11 Menu Sarapan Khas Yunani yang Enak dan Bergizi

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 1 Juni 2021

Karena minat pada diet Mediterania dan potensi manfaatnya bagi Kesehatan, makanan Yunani sekarang menjadi subjek perhatian ekstra meskipun sudah populer sejak lama. Melihat menu sarapan khas Yunani bisa menjadi cara yang menarik untuk memahami makanan Yunani dan jenis makanan yang akan kamu temukan jika kamu mengikuti diet ala Mediterania.

Mempelajari kebiasaan sarapan di budaya lain bisa menjadi cara ampuh untuk memperluas pikiranmu. Kamu mungkin menemukan beberapa makanan atau bahan yang tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat kamu mencoba beberapa ide baru. Kalau kamu ingin mencoba menu sarapan khas Yunani, simak artikel berikut ini!

1. Fetoydia

Fetoydia

Fetoydia merupakan menu sarapan khas Yunani yang seharusnya terlihat familier karena pada dasarnya ini adalah French toast versi Yunani. Hidangan ini dapat dibuat menggunakan roti segar atau lama, yang sempurna jika kamu memiliki sisa roti yang tidak ingin disia-siakan.

Proses pembuatan hidangan ini pun bukan hal baru. Kamu iris roti terlebih dahulu lalu merendamnya dalam susu. Roti bisa dicelupkan ke dalam telur setelah tahap ini dan digoreng dengan minyak zaitun.

Setelah semua ini selesai, roti bisa dinikmati panas. Tak heran, kayu manis dan gula bubuk menjadi topping yang umum untuk roti. Kamu juga bisa menggunakan keju jika ingin sarapan yang sedikit lebih gurih dan mengenyangkan.

2. Ladenia

Ladenia

Ladenia merupakan sejenis roti pipih yang lembut yang ditambah dengan irisan tomat, bawang bombay serta sedikit minyak zaitun Yunani. Berasal dari Kimolos, kelezatan hidangan gurih ini diyakini berasal dari zaman pendudukan Venesia di pulau itu.

Biasanya adonan dibuat dengan tepung, ragi, air, dan garam walaupun beberapa versi juga menambahkan minyak zaitun ke dalam campuran ini. Pasta tomat buatan sendiri sering digunakan jika tidak ada tomat segar. Sementara beberapa orang cenderung menambahkan topping tomat-bawang merah dengan tambahan caper dan paprika.

3. Koulouri Thessalonikis

Koulouri Thessalonikis

Koulouri thessalonikis, atau bisa disebut hanya dengan koulouri saja, adalah jajanan kaki lima yang akan sering ditemukan di Yunani. Ini hanya terdiri dari adonan tepung terigu yang telah dibuat menjadi cincin, kemudian dipanggang dengan diberi biji wijen.

Roti ini juga bisa diisi, dengan keju, tahini, dan selai cokelat semua menjadi pilihan umum. Isiannya menjadikan roti lebih menarik.

Meskipun roti dapat dibuat di rumah, roti ini juga mudah dibeli dari toko roti dan pedagang kaki lima. Menu sarapan khas Yunani ini adalah pilihan ideal bagi siapa saja yang membutuhkan makanan yang bisa dikonsumsi sambil bergerak.

4. Staka Me Ayga

Staka Me Ayga

Makanan sederhana ini menunjukkan bahwa telur populer untuk sarapan hampir dimana pun di seluruh dunia. Menu sarapan khas Yunani ini hanya menggunakan telur goreng atau rebus, yang telah dimasak dengan staka, yang merupakan kombinasi tepung dan krim lokal.

Garam dan merica digunakan untuk membumbui makanan dan hanya itu. Telur dapat dikonsumsi bersama pilihan sarapan lainnya, dan yang paling umum adalah daging babi asap.

Hidangan ini berasal dari pulau Kreta dan tidak begitu umum di bagian lain Yunani. Ini adalah hidangan yang mudah disiapkan, jadi tidak ada alasan mengapa kamu tidak bisa mencobanya sendiri.

5. Tiganopsomo

Tiganopsomo

Tiganopsomo merupakan roti goreng versi Yunani. Biasanya dibuat dengan adonan beragi yang terdiri dari tepung terigu, garam, dan minyak zaitun yang digulung membentuk lingkaran.

Bagian tengah dari roti ini diisi dengan feta yang dihancurkan dan rempah-rempah seperti rosemary, oregano, mint, peterseli, atau sage. Roti berbentuk lingkaran besar ini kemudian digoreng dengan minyak zaitun sampai berwarna keemasan dan renyah.

Hidangan ini secara tradisional disajikan untuk menu sarapan khas Yunani, dan biasanya ditaburi biji wijen atau ditaburi madu atau cuka balsamic. Beberapa varian mungkin tersedia tanpa isian, dan feta dapat diganti dengan keju mizithra.

6. Sfakianopita

 Sfakianopita

Sfakianopita merupakan suguhan tradisional Kreta yang menggabungkan lapisan tipis, adonan tidak beragi dan keju whey putih lembut. Biasanya pai dibuat dengan tepung, air, minyak zaitun, garam, dan sedikit raki, minuman beralkohol.

Menu sarapan khas Yunani ini tidak diisi dengan keju myzithra melainkan adonan langsung diuleni dengan keju. Seluruh campuran kemudian diratakan menjadi lingkaran tipis, hampir seperti crepes atau seperti pancake dan digoreng sampai keemasan, berbintik, dan renyah.

Dikenal juga sebagai sfakiani pita atau mizithropita, makanan khas ini diyakini dibuat oleh para gembala Kreta dari Sfakia, oleh karena itu dinamai sfakianopita.

7. Marathopita/ Pai Hijau

Marathopita

Pai hijau juga dapat ditemukan sebagai pilihan menu sarapan di banyak bagian di Yunani. Hidangan ini disebut marathopita di Kreta, tetapi mungkin makanan ini juga disebut dengan nama pai sayuran liar, pai hijau campur, atau juga pai Kreta.

Seperti namanya, pai ini berisi berbagai jenis sayuran. Beberapa pai menggunakan collard greens atau Swiss chard, yang memberikan profil rasa yang familier. Dill juga sering ditambahkan pada pai ini dan membantu membuat hidangan lebih menarik.

Beberapa versi bergantung pada sayuran liar, di mana sayuran yang digunakan dapat ditemukan melalui pencarian di alam. Terlepas dari jenis sayuran yang digunakan, pai jenis ini cenderung gurih. Sayuran berdaun hijau juga merupakan sumber nutrisi yang baik, sehingga sarapan ini baik untuk dikonsumsi.

8. Spanakopita

Spanakopita

Spanakopita merupakan hidangan yang jadi menu sarapan khas Yunani karena pai Yunani yang gurih kini menjadi populer di banyak belahan dunia. Pai berisi bayam, keju ricotta, dan keju feta, dan dilapisi dengan pastry phyllo yang menciptakan makanan ini mudah hancur.

Makanan ini dapat dibuat dengan mudah di rumah. Spanakopita, yang dilafalkan spah-nah-KO-pee-tah, dapat dibuat sebagai "pai", atau pita, dan dipotong menjadi kotak, atau sebagai phyllo segitiga. Menu sarapan khas Yunani ini bisa disajikan sebagai hidangan pembuka, lauk, atau hidangan utama ditemani dengan salad Yunani.

9. Sfougato

Sfougato

Menu sarapan khas Yunani ini sering dibandingkan dengan frittata, telur dadar dengan bagian atas yang terbuka, atau bahkan souffle. Sfougato adalah hidangan berbahan dasar telur tradisional Yunani yang juga dapat digambarkan sebagai quiche tanpa crust.

Hidangan gurih ini biasanya dibuat dengan menggabungkan telur kocok dengan keju parut dan banyak bumbu dan sayuran segar.

Ada banyak versi hidangan ini di seluruh Yunani, tapi beberapa bahan yang paling umum digunakan untuk persiapannya selain telur adalah zucchini, bawang segar, dill, mint, keju feta lembut dan keju keras seperti Kefatolyri, remah roti atau cracker asin, susu, garam, minyak zaitun, dan merica.

Beberapa versi lain ada yang menambahkan daging giling atau kentang parut ke dalam campuran ini, dan semuanya biasanya dipanggang di loyang yang dangkal hingga mengeras.

Nama hidangan ini diyakini berasal dari kata Yunani sfougari, yang berarti spons, yang kemungkinan merujuk pada kemiripan hidangan yang dimasak ini dengan spons.

Sfougato bisa dinikmati hangat atau dingin, dan bisa dibuat jadi hidangan meze (appetizer di daerah Mediterania) yang sangat enak ditemani segelas ouzo, minuman beralkohol.

10. Lalagites

Lalagites

Lalagites merupakan pancake yang secara tradisional dibuat di pulau Lemnos walaupun menu sarapan khas Yunani ini juga biasa dibuat di bagian lain negara ini. Biasanya hidangan ini terdiri dari adonan yang dibuat dari tepung, baking powder, air, telur, garam, dan minyak zaitun.

Sementara beberapa versi diberi gula sebagai pengganti garam atau menambahkan ragi dan susu ke dalam campuran. Biasanya adonan digoreng dengan minyak zaitun panas, menghasilkan pancake kecil, bulat, dan pipih, tetapi ada juga versi yang menyerupai gorengan atau crepes tipis.

Versi tradisional Lemnian dari hidangan ini membutuhkan penyempurnaan adonan dengan daun mint segar cincang dan keju kalathaki yang dihancurkan, kemudian sajikan pancake goreng dengan madu thyme lokal dan kayu manis.

Biasanya lalagite dinikmati untuk sarapan atau sebagai camilan manis atau gurih, dan sering kali ditemani dengan secangkir kopi. Dianjurkan untuk menyajikan pancake dengan pendamping seperti sirup madu atau madu, biji wijen, gula halus, selai, dan kayu manis, atau dengan keju feta dan tomat.

11. Alevropita

Alevropita

Menu sarapan khas Yunani ini disebut alevropita yang diterjemahkan menjadi "pai tepung" dan pada dasarnya hidangan ini adalah pai yang dibuat dari adonan tipis. Ada banyak resep dan nama untuk alevropita seperti kourkoutopita zymaropita dan kasopita adalah beberapa nama alternatif lain.

Makanan ini secara tradisional dibuat di Epiros di bagian Timur Laut Yunani di mana semua pai yang lezat dibuat, khususnya di Zagoria dan Ioannina. Alevropita asli berasal dari Zagori yang terletak di pegunungan Pindos di Epiros.

Jika berkunjung ke daerah ini, cobalah semua painya. Pastinya kamu tidak akan menyesalinya. Beberapa versi alevropita memiliki adonan yang lebih kental, hampir seperti pasta, yang lain lebih mirip custard, beberapa mengandung berbagai jenis keju dan beberapa bahkan menyertakan sayuran.

Beberapa orang menambahkan yoghurt sementara yang lain menambahkan lebih banyak telur dan menghilangkan susu, beberapa menambahkan baking powder atau ragi. Namun pai ini tidak memerlukan bahan ragi jika tidak maka alevropita akan jadi roti, bukan pai.

Itulah deretan menu sarapan khas Yunani yang tentunya lezat rasanya. Beberapa menu makanan ini sangat mudah untuk dibuat dan bahannya pun tidak terlalu rumit. Kamu pastinya bisa mencobanya di rumah.

Sebagian menu sarapan khas Yunani ini berbentuk pai atau pancake. Kalau kamu bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja, cobalah menu sarapan khas dari negara Yunani di atas.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram