10 Dessert Khas Yunani untuk Para Penggemar Makanan Manis

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 2 November 2021

Makanan dari negara yang terkenal dengan mitologi dan dewa-dewinya ini tidak akan pernah lengkap tanpa dessert khas Yunani yang lezat. Makanan penutup itu mulai dari kue-kue yang biasa disiapkan untuk acara khusus hingga pastry yang dicampur sirup. Kuliner Yunani menawarkan banyak suguhan manis untuk dicicipi.

Di balik pai, kue kering, dan biskuit dari Yunani semuanya mempunyai asal-usul dan cerita yang menarik. Banyak dessert khas Yunani yang mempunyai kesamaan dengan makanan kaya sirup yang ada di Turki serta Timur Tengah. Sedangkan dessert yang lain ada yang berasal dari Yunani kuno atau era Romawi. Untuk kamu yang tertarik dengan makanan manis dari Yunani, berikut ini ulasannya.

Baca juga: Liburan ke Yunani? Yuk, Cobain 10 Makanan Khas Yunani Ini!

1. Revani

Revani

Kue Revani merupakan sejenis kue semolina klasik yang comforting yang bisa dijumpai di wilayah Mediterania dan Timur Tengah. Revani atau ravani juga terkadang disebut rawani merupakan dessert khas Yunani yang direndam dalam sirup ringan yang sederhana yang bisa ditambahkan sesukanya.

Walaupun revani merupakan kue semolina, kue ini berbeda dengan basbousa. Revani mengandung bahan seperti telur dan tepung dan kedua bahan tersebut tidak ada dalam resep basbousa klasik. Kue lezat ini dibuat di hampir setiap toko kue di Mesir. Revani banyak dijumpai di Yunani, Mesir, Turki, dan negara-negara lainnya yang berada di kawasan ini.

Mungkin revani nampak seperti kue sponge yang tidak begitu menarik dan membosankan. Namun kue ini sebenarnya penuh dengan rasa manis serta jeruk yang susah untuk dilupakan.

Kue klasik dibuat menggunakan tepung, mentega, telur, gula, dan ekstrak vanilla, kemudian kue ini dipanggang dengan sempurna. Sesudahnya kue disiram dengan sirup sederhana yang dibuat dari madu dan gula. Biasanya kue ini dihidangkan bersama satu sendok es krim vanila dan diberikan hiasan berupa pistachio yang dihancurkan.

2. Melomakarona

Melomakarona

Melomakarona merupakan dessert khas Yunani yang melambangkan Natal. Walaupun nama kue ini agak susah untuk diucapkan, kue madu yang diberi bumbu dengan rempah-rempah ini pembuatannya sangat mudah. Walaupun kue ini dipercaya asalnya dari Fenisia kuno, sekarang ini melomakarona menjadi suguhan khas Natal Yunani.

Kue ini diberi rasa dengan kayu manis, jeruk dan disiram dengan sirup manis. Segera sesudah dipanggang, melomakarona disiram dengan sirup madu, kemudian diberi taburan kacang kenari.

Ternyata ada suguhan Yunani lain yang disebut finikia. Kue finikia ini merujuk pada dessert yang sedikit berbeda, terkadang digoreng dan dihidangkan tanpa kenari. Dulu melomakarona dan finika merujuk pada kue yang berbeda. Akan tetapi sekarang kedua nama makanan itu bisa saling menggantikan.

3. Kourabiedes

Kourabiedes

Awal musim Natal ditandai dengan adanya kourabiedes. Seperti halnya melomakarona, kue mentega yang diberi taburan dengan gula ini sekitar pertengahan Desember muncul di rak-rak toko kue dan rumah-rumah di seluruh negeri tak akan ketinggalan untuk menambahkannya kue ini pada menu perayaan mereka.

Kue shortbread bertekstur renyah dan buttery ini merupakan dessert klasik khas Yunani. Walaupun beberapa variasi terkadang menggunakan kenari, kue ini umumnya dibuat dari adonan yang menggabungkan kacang almond, mentega serta berbagai perasa seperti vanila ataupun brendi yang kuat.

Biasanya kourabiedes dibuat jadi bentuk bulan sabit ataupun bulat. Setelah itu kue dilapisi dengan gula bubuk. Resep asli kourabiedes, yang telah terkenal di Asia Kecil, tiba di Yunani pada awal abad ke-20.

Itu bersamaan dengan kedatangan para pengungsi dari Cappadocia yang bermigrasi ke kota Kavala yang terletak di Yunani utara. Menurut para peneliti yang melacak asal mula makanan manis ini, diperkirakan kourabiedes berasal dari Persia abad ke-7.

4. Tulumba

Tulumba

Dessert khas Yunani yang satu ini bernama tulumba. Tulumba merupakan makanan penutup pastry manis yang populer sekali di Yunani walaupun kue ini juga bisa dijumpai di berbagai negara Timur Tengah seperti Iran dan Turki.

Penampilan dessert ini mirip sekali dengan churros Spanyol dan dibuat dari adonan manis yang bentuknya seperti tabung. Adonan kemudian digoreng dalam minyak panas. Walaupun penampilannya mirip sekali dengan churros, tulumba berbeda tapi kebanyakan dessert yang digoreng lainnya. Itu karena tulumba setelah digoreng disiram dengan sirup gula.

Sirup yang beraroma ini dibuat dari bahan-bahan seperti air, gula, dan jus lemon. Pemberian sirup memberikan rasa manis juga punchy pada tulumba. Pembuatan tulumba sangat mudah, hanya butuh sedikit keterampilan maupun metode.

5. Galaktoboureko

Galaktoboureko

Jika diterjemahkan galaktoboureko artinya “susu burek”. Dessert khas Yunani ini merupakan pai puding Yunani yang diberi lapisan dengan sirup. Walaupun sejarah asal-usul dessert ini hilang dan masih belum diketahui kapan tepatnya, galaktoboureko memasuki kuliner Yunani sejak lebih dari 100 tahun yang lalu toko. Pada waktu itu kue pertama di Athena sudah ada yang menjual galaktoboureko.

Adonan phyllo yang dipakai untuk membuat galaktoboureko berasal dari Turki, tapi resep lengkapnya lahir di Yunani. Pai ini dibuat dari lembaran adonan phyllo yang ditaburi mentega cair, kemudian ditambahkan puding semolina ringan.

Setelah dipanggang kemudian pai didinginkan dan umumnya disiram sirup manis dengan rasa jeruk. Lapisan phyllo tadi menyerap rasa sirup tersebut dan mengubah galaktoboureko jadi suguhan yang lembut.

6. Melopita

Melopita

Faktanya orang Yunani menyukai madu dan bahan ini sering kali memiliki peran penting dalam berbagai dessert khas Yunani yang lezat. Bisa dikatakan kalau melopita merupakan hidangan penutup berbahan dasar madu yang sangat populer yang berasal dari Yunani. Pada dasarnya melopita merupakan pai madu Yunani.

Dessert tradisional ini tak hanya terlihat cantik, tapi juga memiliki aroma yang kaya rasa. Sebenarnya walaupun hidangan ini kerap disebut sebagai pai, tidak terlihat kemiripan yang besar antara melopita dengan hidangan pastry klasik tersebut. Faktanya, melopita bahkan tidak mempunyai pastry atau crust, bahkan isian.

Umumnya melopita dibuat menggunakan keju dan pilihan utamanya adalah keju ricotta atau anthotyro. Cara membuatnya adalah dengan mencampur bahan bersama-sama, kemudian masukkan campuran ke dalam oven hingga penampilan lebih mirip dengan kue dibandingkan pai. Rasa ikonik dihasilkan dari kombinasi keju dan madu.

7. Rizogalo

Rizogalo

Rigozolo atau puding nasi ala Yunani merupakan dessert khas Yunani yang popular dan biasanya disantap sebagai menu sarapan manis, camilan sore ringan, ataupun sebagai dessert yang comforting. Pada dasarnya hidangan penutup ini terbuat dari nasi dan susu yang dimasak secara perlahan dan diaduk dengan kuat sehingga berubah jadi hidangan dengan kekentalan hampir mirip dengan puding.

Umumnya hidangan ini sering diperkaya dengan jeruk atau vanila dan terkadang dikentalkan menggunakan kuning telur maupun tepung jagung. Makanan ini bisa dinikmati hangat ataupun dingin. Biasanya puding nasi dihidangkan dengan taburan kayu manis.

8. Baklava

Baklava

Baklava merupakan salah satu dessert khas Yunani yang benar-benar mempresentasikan negara dan budayanya. Makanan penutup yang sering dijumpai di toko roti dan kios di pasar ini adalah camilan budaya yang unik yang dibuat dengan cara menumpuk lapisan pastry phyllo renyah kemudian diberi isian pistachio yang dihancurkan.

Seusai dipanggang, baklava akan berubah warna jadi cokelat keemasan dan kemudian akan diberi sirup manis yang terbuat dari madu dan air jeruk nipis. Pastry phyllo tersebut menyerap sirup dan lalu menjadi manis rasanya.

9. Loukoumades

 Loukoumades

Berasal dari abad ke-13 bola donat goreng ini masih populer di seluruh Balkan juga di Timur Tengah. Di Yunani, loukoumades dihidangkan dengan diberi madu, gula, maupun cokelat di atasnya. Terdapat hidangan penutup yang serupa, yang kemungkinan merupakan cikal bakal untuk loukoumades. Hidangan tersebut tercatat asalnya dari masyarakat Romawi pada abad ke-2 SM.

Pada dasarnya loukoumades merupakan versi Yunani dari donat biasa dan adonannya ini tidak perlu dibentuk sebelum digoreng dalam minyak. Donat ini memiliki warna cokelat keemasan dan umumnya selain diberi siraman dengan madu, juga diberi beberapa kacang kenari. Loukoumades biasanya dibuat sebagai camilan manis untuk anak-anak.

10. Sokolatopita

Sokolatopita

Sokolatopita merupakan kue cokelat ala Yunani yang sangat menggugah selera. Tekstur kue cokelat ini moist dan dipenuhi dengan rasa cokelat. Cara pembuatannya mudah dan bahan-bahannya pun gampang diperoleh serta sederhana.

Kue ini dibuat dari tepung, gula, bubuk kakao, kulit jeruk dan ekstrak vanila dan di akhir diberi lapisan saus cokelat hitam yang kaya rasa. Seperti halnya dessert khas Yunani lainnya, sokolatopita juga direndam dengan sirup. Ini adalah cara untuk mengawetkan makanan penutup saat lemari es belum ditemukan. Jadi sirup menjaga dessert tetap berada dalam suhu kamar selama beberapa hari.

Itulah 10 dessert khas Yunani yang pastinya digemari oleh para penyuka makanan manis. Seperti disebutkan di atas, sajian manis Yunani dipengaruhi oleh kuliner dari negara lain, seperti Turki dan Timur Tengah sehingga beberapa makanan ini memiliki kesamaan bahan atau bentuk.

Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satu dessert khas Yunani di atas? Kira-kira mana makanan yang sangat menggoda untuk dicicipi?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram