Keluyuran / Singapura / 10 Tempat Wisata di Singapore yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Singapore yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Juni 2019

Punya rencana untuk vacay ke luar negeri saat liburan yang sebentar lagi tiba? Kami yakin pasti ada beberapa teman-teman di luar sana yang sudah planning untuk liburan di negeri tetangga.

Tapi… Ke negara mana sih yang biasanya kalian kunjungin buat jadi vacationland? Hmmm… Biar kita tebak! Thailand? Singapore? Malaysia? Atau Jepang yang baru-baru ini membebaskan visa kunjungan hanya untuk wisatawan asal Indonesia? Kamu juga bisa mendapatkan informasi tempat-tempat wisata di Singapore lainnya di Blog Traveloka.

Namun sepertinya, destinasi ke negeri singa atau Singapura masih menjadi tujuan yang paling banyak diminati oleh para pelancong Indonesia yah? Maklum saja, selain jaraknya yang lumayan dekat, negeri ini juga memiliki tempat wisata yang sangat ciamik!

Nah, kali ini Keluyuran akan mengajak dan memberitahu tempat-tempat mana saja yang wajib dikunjungi oleh kita saat berada di negeri Singapura. Ada 10 tempat wisata di Singapore yang berhasil kami rangkum untuk diberitahu kepada pembaca sekalian.  Di mana sajakah itu? Yuk simak!

10 Tempat Wisata di Singapore yang Wajib Dikunjungi

1. Changi International Airport

changi airport

Mungkin teman-teman bertanya, kenapa bandara Changi menjadi salah satu tempat yang wajib didatangi sewaktu liburan. Ini dia jawabannya! Changi International Airport dengan kode bandara SIN merupakan bandara yang dikelola oleh Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS). Bandara ini berlokasi di bagian ujung timur pulau Singapura dan menjadi salah satu fasilitas penerbangan terbaik di Asia dan dunia.

Selain menjadi titik nol untuk para wisatawan yang datang, bandara ini juga merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi mengingat banyaknya taman dan pusat perbelanjaan yang tersebar di seluruh sudut bandara. Bahkan, di terminal 3, Changi menggandeng brand terkendal seperti Gucci, Hermes, Bottega, Veneta hingga Bvlgari untuk mengisi pusat perbelanjaan di sana.

Bandara Changi juga sangat memanjakan seluruh pengunjungnya; seluruh area bandara dilingkupi jaringan wi-fi, internet corner, kolam renang, spa dan massage center selama 24 jam, lounge, hingga Singapore City Tour Nature Trail yang didalamnya terdapat butterfly, bamboo, sunflower, orchid garden, koi pond, dan taman lainnya yang dipenuhi oleh bunga-bunga cantik.

Di bandara ini juga disediakan pusat perbelanjaan duty free! Itu berarti kita bebas berbelanja tanpa takut dikenai pajak! Canggih kan? Selain itu, bandara ini juga menyediakan Entertainment Deck (terminal 2) yang dilengkapi ruangan XBox Kinect, XBox 360, Playstation 3, hingga stand MTV Booth, dimana kita bisa menikmati ratusan video klip di plasma 3D. Itu semua bisa dimainkan secara gratis!!!

Namun sayang, terakhir berkunjung ke Changi, terminal untuk penerbangan murah yang biasanya jadi tempat para wisatawan backpacker mendarat sudah dibongkar untuk pembangunan terminal lainnya, sehingga semua penerbangan akan mendarat di bandara utama Changi. Tapi tak masalah kok! Soalnya bandara Changi ada skytrain yang berguna untuk mengantarkan kita ke seluruh sudut bandara.

2. Merlion Park

Merlion Park

Merlion Park adalah salah satu tempat wisata gratis di Singapura yang wajib untuk dikunjungi jika sedang berlibur di sana. Soalnya, di sinilah kita bisa foto bersama sahabat, keluarga atau pacar dengan latar belakang patung Merlion, ikon kota Singapura.

Patung The Merlion memiliki bentuk seperti singa dan duyung; Mer adalah singkatan dari Mermaid yang berarti duyung. Konon, pada jaman dahulu, negeri Singapura merupakan negeri yang kaya akan alam baharinya, mengingat negeri tersebut dekat dengan lautan lepas.

Nelayan di sana juga sangat mahir melaut dan menangkap ikan. Sedangkan Lion merupakan bahasa Inggris dari Singa, nama kota itu sendiri. Tapi ada hal yang sangat disayangkan, pasalnya kini wisatawan tidak bisa menikmati pemandangan seluas dulu karena adanya jembatan Esplenade.

Merlion Park merupakan taman kota yang terletak persis di depan hotel Fullerton. Di sini kita akan banyak menemukan para wisatawan dari seluruh dunia berkumpul. Ada sekitar 200-300 tempat duduk yang tersebar di seluruh area Merlion Park.

Di tempat ini juga, kita bisa melihat banyaknya taksi air yang menaiki dan menurunkan penumpang. Suasananya sangat ramai tapi tidak penuh. TIDAK PENUH. Tetap ada space buat kita yang mau berfoto ria bahkan kejar-kejaran seperi film-film india. Ini karena luas Merlion Park menghabisi separuh dari One Fullerton.

Tempat ini biasanya menjadi awal mula bagi para pelancong yang mendarat di Changi untuk menikmati waktu jalan-jalan mereka selama di Singapura. Untuk menuju ke taman kota ini, kita bisa naik MRT dari Changi International Airport.

Caranya mudah! Di Changi ada stasiun MRT mandiri, nah dari stasiun MRT inilah perjalanan kita dimulai. Dari stasiun MRT changi, kita bisa naik MRT green line (jalur timur – barat) dengan tujuan Tanah Merah, setelah itu kita naik MRT green line lagi dengan tujuan Joo Koon hingga sampai di stasiun Raffles Place.

Nah, dari pintu keluar B stasiun Raffles Place, kita bisa mengikuti jalur Singapore river hingga ke Merlion; memang memutar sih, tapi tak masalah! Kita tidak akan merasa capek karena sepanjang perjalanan banyak sekali pemandangan yang oke banget!

3. Esplenade – Theatres on the Bay

esplanade theatre

Selain Merlion, bangunan berbentuk durian yang dikenal dengan Esplenade Building ini juga menjadi salah satu ikon negera Singapura. Esplenade terletak berdampingan dengan Merlion Park. Gedung ini merupakan pusat pertunjukan seni terbesar di Singapura.

Esplanade ini dibangun untuk menampung seluruh aktifitas seni dan pertunjukan; baik modern juga tradisional bagi wisatawan yang datang ke Singapura. Seluruh kegiatan yang disajikan di Esplenade bisa dinikmati oleh seluruh kalangan usia.  Mulai dari musik, tari, teater dan seni visual yang semuanya bertemakan Asia.

Dengan kapasitas 2.000 kursi untuk teater utama dan ribuan kursi di Concert Hall, Esplenade cukup memuat sekitar 5000 orang. Biasanya para pengunjung tidak hanya berada di wilayah ruang konser dan teater saja.

Mereka semua juga tersebar di teater outdoor yang memiliki view sangat menawan (dari sini, kita bisa melihat pemandangan teluk Marina) dan pusat hiburan seperti mall dan lounge. Kita tidak perlu bayar loh untuk masuk ke Esplanade, kecuali kalau ada event-event berbayar.

Nah, kalau ada teman-teman yang bertandang ke sini sewaktu musim lebaran, kalian semua beruntung sekali! Pasalnya saat musim lebaran tiba Esplanade mengadakan Festival tahunan Pesta Raya. Dalam festival ini, kita akan disuguhkan kesenian Melayu oleh para seniman dari Asia Tenggara dan Dunia. Sebagai catatan, festival ini ada yang berbayar dan ada yang gratis!

Satu hal lainnya yang menarik dari Esplanade; rancangan bangunan gedungnya yang menyerupai buah durian. Ternyata, bentuk durian itu merupakan selusur baja yang berfungsi untuk menghalangi cahaya matahari sehingga gedung ini akan tetap sejuk walau cuaca di Singapura sedang panas terik. Untuk dapat mencapai Esplenade dari Merlion Park,  kita cukup berjalan kaki saja.

4. Singapore Flyer

singapore flyer

Ingin melihat seluruh kota di Singapura? Ini dia carannya. Naik Singapore Flyer! Wahana ini merupakan sebuah dek observarsi bergerak terbesar dan tertinggi di dunia yang terletak di dekat Marina Bay.

Singapore Flyer mengalahkan tinggi London Eye! Ini membuat para penumpang Singapore Flyer bisa melihat 3 negara sekaligus; Singapura sendiri, Malaysia, bahkan Indonesia! Hebat kan? Untuk naik Singapore Flyer kita harus membayar tiket seharga 33 SGD (Rp 323.000) untuk dewasa dan anak-anak 21 (Rp 210.000) SGD | Kurs Rupiah terhadap Dolar Singapura saat ini 1 SGD = Rp 9850

Kabin observasi di Singapore Flyer berjumlah 28 dengan kapasitas 25 – 28 maksimal. Dilengkapi dengan pendingin udara, kursi yang empuk bahkan ada LCD. Suasana di dalam kabin serupa dengan kamar hotel. Untuk setiap satu putaran penuh, Singapore Flyer berputar selama 30 menit. Jadi kita tidak perlu mengantri untuk naik Singapore Flyer. Untuk sampai di Singapore Flyer dari Merlion Park atau Esplanade, kita bisa kembali ke stasiun MRT Raffles Place.

Namun kita tidak akan menaiki MRT, tapi naik bus ulang alik dengan rute melalui Raffles Link (Stasiun MRT City Hall) – Millenia Tower – Millenia Walk – Centennial Tower – Suntec City, abis itu tinggal nyebrang deh! Jamin gak akan kesasar! Dari jauh saja, Singapore Flyer sudah terlihat. Oh iya, Bus ulang alik berangkat tiap 30 menit sekali  dan GRATIS! Irit di ongkos kan?

5. Marina Bay

Marina Bay

Marina Bay merupakan sebuah teluk yang terletak di mulut Singapore River, bagian Selatan negara Singapura. Teluk ini merupakan pusat hiburan terbesar kedua setelah Santosa Island; di mana hotel, mall, apartment, kantor dan tempat penting lainnya berada di dalam satu wilayah.

Istilah kerennya ialah kawasan Terpadu. Tak heran bila setiap bulannya, Marina Bay dikunjungi lebih dari 2 juta wisatawan; baik lokal dan asing. Di Marina Bay, kita bisa menikmati pemandangan yang benar-benar breathtaking, pasalnya teluk ini dikelilingi oleh banyak sekali tempat-tempat yang sangat menarik, seperti:

  • Marina Bay Golf Course

Lapangan golf dengan 9 sampai 18 lubang untuk teeing shoot.

  • Marina Bay Cruise Center

Pelabuhan khusus kapal pesiar berskala kecil hingga terbesar. Biasanya, kapal pesiar yang akan berangkat ke luar negeri seperti Eropa atau Australia akan angkat sauh dari pelabuhan ini.

  • Garden by The Bay

Gardens by The Bay

Taman Indoor yang di dalamnya ada sekitar lebih dari 500.000 tanaman. Tempat ini juga merupakan botanical garden dan pusat konservatori terbesar di Singapura. Di taman ini ada sekitar 5 tempat yang bisa dikunjungi seperti Flower Dome; hunian untuk ribuan tanaman dari 9 negara hingga Cloud Forest; tempat terbaik untuk menanam tanaman seperti Anggrek dan bunga cantik lainnya.

Di Cloud Forest kita akan melihat air terjun sungguhan setinggi 35 meter yang sangat cantik. Oh iya! Di Gardens by The Bay, kita bisa melihat ikon tempat ini yang bernama Supertree; taman vertikal berbentuk pohon setinggi 50 meter.

  • Marina Bay Waterfront Promenade Singapore

Marina Bay Waterfront Promenade

Sebuah boulevard yang mengelilingi batas wilayah teluk Marina dan berdekatan dengan Marina Bay Sands, bangunan ikonik Singapura. Di tempat ini kita akan banyak menemukan wisatawan yang jalan santai untuk menikmati angin laut.

Di sini juga sering sekali diadakan perayaan yang super grande! Contohnya saja event ‘i Light Marina’, acara pertunjukan lampu LED yang ditembakan keseluruh penjuru teluk. Sayangnya, acara ini sudah berakhir di tahun 2014 kemarin. Untuk melihatnya lagi, teman-teman harus berkunjung di bulan Maret 2016. Pertunjukan kembang api untuk menyambut tahun baru juga dilaksanakan di Waterfront Promenade.

Untuk sampai di Marina Bay dari Singapore Flyer tidak terlalu rumit kok! Dengan berjalan kaki selama satu jam kurang juga sebenarnya bisa; kita tidak harus terus menerus berjalan kaki. Kita bisa istirahat sebentar di tempat makan atau situs bersejarah di sepanjang Singapore River.

6. Art Science Museum

ArtScience Museum

Terletak masih tetap di area teluk Marina, (Marina ini benar-benar kawasan terpadu super lengkap yang pernah saya tahu! Semua pusat hiburan ada disini semua soalnya) berada tepat di samping Marina Bay Sands. Art Science Museum merupakan tempat lainnya yang wajib dikunjungi oleh kita sebagai wisatawan.

Di tempat seluas 6000 meter persegi, ada sekitar 20 galeri yang tersebar di seluruh penjuru museum. Kalau diperhatikan, bentuk bangunan ini serupa dengan bentuk tangan; padahal sebenarnya bangunan Art Science memiliki bentuk bunga teratai.

Bukan tanpa alasan sang arsitek, Moshe Safdie, merancang bangunan tersebut sedemikian rupa. Bentuk bangunan yang menyerupai teratai itu mempunyai fungsi untuk menampung air hujan dan menyaringnya hingga menjadi pasokan air bersih untuk negara Singapura. Hebat kan?

Selain bentuknya yang unik, isi dalam museum juga tak kalah unik. Di sini kerap kali diadakan pameran kelas berat seperti pameran karya seniman ternama seperti Van Gogh, Anie Leibovitz bahkan Leonardo DaVinci. Untuk sampai kesini, kita masih bisa berjalan kaki. Cukup hemat bukan? Apalagi untuk wisatawan backpacker seperti kita. Hehehe.

7. Marina Bay Sands

Marina Bay Sands

Salah satu gedung tertinggi di Singapura ini menjadi tempat wisata lainnya yang wajib dikunjungi oleh kita saat berlibur ke negara Singa. Memiliki 57 lantai yang terbagi atas hotel, kasino, pusat belanja, restoran, museum, teater, convention hall, klub malam dan sebuah SkyPark yang terletak di top floor.

SkyPark ini memiliki bentuk yang unik, menyerupai sebuah kapal pesiar besar yang ‘menggantung’ di ketiga menara Marina Bay Sands. SkyPark menyuguhkan pengalaman yang sulit untuk dilupakan. Pasalnya, selain taman, restoran, café, klub malam, gymnasium dan poolside terrace, taman setinggi 191 meter ini memiliki infinity pool; sebuah kolam renang ‘melayang’ yang terbentang seluas 150 meter di lantai 57. Dibuka untuk umum dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam.

Dari atas sini, kita bisa melihat seluruh teluk Marina. Tak kalah hebat dengan Singapore Flyer! SkyPark juga menawarkan sebuah restoran keren bernama SKY at 57 yang bisa berfungsi sebagai observation deck; di mana kita bisa melihat 3 negara sekaligus. Sama seperti yang bisa dilakukan di Singapore Flyer.

Jadi, kita bisa menikmati hidangan dari seluruh dunia yang dimasak oleh koki selebriti, Justin Quek sambil menikmati pemandangan negara Singapura. Sedikit tips untuk teman-teman semua, kalau ke sini usahakan di waktu sore menjelang malam hari. Sebenarnya siang hari pun oke-oke saja, tapi bayangkan saja, kita bisa menikmati langit senja saat sunset dari atas sini!

Marina Bay Sands ini memiliki arsitektur yang unik. Terlihat seperti kartu yang direndengkan berderet dan saling hadap dan disatukan dengan Sands SkyPark. Keren sekali bukan? Tapi jujur saja, untuk ke Marina Bay Sands, kita mesti bawa duit yang lumayan banyak.

Bukan karena untuk masuk ke Marina Bay Sands atau tiket ke SkyPark seharga SGD 20 (Rp 198.000), melainkan pusat perbelanjaan yang dipenuhi oleh banyak brand terkenal seperti Bally, Breguet, CHANEL, Christian Dior, Fendi, Franck Muller, Louis Vuitton, Salvatore Ferragamo, Tiffany & Co., Vacheron Constantin, hingga Wolford dan Zadig & Voltaire!

Belum lagi harga tiket masuk kasino yang sekarang menembus SGD 100 atau sekitar satu juta rupiah. Mau mencoba peruntungan di mesin jackpot? Kita harus merogoh kocek minimal 10 juta! How? Apa kalian tertarik?

Karena letak menara MBS masih berada di kawasan terpadu di Marina, dengan berjalan kaki saja bisa kok! Sayang kalau harus naik kendaraan, tidak bisa menikmati indahnya teluk Marina.

8. Orchard Road

orchard road

Untuk yang hobi shopping, ini dia tempatnya! Ya, Orchard Road. Di sini terdapat puluhan mall terkenal yang dipadati oleh ribuan wisatawan setiap jam-nya! Untuk catatan, wisatawan yang kebanyakan datang ke sini bukan dari kelas backpacker yah! Tapi wisatawan yang isi dompetnya cuma ada 1 kartu; platinum atau emerald card. Hehehe…

Mulai dari DFS Galleria, ION, Nge Ann City hingga The Paragon yang semuanya menjual barang-barang eksklusif kelas dunia. Jujur saja, untuk ke tempat ini harus benar-benar kuat iman. Semua barang yang di display diseluruh Mall seakan-akan memanggil kita untuk segera membelinya!

Karena Orchard Road hanya dilewati satu arah dan berjarak hanya sekitar 2.5 kilometer saja, kami sarankan teman-teman untuk berjalan saja yah selama di Orchard, jangan naik kendaraan. Soalnya kalau mau berhenti di suatu tempat namun terlewat sedikiiit saja, kita harus memutar jauh.

Untuk sampai di Orchard dari Marina Bay memang lumayan jauh dan cukup rumit. Tapi tenang saja, papan destinasti MRT menjawab semuanya kok. Pokoknya dari Marina Bay, kita harus naik MRT di North West Line (jalur warna ungu).

9. Bugis Street

tempat wisata di singapore bugis

Mau belanja tapi budget terbatas? Tak usah khawatir! Kita bisa mengunjungi salah satu tempat belanja murah di Singapura yaitu Bugis Street. Tempat ini dipenuhi oleh ribuan barang bermerek; baik baru maupun bekas dengan harga dan kualitas yang masih oke punya. Kabar baiknya lagi, harga di sini tidak tetap! Kalau teman-teman bisa menawar, kalian akan mendapatkan barang idaman dengan harga impian! Keren kan?

Bugis street merupakan rumah untuk 800 toko retail yang berada di setiap sisinya. Bisa dibilang, tempat ini surganya belanja bagi wisatawan yang punya budget mepet. Tempat ini buka dari jam 11 pagi hingga 10 malam dan setiap harinya selalu penuh pengunjung.

Selain toko retail, di sini juga tersedia bermacam-macam stand makanan yang bisa dipilih untuk dijadikan menu makan siang atau makan malam. Tapi teman-teman harus hati-hati yah! Untuk umat muslim yang tidak memakai hijab, usahakan bertanya dahulu sebelum membeli makanan.

Pasalnya, para penjual makanan disana punya menu khusus untuk umat muslim. Namun kalau teman-teman muslim yang memakai hijab, mereka akan langsung membuatkan makanan yang halal untuk dimakan.

Harga untuk setiap makanan di sini terbilang cukup murah. Mulai dari SGD 1 – SGD 9 saja! Sama kan harganya kaya food court di Indonesia. Karena lidah orang Singapura sama kaya lidah kita, rasa makanannya juga sangat familiar. Di sini mereka menjual nasi padang juga loh! Untuk sampai di Bugis Street, kita bisa berjalan kaki mengingat jaraknya yang tidak terlalu jauh dengan Orchard.

10. Sentosa Island

sentosa

Sentosa Island atau Pulau Sentosa merupakan pulau kecil yang berada di bagian ujung sebelah Selatan Singapura. Pulau ini merupakan kawasan terpadu terbesar dan terbaik di Singapura dan terpisah dari pulau utama. Ranking kedua ditempati oleh teluk Marina (Marina Bay).

Di sini kita bisa menemukan hotel, tempat hiburan dan wahana bermain kelas internasional; terbagi atas empat kluster taman hiburan yakni Imbiah Lookout, Siloso Point, Beach Arena dan Resort World Sentosa.

Di seluruh taman hiburan tersebut kita bisa menikmati indahnya taman kupu-kupu dan serangga, Sentosa Nature Discover, Images of Singapore, The Merlion; Merlion ini merupakan patung yang sama seperti yang ada di Merlion Park, namun ukurannya saja yang lebih kecil.

Selain itu juga kita bisa mengunjungi tempat wisata di Singapore lainnya yakni Dolphin’s Lagoona, Combat Skirmish Live. Umumnya yang ada di Imbiah Lookout dan Siloso Point berisi wahana yang hampir sama.

Selanjutnya adalah Beach Arena; di mana semua wisatawan berjemur dan berenang di pantai Sentosa yang terkenal sangat bersih dan indah. Dan yang terakhir adalah Resorts World Sentosa. Nah, ini dia major theme park di Pulau Sentosa. Wahana seperti Universal Studio, Marine Life Park, Lake of Dream ada disini. Untuk sampai di Sentosa Island, kita bisa berjalan kaki dari Waterfront Promenade melewati Sentosa Baywalk.

11. Universal Studio Singapore

Universal Studio Singapore

Masih terletak satu komplek dengan Pulau Sentosa, tempat wisata di Singapore yang satu ini memang wajib banget dikunjungi oleh wisatawan di Indonesia. Hampir sebagian wisatawan Indonesia pasti menuju kemari ketika berada di Singapura.

Universal Studio Singapore adalah sebuah theme park yang menawarkan beragam wahana permainan yang seru dan menyenangkan. Selain itu, di dalam theme park ini juga tersedia berbagai restoran dan toko souvenir. Sesuai dengan namanya, di dalam Universal Studio Singapore juga terdapat beberapa ikon dari film-film keluaran Universal Studio, seperti Minion, Transformers, dan beberapa dinosaurus dari film Jurassic Park.

12. East Coast Park

East Coast Park

Singapura memang terkenal dengan taman-tamannya yang asri dan bersih. Banyak warga Singapura yang menghabiskan waktu untuk olahraga atau duduk-duduk santai di taman. Salah satu taman di Singapura ini berbatasan langsung dengan pantai, sehingga Anda bisa santai di taman sambil menikmati pemandangan pantai.

East Coast Park bukan sekedar taman kota biasa. Taman ini telah menjadi salah satu tempat wisata di Singapura favorit para wisatawan karena dari sini Anda bisa menikmati pemandangan pantai pasir putih yang sangat bersih. Nah, jangan lupa untuk memasukkan East Coast Park dalam daftar tempat wisata yang harus Anda kunjungi saat di Singapura, ya!

13. Little India

Little India

Melihat bangunan dengan cat warna-warni dan pernak-pernik yang bergantungan tentu saja Anda akan merasa seperti berada di Mumbai, India. Namun apa yang Anda lihat ini bukan di Mumbai, melainkan di Little India, Singapura. Little India adalah sebuah kawasan yang banyak dihuni oleh orang-orang India yang saat ini menetap di Singapura.

Segala yang khas India bisa Anda temukan di tempat ini, mulai dari pernak-pernik, makanan, minyak, dupa, dan perhiasan. Nah, jika Anda ingin berkunjung kemari, mungkin Anda bisa mencoba kuliner khas India atau membeli beberapa barang khas India untuk dijadikan oleh-oleh.

14. Chinatown

Chinatown

Berada tak jauh dari Little India ada kawasan yang dihuni oleh orang-orang keturunan Tionghoa yang tinggal di Singapura. Kawasan Chinatown ini juga menjadi jujugan wajib bagi wisatawan dari Indonesia karena kulinernya pas di lidah orang-orang Indonesia. Hanya saja, bagi wisatawan muslim sebaiknya bertanya dulu kepada penjual makanan sebelum membeli, apakah makanan yang dijual tersebut halal.

Kalau tidak ingin kuliner, Anda dapat berbelanja di sini karena barang-barang yang dijual di Chinatown terbilang murah. Selain itu, wisatawan juga bisa lebih mengenal budaya negeri tirai bambu di kawasan Chinatown Singapura ini.

15. Haw Par Villa

Haw Par Villa

Satu lagi tempat wisata di Singapore yang menarik untuk dikunjungi, namanya adalah Haw Par Villa. Ini merupakan tempat rekreasi sejarah budaya Cina yang di dalamnya terdapat 1.000 patung dan 150 diorama yang menggambarkan kisah rakyat Cina dan legenda-legenda yang terkenal di negeri tirai bambu.

Yang membuat Haw Par Villa menarik perhatian wisatawan adalah terdapat diorama yang menggambarkan tentang kengerian neraka. Sebaiknya para orang tua yang membawa anak-anak kemari harus memberikan edukasi agar anak-anak tidak takut.

Well, itu tadi 10 tempat wisata di Singapore yang wajib dikunjungi. Semoga liburan di Singapura menyenangkan yah! Oh iya, hanya untuk sekedar tips saja, sesampainya kita di Singapura, transportasi ke seluruh tempat di atas menggunakan MRT.

Jadi kami sarankan teman-teman langsung membeli kartu di bandara untuk naik MRT selama di sana. Sebenarnya bisa sih kita berpergian tanpa kartu MRT. Tapi kalau kita menggunakan tiket sekali jalan, harganya jadi lumayan mahal! Kartu MRT yang kita pakai biasanya berjenis STP (Singapore Tourist Passes) atau EZ-Link.

Namun untuk wisatawan, kita bisa menggunakan kartu STP; kartu untuk turis supaya bisa mengelilingi Singapura sepuasnya. Untuk harga, STP bertarif SGD 10 buat yang 1 day, SGD 16 buat yang 2 days dan SGD 20 buat yang 3 days ditambah biaya deposit SGD 10.

Nah kalau kita ada di dalam gedung dan bingung saat akan keluar karena seluruh pintu bertuliskan ‘Emergency Exit’, jangan panik yah! Pintu keluar sebenarnya itu ada di bawah tanah; di mana MRT berada supaya kita tidak capek mencari stasiun terdekat.

Oh iya, karena negara Singapura merupakan fine city, usahakan tidak melanggar peraturan di sana yah! Kecuali teman-teman ingin membantu perekonomian Singapura dan bekerja selama 2 minggu di tempat kalian melakukan pelanggaran apabila tidak bisa membayar denda. Have a safe and amazing trip people!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar