang, kita nggak akan pernah kehabisan tempat asing, akan selalu ada tempat-tempat yang baru kita ketahui. Mungkin bagi banyak orang tempat itu sudah menjadi tempat biasa yang sering mereka kunjungi, tetapi kalau memang bagi kita tempat itu masih asing pun bukan masalah.

McDonald's atau yang biasa disingkat menjadi McD mungkin sudah menjadi tempat yang biasa dikunjungi oleh banyak orang. Namun, pasti ada sebagian orang yang belum pernah berkunjung dan makan di sana. Kalau kamu salah satunya, tenang saja ya, itu bukan kesalahan apalagi aib kok.

Mungkin kamu punya keinginan untuk mencoba berkunjung dan makan di sana, tetapi merasa sungkan karena kamu nggak tahu bagaimana caranya. itu perasaan yang wajar kalau kita merasa sungkan untuk masuk ke suatu tempat asing karena alasan tertentu. Mungkin kita malu, atau mungkin kita takut salah, dan alasan-alasan personal lainnya.

Artikel dari Keluyuran akan membantu kamu mengatasi keraguan itu. Untuk kamu yang masih ragu-ragu karena belum pernah makan di McD sebelumnya silakan simak artikel ini baik-baik. Minimal, kamu akan mendapatkan gambaran apa yang harus kamu lakukan kalau ingin makan di sana.

1. Pilih Menu dan Persiapkan Uang yang Cukup

Pilih Menu dan Persiapkan Uang yang Cukup

* sumber: mcdonalds.co.id

Selama kamu bisa mengakses internet, kamu bisa mengetahui harga makanan yang dijual di sana bahkan sebelum kamu pergi ke sana. Kamu bisa membuka media sosial atau situs perusahaan mereka untuk mengetahui daftar harga dan produk apa saja yang tersedia di sana. Minimal kamu bisa tahu apa yang ingin kamu pesan dan mempersiapkan uangnya.

Untuk beberapa kesempatan, ada produk yang cuma di jual di kota-kota tertentu. Biasanya itu adalah produk baru yang belum dijual di seluruh cabang. Namun jangan khawatir, waktu kamu memesan kamu bisa melihat menu kok. Di sana kamu bisa melihat apa saja yang tersedia di cabang yang kamu datangi.

Perlu diingat, biasanya harga yang tertera di sana adalah harga sebelum pajak yang nominalnya nggak bulat. Nggak usah heran kalau kamu melihat harga Rp, 6.364, itu harga sebelum pajak. Jadi kamu nggak perlu bingung bagaimana caranya membayar pecahan uang 4 rupiah karena nanti harganya akan bulat menjadi 7 ribu rupiah setelah dihitung dengan pajak.

2. Menentukan Pilihan

Menentukan Pilihan

* sumber: fortune.com

Pekerja yang melayanimu biasanya akan meminta kamu memilih. Seperti, apakah mau dibungkus atau makan di tempat. Kalau kamu memilih paket yang berhadiah mainan, kamu juga akan diminta untuk memilih mainan yang masih tersedia. McD memang punya beberapa produk yang dijual satu paket dengan mainan, namanya Happy Meal. Biasanya anak-anak akan memesan produk itu, tetapi nggak masalah kalau kamu juga menginginkan mainan itu.

Kamu bisa meminta pesanan khusus sesuai seleramu. Misalnya, kalau kamu nggak suka minuman dingin, kamu boleh meminta kepada petugas yang melayani supaya nggak usah memakai es batu pada minuman yang kamu pesan. Jangan sungkan untuk mengutarakannya karena kamu berhak meminta itu. Kamu sudah membayar jadi kamu boleh menyesuaikan seleramu selama masih dalam batas wajar dan masuk akal.

3. Bayar dan Tunggu

Bayar dan Tunggu

* sumber: sense360.com

Tidak seperti ketika kamu memesan makanan di cafe, kamu diharuskan untuk membayar dimuka. Berbeda dengan tempat lain yang memperbolehkan kamu makan dulu baru membayar. Kamu juga bisa langsung mengambil pesananmu sesaat setelah membayar. Jadi  setelah kamu memesan sesuatu, petugas yang melayanimu akan langsung menyiapkannya.

Pada beberapa kesempatan, kamu akan diminta menunggu di meja dan pesananmu akan diantar. Biasanya ini terjadi kalau kamu memesan dalam jumlah banyak, atau pesananmu harus dibuat dulu, atau apa yang kamu pesan belum matang.

Kalau petugas bilang akan mengantar pesananmu, kamu bisa meninggalkan kasir dan duduk di tempat. Nanti akan ada petugas yang mengantar pesananmu. Biasanya nggak akan lama. Namanya juga restoran cepat saji, mereka akan berusaha secepat mungkin menyajkan pesananmu.

4. Mengambil Sambal dan Sedotan

Mengambil Sambal dan Sedotan

* sumber: commons.wikimedia.org

Kalau kamu memilih untuk makan di tempat, biasanya pesananmu akan diberikan tanpa sedotan dan sambal. Ini karena kamu harus mengambilnya sendiri, ada tempat khusus yang sudah disediakan untuk itu. Biasanya letaknya nggak jauh dari tempat cuci tangan.

Kamu boleh mengambil sambal cabai dan tomat secukupnya. Disarankan supaya kamu nggak mengambil sambal secara berlebihan karena akan mubazir jadinya kalau kamu nggak menghabiskan semuanya. Meskipun mereka nggak membatasi ada baiknya kamu bersikap bijaksana atas kebebasan yang diberikan itu.

5. Memilih Tempat Duduk yang Cocok

Memilih Tempat Duduk yang Cocok

* sumber: www.businessinsider.com.au

Biasanya setiap cabang akan memiliki dua area. Yaitu, area merokok dan area dilarang merokok. Kamu bisa melihat tanda yang menempel di dinding untuk mengetahui area tempatmu duduk. Silakan pilih tempat duduk sesuai seleramu. Kalau kamu anti asap rokok, duduklah di tempat dilarang merokok supaya kamu bisa makan dengan nyaman.

Ini penting, jangan sampai kamu melayangkan protes di tempat yang salah. Misalnya kamu menegur orang yang merokok di dekatmu padahal kamu duduk di arena merokok. Maka, duduklah pada tempatnya dan patuhilah aturan yang berlaku di sana.

6. Menjaga Kerapian

Menjaga Kerapian

* sumber: www.youtube.com

Hal yang satu ini nggak diharuskan tetapi sangat disarankan. Makanlah dengan tetap menjaga kerapian. Kamu pasti nggak mau dilihat orang sekitar karena cara makanmu yang berantakan. Maka, kamu harus sadar betul kalau kamu sedang makan di tempat umum. Kamu harus bisa menjaga sikapmu karena itu bukan rumahmu.

Kalau kamu ingin berbuat baik, kamu bisa meringankan beban petugas kebersihan dengan membereskan bekas makananmu sendiri. Misalnya, membuang semua bekas makanan dan minuman ke tempat sampah sendiri. Biasanya mereka memang memakai alas yang sekali pakai, bukan piring atau gelas dari kaca.

Sekali lagi, kamu nggak harus melakukan itu. Kamu juga boleh meninggalkan bekas makanmu begitu saja setelah selesai. Namun, akan menjadi sesuatu yang baik kalau kamu merelakan dirimu untuk membuang bekas makanmu ke tempat sampah yang tersedia di sana. Lagipula, itu bukan hal yang sulit dilakukan.

Demikian cara makan di McD. Kalau kamu belum pernah, minimal kamu punya gambaran apa yang harus kamu lakukan kalau suatu hari kamu berkesempatan untuk makan di sana. Hal-hal yang tertulis di atas juga mungkin bisa berlaku untuk restoran cepat saji lainnya.

Sebagai penutup, kamu perlu tahu kalau di sana nggak ada batas minimal pesanan. Jadi kamu nggak usah malu kalau pesan sedikit. Misalnya kamu cuma ingin memesan sepotong ayam saja. Kamu diperbolehkan memesan sesuai keinginan dan kemampuan, nggak ada larangan khusus yang mengharuskan kamu memesan dengan jumlah tertentu.

Jadi, sudah ada rencana untuk mencoba makan di sana? Atau mungkin kamu punya pengalaman menarik waktu kali pertama makan di sana? Kamu boleh menceritakan itu di kolom komentar ya! Atau bila kamu ingin memesan makanan dari salah satu kompetitor McD, yakni KFC, segera kunjungi artikel cara pesan KFC.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram