7 Minuman Khas Malaysia yang Sangat Enak dan Menyegarkan

Ditulis oleh Anggie Warsito

Selain makanan, suatu negara tempat wisata pasti punya minuman khas mereka. Sejumlah minuman tersebut bisa kamu seruput, guna menghilangkan hausmu saat piknik di negara tersebut. Salah satu negara tujuan yang punya minuman khas adalah Malaysia.

Negara berjuluk Negeri Jiran ini punya beberapa minuman khas yang sebaiknya kamu coba. Yuk, simak rekomendasi minuman dari Malaysia yang Keluyuran rekomendasikan di sini.

1. Air Mata Kucing

Air Mata Kucing

* sumber: www.saribundo.biz

Jangan terkecoh dengan namanya, karena minuman ini tidaklah memakai air mata kucing betulan. Ini hanya sebuah minuman berbahan dasar lengkeng, buah Lo Han Kuo, buah Kundur, dan air. Keempat bahan tersebut lantas direbus, lalu ditambahkan jeruk nipis dan buah lengkeng tanpa biji ke dalamnya. Minuman ini bisa disajikan panas-panas ataupun dingin. Kalau mau yang dingin, kamu bisa menambahkan es batu di dalamnya.

Penamaan Air Mata Kucing pada minuman ini berasal dari bahan utamanya, buah lengkeng. Di Malaysia, lengkeng lazim sekali disebut buah mata kucing. Selain dapat menyegarkan tenggorokanmu, minuman ini rupanya punya sejumlah khasiat buat tubuh. Meredakan panas dalam; batuk; dan meningkatkan vitalitas tubuh adalah beberapa khasiat tersebut.

Untuk bisa mendapatkan minuman ini, kamu bisa datang ke Petaling Street Market di Jalan Petaling, City Centre, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

2. Ais Teh Tarik

Ais Teh Tarik

* sumber: www.timeout.com

Ini adalah minuman khas Malaysia yang sudah populer di Indonesia. Namun, tak ada salahnya kan untuk meminumnya di negera asalnya? Nama Teh Tarik sendiri diilhami dari cara pembuatannya yang ditarik.

Jadi, setelah teh dan susu (yang merupakan bahan dasar minuman ini) dicampur jadi satu, campuran tersebut dituangkan ke gelas lainnya secara jarak jauh; seolah campuran teh dan susu tersebut ditarik-tarik oleh si pembuatnya.

Minuman satu ini pertama kali dibuat oleh para Mamak atau orang India Muslim di Malaysia. Itulah mengapa penjual minuman ini biasanya adalah orang-orang beretnis India (terutama yang Muslim). Sebagaimana Air Mata Kucing, Ais Teh Tarik juga bisa diminum hangat-hangat ataupun dingin.

Kalau mau memesan minuman ini di Malaysia, sebaiknya kamu mengucapkan nama minuman ini dengan sebutan “Teh Tarik Ais”. Ini dilakukan agar menghindari kesalahan pemesanan. Minuman ini bisa diemui di sejumlah tempat makan di Malaysia, terutama yang menyajikan Roti Prata.

3. Chendul Penang

Youtube

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=ECVpD3gLF3I

Siapa bilang cendol hanya ada di Indonesia? Malaysia ternyata juga puya minuman ini, lho. Chendul Penang sendiri memanglah cendol versi Malaysia, khususnya dari daerah Penang. Secara bahan, Chendul Penang dan cendol di negara kita tidaklah jauh berbeda.


Adapun yang menjadi letak pembedanya adalah adanya penggunaan gula Melaka khas Malaysia. Adanya bahan tersebut membuat Chendul Penang punya aroma dan rasa yang khas. Di beberapa tempat, cendol made in Malaysia ini juga lazim ditambahi butiran jagung manis di atasnya.

Salah satu tempat terpopuler yang menjual minuman ini adalah Penang Road Famous Teochew Chendul. Tempat ini letaknya persis di 27 & 29, Jalan Penang, Lebuh Keng Khwee, George Town, Pulau Penang, Malaysia. Selain bisa menyeruput Chendul Penang, tempat ini juga bisa dijadikan tempat santap siangmu nanti. Ini tak lepas dari kehadiran sejumlah santapan khas Malaysia di dalamnya.

4. Air Batu Campur (ABC)

Air Batu Campur

* sumber: blog.tourism.gov.my

Selain Chendul, Penang masih punya minuman khas lainnya: Air Batu Campur. Minuman bernama lain Es Kacang ini terbuat dari es serut yang dicampur dengan cincau; kacang merah khas Jepang; buah atap; buah lengkeng; agar-agar; dan sirup tiga warna.

Seiring waktu, beragam varian minuman ini perlahan mulai muncul. Salah satunya adalah Air Batu Campur yang ditambahi durian di atasnya. Adanya durian membuat minuman ini memiliki nama baru: Ais Batu Campur Durian (ABCD). Sebagaimana Chendul Penang, minuman ini bisa kamu temukan di Penang Road Famous Teochew Chendul.

5. Ais Kepal Milo

Ais Kepal Milo

* sumber: www.thejakartapost.com

Ini adalah minuman khas Malaysia yang sempat laku dan viral di negara kita. Secara bentuk dan bahan, Ais Kepal Milo di Malaysia tak beda jauh dengan negara kita. Perbedaannya hanya terletak dari rasanya yang lebih kuat dan otentik.

Bila ingin mencicipi Ais Kepal Milo di Malaysia, kamu bisa datang ke Jalan Kangsar No. 12, Bandar Baru, Kuala Langsar, Negeri Perak, Malaysia.

6. Sirap Bandung

Sirap Bandung

* sumber: id.wikipedia.org

Meskipun mengandung kata “Bandung”, minuman khas Malaysia ini tidaklah berasal dari ibu kota Jawa Barat itu. Adapun kata Bandung di sini berasal dari bahasa Melayu yang bermakna pasangan atau bahan-bahan berbeda yang bercampur satu sama lain.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram