15 Tempat Wisata di Gunung Kidul yang Sangat Menarik

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pesona yang dimiliki oleh Daerah Istimewa Yogyakarta tidak hanya terletak di Malioboro dan jajanan kulinernya saja. Ada sebuah kabupaten bernama Gunungkidul di Yogyakarta yang menawarkan banyak tempat wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi.

Ya, Gunung Kidul memang sangat terkenal dengan berbagai objek wisata pantainya yang sangat indah. Selain itu, terdapat juga gua dan air terjun yang sangat cantik. Penasaran apa saja tempat wisata di Gunung Kidul tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Gua Pindul

Gua Pindul tempat wisata di gunung kidul

Gua Pindul adalah sebuah gua yang bisa dikelilingi dengan cara yang unik. Wisatawan akan duduk di atas ban pelampung yang besar, lalu ban tersebut akan mengantar wisatawan mengelilingi Gua Pindul hingga puas.

Anda tidak dapat menyusuri gua ini dengan berjalan kaki, karena di dalam gua ini terdapat sungai yang tenang. Jadi, satu-satunya cara untuk menjelajahi bagian dalam Gua Pindul adalah dengan menumpangi ban pelampung tersebut.

Gua yang berada di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul ini dahulu hanya dipandang sebelah mata oleh para wisatawan. Namun, kini Gua Pindul menjadi salah satu objek wisata alam yang patut dikunjungi saat berada di Gunung Kidul.

2. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti bukan satu-satunya pantai yang ada di Gunung Kidul. Namun, ini adalah pantai yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hamparan pasir putih yang bersih serta air laut yang jernih menjadi daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Indrayanti.

Pantai ini sering diklaim sebagai objek wisata yang romantis. Pantai yang indah ini juga memiliki nama Pantai Pulang Syawal, tetapi masyarakat sekitar dan para wisatawan lebih mengenalnya dengan nama Pantai Indrayanti.

3. Pantai Baron

Pantai Baron

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Gunung Kidul tidak hanya memiliki satu pantai saja. Pantai Baron adalah salah satu pesona alam yang dimiliki oleh Kabupaten Gunung Kidul. Panorama di pantai ini tak kalah dengan Pantai Indrayanti. Pemandangan bukit hijau di sekitar pantai membuat mata terasa sejuk.

Di samping itu, Pantai Baron juga terkenal dengan wisata kulinernya yang lezat. Di pantai ini, Anda bisa menyantap hasil tangkapan laut segar, seperti lobster, ikan kakap, dan ikan tongkol. Maklum saja, Pantai Baron ini merupakan dermaga bagi para nelayan setempat.

Bila ingin membawa buah tangan berupa ikan laut segar, Anda pun bisa mengunjungi tempat pelelangan ikan yang berada di sekitar Pantai Baron. Ikan-ikan yang dijual tersebut masih segar karena langsung ditangkap oleh para nelayan.

4. Pantai Siung

Pantai Siung

* sumber: www.travelerindonesia.net

Di Pantai Siung, Anda tidak hanya bisa bersantai di tepi pantai yang indah saja, tetapi Anda juga bisa menguji adrenalin dengan menjajal aktivitas panjat tebing. Ya, di Pantai Siung tersedia 250 jalur pemanjatan dengan masing-masing tingkat kesulitan yang berbeda. Di sekitar pantai terdapat tebing-tebing berukuran besar yang merupakan arena panjat tebing.

Banyak masyarakat dan komunitas tertentu melakukan aktivitas panjat tebing di Pantai Siung ini. Bahkan, kompetisi panjat tebing bertaraf internasional pun pernah diselenggarakan di sini. Akan tetapi, bila Anda tidak memiliki hobi panjat tebing, Anda tetap bisa bersantai di tepi Pantai Siung yang memiliki panorama alam yang sangat luar biasa ini.

5. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

* sumber: lookjogja.blogspot.co.id

Menakjubkan. Itulah satu kata yang dapat menggambarkan keindahan Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul ini. Pantai yang juga dikelilingi dengan perbukitan ini memiliki pasir putih yang bersih. Selain itu, ombak laut yang cukup tenang dan bersahabat membuat Anda bisa berenang di tepi pantai.

Akses untuk menuju pantai ini sedikit sulit. Akan tetapi, masih banyak wisatawan yang penasaran dengan keindahan pantai ini dan berniat untuk melalui medan yang sulit untuk sampai di Pantai Pok Tunggal. Jika berada di pantai ini, rasanya tak afdol jika kita tidak menunggu sore untuk menyaksikan sunset yang indah.

6. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Banyak yang bilang bahwa air terjun yang satu ini merupakan fenomena alam yang indah dan tidak bisa Anda temukan di air terjun lainnya. Air terjun Sri Gethuk merupakan air yang mengalir dari satu tebing. Uniknya, air yang jatuh dari atas itu terbagi menjadi empat.

Air terjun yang berada di tepi Sungai Oya ini selalu dipadati oleh wisatawan pada saat akhir pekan. Ada sebuah mitos yang beredar di masyarakat sekitar bahwa air terjun ini menjadi tempat bersemayamnya para jin dan pimpinan jin bernama Anggo Menduro. Meskipun mitos seram ini beredar luas, toh Air Terjun Sri Gethuk tetap menjadi objek wisata favorit masyarakat.

7. Pantai Sundak

Pantai Sundak

Masih ingat dengan pemandangan di Tanah Lot – Bali? Nah, saat berada di Pantai Sundak, Anda akan merasa seperti berada di Tanah Lot. Di sini, Anda juga dapat menjumpai tebing yang menjorok ke laut yang mirip seperti di tanah Lot.

Di balik nama Pantai Sundak tersimpan sebuah cerita. Dikisahkan bahwa ada seekor anjing yang berniat untuk memangsa seekor landak. Namun, si landak memberikan perlawanan terhadap si anjing dan kedua hewan tersebut berkelahi. Sampai saat ini pantai tersebut dinamai Sundak dari bahasa jawa aSU (Anjing) dan laNDAK.

8. Pantai Lambor

Pantai Lambor

Karena tempat wisata di Gunung Kidul yang paling terkenal adalah pantai-pantainya, maka Keluyuran kembali mengulas salahs atu pantai yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata ketika Anda sedang berpelesir ke Gunung Kidul.

Adalah Pantai Lambor yang masih sangat “perawan” karena belum terjamah oleh banyak tangan manusia. Akses menuju ke pantai ini tergolong cukup sulit dan dipenuhi dengan batu-batuan yang cukup terjal.

Namun, sesampainya di pantai Anda akan merasa puas karena disuguhkan dengan pemandangan cekungan di bibir pantai yang menjadi habitat bagi ikan maupun terumbu karang. Bahkan, Anda bisa melihat ikan-ikan tersebut pada saat siang hari.

9. Pantai Ngetun

Pantai Ngetun

Ingin merasakan berlibur di private beach sendiri? Datanglah ke Pantai Ngetun, karena pantai ini bisa dibilang masih sangat sepi. Jika Anda datang di hari biasa, mungkin hanya rombongan Anda saja yang ada di pantai ini. Jadi, Anda benar-benar akan merasakan sensasi berlibur di pantai pribadi tanpa ada wisatawan lain.

Pantai Ngetun berada di Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Lokasi pantai ini sendiri sebenarnya sangat tersembunyi. Belum lagi akses menuju pantai yang cukup sulit. Akan tetapi, semua usaha Anda untuk mencapai pantai ini sangat sebanding dengan panorama alam yang bisa dinikmati ketika Anda sampai di Pantai Ngetun.

10. Bukit Bintang

Bukit Bintang

Tempat wisata di Gunung Kidul ini dianggap sebagai tempat yang paling romantis di Yogyakarta, lho. Mengapa? Karena pemandangan dari Bukti Bintang ini begitu romantis. Anda dan pasangan bisa menikmati keindahan kelap-kelip lampu rumah penduduk dari ketinggian.

Bila Anda ingin berkencan dengan pasangan datanglah ke Bukit Bintang ini karena suasananya sangat romantis. Mayoritas pengunjung di sini adalah pasangan kekasih, tetapi ada pula pengunjung yang datang bersama teman dan keluarga.

Tak perlu khawatir kelaparan, karena di sekitar Bukit Bintang terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Bukit Bintang terletak di perbatasan Gunung Kidul dan Bantul, pengunjung tempat ini akan lebih banyak pada saat hari sabtu malam.

11. Goa Kalisuci

Goa Kalisuci

* sumber: visitingjogja.com

Bagi Anda yang suka mencoba hal-hal baru, cave tubing di Goa Kalisuci ini bisa menjadi alternatif wisata yang menarik. Ini adalah goa karst yang memiliki sungai bawah tanah dengan air yang sangat biru dan jernih. Wisata yang paling diminati oleh wisatawan yang datang ke Goa Kalisuci adalah cave tubing, menyusuri sungai bawah tanah di dalam goa dengan menggunakan ban pelampung.

Walaupun tidak seramai Goa Pindul yang juga menawarkan wisata cave tubing, Goa Kalisuci ini adalah tempat wisata di Gunung Kidul yang sangat wajib Anda singgahi. Kapan lagi Anda bisa mendapat pengalaman cave tubing di sungai yang airnya sejernih di sini?

12. Luweng Sampang

Luweng Sampang

Luweng Sampang adalah tempat wisata di Gunung Kidul yang berupa air terjun. Namun, ini bukan air terjun biasa karena aliran air terjun ini muncul di antara bebatuan cadas yang terkikis air. Meskipun air terjunnya tidak tinggi, tetapi aliran airnya sangat jernih dan segar.

Sungai yang berada di bawah air terjun ini nampak bersih dan tenang. Banyak wisatawan yang datang kemari untuk berenang di sungai tersebut. Luweng Sampang adalah objek wisata yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga Anda akan merasakan liburan yang lebih privat jika datang kemari.

13. Pantai Timang

Pantai Timang

* sumber: ngetripyuk.id

Dari sekian banyak pantai yang ada di Gunung Kidul, Pantai Timang adalah salah satu pantai yang lagi happening banget di Gunung Kidul. Pantai ini memiliki kereta gantung tradisional yang bisa menguji adrenalin Anda. Kereta gantung ini menghubungkan bibir pantai dengan bongkahan batu karang besar di tengah laut. Jarak antara bibir pantai dan batu karang tersebut kurang lebih 100 meter.

Jika Anda berani, Anda bisa mencoba kereta gantung yang fenomenal tersebut. Rasanya seperti bermain flying fox tetapi lebih ekstrem karena ombak di bawah cukup besar. Eksotisme Pantai Timan dan keberadaan kereta gantung inilah yang menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.

14. Telaga Biru Semin

Telaga Biru Semin

* sumber: www.jejakpiknik.com

Meskipun namanya Telaga Biru Semin, tetapi telaga ini tidak terbentuk secara alami. Telaga ini terbentuk akibat galian tambang, lalu galian tersebut digenangi oleh air hujan. Menariknya, air di Telaga Biru Semin nampak sangat hijau dan sangat menyejukkan mata.

Telaga Biru Semin bisa menjadi alternatif tempat wisata di Gunung Kidul selain pantai. Anda bisa memanjakan mata dengan datang ke Telaga Biru Semin ini. Bahkan, tempatnya yang cantik dan sangat terkesan alami membuatnya cocok dijadikan tempat hunting foto.

15. Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok

* sumber: ksmtour.com

Satu lagi destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika Anda sedang berada di Gunung Kidul, yaitu Pantai Watu Kodok. Pantai cantik ini cukup populer di kalangan masyarakat, tapi belum banyak terekspos di kalangan wisatawan. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan dikelilingi dengan tebing yang ditumbuhi pepohonan rimbun.

Akan tetapi, sangat disarankan untuk tidak berenang di pantai ini. Pasalnya, Pantai Watu Kodok berbatasan langsung dengan Samudra Hindia sehingga ombaknya lebih besar dan bisa membahayakan keselamatan Anda. Sebaiknya santai saja di tepi pantai sambil menikmati suara deburan ombak.

Pantai memang mendominasi sebagian tempat wisata di Gunung Kidul. Namun, jika tak ingin ke Pantai, Anda bisa mengunjungi gua, air terjun atau perbukitan. Ada rekomendasi tempat wisata lainnya di Gunung Kidul? Yuk, bagikan dengan kami di sini!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *