10 Menu Mangkokku Pengusir Lapar yang Rasanya Nampol

Ditulis oleh Siti Hasanah

Siapa yang tak kenal Chef Arnold, salah satu juri di Master Chef Indonesia? Kamu juga pasti sudah kenal dengan Gibran dan Kaesang, anak Presiden RI. Mereka semua bergabung mendirikan Mangkokku.

Restoran Rice Bowl Indonesia ini pertama kali dibuka pada tahun 2019 di daerah Jakarta. Saat opening restorannya, banyak orang yang tertarik untuk datang dan mencicipi menu makanannya.

Konsep awal restoran ini adalah menyajikan rice bowl yang memiliki cita rasa Indonesia dengan harga yang terjangkau semua orang. Terdapat beberapa menu yang bisa kamu pilih di Mangkokku, di antaranya ada menu rice bowls, light bites, dan minuman. Kalau kamu penasaran apa saja hidangan yang tersedia di Mangkokku, ini nih detail menunya.

1. Mangkokku Beef Onsen

Mangkokku Beef Onsen

Menu yang satu ini adalah menu paling hits di Mangkokku. Mungkin saat melihat menu ini, kamu langsung teringat dengan menu gyudon. Tapi, di versi Mangokku ini punya topping yang berbeda dengan gyudon. Menu dari Mangkokku ini diberi tambahan topping berupa onsen egg dan irisan daun bawang.

Telurnya yang digunakan adalah Omega 3 Hypo Allergenic Premium Cage Free jadi yang alergi terhadap telur ayam pun bisa makan. Onsen egg-nya dimasak selama satu jam sehingga menghasilkan telur setengah matang dengan kuning telur yang meleleh, sangat creamy.

Sementara dagingnya adalah daging brisket. Dagingnya diiris tipis dan diolah dengan bumbu onion yang manis serta gurih. Ada aroma biji wijennya yang tercium cukup kuat. Tekstur dagingnya empuk dan lembut.

Saat paling menyenangkan adalah ketika memecahkan telurnya. Lelehan telur menempel pada daging sapinya. Satu sendok nasi pulen plus daging dan lelehan telur langsung pecah di mulut. Ini benar-benar finger licking menu.

2. Ox Tounge Colo-Colo

Ox Tounge Colo-Colo

Menu kedua yang juga banyak peminatnya adalah Ox Tounge Colo-Colo. Bahannya adalah lidah sapi yang lembut.

Menu ini mirip dengan Gyu-tan don dalam makanan Jepang, yaitu berupa potongan lidah sapi panggang yang disajikan dengan nasi di atas mangkuk. Biasanya disiram dengan saus yang gurih dan manis. Bedanya di Mangkokku, lidah sapi ini beri sambal colo-colo khas Maluku yang pedas.

Lidah sapinya bertekstur empuk dan harus juga tidak anyir. Aroma sambal colo-colonya cukup mendominasi menu ini. Sambal colo-colo terdiri dari tomat hijau dipotong kecil-kecil, bawang merah yang diiris tipis serta ditambah dengan potongan cabai rawit.

Terakhir disiram dengan air jeruk nipis dan taburan garam. Oh iya. Sambal pelengkapnya ini merupakan racikan dari Oma Chef Arnold.

Penampilan sambal ini mirip dengan sambal matah. Tambahan sambal membuat menu ini jadi terasa segar. Ox Tounge Colo-Colo ini cocok sekali untuk menemani nasi putih hangat.

3. Beef with Sambal Korek Bawang

Beef with Sambal Korek Bawang

Di menu sebelumnya ada Mangkokku Beef Onsen yang terdiri dari daging brisket lembut dengan bumbu onion yang manis. Nah, yang satu ini pun daging brisketnya masih sama, tapi diberi topping sambal korek bawang, bukan telur setengah matang. Rasanya sudah pasti pedas.

Ketika diaduk, nasi putih hangat, daging sapinya yang juicy, dan sambalnya yang terasa pedas asin bersatu menghasilkan rasa yang meriah sehingga membuat orang ketagihan. Tak mengherankan menu ini banyak diserbu pelanggan karena orang Indonesia terkenal suka makanan pedas. Yakin, kamu tak tergoda untuk mencicipi menu ini?

4. Fried chicken with Sambal Korek Bawang

Penggemar ayam goreng tepung pasti suka dengan menu yang satu ini, Fried Chicken with Sambal Korek Bawang. Ayam goreng tepungnya crispy dan rasanya gurih pedas.

Ini menu yang direkomendasikan untuk penyuka makanan pedas. Sambal korek bawangnya lumayan pedas, lho! Ayamnya disajikan dengan cara dipotong-potong dan potongan ayamnya lumayan banyak.

Meski garing di luar tapi bagian daging ayamnya masih juicy. Ayam dan sambalnya disajikan di atas nasi hangat. Agar tambah mantap saat menyantapnya, campurkan sambal di atas potongan ayam. Beuh enak banget! Pas sekali untuk menu makan siang.

5. Mangkok Crispy Chicken

Mangkok Crispy Chicken

Menu ayam selanjutnya ada Chrispy Chicken. Jadi menu ini terdiri dari ayam yang dimasak selama 100 menit dengan suhu yang stabil. Daging ayamnya diberi rempah dan bumbu khusus, sehingga membuat rasa serta sari pati dari ayamnya tidak hilang.

Setelah itu, ayamnya digoreng sampai luarnya garing tapi daging ayamnya tetap juicy, sehingga teksturnya tetap lembut.

Untuk topping-nya ada saus hainan yang sudah dimodifikasi oleh Chef Arnold, jadi rasanya sangat nikmat sekali di lidah. Sausnya hainan-nya terasa pedas segar tapi nggak pedas banget.

Menu ini masih cocok untuk kamu yang nggak suka pedas. Bumbu dan rempah pada ayamnya begitu meresap dan tambahan daun ketumbar di atasnya membuat makanannya jadi wangi. Mantap pokoknya!

Baca juga: Wajib Coba! Ini 10 Rekomendasi Menu Yoshinoya Paling Enak

6. Fried Chicken with Sambal Ijo

Masih menu ayam. Berikut ini Mangkokku menawarkan menu terbaru yang bernama Fried Chicken with Sambal Ijo. Penggemar nasi padang pasti sudah hafal dengan sambal ijo karena sambal yang satu ini biasa kamu temukan di menu masakan padang.

Di Mangkokku sambal ijo ini dipadukan dengan ayam goreng dan telur ceplok setengah matang yang disajikan di atas nasi hangat.

Jenis ayam gorengnya berupa potongan popcorn chicken yang tanpa tulang. Jadi memudahkan kamu untuk memakannya. Ayamnya empuk dan gurih di bagian dalam dan crispy di bagian luarnya.

Coba deh telur ceplok setengah matangnya dibalurkan di nasi hangat, kemudian tambahkan potongan ayamnya yang pedas. Nikmatnya langsung pecah di mulut.

7. Endog Burger Mayo

Endog Burger Mayo

Beralih ke menu telur. Ada menu Endog Burger Mayo yang isinya ada telur omelette yang masih setengah matang. Ketika disingkap telurnya, kamu akan mendapatkan irisan burger sapi berbentuk bulat yang lebar. Topping atasnya berupa siraman mayones dan taburan irisan daun bawang.

Rasa telurnya asin-gurih dengan tekstur yang setengah matang. Sedangkan, rasa saus mayonesnya manis dengan tekstur creamy. Makanan ini sangat cocok apabila ditambah dengan nasi. Ketika masuk ke mulut, telurnya langsung melted di lidah.

Penasaran? Kalau yang ingin coba, menu murmer ini rasanya nggak murahan. Nasi hangat, irisan burger dan telur omelette memang perpaduan yang pas untuk perut lapar.

8. Endog Kulit Crispy

Endog Kulit Crispy

Sudah banyak gerai makanan yang menjual menu kulit ayam goreng tepung yang crispy. Menu ini biasanya dijadikan sebagai camilan tanpa diberi nasi. Mangkokku pun menawarkan menu seperti itu dengan sentuhan yang berbeda. Restoran ini punya menu kulit ayam yang digoreng garing dan disajikan dengan nasi, namanya adalah Endog Kulit Crispy.

Menu yang satu ini terdiri dari kulit ayam yang gurih dan crispy. Kemudian, diberi telur ceplok yang kuningnya masih setengah matang. Lalu, ia disiram dengan saus semur yang gurih manis. Tak lupa tambahan berupa taburan irisan daun bawang.

Untuk menu ini penyajian kulit ayamnya dipisah dari nasi dan telurnya, jadi kulit ayamnya tetap garing sehingga menghasilkan tekstur yang crunchy.

9. Beef Hamburg Saos Semur

Beef Hamburg Saos Semur

Rasanya beef hamburg bukan menu yang asing karena sering dijumpai di resto-resto yang menyajikan menu steak. Meski namanya berbau Jerman tapi makanan ini asalnya dari Jepang.

Menu ini terdiri dari daging sapi cincang yang dibentuk seperti patty kemudian dipanggang atau digoreng dan disajikan dengan saus serta di atasnya biasanya ditaburi dengan bawang.

Menu baru di Mangkokku ini berupa beef patty yang juicy. Patty-nya diletakkan di atas nasi hangat. Ditambah dengan siraman saos semur yang rasanya manis gurih. Selain itu, ada juga telur ceplok setengah matang yang creamy.

Yang bikin menu ini unik adalah, kamu akan menemukan kentang mustofa dalam penyajiannya. Jadi saat menyantap menu ini,timbul sensasi kriuk dari kentangnya yang gurih.

10. Nasi Campur Crispy

Nasi Campur Crispy

Menu baru lainnya di Mangkokku adalah Nasi Campur Crispy. Isiannya ada nasi hangat yang pulen, tahu yang digoreng garing, kulit ayam yang crispy, dan jangan lupakan telur ceplok setengah matang. Nah, yang bikin nampol adalah sambalnya. Ada dua jenis sambal yang bisa kamu pilih, yaitu sambal ijo dan sambal korek.

Meski terlihat sederhana isi menunya, tapi rasanya jangan ditanya. Apalagi di menu ini ada tambahan sambalnya, bikin kamu nggak akan bisa berhenti makan. Kedua sambal pedasnya itu membuat selera makan meningkat.

Di mulut jadi semakin meriah karena ada crunchy dari tahu dan kulit ayam serta gurih creamy dari kuning telur setengah matang, dan pedas dari sambalnya. Lengkap sudah!

Mangkokku menawarkan menu rice bowl yang sangat Indonesia sekali karena isiannya berupa menu-menu yang menjadi makanan khas nusantara, mulai dari lauknya hingga sambalnya. Tak heran restoran ini menarik banyak peminat kuliner. Apalagi ada Chef Arnold-nya, orang jadi semakin tertarik untuk mencoba.

Restoran dengan tagline “Bersih Merakyat Nikmat Nyata” ini sudah bisa ditemukan di kota-kota lain selain di Jakarta, seperti di Bandung, Cirebon, Sidoarjo dan Lampung. Kalau kamu tertarik untuk mencicipi menu restorannya Chef Arnold dkk, bisa mampir langsung ke restonya atau beli via aplikasi online.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram