Catat ya! Inilah 10 Hal yang Dilarang Saat Mudik Lebaran

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 22 April 2021

Mudik merupakan istilah bagi para perantau atau migran yang hendak pulang ke kampung halamannya. Mudik sendiri menjadi salah satu agenda tahunan yang biasa dilakukan oleh masyarakat tanah air. Kegiatan mudik kerap membawa banyak cerita menarik, mulai dari yang menyenangkan hingga kisah yang harus berakhir dengan cukup memilukan.

Nah, agar tahun ini bisa mudik dengan aman. Simak hal-hal yang dilarang saat mudik lebaran yang sudah Keluyuran rangkum untuk kamu. Ingin tahu apa saja itu? Yuk, langsung saja cek artikel berikut ini!

1. Membawa Banyak Barang dan Penumpang

Membawa Banyak Barang dan PenumpangSumber: m.mediaindonesia.com

Beberapa tahun terakhir para pemudik di tanah air memang kerap didominasi oleh kendaraan roda dua. Banyak pemudik yang akhirnya memilih motor sebagai kendaraan bagi para pemudik. Selain lebih irit, menghindari kemacetan adalah alasan lain masyarakat kerap penggunaan jenis kendaraan yang satu ini.

Hanya saja kebiasaan masyarakat tanah air membawa banyak barang dan penumpang saat mudik terkadang menjadi masalah serius. Membawa barang berlebihan kerap menjadi salah satu alasan banyak terjadinya kecelakaan lalu lintas saat musim mudik lebaran. Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat mudik lebaran, sebaiknya mulailah untuk menyesuaikan barang bawaan.

2. Menggunakan Kendaraan Bermasalah

Menggunakan Kendaraan Bermasalah

Kecelakaan lalu lintas adalah momok menakutkan bagi setiap para pengendara. Banyak kisah yang harus berujung sedih karena kejadian tersebut. Untuk menghindari segala kemungkinan buruk yang akan terjadi di jalanan. Kamu pun harus menghindari untuk menggunakan kendaraan yang bermasalah.

Pastikan kendaraan yang akan kamu gunakan saat mudik tidak bermasalah. Pergilah ke bengkel untuk memastikan media kendaraan. Jika memang harus melakukan perbaikan atau servis, maka lakukan hal tersebut demi menjaga keselamatan di dalam perjalanan.

3. Pergi dalam Keadaan Sakit atau Tidak Fit

Pergi dalam Keadaan Sakit atau Tidak Fit

Sama seperti kendaraan yang akan kamu gunakan saat kegiatan mudik. Kamu pun harus memiliki tubuh yang sehat dan fit saat mudik. Hindari bepergian dalam keadaan sakit untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan yang lebih serius. Selain itu, tubuh yang kurang fit juga dapat memicu kondisi yang membahayakan bagi keselamatan diri sendiri maupun pengendara lain.

Pastikan tubuh kamu dalam keadaan sehat saat berkendara. Jangan memaksakan diri untuk mudik bila kondisi tubuh memang tidak memungkinkan untuk berangkat. Kondisi fisik yang kurang baik kerap menjadi salah satu alasan banyaknya terjadi kecelakaan lalu lintas saat mudik lebaran.

4. Memisahkan Diri dari Rombongan

Memisahkan Diri dari RombonganSumber: autonetmagz.com

Saat mudik lebaran, masyarakat tanah air yang akan mudik biasanya membentuk kelompok untuk melakukan perjalanan bersama. Selain untuk keamanan dan keselamatan, bepergian secara konvoi membuat suasana mudik jauh lebih menyenangkan dan kekeluargaan.

Nah, untuk menghindari sesuatu yang buruk terjadi di perjalanan, hindari untuk memisahkan diri dari konvoi atau rombongan. Berhentilah sejenak untuk memastikan bahwa kamu atau pengendara lain tidak tertinggal dalam rombongan. Pastikan kamu tetap fokus saat berkendara agar bisa mengikuti rombongan atau grup dengan baik.

5. Tidak Membawa Persiapan yang Cukup

Tidak Membawa Persiapan yang Cukup

Meskipun aktivitas mudik terdengar seperti hal yang biasa, namun hal tersebut dapat menimbulkan masalah apabila kamu tidak membawa persiapan mudik yang cukup. Pastikan kamu membawa semua yang dibutuhkan saat mudik, mulai dari obat-obatan, pakaian, makanan dan minuman, uang, peralatan yang dibutuhkan untuk kendaraan untuk menunjang selama perjalanan.

Persiapan tersebut sangat penting agar mencegah sesuatu hal terjadi saat berkendara seperti jauh sakit, kelaparan, atau untuk perbaikan kendaraan yang bermasalah.

6. Menerima Makanan atau Minuman dari Orang Asing

Menerima Makanan atau Minuman dari Orang AsingSumber: popsugar.com

Berbagai cerita saat mudik memang kerap menarik perhatian, mulai dari cerita seru, lucu, hingga cerita menyeramkan, atau yang harus berakhir menyedihkan. Mudik lebaran memang kerap dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan aksi kejahatan berupa perampokan atau pencurian.

Salah satu yang kerap terjadi saat mudik adalah tindakan pencurian yang dilakukan dengan modus memberi makanan atau minuman. Biasanya para pelaku telah memasukkan obat tidur atau obat bius untuk membuat pengendara tidak sadarkan diri.

Jika seseorang yang baru saja kamu kenal memberi makanan atau sesuatu, mulailah untuk bersikap waspada. Tolak dengan halus segala pemberian orang asing yang mencurigakan ketika perjalanan. Hal itu untuk mencegah sesuatu yang tidak di inginkan.

7. Membawa Uang Cash yang Terlalu Banyak

Membawa Uang Cash yang Terlalu Banyak

Uang cash memang dibutuhkan saat di perjalanan. Selain untuk membeli sejumlah perbekalan atau kebutuhan selama perjalanan, uang dibutuhkan ketika terjadi sesuatu yang bersifat mendesak. Meskipun keberadaan uang cash sangat dibutuhkan, tetapi membawa uang cash dengan jumlah yang banyak dapat menimbulkan masalah lain yang mungkin akan menyusahkan.

Bawalah uang secukupnya untuk keperluan selama perjalanan. Pecahlah menjadi beberapa lembar, dan simpan di saku baju atau celana secara terpisah. Hal tersebut dilakukan untuk berjaga-jaga kalau terjadi kehilangan atau pencurian yang tidak kamu sadari.

8. Menggunakan Banyak Perhiasan

Menggunakan Banyak PerhiasanSumber: fashionista.com

Kejahatan memang bisa terjadi karena adanya kesempatan. Nah, untuk menghindari tindakan kejahatan atau pemerasan saat sedang mudik. Usahakan untuk tidak menggunakan perhiasaan lengkap atau mencolok. Mudik sendiri memang bisa menjadi surganya bagi para oknum untuk berbuat kejahatan.

Banyak diantara oknum kejahatan melakukan aksi perampokan atau perampasan karena menganggap para pemudik membawa harta yang cukup banyak untuk dibagikan pada keluarga. Sebelum melakukan aksinya, mereka biasa melakukan pengamatan terlebih dahulu pada calon korbannya. Jadi untuk menghindari incaran penjahat sebaiknya hindari untuk memakai perhiasan berlebihan.

9. Mengangkut Orang Tidak Dikenal di Jalan

Mengangkut Orang Tidak Dikenal di Jalan

Salah satu aksi kejahatan yang juga biasa terjadi saat mudik lebaran adalah berpura-pura meminta bantuan pengendara lain untuk mengantarnya ke suatu tempat. Biasanya orang-orang tersebut melakukan ketinggalan kendaraan atau kehabisan ongkos. Jika kamu dihadapkan pada orang seperti itu, maka sebaiknya arahkan mereka pada petugas polisi yang berjaga di posko terdekat.

Jangan memberi kesempatan mereka untuk ikut atau mempersilahkan mereka untuk naik kendaraan. Hal itu untuk mencegah hal-hal buruk yang mungkin akan mereka lakukan ketika kamu sedang dalam keadaan lengah.

10. Memaksakan Diri Tanpa Istirahat

Memaksakan Diri Tanpa Istirahat

Hal lainnya yang juga harus dihindari saat mudik lebaran adalah memaksakan diri berkendara tanpa istirahat hanya karena ingin cepat sampai ke tempat tujuan. Selain berpotensi membahayakan diri dan orang lain karena kecelakaan yang disebabkan kelelahan, tindakan tersebut juga bukan sebuah sikap yang bijaksana.

Mengutamakan keamanan dan keselamatan saat berkendara adalah hal yang harus kamu lakukan ketika mudik. Nah, agar kondisi tubuh kamu tetap baik, beristirahatlah di beberapa titik yang telah kamu tentukan. Pilihlah tempat istirahat yang aman dan nyaman seperti masjid atau posko-posko yang biasanya bermunculan untuk menunjang para pemudik setiap tahunnya.

Nah, itulah 10 Hal yang dilarang saat mudik lebaran yang telah diulas untuk kamu. Bertemu keluarga adalah hal yang membahagiakan. Meskipun, memerlukan perjuangan yang cukup panjang untuk bisa bertemu, tetapi hal tersebut akan terbayar lunas dengan senyum bahagia dari keluarga yang menyambut kehadiranmu.

Kamu tentu memiliki pengalaman menarik lainnya saat mudik lebaran. Agar kita mengetahui hal tersebut. Tulis komentarmu di bawah, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram