10 Tips Mudik Aman Saat Lebaran dengan Kendaraan Umum

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 22 April 2021

Mudik menjadi salah satu tradisi yang tidak bisa dilepaskan dari perayaan Idul Fitri di Indonesia. Perayaan Idul Fitri memang menjadi momen yang tepat untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman. Menjelang lebaran, arus mudik akan mencapai puncaknya saat para perantau berbondong-bondong pulang ke kampungnya masing-masing. 

Pada puncak arus mudik, seluruh moda transportasi akan dipadati oleh pemudik, tak terkecuali berbagai kendaraan umum. Melakukan mudik menggunakan kendaraan umum tentu membutuhkan persiapan yang lebih matang. Bagi kamu yang berencana untuk mudik dengan transportasi umum, berikut 10 tips mudik lebaran dengan kendaraan umum yang bisa kamu coba. 

1. Pastikan Pemesanan Tiket Jauh-Jauh Hari Sebelumnya

Pastikan Pemesanan Tiket Jauh-Jauh Hari Sebelumnya

Menjelang hari raya lebaran, arus mudik pun akan mencapai puncaknya. Hal ini juga membuat penjualan tiket untuk berbagai transportasi mudik meningkat. Maka, penting bagi kamu untuk mengamankan tiket perjalanan mudikmu dari jauh-jauh hari. Pastikan bahwa kamu tidak kehabisan tiket pada tanggal perjalanan yang kamu inginkan. 

Pada saat melakukan pemesanan tiket, ada baiknya kamu juga memesan tiket pulang pergi. Dengan cara ini, kamu bisa mudik dan berlibur di kampung halaman dengan tenang tanpa perlu memikirkan untuk berburu tiket pulang. Maka, lebih baik kamu segera memesan tiket setelah moda transportasi yang kamu incar membuka penjualan tiket mudik lebaran. 

2. Membawa Barang Secukupnya

Membawa Barang Secukupnya

Saat perjalanan mudik ke kampung halaman atau pun kembali ke kota asal, sering kali para pemudik membawa begitu banyak barang dan oleh-oleh. Hal ini mungkin tidak menjadi masalah jika kamu menggunakan kendaraan pribadi. Namun sebaiknya hindari membawa barang berlebihan jika kamu akan melakukan mudik lebaran dengan kendaraan umum. 

Perlu diketahui bahwa beberapa moda transportasi memiliki kapasitas bagasi yang terbatas untuk setiap penumpangnya. Apabila kamu membawa muatan berlebih, kamu bisa saja dikenakan biaya tambahan cukup besar yang akan membuatmu rugi. Selain itu, ketahui juga barang-barang apa saja yang tidak diperbolehkan oleh moda transportasi yang kamu gunakan. 

3. Mempersiapkan Uang Tunai 

Mempersiapkan Uang Tunai

Gaya hidup masyarakat yang serba praktis saat ini memang membuat banyak orang lebih memilih untuk bertransaksi secara non tunai. Namun ada baiknya jika kamu tetap membawa uang tunai ketika melakukan perjalanan mudik lebaran dengan kendaraan umum. Bawalah uang tunai secukupnya dan tidak terlalu banyak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Siapkan pula beberapa uang kecil pada dompet yang kamu bawa. Uang tunai ini akan berguna di perjalanan nanti saat kamu hendak membeli makanan ringan atau hendak menggunakan toilet umum. Membawa uang tunai juga akan memudahkan kamu apabila kesulitan menemukan mesin ATM di perjalanan. Agar lebih aman, kamu juga bisa menyimpannya di beberapa tempat berbeda. 

4. Membawa Bekal dari Rumah 

Membawa Bekal dari Rumah

Perjalanan mudik ke kampung halaman biasanya akan memakan waktu lama, terlebih lagi dengan kemacetan arus mudik yang mungkin saja terjadi. Dengan estimasi waktu perjalanan yang cukup lama, maka kamu lebih baik mempersiapkan bekal makanan yang memadai. Persiapkanlah bekal makanan, air minum, serta cemilan yang mungkin kamu butuhkan selama perjalanan mudik. 

Saat menggunakan kendaraan umum, kamu tidak bisa berhenti begitu saja ketika kamu lapar. Maka, membawa bekal makanan adalah solusi agar kamu tidak kelaparan di perjalanan, terlebih lagi bagi kamu yang melakukan perjalanan mudik saat jam sahur atau berbuka. Demi keamanan, sebaiknya hindari juga menerima makanan dari orang tak dikenal selama di perjalanan. 

5. Berpakaian Nyaman dan Tidak Mencolok 

 Berpakaian Nyaman dan Tidak Mencolok

Banyak kejahatan yang terjadi kendaraan umum membuat kamu harus berhati-hati, salah satu caranya adalah dengan tidak berpenampilan mencolok. Hindari menggunakan perhiasan yang berlebihan selama di perjalanan mudik karena bisa mengundang aksi kriminal dari orang tak bertanggung jawab. Demi kenyamanan, hindari juga memakai riasan yang berlebihan. 

Memilih pakaian yang tepat juga menjadi salah satu tips mudik dengan kendaraan umum yang perlu kamu perhatikan. Mengingat kamu akan duduk di dalam kendaraan dalam waktu yang lama, maka pastikan kamu memilih pakaian yang membuatmu tetap nyaman. Sesuaikan juga pakaian yang kamu kenakan dengan waktu perjalanan mudik agar kamu tidak kepanasan ataupun kedinginan. 

6. Datang ke Lokasi Keberangkatan Lebih Awal 

 Datang ke Lokasi Keberangkatan Lebih Awal

Pada saat hari keberangkatan, ada baiknya kamu juga datang lebih awal ke lokasi keberangkatan. Hal ini dimaksudkan sebagai antisipasi terjadinya lonjakan penumpang yang biasanya terjadi di setiap puncak arus mudik lebaran. Lonjakan penumpang yang terjadi akan membuat kamu membutuhkan waktu lebih lama untuk mengantri atau melakukan boarding. 

Selain mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang, datang ke lokasi pemberangkatan lebih awal juga akan memastikan kamu tidak tertinggal jadwal keberangkatan perjalanan mudikmu. Datang lebih awal juga bisa membuat kamu tidak terburu-buru sehingga bisa melakukan persiapan perjalanan dengan lebih baik. 

7. Hindari Tempat yang Sepi 

Hindari Tempat yang Sepi

Apabila kamu melakukan perjalanan mudik lebaran dengan kendaraan umum seorang diri, pastikan untuk tetap menjaga diri selama di perjalanan. Salah satu caranya ialah dengan menghindari tempat-tempat sepi, baik saat melakukan istirahat atau pun saat transit dan menunggu perjalanan berikutnya. 

Tempat yang sepi dan gelap sering kali menjadi sasaran kejahatan, terutama jika kamu tengah sendirian. Ketika kamu mengalami kejahatan di tempat sepi, kamu juga akan lebih sulit untuk meminta pertolongan. Apabila kamu sedang menunggu keluarga kamu menjemput, pastikan untuk menunggu mereka di tempat yang ramai. 

8. Persiapkan Kondisi Fisik yang Prima 

Persiapkan Kondisi Fisik yang Prima

Melakukan perjalanan panjang saat mudik akan menjadi sesuatu yang melelahkan, terlebih jika kamu menggunakan kendaraan umum. Maka, menjaga kesehatan untuk tetap prima adalah hal penting yang harus kamu persiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik ke luar kota atau bahkan ke luar pulau. 

Pastikan kondisi fisikmu siap untuk menempuh perjalanan jauh. Mulailah mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta pastikan sebelumnya kamu memiliki waktu tidur yang cukup. Meskipun kamu bisa tidur di perjalanan, namun tidurmu mungkin tidak akan berkualitas dan tidak senyaman saat kamu tidur di rumah. 

9. Pastikan Komunikasi dengan Keluarga di Rumah 

 Pastikan Komunikasi dengan Keluarga di Rumah

Apabila kamu melakukan perjalanan mudik lebaran dengan kendaraan umum seorang diri, pastikan kamu selalu berkomunikasi dengan keluargamu di rumah. Hal ini akan mempermudah kamu dan keluargamu jika suatu hal tak diinginkan tiba-tiba terjadi saat kamu di perjalananan. Berilah kabar pada orang-orang di rumah selama beberapa jam sekali. 

Agar komunikasi dengan keluarga tetap lancar, pastikan pula baterai gawainya telah tercukupi. Sebagai antisipasi, jangan lupa untuk membawa charger atau powerbank agar gawaimu tidak kehabisan daya saat di perjalanan. 

10. Berhati-Hati dengan Barang Bawaan dan Orang Tidak Dikenal 

Berhati-Hati dengan Barang Bawaan dan Orang Tidak Dikenal

Hal yang paling penting saat melakukan mudik lebaran dengan kendaraan umum adalah tetap hati-hati dan waspada. Simpan semua barang bawaanmu di tempat yang disediakan dan pastikan semua barang tersebut tetap aman. Telitilah saat turun dari kendaraan dan pastikan tidak ada barang yang tertinggal. 

Di sepanjang perjalanan, kamu juga harus selalu waspada dengan orang-orang tidak dikenal. Apabila kamu bertemu dengan orang tak dikenal yang menurutmu mencurigakan, lebih baik untuk menjauh sebagai langkah antisipasi, terlebih jika kamu melakukan perjalanan seorang diri. 

Itulah 10 tips mudik lebaran dengan kendaraan umum yang bisa kamu coba. Apabila perjalanan mudikmu aman dan nyaman, momen berkumpul dengan keluarga di kampung halaman pun akan terasa semakin menyenangkan. Apakah kamu punya pengalaman seru saat mudik lebaran menggunakan kendaraan umum? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya! 

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram