15 Pusat Oleh-Oleh yang Lengkap dan Murah di Bandung

Ditulis oleh Linda

Jika kamu berencana untuk ke Bandung dalam waktu dekat, kamu bisa melihat penginapan atau tempat wisata di Bandung yang pernah kami rekomendasikan sebelumnya.

Namun, rasanya kurang pas jika ke Bandung tetapi tidak berbelanja oleh-oleh khas kota kembang ini. Jadi, cobalah untuk menyempatkan waktu berburu buah tangan di beberapa tempat oleh-oleh Bandung yang ramai dikunjungi.

Ada 12 tempat oleh-oleh Bandung yang akan kami rekomendasikan. Di tempat oleh-oleh ini kamu bisa berburu barang atau makanan yang menjadi khas dari Kota Bandung. Yuk, langsung saja simak daftar tempat yang menjadi pusat oleh-oleh di Bandung populer versi Keluyuran berikut ini.

1. Kartika Sari

kartika sari (Copy)Sumber: youtube.com
  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.85, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 s.d 17.30 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 4231355
  • Kisaran Harga:Mulai dari Rp1.500 per item
  • Cabang: Kebon Jukut, Buah Batu, Ujung Berung

Kartika Sari merupakan tempat oleh-oleh Bandung yang terkenal dengan kue dan makanan ringannya. Makanan andalan dari Kartika Sari yang biasa dibawa sebagai oleh-oleh adalah pisang bollen.

Di sini, kamu bisa memilih pisang bollen keju original maupun bollen keju cokelat. Selain pisang bollen, di sini kamu juga bisa membeli brownies panggang atau brownies kukus, aneka kue kering, kue-kue basah, camilan, sampai cake untuk acara ulang tahun.

Kartika Sari memiliki banyak cabang di Kota Bandung. Namun, outlet yang paling ramai dan paling besar berada di kawasan Jl. Ir. H. Juanda.

2. Prima Rasa

primarasa
  • Alamat: Jl. Kemuning No.20, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung,
  • Jam Operasional: Hari Senin s.d Sabtu, pukul 06.00 s.d 20.00 WIB, Minggu, pukul 06.00 s.d 21.00 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 7206468
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp1.500 per item
  • Cabang: Antapani, Buah Batu, Pasir Kaliki, Peta, Kebon Kawung, Veteran

Sama halnya dengan Kartika Sari, di Prima Rasa kamu juga bisa menemukan oleh-oleh berupa kue-kue basah, brownies, bolu marmer, hingga camilan dan kue kering yang enak. Dan kue andalan di Prima Rasa yang paling banyak diminati, juga adalah bollen pisangnya.

Harga kue-kue di sini berkisar antara Rp 1.500 sampai dengan Rp 500 ribuan. Kamu yang ingin membeli oleh-oleh berupa parcel pun bisa langsung beli di toko kue Prima Rasa ini.

Selain pilihan oleh-olehnya lengkap dan harganya tergolong murah, suasana toko ini juga sangat nyaman. Yuk, datang langsung saja ke Prima Rasa!

3. Kawasan Cihampelas

kawasan cihampelas
  • Alamat: Jl. Cihampelas, Kota Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-21.00 WIB

Selesai berbelanja makanan, kamu bisa melipir ke Cihampelas untuk berbelanja jeans dan kaos-kaos bertemakan kota Bandung sebagai buah tangan. Cihampelas adalah salah satu tempat belanja populer di Bandung.


Soal harga, kamu tak perlu khawatir karena harga yang dibanderol untuk barang-barang yang dijual di Cihampelas ini termasuk murah. Selain itu, kamu juga bisa menawar harga kepada si penjual, lebih lagi jika kamu membeli dalam jumlah banyak.

Di kawasan Cihampelas ini juga terdapat banyak penjual oleh-oleh makanan khas Jawa Barat seperti peyeum, manisan, dodol garut, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, di sini kamu juga bisa dengan mudah menemukan toko atau pedangan yang menjual berbagai souvenir atau aksesoris yang khas Bandung.

Bisa dibilang, kawasan Cihampelas merupakan pusat oleh-oleh yang cukup lengkap, mulai dari makanan, pakaian, hingga souvenir.

4. Pasar Baru Trade Centre

  • Alamat: Jl. Otto Iskandar Dinata No.70, Kb. Jeruk, Andir, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-18.00 WIB

Satu lagi pusat oleh-oleh yang serba lengkap di Bandung, yaitu Pasar Baru Trade Center. Pasar Baru terkenal sebagai pusat perbelanjaan segala jenis kebutuhan dengan harga murah karena bisa dibeli dengan harga grosir maupun satuan.

Di sini kamu bisa menemukan berbagai oleh-oleh khas Bandung, mulai dari pedagang cemilan atau snack seperti basreng, kering tempe, goreng oncom, batagor kering, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan tentu bersaing. Kamu pun bisa mendapat harga lebih murah jika membeli dalam jumlah banyak.

Selain toko-toko yang berada di kawasan Pasar Baru, kamu juga akan menemukan banyak pedagang yang menghampiri dan menawarkan aneka souvenir sebagai buah tangan. Mulai dari pakaian bertuliskan "I Love Bandung", miniatur wayang, hingga alat musik angklung.

Namun, karena suasana di Pasar Baru terbilang ramai dan padat pengunjung, pastikan kamu selalu berhati-hati terhadap barang bawaanmu ketika mengunjungi tempat ini, ya.

5. Pasar Kosambi

pasar kosambi bandung (Copy)Sumber: unit-pasarkosambi.blogspot.com
  • Alamat: Jl. Jendral Ahmad Yani No.221-223, Kb. Pisang,Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-19.30 WIB

Pasar Kosambi sebenarnya adalah salah satu pasar tradisional di Bandung, hanya saja di sepanjang lantai dasar gedung pasar ini hampir semuanya didominasi oleh pedagang oleh-oleh makanan khas Bandung. Dan memang konon katanya harga yang ditawarkan di tempat ini terbilang lebih murah sehingga selalu ramai pembeli, khususnya pengunjung dari luar kota.

Oleh-oleh makanan khas Bandung yang banyak dijual disini diantaranya aneka snack sperti keripik tempe, dodol garut, basreng pedas, sale pisang, dorokdok, aneka kue kering dan lain sebagainya.

Sebelum memutuskan untuk memilih apa saja yang hendak kamu beli, kamu juga bisa mencicipinya terlebih dahulu. Tidak perlu sungkan, karena hal tersebut merupakan hal yang lumrah di sini. Kamu bisa membeli dalam jumlah banyak atau eceran sekalipun.

6. Brownies Amanda

  • Alamat: Jl. Rancabolang No.29, Manjahlega, Kec. Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 s.d 21.00 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 7514657
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp36.000
  • Cabang: Cikawao, Dago, Ujung Berung, Buah Batu, Kopo

Sejak belasan tahun yang lalu Brownies Amanda sudah dikenal sebagai makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Bandung. Brownies kukus merk Amanda ini memang sudah membuka cabang di beberapa kota besar, tetapi brownies ini masih layak dijadikan sebagai oleh-oleh khas Kota Kembang.

Pilihan brownies favorit dari Amanda antara lain adalah yang original, tetapi Amanda juga terus melakukan inovasi dengan memproduksi brownies rasa cheese cream, blueberry, dan masih banyak lagi. Tak hanya brownies, Amanda juga menawarkan aneka kue kering dan camilan di tokonya, lho.

Brownies Amanda sendiri memiliki banyak cabang di Bandung. Dan beberapa outletnya yang cukup besar adalah cabang Rancabolang dan juga Cabang Dago.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram