Keluyuran / Indonesia / Bandung / 10 Pusat Oleh-Oleh di Bandung yang Murah dan Populer

10 Pusat Oleh-Oleh di Bandung yang Murah dan Populer

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Desember 2018

Jika Anda berencana untuk ke Bandung dalam waktu dekat, Anda bisa melihat penginapan atau tempat wisata di Bandung yang pernah kami rekomendasikan sebelumnya. Namun, rasanya kurang pas jika ke Bandung tetapi tidak berbelanja oleh-oleh khas kota kembang ini. Jadi, cobalah untuk menyempatkan waktu berburu buah tangan di beberapa tempat oleh-oleh Bandung yang ramai dikunjungi.

Ada 10 tempat oleh-oleh Bandung yang akan kami rekomendasikan. Di tempat oleh-oleh ini Anda bisa berburu barang atau makanan yang menjadi khas dari Kota Bandung. Yuk, langsung saja simak daftar tempat yang menjadi pusat oleh-oleh di Bandung populer versi Keluyuran berikut ini.

1. Cibaduyut

Cibaduyut

Cibaduyut adalah tempat oleh-oleh Bandung yang sangat wajib untuk dikunjungi. Ini adalah pusat kerajinan kulit home made dari Kota Bandung. Di tempat ini Anda bisa berbelanja sepatu wanita, pria, dan anak-anak dalam berbagai model yang unik. Keunggulan berbelanja sepatu di Cibaduyut ini adalah harganya yang terjangkau, tetapi kualitasnya cukup baik.

Apabila Anda berbelanja sepatu dalam jumlah banyak di Cibaduyut ini, Anda akan mendapatkan potongan harga dari si penjual. Di kawasan ini banyak sekali toko yang menjajakan sepatu, sehingga Anda akan lebih leluasa dalam memilih barang untuk oleh-oleh.

2. Cihampelas

Cihampelas Tempat Oleh Oleh Bandung

Usai berbelanja sepatu di Cibaduyut, Anda bisa melipir ke Cihampelas untuk berbelanja jeans sebagai buah tangan. Cihampelas adalah tempat belanja terpopuler di Bandung. Di kawasan ini banyak toko dan butik yang menjual pakaian berbahan jeans dengan mode terbaru. Soal harga, Anda tak perlu khawatir karena harga yang dibandrol untuk barang-barang yang dijual di Cihampelas ini termasuk murah.

Selain itu, Anda juga bisa menawar harga kepada si penjual, lebih lagi jika Anda membeli dalam jumlah banyak. Di kawasan Cihampelas ini juga terdapat restoran, warung kaki lima, sampai dengan pusat perbelanjaan.

3. Pasar Baru Trade Center

Pasar Baru Trade Center

Tak hanya di Jakarta saja Anda bisa menemukan Pasar Baru. Di Bandung, Anda pun bisa menemukan Pasar Baru Trade Center, sebuah tempat belanja yang dikenal sebagai tempat grosir pakaian terbesar di Bandung. B

ahkan, pelanggan dari toko-toko yang ada di Pasar Baru Trade Center ini tidak hanya berasal dari masyarakat Bandung atau warga negara Indonesia saja, tetapi juga berasal dari luar negeri, seperti Malaysia atau Brunei Darussalam.

Pembeli dari luar negeri ini umumnya berbelanja pakaian secara grosir di Pasar Baru Trade Center untuk dijual kembali di negaranya. Harga pakaian yang dijual di sini sangat murah meskipun pakaian tersebut selalu mengikuti tren mode terbaru.

4. Pasar Lembang

Pasar Lembang

Setelah puas mengunjungi beberapa objek wisata di Lembang, seperti Kampung Gajah Wonderland, Dusun Bambu, dll, kini tiba saatnya Anda untuk mampir ke tempat oleh-oleh Bandung di sekitar Lembang. Adalah Pasar Lembang yang merupakan sebuah tempat untuk berbelanja cindera mata ketika Anda sedang berwisata ke Lembang.

Pasar ini sebenarnya tidak khusus menjual oleh-oleh, karena di sini Anda bisa berbelanja kebutuhan pribadi. Barang yang dijual di Pasar Lembang ini hampir sama seperti barang yang biasa Anda temui di pasar tradisional, tetapi jika Anda mencari buah tangan, Anda pun bisa menemukannya saat berkunjung ke pasar ini.

5. Gasibu

Pasar Gasibu Tempat Belanja Murah Di Bandung

Gasibu terletak di depan Gedung Sate yang merupakan landmark kebanggaan masyarakat Bandung. Ya, Anda memang bisa berbelanja di Gasibu ketika ada pasar dadakan yang digelar di sini. Pasar ini hanya buka pada hari Minggu saja.

Nah, pasar kaget ini selalu menjadi serbuan bagi masyarakat Bandung atau wisatawan yang ingin mencari barang-barang bagus dengan harga terjangkau. Nah, Gasibu bisa menjadi destinasi yang tepat bagi Anda yang sedang mencari oleh-oleh untuk teman dan keluarga di rumah.

6. Brownies Amanda

cara membuat brownies kukus amanda original

Sejak belasan tahun yang lalu Brownies Amanda sudah dikenal sebagai makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Bandung. Brownies kukus merk Amanda ini memang sudah membuka cabang di beberapa kota besar, tetapi brownies ini masih layak dijadikan sebagai oleh-oleh khas kota kembang.

Pilihan brownies favorit dari Amanda antara lain adalah yang original, tetapi Amanda juga terus melakukan inovasi dengan memproduksi brownies rasa cheese cream, blueberry, dan masih banyak lagi.

Brownies Amanda membuka beberapa cabang di Bandung, antara lain di Jalan Rancaboleng No. 29 Margahayu Raya, Ruko Paskal Hyper Square A-23 Jalan Pasirkaliki No. 27-29, Jalan Purwakarta No. D-44 Antapani, dan Jalan Lengkong Besar No. 101 B.

7. Factory Outlet Di Dago, Riau, dan Setiabudi

Factory Outlet Di Dago, Riau, dan Setiabudi Tempat Oleh-Oleh Bandung

Ada 3 jalan di Bandung yang sangat terkenal dengan factory outlet-nya, yakni Jalan Dago, Jalan Riau, dan Jalan Setiabudi.  Di sepanjang jalan ini Anda bisa menjumpai berbagai factory outlet yang menjual pakaian-pakaian dengan tren baru.

Pakaian yang dijual di factory outlet ini umumnya adalah buatan dalam maupun luar negeri. Anda bisa membelikan oleh-oleh berupa pakaian yang dijual di factory outlet ini untuk orang terdekat Anda. Namun, jika Anda berbelanja di factory outlet, maka Anda tidak bisa menawar dengan harga yang lebih murah seperti ketika berbelanja di Pasar Baru Trade Center.

8. Kartika Sari

Kartika Sari Tempat Oleh Oleh Bandung

Selain Brownies Amanda, Kartika Sari juga merupakan tempat oleh-oleh Bandung yang terkenal dengan makanan ringannya. Makanan andalan dari Kartika Sari yang biasa dibawa sebagai oleh-oleh adalah Pisang Bollen.

Di sini, Anda bisa memilih Pisang Bollen original, coklat, atau kacang hijau. Selain pisang bollen, di sini Anda juga bisa membeli brownies panggang atau brownies kukus. Kartika Sari juga membuka beberapa gerai di Bandung, seperti di Kopo, Cimahi, Jakeju, Antapani, Buah Batu, dan masih banyak lagi.

9. Batagor Riri

Batagor Riri

Batagor adalah satu dari sekian banyak makanan khas Bandung. Rasanya tidak afdol jika ke Bandung tanpa menyantap batagor khas langsung di tempat asalnya. Ada satu merk batagor terkenal yang bernama Batagor Riri.

Batagor ini sering dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Namun, agar batagor tetap awet sampai beberapa hari, maka Anda bisa meminta penjualnya untuk menggoreng setengah matang saja. Karena batagor yang digoreng sampai setengah matang umumnya bisa bertahan selama 4 hari.

10. Gepuk Ny. Ong

Gepuk Ny Ong Tempat Oleh-Oleh Bandung

Berikutnya ada makanan khas Bandung yang bisa dibungkus menjadi buah tangan yang lezat untuk teman dan keluarga di kota asal Anda. Gepuk Ny. Ong adalah daging sapi yang dipotong dan dikukus.

Setelah itu, daging sapi akan dipukul sampai bentuknya pipih, lalu daging akan dicampur degan rempah-rempah. Gepuk Ny. Ong membuka beberapa cabang di Bandung, seperti di Pasir Kaliki, Buah Batu, dan Jalan Setiabudi.

Nah, sudah siap untuk berburu cindera mata di tempat oleh-oleh Bandung? Siapkan budget dan diri Anda untuk memberikan oleh-oleh khas kepada teman dan sahabat yang menunggu di rumah. Jangan lupa untuk memilih oleh-oleh yang tidak melebihi budget Anda.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a full-time writer. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for some Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Rexona, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, Berrykitchen, AsmaraKu, Carisinyal, Bacaterus, and Kamini.She also writes about Travelling, Culinary, Health, Lifestyle Tips, Romance, Mystery, and many mores.

2 Comments

  1. Rental Bandung 17 Desember 2016 at 07:08 - Reply

    mengesankan..thnks mau berbagi info

    • RL 26 Desember 2016 at 15:57 - Reply

      Terima kasih 🙂

Leave A Comment