Ingin Membaca Buku di Jakarta? Datangi 10 Perpustakaan Ini!

Jakarta tak hanya kaya akan mall, bar, atau restoran saja. Jakarta juga punya perpustakaan yang kaya akan koleksi buku, serta memiliki spot yang nyaman. Ini tentu kabar baik buatmu yang doyan baca buku atau nyari tempat untuk ngerjain tugas dan sedang berdomisili di Jakarta.

Beberapa perpustakaan itu bakal kami rekomendasikan di sini. Siapa tahu, kamu butuh rekomendasi yang kami berikan saat hendak membaca buku di Jakarta nanti. Mau tahu apa saja rekomendasi tersebut? Yuk, langsung saja disimak sebagai berikut:

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Copy)

*

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia adalah salah satu perpustakaan di Jakarta milik pemerintah Indonesia. Perpustakaan yang diresmikan pada 17 Mei 1980 ini memiliki 27 lantai. Jumlah lantai itu menjadikan perpustakaan ini sebagai perpustakaan tertinggi di Indonesia, bahkan dunia.

Koleksi bukunya sendiri begitu banyak. Mulai dari buku fisik hingga buku digital. Ada pula sejumlah koleksi manuskrip nusantara, lukisan, foto, hingga rekaman film. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sendiri bisa kamu sambangi di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Medan Merdeka Selatan No. 11, RT. 11/RW 2, Gambir, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110.
  • No. Telepon : (021) 1500914.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 08.30 – 18.00.

2. Perpustakaan Kemendikbud

Perpustakaan Kemendikbud (Copy)

*

Perpustaaan Kemendikbud adalah perpustakaan milik pemerintah lainnya yang ada di Jakarta. Ada sekitar 200 ribu koleksi buku di perpustakaan ini. Semua koleksi buku itu memiliki bentuk beragam, mulai dari buku fisik, digital, majalah, hingga jurnal elektronik.

Perpustakaan satu ini tak cuma menyajikan koleksi buku semata. Ada beberapa fasilitas pula di sini yang barangkali bisa kamu pakai nanti. Fasilitas-fasilitas tersebut adalah ruang diskusi, ruang kelas, layanan fotokopi, dan akses internet gratis. Perpustakaan yang dikelola Kemendikbud ini berada di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Jenderal Sudirman RT 1/RW 3, Gelora, Senayan, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270.
  • No. Telepon : (021) 5707870.
  • Jam Buka : Senin s/d Jumat pukul 08.00 – 16.00, Sabtu pukul 09.00 – 14.00.

3. Perpustakaan Universitas Indonesia

Perpustakaan Universitas Indonesia (Copy)

* sumber: www.anakui.com

Tak jauh dari perbatasan Jakarta-Depok, perpustakaan milik Universitas Indonesia beragam koleksi buku, serta kaya akan sejumlah fasilitas. Kalau kamu sedang mencari jurnal ilmiah, perpustakaan ini sangat tepat buat dikunjungi. ada sekitar 5 juta jurnal ilmiah yang bisa kamu temui di dalam perpustakaan ini.

Semua jurnal ilmiah itu bisa diakses siapa pun, termasuk pengunjung yang bukan mahasiswa Universitas Indonesia. Khusus pengunjung non-UI, kamu harus membayar Rp5.000 jika ingin meminjang jurnal di perpustakaan tersebut.

Membaca di perpustakaan ini tak akan membuatmu jemu. Karena perpustakaan ini memiliki bentuk fisik yang unik, dan bagian luar perpustakaan ini dikelilingi pohon rindang serta danau. Kamu tertarik berkunjung? Langsung saja datang ke alamat berikut ini:

  • Alamat : Gedung Crystal of Knowledge, Kampus UI, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424.
  • No. Telepon : (021) 7270159.
  • Jam Buka : Senin s/d Jumat pukul 08.00 – 19.00, Sabtu pukul 08.00 – 16.00.

4. Perpustakaan Erasmus Huis

Perpustakaan Erasmus Huis (Copy)

* sumber: manual.co.id

Perpustakaan Erasmus Huis adalah sebuah perpustakaan yang letaknya persis di area Kedutaan Besar Kerajaan Belanda. Ada sekitar 15 ribu judul buku yang ada di perpustakaan ini. Mayoritas adalah buku terbitan Indonesia dan juga Belanda.

Sempat direnovasi beberapa waktu lalu, perpustakaan ini kini memiliki interior yang kian menarik. Saat memasuki perpustakaan ini, kamu bakal menemukan ruangan serba putih yang dilengkapi furniture yang eklektik. Menarik, bukan? Perpustakaan Erasmus Huis bisa kamu temui di alamat ini:

  • Alamat : Kav S- Setiabudi, Jalan Haji R. Rasuna Said Blok C No. 3, RT 8/RW 3, Kuningan, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950.
  • Jam Buka : Senin s/d Jumat pukul 09.00 – 16.00.

5. Perpustakaan Freedom

Perpustakaan Freedom (Copy)

* sumber: www.wego.co.id

Tak jauh dari Erasmus Huis, ada satu perpustakaan Jakarta lainnya yang layak kamu kunjungi. Perpustakaan Freedom adalah nama perpustakaan tersebut. Perpustakaan yang dibuka kembali pada Agustus 2017 silam ini memiliki interior ruang serba cokelat, dengan sedikit sentuhan industrial di dalamnya.

Dari segi buku, perpustakaan ini punya ribuan macam buku. Mayoritas merupakan buku yang berkaitan dengan bidang sosial humaniora, seperti sastra, filsafat, hukum, dan sejarah. Kalau kamu tertarik membaca di perpustakaan ini, langsung saja datang ke alamat berikut ini:

  • Alamat : Wisma Bakrie, Jalan H. R. Rasuna Said No. Kav, B – 1, RT 11/RW 2, Kuningan, Karet Kuningan, Menteng, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12920.
  • No. Telepon : (021) 90203552.
  • Jam Buka : Senin s/d Jumat pukul 09.00 – 16.30.

6. Pusat Informasi Kompas/Kompasdata

Pusat Informasi Kompas (Copy)

* sumber: agnesmaharani.wordpress.com

Kompas merupakan media cetak yang cukup apik menyimpan arsip lawas. Sejumlah arsip lawas yang mereka punya tersimpan dalam gedung Pusat Informasi Kompas alias Kompasdata. Selain tempat menyimpan arsip, gedung tersebut juga merupakan perpustakaan umum yang layak kamu kunjungi.

Ada sekitar 80 ribu arsip lawas tersimpan di tempat satu ini. Mayoritas merupakan buku bertema keindonesiaan, buku sastra, dan kliping koran nasional. Selain lazim dikunjungi khalayak umu, tempat ini juga biasa dikunjungi tim harian Kompas untuk mencari data penunjang artikel yang mereka tulis.

Pusat Informasi Kompas beralamat di bawah ini:

  • Alamat : Jalan Palmerah Selatan No. 26 – 28, Gedung Unit II Lantai 4, Kelurahan Gelora, Tanah Bang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270.
  • No. Telepon : (021) 5347710.
  • Jam Buka : Senin s/d Jumat pukul 08.00 – 17.00.

7. Perpustakaan Rimba Baca

Perpustakaan Rimba Baca (Copy)

* sumber: www.wanitaindonesia.co.id

Kalau kamu ingin membaca bersama adik atau saudaramu yang masih kecil, perpustakaan ini amat cocok dikunjungi. ada beragam buku terbitan lokal dan internasional di perpustakaan ini. Semua buku itu dibagi berdasarkan rataan usia tertentu, yaitu 0-3 tahun, 4-8 tahun, dan 9-12 tahun.

Ada juga koleksi buku khusus orang dewasa di perpustakaan ini. Buku-buku dewasa di perpustakaan ini kebanyakan adalah buku fiksi, novel, komik, dan sejarah. Perpustakaan Rimba Baca berlokasi di alamat berikut ini:

  • Alamat : Jalan Intan RSPP No. 21 B, RT 11/RW 2, Cilandak Baru, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12430.
  • No. Telepon : (021) 7664517.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 10.00 – 19.00.

8. Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta-Cikini

Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta (Copy)

* sumber: www.beritajakarta.id

Selain perpustakaan nasional, Jakarta juga punya beberapa perpustakaan daerah. Perpustakaan satu ini adalah contohnya. Perpustakaan daerah ini letaknya persis di area Taman Ismail Marzuki. Beragam koleksi buku bisa kamu temukan di perpustakaan 3 lantai ini, mulai dari buku fiksi hingga buku referensi khusus.

Tak cuma koleksi buku semata, perpustakaan ini juga punya fasilitas playground di dalamnya. Fasilitas itu terletak persis di lantai dua perpustakaan ini. Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta-Cikini bisa kamu temui di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Cikini Raya No. 73, RT 8/RW 2, Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10330.
  • No. Telepon : 0855-9141-8882.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 09.00 – 17.00.

9. Daniel S. Lev Law Library

Daniel S. Lev Law Library (Copy)

* sumber: mailmaeil.blogspot.com

Ingin menambah wawasan di bidang hukum? Datang saja ke perpustakaan satu ini! ini merupakan perpustakaan hasil wasiat Daniel S. Lev, seorang Indonesianis yang berasal dari Washington University, Amerika Serikat.

Total, ada sebanyak 12 judul buku yang tersedia di sini. Semua buku tersebut bisa diakses siapa saja, entah itu bagi para peneliti dan praktisi hukum, maupun masyarakat awam. Sila datang ke alamat di bawah ini, bila kamu tertarik mengunjungi perpustakaan satu ini:

  • Alamat : Puri Imperium Office Plaza UG-16, Jalan Kuningan Madya Kav 5-6, RT 6/RW 2, Guntur, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12980.
  • No. Telepon : (021) 83701809.
  • Jam Buka : Senin s/d Jumat pukul 09.00 – 18.00.

10. The Reading Room

The Reading Room (Copy)

* sumber: www.sintiaastarina.com

The Reading Room merupakan perpustakaan yang memadukan ruang baca sekaligus kafe di dalamnya. Jadi, di sini kamu bisa membaca buku sekaligus bersantap ria. Kalau kamu senang menulis, perpustakaan ini layak buat kamu kunjungi.

Pasalnya, di sini ada ruang khusus menulis yang cocok buat kamu jajal. Masih banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di sini. Mulai dari membeli buku yang menarik, hingga mengikuti kegiatan sastra yang lazim dihelat di perpustakaan satu ini.

The Reading Room sendiri berlokasi di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Kemang Timur No. 57 A-B, RT 6/RW 3, Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12730.
  • No. Telepon : 0858-8054-0162.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 10.00 – 00.00.

Jakarta punya sejumlah perpustakaan yang bisa kamu kunjungi. Ini tentu kabar baik buatmu yang ingin membaca buku di Jakarta. Beberapa perpustakaan di antaranya sudah kami rekomendasikan di atas. Semoga rekomendasi kami bermanfaat, ya. Selamat membaca!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram