10 Tips Backpacker ke Yogyakarta yang Mengasyikan

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 29 Juli 2020

Jogja adalah sebuah kota yang selalu membuat kita rindu untuk terus kembali dan kembali lagi. Suasana yang hangat berpadu dengan keramahan masyarakat setempat membuat siapa saja akan merasa betah berada di Jogja. Selain itu, daya tarik dari Jogja terletak pada adat dan budaya yang masih sangat dijunjung tinggi oleh masyarakatnya.

Punya banyak cuti di kantor, tetapi tidak tahu akan dipakai untuk apa? Bagaimana jika Anda berlibur ala backpacker ke Jogja? Semua yang ada di Jogja, mulai dari penginapan, transportasi, dan makanan dibandrol dengan harga yang bersahabat. Oleh karena itu Jogja sangat cocok menjadi destinasi wisata ala backpacker. Apa saja yang perlu disiapkan untuk berlibur ke Jogja dengan budget terbatas? Yuk, simak tips backpacker ke Jogja dari Keluyuran berikut ini!

1. Pilih Transportasi Murah untuk Ke Jogja

Pikirkan Transportasi

* sumber: safetynet.asia

Salah satu alat transportasi murah dari Jakarta menuju ke Jogja adalah kereta api kelas ekonomi. Anda bisa membeli tiket kereta api dengan keberangkatan dari Pasar Senen menuju ke Stasiun Yogyakarta. Harga tiket kereta api kelas ekonomi Jakarta-Yogyakarta berkisar antara Rp 150.000 – 220.000.

Namun, bila Anda ingin perjalanan yang lebih nyaman, Anda bisa menggunakan kereta api kelas bisnis atau eksekutif, tapi tentu saja harganya lebih mahal. Sementara itu, jika Anda memilih untuk naik pesawat, harga tiket untuk satu kali perjalanan Jakarta-Yogyakarta sekitar Rp 350.000, asalkan Anda memesan tiket sedari jauh-jauh hari.

2. Booking Penginapan Murah Di Sekitar Malioboro

Summer Quest Hotel Jogja penginapan murah di malioboro

Malioboro adalah landmark Yogyakarta sekaligus destinasi wisata yang paling banyak diminati wisatawan. Karena selain sudah terkenal sebagai spot wisata wajib bagi wisatawan, Malioboro juga berada di lokasi yang strategis.

Tips backpacker ke Jogja selanjutnya adalah carilah penginapan murah yang berada di sekitar Malioboro. Di salah satu situs booking hotel ternama di Indonesia, Anda bisa memperoleh penginapan nyaman di sekitar Malioboro mulai harga Rp 200.000.

3. Jangan Malas Jalan Kaki

malioboro tips backpacker ke jogja

Jalan kaki di Jogja adalah hal yang biasa. Karena mayoritas penduduk Jogja tidak ragu untuk berjalan kaki atau naik sepeda. Jadi, Anda tidak perlu malu untuk turut berjalan kaki.

Setelah mendapat penginapan yang berada di dekat Malioboro, Anda bisa berjalan kaki Malioboro untuk belanja atau mencari makan. Selain itu, Anda pun bisa menuju ke pusat perbelanjaan yang ada di kawasan Malioboro dengan berjalan kaki. Jadi, jangan malas jalan kaki saat Anda berada di Jogja.

4. Cari Makanan yang Murah Meriah

cara membuat oseng mercon jogja

Sudah menjadi rahasia umum bila Jogja terkenal dengan kulinernya yang lezat dan murah. Sebut saja warung angkringan yang menjual sego kucing (nasi kucing atau nasi dengan porsi yang sangat sedikit) dan aneka sate dengan harga yang sangat murah.

Bahkan di Jogja, dengan uang 10 ribu rupiah Anda sudah bisa makan satu kali. Biaya hidup di Jogja memang tidak semahal kota-kota besar lainnya. Oleh karena itu, Jogja adalah jujukan yang pas untuk para backpacker yang ingin berlibur dengan budget terbatas.

5. Siapkan GPS dan Pelajari Arah Mata Angin

gps

Siapkan GPS jika Anda ingin berpelesir sendiri ke Jogja tanpa menggunakan tour guide. Bukan karena masyarakat setempat tidak ramah jika ada wisatawan yang hendak bertanya, tetapi masyarakat Jogja umumnya kerap kali memberi tahu arah jalan menggunakan arah mata angin.

Misalnya, mereka menyebut Pantai Parangtritis di sebelah selatan, sedangkan Gunung Merapi di sebelah utara. Jadi, di dalam tips backpacker ke Jogja ini, kami sangat menganjurkan Anda untuk membawa GPS.

6. Sewa Alat Transportasi yang Efisien

Persewaan Mobil

Sebagian backpacker mungkin memilih untuk naik transportasi umum untuk menghemat biaya. Akan tetapi, Keluyuran sangat tidak merekomendasikan Anda untuk naik transportasi umum saat berada di Jogja jika Anda hendak berpergian dengan jarak yang jauh. Karena alat transportasi di Jogja masih sangat jarang dan rutenya pun terbatas.

Daripada Anda harus kerepotan berganti-ganti kendaraan, sebaiknya sewalah sepeda motor atau mobil. Bila Anda pergi dengan rombongan dalam jumlah banyak, maka tak ada salahnya menyewa mobil. Namun, bila Anda berlibur sendiri atau hanya bersama 1-2 orang teman, maka sebaiknya sewalah sepeda motor. Harga sewa sepeda motor di Jogja kurang lebih Rp 50.000 per hari.

7. Kunjungi Tempat Wisata yang Gratis atau Ekonomis

Gumuk Pasir Parangkusumo

Tak perlu bingung mencari tempat wisata hemat saat berada di Jogja. Karena di kota pelajar ini Anda bisa menentukan berbagai jenis destinasi wisata gratis maupun yang menjual harga tiket masuk secara ekonomis.

Berikut ini adalah beberapa contoh tempat wisata gratis yang ada di Jogja, yaitu Air Terjun Sidoharjo – Kulon Progo, Hutan Pinus – Bantul, Gumuk Pasir Parangkusumo, Bukit Parang Endog – Bantul, dan Pantai Ngobaran – Gunungkidul. Selain itu, Anda juga bisa menyempatkan diri untuk singgah dan befoto-foto di keraton yang ada di Yogyakarta.

8. Belanja Oleh-Oleh yang Murah

Pasar Beringharjo

Ingin membawakan oleh-oleh untuk kerabat dan keluarga yang ada di Jakarta atau kota tempat tinggal Anda? Tak masalah, karena tips backpacker ke Jogja berikut ini akan memberikan saran agar Anda bisa berbelanja oleh-oleh dengan harga yang murah.

Pertama, datang ke Pasar Beringharjo untuk membeli oleh-oleh dengan harga yang terjangkau. Bila ingin mencari batik atau barang khas Jogja, cobalah untuk naik ke lantai atas pasar ini. Karena pada umumnya, harga barang di lantai atas Pasar Beringharjo dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan di bagian bawah pasar.

9. Jangan Lupa Menawar Di Malioboro

Malioboro

Saat sedang berjalan-jalan santai di Malioboro, mungkin Anda akan menemukan suatu barang yang menarik hati. Tak ada salahnya jika dalam liburan ala backpacker kali ini Anda ingin membeli barang atau berbelanja di Malioboro, tetapi jangan lupa untuk menawar dari sepertiga harga yang diberikan oleh penjual. Pada umumnya, penjual kerap kali menaikkan harga barang hingga 3 kali lipat sebelum dijual ke wisatawan.

10. Berbaur dengan Masyarakat Setempat

Berinteraksi dengan Orang Baru Traveling

* sumber: unsplash.com

Bila berpelesir ke Jogja, Anda harus berbaur dengan masyarakat setempat agar bisa mendapat referensi mengenai tempat wisata yang murah dan menarik.

Oleh karena itu, berbaurlah dengan masyarakat setempat. Karena mereka dapat memberikan referensi yang akurat mengenai tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jogja. Selain itu, masyarakat setempat juga akan semakin ramah dalam berkomunikasi, bilamana Anda menggunakan bahasa  Jawa untuk bercakap-cakap dengan mereka.

Usai  sudah tips backpacker ke Jogja ala Keluyuran. Perkiraan biaya yang akan Anda butuhkan untuk berlibur ke Jogja adalah sekitar Rp 2.500.000 – 3.000.000 sudah termasuk tiket transportasi umum kereta api atau pesawat. Nah, sudahkah Anda siap untuk berlibur ala backpacker di Jogja? Jika ya, tetap hindari high season dan lakukan perjalanan di hari biasa saja, bukan akhir pekan.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram