10 Rekomendasi Makanan di Singapura yang Dijamin Halal

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 1 Mei 2020

Makanan halal bisa kamu temui di mana saja, tak terkecuali Singapura. Ini adalah kabar baik buatmu yang sedang mencari makanan halal di Kota Singa tersebut. Makanan halal di Singapura sendiri cukup banyak jumlahnya. Jadi, kamu pun bakal punya banyak pilihan makanan halal di sana.

Dari sekian banyak makanan halal di Singapura, beberapa di antaranya akan coba Keluyuran rekomendasikan di sini. Beberapa rekomendasi itu mudah-mudahan bisa membantumu untuk menemukan dan memilih makanan halal di Singapura yang cocok buatmu.

1. Nasi Ayam Hainan

10 Rekomendasi Makanan di Singapura yang Dijamin Halal 9

* sumber: thepeakmagazine.com.sg

Ini adalah makanan halal Singapura yang juga merupakan makanan khas di negara lain. Misalnya; Malaysia dan Thailand. Nasi Ayam Hainan sendiri dibuat dari ayam yang dikukus, lalu disajikan bersama nasi putih.

Agar lebih mantap, sajian ini biasanya disajikan pula dengan sambal dan pasta jahe. Di Singapura, makanan ini amat populer dan bisa ditemukan di mana saja. Adapun tempat yang recommended adalah Tian Tian Hainanese Chicken Rice yang ada di 1 Kadayanallur St, #01-10/11, Maxwell Food Centre, Singapura 069184.

2. Laksa

10 Rekomendasi Makanan di Singapura yang Dijamin Halal 10

* sumber: www.misstamchiak.com

Serupa dengan Nasi Ayam Hainan, makanan ini juga tergolong populer di Singapura. Bahkan, makanan ini pun bisa kamu temukan juga di beberapa daerah di Indonesia. Laksa Singapura dibuat dari bihun atau kwetiau yang dipadupadankan dengan sejumlah bahan.

Adapun bahan-bahan itu adalah: taoge, fish cake, daun kesum, kuah kental yang dibuat dari campuran susu, serta perasan jeruk nipis. Agar semakin mantap, sambal belacan pun juga turut ditambahkan pada makanan halal ini.

3. Roti Prata

10 Rekomendasi Makanan di Singapura yang Dijamin Halal 11

* sumber: blog.tefal.co.uk

Ini merupakan makanan halal Singapura yang lahir dari akluturasi budaya India di Singapura. Secara bahan dan bentuk, makanan ini kurang lebih sama dengan Roti Canai yang lazim kita temukan. Hanya saja, tekstur pada Roti Prata cenderung empuk dan agak beremah.

Roti Prata memiliki sejumlah varian rasa. Mulai dari original, keju, pisang, cokelat, hingga rasa saus kari pedas. Makanan ini bisa kamu temukan di sejumlah gerai-gerai di Singapura yang lazim buka hingga larut malam.

4. Rojak

10 Rekomendasi Makanan di Singapura yang Dijamin Halal 12

* sumber: rollingwrites.blogspot.com

Boleh dikata, ini merupakan rujak a la Singapura. Bahan Rojak sendiri kurang lebih sama dengan rujak di Indonesia: potongan buah atau sayur. Hanya saja, Rojak Singapura biasanya bakal ditambahkan sejumlah bahan pelengkap.

Contohnya: cakwe, kacang cincang, dan bunga jahe yang dirajang. Bahkan, bahan seperti cumi kukus pun lazim ditambahkan pada sajian satu ini. Saus yang dipakai pun juga tergolong berbeda. Pada Rojak, sus yang dipakai cenderung kehitaman dan bertekstur lengket.

5. Kaya Toast

10 Rekomendasi Makanan di Singapura yang Dijamin Halal 13

Makanan halal ini merupakan roti bakar yang dilapisi dengan selai Kaya. Selai Kaya merupakan selai khas Singapura dengan bahan dasar telur dan kelapa. Adapun untuk rotinya sendiri dibakar di atas arang di dilapisi irisan mentega.

Makanan halal ini amat cocok dijadikan sebagai menu sarapan. Kamu bisa menyantapnya bersama secangkir teh atau kopi. Kamu juga bisa menyantapnya dengan telur rebus setengah matang. Kamu bisa menemukan makanan ini di kafe Ya Kun Kaya Toast yang tersebar di beberapa sudut Singapura.

6. Hokkien Prawn Mie

10 Rekomendasi Makanan di Singapura yang Dijamin Halal 14

* sumber: www.misstamchiak.com

Untuk pecinta mi halal, makanan ini sangat laik kamu coba. Hokkien Prawn Mie sendiri dibuat dari mi kuning dan/atau bihun yang ditumis dengan sejumlah bahan. Bahan-bahan tersebut biasanya adalah telur, udang, cumi-cumi, taoge, bawang putih, dan kecap asin.

Setelah matang, mi tersebut lalu dicelupkan ke dalam kaldu dan direbus bersama seafood. Barulah setelah itu digoreng kerung dengan sedikit kuah. Mi ini bisa kamu santap langsung atau diberi tambahan limau dan sambal cabai.

Salah satu tempat recommended untuk menyantapnya adalah Bedok Corner Hokkien Prawn Mee. Ini adalah hawker atau foodcourt a la Singapura yang beralamat di Bedok Road 29, Singapura.

7. Mee Jawa

10 Rekomendasi Makanan di Singapura yang Dijamin Halal 15

Ini adalah makanan mi halal lainnya yang ada di Singapura. Berbeda dengan mi sebelumnya, bahan dan pembuatan mi ini tergolong sederhana. Bahan utama mi ini adalah mi, sayur taoge, dan Lombok hijau. Adapun cara membuat mi ini adalah mencampurkan bahan-bahan tersebut, lalu kemudian disiram dengan kuah kental kecokelatan.

Selain makanan halal, mi ini juga termasuk salah satu makanan murah di Singapura. Bagaimana tidak, seporsi mi ini bisa kamu dapatkan dengan kocek SGD 2 saja!  Mee Jawa bisa kamu santap di Warong Jawa di Bedok South Road, Singapura.

8. Nasi Lemak

10 Rekomendasi Makanan di Singapura yang Dijamin Halal 16

* sumber: www.herworld.com

Mau menu nasi halal lainnya selain Nasi Ayam Hainan? Kalau ya, menu satu ini laik kamu coba. Nasi Lemak sendiri merupakan sajian nasi yang dimasak bersama dengan santan. Mirip sekali dengan cara mengolah nasi uduk di Indonesia.

Setelah matang, nasi tersebut bakal disajikan bersama sambal, kacang teri, dan lauk pauk serupa ayam goreng atau telur rebus.nasi ini memiliki cita rasa yang gurih dengan aromanya yang wangi. Kamu pasti bakal ketagihan saat menyantapnya nanti.

9. Kari Kepala Ikan

10 Rekomendasi Makanan di Singapura yang Dijamin Halal 17

* sumber: cityhallsingapore.com

Bila Padang punya Gulai Ikan Kakap, maka Singapura punya Kari Kepala Ikan. Serupa dengan Gulai Ikan Kakap, makanan halal khas Singapura ini juga berbahan dasar kepala ikan kakap merah. Adapun cara mengolah kepala ikan kakap merah pada makanan ini adalah dikukus.

Sesudah dikukus, kepala ikan kakap tersebut lalu dituang dengan kari pedas kemerahan, okra, dan terong. Kamu bisa menyantap sajian kepala ikan ini bersama roti mantau atau sepiring nasi hangat. Kalau kamu mau menyantap makanan ini, kami sarankan untuk mencongkel bagian pipinya.

Bagian pipi pada makanan ini memiliki daging yang lezat. Kalau kamu tidak risih, kamu bisa mencoba bagian matanya yang tak kalah lezat. Berani coba?

10. Chilli Crab (Kepiting Cabai)

10 Rekomendasi Makanan di Singapura yang Dijamin Halal 18

* sumber: magazine.foodpanda.sg

Suka makan kepiting? Coba saja makanan halal satu ini! Makanan ini merupakan sajian yang dibuat dari kepiting soka atau kepiting lumpur. Kepiting tersebut lalu dibakar bersama bagian cangkangnya. Setelah itu, disajikan bersama dengan telur, tomat, dan saus cabai.

Makanan halal ini sangat cocok disantap bersama mantau (roti khas Singapura yang agak mirip dengan bakpao). Chilli Crab sudah ada di Singapura sejak 1956. Untuk menyantapnya, kamu bisa datang ke Momma Kong’s yang ada di 34 Mosque St. Singapura 059512. Di tempat makan ini, Chilli Crab memiliki cita rasa pedas yang kuat. Cocok sekali buatmu pecinta kepiting sekaligus pecinta makanan pedas.

Demikianlah beberapa rekomendasi makanan halal di Singapura yang bisa kamu coba nanti. Bagaimana, rekomendasi dari kami menarik, bukan? Oh ya, di antara sejumlah rekomendasi itu, mana yang menarik dan ingin sekali kamu coba? Yuk, beritahu kami di kolom komentar! Baca juga artikel makanan murah di Singapura untuk mendapatkan info kuliner yang tidak membuat kantong bolong.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram