15 Pusat Oleh-Oleh yang Lengkap dan Murah di Bandung

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 8 Juni 2021

Jika kamu berencana untuk ke Bandung dalam waktu dekat, kamu bisa melihat penginapan atau tempat wisata di Bandung yang pernah kami rekomendasikan sebelumnya.

Namun, rasanya kurang pas jika ke Bandung tetapi tidak berbelanja oleh-oleh khas kota kembang ini. Jadi, cobalah untuk menyempatkan waktu berburu buah tangan di beberapa tempat oleh-oleh Bandung yang ramai dikunjungi.

Ada 12 tempat oleh-oleh Bandung yang akan kami rekomendasikan. Di tempat oleh-oleh ini kamu bisa berburu barang atau makanan yang menjadi khas dari Kota Bandung. Yuk, langsung saja simak daftar tempat yang menjadi pusat oleh-oleh di Bandung populer versi Keluyuran berikut ini.

1. Kartika Sari

kartika sari (Copy)Sumber: youtube.com
  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.85, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 s.d 17.30 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 4231355
  • Kisaran Harga:Mulai dari Rp1.500 per item
  • Cabang: Kebon Jukut, Buah Batu, Ujung Berung

Kartika Sari merupakan tempat oleh-oleh Bandung yang terkenal dengan kue dan makanan ringannya. Makanan andalan dari Kartika Sari yang biasa dibawa sebagai oleh-oleh adalah pisang bollen.

Di sini, kamu bisa memilih pisang bollen keju original maupun bollen keju cokelat. Selain pisang bollen, di sini kamu juga bisa membeli brownies panggang atau brownies kukus, aneka kue kering, kue-kue basah, camilan, sampai cake untuk acara ulang tahun.

Kartika Sari memiliki banyak cabang di Kota Bandung. Namun, outlet yang paling ramai dan paling besar berada di kawasan Jl. Ir. H. Juanda.

2. Prima Rasa

primarasa
  • Alamat: Jl. Kemuning No.20, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung,
  • Jam Operasional: Hari Senin s.d Sabtu, pukul 06.00 s.d 20.00 WIB, Minggu, pukul 06.00 s.d 21.00 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 7206468
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp1.500 per item
  • Cabang: Antapani, Buah Batu, Pasir Kaliki, Peta, Kebon Kawung, Veteran

Sama halnya dengan Kartika Sari, di Prima Rasa kamu juga bisa menemukan oleh-oleh berupa kue-kue basah, brownies, bolu marmer, hingga camilan dan kue kering yang enak. Dan kue andalan di Prima Rasa yang paling banyak diminati, juga adalah bollen pisangnya.

Harga kue-kue di sini berkisar antara Rp 1.500 sampai dengan Rp 500 ribuan. Kamu yang ingin membeli oleh-oleh berupa parcel pun bisa langsung beli di toko kue Prima Rasa ini.

Selain pilihan oleh-olehnya lengkap dan harganya tergolong murah, suasana toko ini juga sangat nyaman. Yuk, datang langsung saja ke Prima Rasa!

3. Kawasan Cihampelas

kawasan cihampelas
  • Alamat: Jl. Cihampelas, Kota Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-21.00 WIB

Selesai berbelanja makanan, kamu bisa melipir ke Cihampelas untuk berbelanja jeans dan kaos-kaos bertemakan kota Bandung sebagai buah tangan. Cihampelas adalah salah satu tempat belanja populer di Bandung.

Soal harga, kamu tak perlu khawatir karena harga yang dibanderol untuk barang-barang yang dijual di Cihampelas ini termasuk murah. Selain itu, kamu juga bisa menawar harga kepada si penjual, lebih lagi jika kamu membeli dalam jumlah banyak.

Di kawasan Cihampelas ini juga terdapat banyak penjual oleh-oleh makanan khas Jawa Barat seperti peyeum, manisan, dodol garut, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, di sini kamu juga bisa dengan mudah menemukan toko atau pedangan yang menjual berbagai souvenir atau aksesoris yang khas Bandung.

Bisa dibilang, kawasan Cihampelas merupakan pusat oleh-oleh yang cukup lengkap, mulai dari makanan, pakaian, hingga souvenir.

4. Pasar Baru Trade Centre

  • Alamat: Jl. Otto Iskandar Dinata No.70, Kb. Jeruk, Andir, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-18.00 WIB

Satu lagi pusat oleh-oleh yang serba lengkap di Bandung, yaitu Pasar Baru Trade Center. Pasar Baru terkenal sebagai pusat perbelanjaan segala jenis kebutuhan dengan harga murah karena bisa dibeli dengan harga grosir maupun satuan.

Di sini kamu bisa menemukan berbagai oleh-oleh khas Bandung, mulai dari pedagang cemilan atau snack seperti basreng, kering tempe, goreng oncom, batagor kering, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan tentu bersaing. Kamu pun bisa mendapat harga lebih murah jika membeli dalam jumlah banyak.

Selain toko-toko yang berada di kawasan Pasar Baru, kamu juga akan menemukan banyak pedagang yang menghampiri dan menawarkan aneka souvenir sebagai buah tangan. Mulai dari pakaian bertuliskan "I Love Bandung", miniatur wayang, hingga alat musik angklung.

Namun, karena suasana di Pasar Baru terbilang ramai dan padat pengunjung, pastikan kamu selalu berhati-hati terhadap barang bawaanmu ketika mengunjungi tempat ini, ya.

5. Pasar Kosambi

pasar kosambi bandung (Copy)Sumber: unit-pasarkosambi.blogspot.com
  • Alamat: Jl. Jendral Ahmad Yani No.221-223, Kb. Pisang,Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-19.30 WIB

Pasar Kosambi sebenarnya adalah salah satu pasar tradisional di Bandung, hanya saja di sepanjang lantai dasar gedung pasar ini hampir semuanya didominasi oleh pedagang oleh-oleh makanan khas Bandung. Dan memang konon katanya harga yang ditawarkan di tempat ini terbilang lebih murah sehingga selalu ramai pembeli, khususnya pengunjung dari luar kota.

Oleh-oleh makanan khas Bandung yang banyak dijual disini diantaranya aneka snack sperti keripik tempe, dodol garut, basreng pedas, sale pisang, dorokdok, aneka kue kering dan lain sebagainya.

Sebelum memutuskan untuk memilih apa saja yang hendak kamu beli, kamu juga bisa mencicipinya terlebih dahulu. Tidak perlu sungkan, karena hal tersebut merupakan hal yang lumrah di sini. Kamu bisa membeli dalam jumlah banyak atau eceran sekalipun.

6. Brownies Amanda

  • Alamat: Jl. Rancabolang No.29, Manjahlega, Kec. Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 s.d 21.00 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 7514657
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp36.000
  • Cabang: Cikawao, Dago, Ujung Berung, Buah Batu, Kopo

Sejak belasan tahun yang lalu Brownies Amanda sudah dikenal sebagai makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Bandung. Brownies kukus merk Amanda ini memang sudah membuka cabang di beberapa kota besar, tetapi brownies ini masih layak dijadikan sebagai oleh-oleh khas Kota Kembang.

Pilihan brownies favorit dari Amanda antara lain adalah yang original, tetapi Amanda juga terus melakukan inovasi dengan memproduksi brownies rasa cheese cream, blueberry, dan masih banyak lagi. Tak hanya brownies, Amanda juga menawarkan aneka kue kering dan camilan di tokonya, lho.

Brownies Amanda sendiri memiliki banyak cabang di Bandung. Dan beberapa outletnya yang cukup besar adalah cabang Rancabolang dan juga Cabang Dago.

7. Kawasan Cibaduyut

sentra sepatu cibaduyut (Copy)
  • Alamat: Jl. Cibaduyut, Kota Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-20.00 WIB

Sentra sepatu dan tas kulit di Cibaduyut merupakan salah satu spot favorit bagi wisatawan yang mengunjungi kota Bandung. Di kawasan ini, kamu akan menemui berbagai toko sepatu, tas, jaket dan aksesoris yang berbahan kulit hasil produksi dari para pengrajin lokal.

Harga yang ditawarkan tentunya bervariasi tergantung dari kualitas jenis kulit yang digunakan, karena tidak semua berbahan kulit asli tapi banyak juga yang menggunakan bahan kulit sintetis.

Oh ya, selain fashion item berbahan kulit, di kawasan ini banyak sekali toko yang menjual boneka, mulai dari yang berukuran kecil hingga yang sebesar tubuh manusia. Oleh-oleh makanan khas Bandung dan souvenir pun ramai ditawarkan di sepanjang jalan Cibaduyut. Jadi, jangan sampai lupa mampir ke kawasan ini, ya!

8. Kawasan Riau

  • Alamat: Jl. L.L RE Martadinata, Kota Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-20.00 WIB

Selain terkenal akan kulinernya, Bandung juga populer dengan factory outletnya. Jika kamu ingin memberikan oleh-oleh pakaian branded dengan harga miring, maka kamu bisa mengunjungi kawasan Jl. L.L RE Martadinata atau yang lebih sering disebut dengan Jalan Riau.

Di sepanjang jalan ini kamu bisa menjumpai berbagai factory outlet yang menjual pakaian-pakaian dengan tren baru. Pakaian yang dijual di factory outlet ini umumnya adalah buatan dalam maupun luar negeri.

Tidak hanya pakaian saja, kamu juga bisa menemukan item fashion lainnya seperti tas, sepatu, aksesoris, dan masih banyak lagi. Namun, jika kamu berbelanja di factory outlet, maka kamu tidak bisa menawar dengan harga yang lebih murah seperti ketika berbelanja di Pasar Baru Trade Center.

9. Batagor Kingsley

tempat oleh-oleh bandung batagor kingsley
  • Alamat: Jl. Veteran No.25, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Hari Jumat s.d Minggu, pukul 08.00 s.d 20.00 WIB, Kamis tutup
  • Nomor Telepon: (022) 4207104
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp31.000 per porsi

Batagor adalah salah satu kuliner khas Bandung yang paling dicari oleh wisatawan tiap berkunjung ke Bandung. Batagor Kingsley merupakan salah satu dari sekian batagor terkenal di Bandung yang recommended banget untuk kamu cicipi atau jadikan oleh-oleh.

Untuk kamu yang berada di luar kota Bandung, kamu bisa membeli Batagor Kingsley yang sudah dibekukan atau frozen. Tapi jika jarak kamu nggak begitu jauh seperti di Jakarta misalnya, kamu bisa juga pesan batagor yang sudah setengah matang, jadi nanti ketika sampai rumah bisa langsung digoreng ulang.

10. Bolu Bakar Tunggal

Bolu Bakar Tunggal
  • Alamat: Jl. Bengawan No.60, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 10.00 s.d 20.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp38.000
  • Cabang: Yogya Sunda, Sudirman, Buah Batu

Oleh-oleh dari Bandung lainnya yang bisa kamu beli adalah Bolu Bakar Tunggal. Bolu Bakar Tunggal terkenal sangat lembut dan terasa sekali rasa roombutter-nya.

Selain bolu bakar dengan citarasa manis dan legit, seperti sale pisang, roombutter, nanas hingga stroberi, kamu juga bisa membeli bolu bakar dengan varian rasa asin. Salah satunya adalah bolu bakar rasa abon.

Bolu Bakar Tunggal punya beberapa cabang yang tersebar di Kota Bandung. Salah satunya ada di kawasan Jalan Bengawan No. 60.

11. Kopi Aroma

  • Alamat: Jl. Banceuy No.51, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 
  • Jam Operasional: Hari Senin s.d Sabtu, pukul 09.00 s.d 14.30 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 4230473
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp25.000

Oleh-oleh dari Bandung biasanya berbentuk makanan atau kue-kue, kali ini ada yang lain daripada yang lain yaitu kopi. Kopi Aroma merupakan kopi legendaris di Bandung yang sangat terkenal dan bisa kamu jadikan untuk oleh-oleh, nih! Di sini kamu bisa memilih mau biji kopi arabica atau robusta, atau kalau mau request dicampur juga bisa.

Kopi Aroma bisa kamu beli dalam bentuk biji atau bubuk dan tersedia juga dalam beberapa ukuran. Dengan kemasan kertas yang cukup tebal, Kopi Aroma ini aman untuk jadi oleh-oleh kamu kalau berkunjung ke Bandung.

12. Tiramisusu by Chocomory

15 Pusat Oleh-Oleh yang Lengkap dan Murah di Bandung 2
  • Alamat: Jl. Anggrek No.48, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 10.00 s.d 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 7101301
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp 85.000

Seiring perkembangan zaman, banyak inovasi baru bermunculan yang kamu bisa dibawa sebagai oleh-oleh khas Bandung, misalnya Tiramisusu by Chocomory.

Salah satu tempat oleh-oleh khas Bandung ini menjual beraneka ragam produk olahan dari Cimory, dan yang paling spesial adalah Tiramisusu-nya, yang merupakan perpaduan 6 lapisan cake dan krim yang disertai oleh crumble.

Bagi kamu yang tertarik untuk membawa pulang oleh-oleh khas Bandung yang unik ini. Kamu bisa mendapatkannya di official store-nya yang berada di Jalan Anggrek No.48, Cihapit, Kota Bandung. Atau kamu bisa membelinya melalui aplikasi online.

13. Abadi Bagelen

  • Alamat: Jl. Purnawarman No.49, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Hari Senin s.d Sabtu, pukul 07.00 s.d 17.45 WIB, Minggu, pukul 07.00 s.d 14.00 WIB
  • Nomor Telepon: 0815-7075-812
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp3.000 per porsi

Abadi Bagelen & Roti menyajikan berbagai macam bagelen basah dan kering dengan aneka rasa. Mulai dari vanila, mocca, keju, margarin hingga roombutter. Bukan hanya menyediakan bagelen, toko ini pun punya koleksi kue kering lainnya, yakni aneka butter cookies seperti Eierkoek, raisin cookies, soes kering sampai Schuimpjes.

Kamu pun bisa membawa pulang aneka diet butter cookies seperti bolu kering, choco sprits, havermout, mocca dan vanilla sprits. Harga kue kering di Abadi Bagelen dimulai dari Rp17.000 saja. Sangat terjangkau, bukan?

14. Bandung Cheesecuit

15 Pusat Oleh-Oleh yang Lengkap dan Murah di Bandung 3
  • Alamat: Jl. Cisokan No.54c, Sukamaju, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Bara
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00 s.d 21.00 WIB
  • Nomor Telepon: 0895-3750-97447
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp30.000

Kue bisa dibilang menjadi oleh-oleh khas Bandung yang banyak dicari oleh wisatawan dari luar Bandung. Di tambah lagi, semaraknya kue artis yang beberapa tahun ke belakang ini menjajalkan produknya di Bandung.

Bandung Cheesecuit bisa dibilang menjadi produk kue yang masih bisa bertahan dan bahkan dengan slogannya menyebut diri mereka sebagai “Bukan Kue Artis Tapi Ngangenin”.

Ya, toko oleh-oleh khas Bandung ini menjual berbagai produk cake dengan bahan dasar cream cheese serta crackers. Selain itu, Bandung Cheesecuit menyajikan banyak variasi toping yang bisa dipilih sesuai dengan selera kamu.

Soal harga, produk dari Bandung Cheesecuit bisa dibilang memiliki harga yang relatif murah dan sangat cocok untuk wisatawan luar Bandung yang ingin membawa oleh-oleh dari Bandung.

15. Oncom Jaya

tempat oleh-oleh bandung oncom jaya
  • Alamat: Jl. Sumanta No.14, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Hari Senin s.d Sabtu, pukul 07.30 s.d 17.00 WIB, Minggu, pukul 07.00 s.d 16.00 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 4237768
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp10.000

Nah, kalau kamu mencari oleh-oleh berupa camilan kering, kunjungi saja toko oleh-oleh Oncom Jaya. Toko ini menyediakan aneka camilan ringan seperti keripik kentang putih, keripik singkong, keripik tempe hingga rengginang. Toko ini buka setiap hari mulai pukul 07.30 pagi sampai dengan pukul 5 sore di hari biasa.

Nah, sudah siap untuk berburu oleh-oleh dan cinderamata di tempat oleh-oleh Bandung? Siapkan budget dan diri kamu untuk memberikan oleh-oleh khas kepada teman dan sahabat yang menunggu di rumah. Jangan lupa untuk memilih oleh-oleh yang tidak melebihi budget kamu.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram