10 Tempat Wisata di Cepu, Blora yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 18 Februari 2021

Pernahkah kamu mengunjungi wilayah Cepu? Cepu merupakan sebuah wilayah kecamatan yang menjadi bagian dari Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Wilayah Cepu merupakan wilayah perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Meski hanya wilayah kecil, namun Cepu memiliki cukup banyak destinasi wisata yang menarik untuk kamu kunjungi. 

Jika suatu hari kamu berkesempatan untuk mengunjungi Cepu, jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata berikut ya! 

1. Heritage Trainz Loco Tour

Heritage Trainz Loco Tour

* sumber: travel.kompas.com

Heritage Tranz Loco Tour adalah destinasi wisata yang dikelola oleh KPH Perhutani Cepu. Di tempat ini, kamu bisa melakukan tur perjalanan menggunakan kereta api peninggalan kolonial Belanda. Kereta wisata yang akan membawamu melakukan tur ini juga akan ditarik dengan lokomotif buatan Jerman tahun 1928. 

Kereta ini akan membawa kamu melintasi perkebunan dengan kecepatan 20 kilometer per jam dan jarak tempuh 60 kilometer per jam. Kereta ini juga menjadi sarana wisata edukasi sejarah dimana kamu juga bisa menyewa kereta dan gerbongnya untuk melakukan wisata perjalanan bersama rombongan. 

  • Alamat : Jl.Sorogo, Ngalengperhutani, Ngelo, Cepu
  • Jam Operasional : Senin – Jumat (08.00 – 19.00) Sabtu-Minggu (08.00-17.00)
  • Tiket Masuk : Rp15.000
  • Kontak : 0852-3208-0408

2. Taman Seribu Lampu

Taman Seribu Lampu

Taman Seribu Lampu adalah sebuah taman sekaligus ruang publik yang juga menjadi ikon dari daerah Cepu. Seperti Namanya, di taman ini kamu bisa melihat beragam instalasi lampu yang menjadi daya tarik utama dari taman ini. Dengan banyak ornamen lampu indah, taman ini akan tampak lebih cantik ketika dikunjungi pada malam hari. 

Taman Seribu Lampu juga memiliki banyak spot-spot foto yang begitu instagramable. Selain melihat instalasi lampu, di taman ini kamu juga bisa menikmati dan berfoto dengan berbagai ornamen lain, seperti lokomotif tua serta tugu pompa minyak tradisional.

  • Alamat : Jl.Ronggolawe, Sidomulyo, Cepu
  • Jam Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : -
  • Kontak : 0896-7490-1586

3. Monumen Arjuna Wiwaha

Monumen Arjuna Wiwaha

Ikon wisata lainnya dari wilayah Cepu adalah patung atau Monumen Arjuna Wiwaha. Orang-orang juga sering menyebut monumen ini sebagai Monumen Ronggolawe Cepu. Mulanya monumen ini berbentuk patung kuda dan disebut dengan Patung Kuda Gagakrimang Cepu. 

Selain bisa berfoto-foto sambal menikmati keindahan daerah Cepu, di sekitar Monumen Arjuna Wiwaha ini juga terdapat fasilitas semacam panggung terbuka yang biasa digunakan untuk berbagai kegiatan atau menjadi tempat para wisatawan untuk bersantai sejenak sembari menikmati area sekitar lokasi monumen.

  • Alamat : Jl.Ronggolawe, Cepu
  • Jam Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : -
  • Kontak : -

4. Grojogan Bengawan Solo

Grojogan Bengawan Solo

Sumber: https://twitter.com/info_blora/status/916956448973774848?lang=da

Grojogan Bengawan Solo merupakan destinasi wisata berupa air terjun yang berasal dari aliran Sungai Bengawan Solo. Di kala musim kemarau debit air terjun ini cukup menurun dan menjadi daya tarik wisata di wilayah Cepu. Tempat wisata ini juga dikenal dengan julukan Niagara Mini Kracakan. 

Saat musim hujan tiba, air terjun ini ramai didatangi para wisatawan, terutama pada sore hari di waktu libur. Debit air terjun yang menurun di saat musim kemarau membuat relief-relief yang ada di dasar sungai menjadi tampak ke permukaan, sehingga membuat air terjun ini menjadi spot yang begitu cantik untuk berfoto ria. 

  • Alamat : Jl.Bengawan Solo, Ngloram, Cepu
  • Jam Operasional : Setiap hari, 08.00-18.00

5. Keraton Jipang

Keraton Jipang

* sumber: www.cendananews.com

Keraton Jipang merupakan wisata sejarah peninggalan Arya Penangsang atau Arya Jipang, Raja Adipati Jipang yang memerintah pada pertengahan abad ke-15. Kala itu, Arya Penangsang adalah Raja Demak ke-5 yang merupakan penguasa terakhir Demak. Ia diceritakan memboyong pusat pemerintahan kerajaan Demak ke Jipang. 

Di tahun 2014, Yayasan Keraton Jipang yang berada di daerah Jipang, Cepu kemudian disahkan dan telah masuk dalam Forum Silaturahmi Keraton Nusantara. Di keraton ini, kamu bisa belajar banyak mengenai sejarah keraton serta kisah tentang Arya Penangsang. 

  • Alamat : Jipang, Cepu, Blora
  • Jam Operasional : Setiap hari, 07.00-17.00

6. MC Edupark

MC Edupark

* sumber: www.blorakab.go.id

MC Edupark atau Migas Cepu Edupark merupakan sebuah wisata edukasi sekaligus taman bermain di daerah Cepu. Wisata yang dikelola oleh PPSDM Migas Cepu ini juga didesain dengan spot-spot foto kekinian yang tentunya sangat instagramable. Di tempat ini, kamu bisa mempelajari tentang industri minyak gas dan bumi. 

Selain menjadi wisata edukasi mengenai migas, di MC Edupark kamu juga bisa bermain di berbagai wahana, seperti kolam renang dengan berbagai wahana airnya, Di tempat ini juga tersedia penyewaan ATV serta berbagai sarana olahraga. 

  • Alamat : Jl.Nglajo, Jl.Golf Wonotejo, Cepu, 
  • Jam Operasional : Setiap hari, 07.00-17.00
  • Tiket Masuk : Rp15.000
  • Kontak : 0812-1711-1170

7. Situs Wurawari Ngloram

Situs Wurawari Ngloram

Situs ini merupakan situs bersejarah yang membuktikan kekuaran politik Blora pada abad ke-11 masehi. Nama Ngloram diambil dari Lwaram, sebuah kerajaan yang merupakan sekutu kerajaan maritim terbesar di Indonesia dan berhasil mengalahkan kerajaan Medang. Lwaran dipimpin oleh seorang raja bawahan yang bernama Wurawari. 

Masyarakat Desa Ngloram juga sering menyebut situs ini dengan Punden Nglinggo, Punden Ngloram, atau Punden Wurawari. Situs ini memiliki luas sekitar satu hektar yang masih terus dikembangkan dan juga diteliti oleh pemerintah setempat. 

  • Alamat : Desa Ngloram, Kecamatan Cepu, Blora
  • Jam Operasional : Setiap hari, 24 jam

8. Kilometer 0 Cepu

Kilometer 0 Cepu

Kilometer 0 cepu merupakan tempat nongkrong yang cukup ramai dikunjungi oleh para muda-mudi. Tempat ini sekaligus juga menjadi salah satu ikon wilayah Cepu. Titik kilometer 0 ini juga dibangun sebagai tanda awal kebangkitan Pertamina Go International

Di tempat ini, kamu bisa berfoto dengan latar belakang tulisan “Kilometer 0 Cepu Pertamina” atau bersantai di area yang tersedia. Di sekitar lokasi juga banyak para pedagang yang menjajakan berbagai jualannya. Lokasi terbaik untuk mendatangi tempat ini ialah pada sore dan malam hari. 

  • Alamat : Jl.Gajahmada, Mentul, Karangboyo, Cepu
  • Jam Operasional : Setiap hari, 24 jam

9. Taman Aryo Jipang

Taman Aryo Jipang

Sumber: https://twitter.com/cepumaniac_twit/status/434277544422932480?lang=ar

Taman Aryo Jipang merupakan sebuah taman kota yang ada di daerah Cepu. Nama taman ini diambil dari tokoh Arya Penangsang atau Arya Jipang yang cukup bersejarah di wilayah Cepu. Di taman ini, ada gazebo-gazebo yang bisa kamu kunjungi untuk bersantai sembari menikmati wilayah Cepu. 

Taman Aryo Jipang juga berada pada lokasi yang strategis, sehingga kamu bisa dengan mudah mengunjungi taman ini dengan angkutan umum, bus, ataupun sepeda motor. 

  • Alamat : Jl.Randu Blatung No.112, Megal, Balun, Cepu
  • Jam Operasional : Setiap hari, 07.00-17.00

10. Taman Tuk Buntung

Taman Tuk Buntung

* sumber: i.ytimg.com

Taman kota lainnya yang tak kalah menarik di daerah Cepu adalah Taman Tuk Buntung. Taman ini juga menjadi lokasi favorit para masyarakat untuk bersantai sambil menikmati keindahan kota Cepu. Taman Tuk bunting juga seringkali menjadi lokasi untuk penyelenggaraan berbagai kegiatan yang bisa dinikmati oleh masyarakat. 

Di taman ini, ada panggung terbuka yang bisa dimanfaatkan para warga untuk menggelar berbagai aktivitas. Hingga saat ini, pemerintah Cepu juga masih terus melakukan renovasi pada Taman Tuk Buntung agar membuat taman ini menjadi lebih menarik lagi. 

  • Alamat : Jl.Sidomulyo, Cepu, Blora
  • Jam Operasional : Setiap hari, 24 jam 

Meskipun hanya sebuah wilayah kecil, namun Cepu yang terkenal sebagai kota minyak ini ternyata memiliki banyak destinasi wisata yang seru dan menarik untuk dikunjungi, ya! Adakah diantara kalian yang pernah dan mengunjungi Cepu, Blora? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar yuk! 

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram