10 Oleh-Oleh Khas Singapura yang Wajib untuk Dibeli

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 16 Oktober 2020

Saat berlibur ke Singapura, Anda tentu ingat dengan keluarga dan teman-teman yang ada di rumah, bukan? Keinginan untuk membawakan buah tangan untuk keluarga dan sahabat di tanah air memang selalu ada jika kita sedang berlibur ke suatu tempat.

Nah, jika Anda sedang atau memiliki rencana untuk berlibur di Singapura, simak daftar oleh-oleh khas Singapura berikut ini. Siapa tahu daftar yang berhasil dirangkum oleh Keluyuran ini dapat bermanfaat untuk Anda yang kebingungan saat memilih oleh-oleh.

1. Gantungan Kunci Singapura

gantungan kunci singapura

Buah tangan yang satu ini memang sangat umum dijadikan sebagai oleh-oleh. Gantungan kunci khas Singapura adalah oleh-oleh favorit bagi para wisatawan Indonesia. Di samping itu, orang yang dihadiahi oleh-oleh ini juga turut senang karena gantungan kunci cukup bermanfaat.

Harga dari gantungan kunci Singapura berkisar antara 2-10 SGD. Murah meriah, bukan? Usahakan untuk memilih gantungan kunci yang bergambar atau bermotif khas Singapura, seperti Merlion atau Marina Bay Sands. Semakin rumit motif dan bentuknya, maka semakin mahal pula gantungan kunci tersebut.

2. Kaos Singapura

oleh-oleh khas singapura kaos

Kaos dengan sablonan “I ♥ SG” atau “I Love Singapore” adalah salah satu oleh-oleh khas Singapura yang sangat diminati, khususnya oleh wisatawan dari Indonesia. Ya, kaos ini adalah buah tangan yang cukup ideal untuk dihadiahi kepada keluarga dan orang-orang terdekat.

Namun, tidak semua kaos khas Singapura ini nyaman. Perhatikan bahan kaos sebelum membeli karena ada beberapa bahan kaos yang sangat panas dan dapat membuat penggunanya merasa kurang nyaman. Pastikan juga motif atau gambarnya sesuai dengan orang yang akan diberikan kaos tersebut.

Anda dapat menemukan kaos sejenis ini di pusat oleh-oleh singapura seperti Bugis Street dan Chinatown. Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau yaitu SGD 10 untuk per 3 buah kaos.

3. Tiger Balm

Tiger Balm

Sejak jaman dahulu kala, balsem dengan logo bergambar harimau ini memang menjadi pilihan oleh-oleh dari negeri singa yang cukup diminati. Selain murah yaitu sekitar SGD 6, oleh-oleh ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri, pegal, dan sakit kepala. Untuk memperoleh Tiger Balm, Anda bisa mengunjungi apotek-apotek yang ada di Singapura.

Lantas, apa yang membuat balsem ini berbeda dengan balsem asli Indonesia? Tiger Balm merupakan hasil racikan ahli herbal yang berasal dari Tiongkok, Aw Chu Kin. Balsem ini sudah ada sejak tahun 1870 dan memiliki aroma yang khas. Dijamin, pegal-pegal di tubuh Anda akan hilang dengan seketika.

4. Bak Kwa

Bee Cheng Hiang

Ini adalah makanan yang sering dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan asal Indonesia. Pasalnya, makanan ini tahan lama dan tidak merepotkan ketika dibawa di dalam pesawat. Bak Kwa adalah dendeng (daging asap) yang terbuat dari daging babi. Namun, ada pula Bak Kwa halal yang terbuat dari ayam bagi saudara-saudara kita yang Muslim.

Salah satu merk Bak Kwa yang terkenal adalah Bee Cheng Hiang. Gerai Bee Cheng Hiang tersebar luas di seluruh negeri singa. Jika Anda kesulitan untuk menemukan gerai yang menjual Bak Kwa, Anda bisa membelinya ketika berada di Bandara Changi.

5. Parfum

parfum singapura

Jika sedang berkunjung di wilayah Bugis, tak ada salahnya untuk membeli beberapa botol parfum sebagai oleh-oleh khas Singapura. Di daerah Bugis, banyak gerai yang menjual parfum aromatik dari berbagai wilayah, seperti Eropa, Arab, dan India.

Hanya dengan uang sekitar 20-30 SGD, Anda sudah bisa membawa pulang 5 botol kecil parfum untuk buah tangan. Selain di Bugis, Anda bisa memperoleh parfum khas Singapura ini di kawasan China Town.

6. Garrett Popcorn

Garrett Popcorn

Berondong jagung yang satu ini memang tidak berasal dari Singapura. Garrett Popcorn adalah snack yang berasal dari Chicago. Sayangnya, gerai popcorn ternama ini belum membuka cabang di Indonesia. Jadi, jika ingin menikmati popcorn yang lezat dan beraneka rasa ini Anda harus menitip kerabat yang akan pergi ke Singapura.

Garrett membuka beberapa gerai di Singapura, antara lain di Orchard Road, Vivo City, City Link Mall, dan Wisma Atria Shopping Center. Garrett merupakan buah tangan yang praktis untuk diberikan kepada keluarga dan sahabat kita yang ada di tanah air.


Harga Garret Popcorn ini memang cukup terbilang mahal jika Anda mengkonversikan kurs dollar singapura ke rupiah. Untuk satu bungkus ukuran kecil (small) popcorn ini dibanderol dengan harga mulai dari SGD 9. Namun, kamu tidak akan kecewa dengan rasa yang kamu dapatkan. Rasa yang jadi favorit Garret Popcorn ini adalah Chicago Mix yaitu kombinasi antara popcorn manis dan asin.

7. Kaya

Ya Kun Kaya Toast

Kaya adalah selai khas Singapura. Meskipun namanya ‘Kaya’ selai ini tidak terbuat dari buah srikaya. Di Indonesia, selai ini memang cukup populer. Akan tetapi, Kaya khas Singapura memang selalu diburu oleh para wisatawan dari berbagai negara. Bahan dasar dari selai ini adalah santan, telur, dan gula. Merk selai Kaya yang cukup terkenal di Singapura adalah Ya Kun Kaya Toast.

8. Coklat Merlion

Coklat Merlion

Berburu segala sesuatu yang berbau Singapura memang menjadi ide yang menarik ketika hendak membeli oleh-oleh untuk orang-orang terdekat. Salah satu oleh-oleh yang berbau Singapura adalah Coklat Merlion. Coklat ini berbentuk singa yang menjadi maskot negara tersebut. Salah satu tempat belanja murah yang menjual coklat sejenis ini adalah Mustafa Centre yang berada di Kampung India (Little India).

Selain coklat merlion, masih banyak ragam coklat yang dijual di Singapura. Namun, disarankan jangan tergiur harga murah karena rasanya belum tentu enak dan tanggal kedaluwarsanya mungkin sudah dekat.

Sesuai pengalaman tim Keluyuran, coklat dengan range harga SGD 4 per kemasan atau biasa dibundling menjadi SGD 10 per 3 bungkus sudah cukup enak dan tidak memalukan untuk dijadikan buah tangan. Selain Mustafa Centre, oleh-oleh coklat ini juga banyak ditawarkan di Bugis Street dan Chinatown

9. Teh

twg

Beberapa merk teh bertaraf internasional, seperti TWG atau Dilmah memang sudah banyak dijual di Indonesia. Bahkan, TWG sudah membuka gerai di salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Jakarta, yakni Pacific Place. Namun, merk-merk teh ini masih pantas untuk dijadikan oleh-oleh yang khas dari Singapura.

Untuk menambah kesan oleh-oleh dari Singapura, pilih teh dengan jenis Singapore Breakfast Tea. Meskipun merk-merk teh seperti ini sedikit pricey alias mahal, tapi rasa dan kualitasnya sebanding dengan harganya.

10. Royal Pudding

Royal Pudding

Oleh-oleh khas Singapura yang wajib dibawa pulang ke tanah air adalah Royal Pudding. Puding yang dikemas dalam toples kecil ini memang sangat terkenal dan menjadi oleh-oleh wajib ketika sedang berkunjung ke Singapura. Royal Pudding bisa dibeli di Paris Baguette Cafe yang terletak di Wisma Atria, Orchard Road, Singapura.

Royal Pudding sendiri merupakan puding bertekstur lembut khas Perancis yang tersedia dalam beberapa pilihan rasa, yakni Original, Mango, dan Strawberry. Namun, varian yang paling favorit adalah Royal Pudding Mango.

Sayangnya, puding ini tidak bisa bertahan lama dan harus dikonsumsi pada hari yang sama saat Anda membelinya. Jadi, jika ingin membeli Royal Pudding sebagai oleh-oleh, sebaiknya belilah sesaat sebelum Anda pulang ke Indonesia.

Nah, itu tadi daftar oleh-oleh khas Singapura yang berhasil dirangkum Keluyuran. Berburu oleh-oleh untuk sanak keluarga di Indonesia memang sangat mengasyikkan. Akan tetapi, Anda harus tetap bijaksana dalam menggunakan uang, ya! Selain itu, pastikan oleh-oleh Anda tidak melebihi kapasitas bagasi pesawat. Karena jika overload, Anda harus membayar extra charge untuk bagasi tersebut.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram