Mau Liburan ke Vietnam? Inilah Harga Makanan di Vietnam

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 23 Agustus 2021

Punya budget liburan yang terbatas tapi ingin jalan-jalan ke luar negeri? Vietnam bisa dicoba untuk dikunjungi! Salah satu negara di Asia Tenggara ini diperkirakan akan menjadi destinasi favorit wisatawan di tahun-tahun mendatang.

Pasalnya populasi turis di negara ini belum sepadat Thailand, akomodasinya juga sangat murah, serta harga makanan di Vietnam yang cukup terjangkau. Kelebihan tersebut semakin sempurna karena Vietnam punya potensi wisata yang luar biasa. Beberapa destinasi wisata di sini tawarkan sesuatu yang bisa membuat Anda nyaman dan senang.

Lantas semurah apa harga makanan di Vietnam? Benarkah kata banyak orang bahwa berlibur ke sini rasanya akan membuat kita kaya raya? Simak uraian pada artikel di bawah ini yuk!

Nilai Tukar Rupiah Terhadap VND

Mau Liburan ke Vietnam? Inilah Harga Makanan di Vietnam 1

Jalan-jalan ke Vietnam dan berencana untuk kulineran, ketahui lebih dulu nilai tukar rupiah terhadap mata uang Vietnam. Vietnam menggunakan mata uang berupa Đȏng (VND). Satu VND setara dengan Rp 0,62 rupiah. Jika membawa uang sebesar Rp 1.000.000 dan menukarkannya ke dalam Đȏng Vietnam (VND), Anda akan mendapat uang senilai Rp 1.645.688.

Besaran nilai tukar VND terhadap Rp tersebut tentu saja dapat berubah-ubah tanpa pemberitahuan lebih dulu. Setelah mengetahui berapa nilai tukar rupiah terhadap mata uang Vietnam, Anda bisa mulai mencari tahu dan memperkirakan berapa banyak uang yang akan dibawa atau disiapkan untuk berlibur.

Jika dilihat dari nilai tersebut, mata uang Indonesia masih lebih tinggi dibandingkan dengan mata uang Vietnam. Tidak heran jika beberapa traveler mengatakan bahwa berlibur ke negara ini akan membuat kita serasa punya banyak uang. Tertarik menjadi orang kaya dan bisa jajan sepuasnya? Mari berlibur ke Vietnam!

Perkiraan Biaya Makan di Vietnam untuk Satu Hari

Mau Liburan ke Vietnam? Inilah Harga Makanan di Vietnam 2

Tidak sabar untuk menjelajah beberapa destinasi wisata di Vietnam akan percuma jika perut keroncongan. Anda perlu mengisi tenaga untuk jalan-jalan. Makan dan jajan atau membeli kudapan khas setempat saat berlibur pasti akan memberikan pengalaman yang berkesan.

Tidak usah khawatir soal harga karena Vietnam sangat bersahabat dengan para wisatawan berdompet pas-pasan. Misalnya saja pho yang dijual di pasar-pasar tradisional atau pinggir jalan. Satu porsi pho dijual dengan harga VND 40.000 atau hanya Rp24.000.

Pho merupakan makanan berkuah khas Vietnam yang terdiri atas mie dan irisan daging sapi. Ia disiram kuah kaldu yang bening namun kaya rasa sebab terbuat dari rebusan daging, tulang dan buntut sapi beserta rempah-rempah. Biasanya ia disajikan panas bersama irisan bawang bombay, bawang daun dan daun ketumbar.

Pho bisa didapatkan pagi, siang atau malam. Jika di Indonesia ia mirip dengan mie bakso atau mie ayam yang mudah sekali ditemukan. Sangat menikmati semangkuk pho dan tidak bosan makan mie kuah itu satu harian, maka biaya makan Anda sehari ketika berada di Vietnam hanya Rp72.000.

Namun, jika ingin mencoba menu yang lain, Anda bisa makan di restoran-restoran. Harga makanan untuk satu porsinya berkisar di harga VND 27.000 – VND 70.000 atau jika dikonversikan ke dalam rupiah hanya Rp18.000 – Rp43.000.

Salah satu resto yang bisa didatangi yaitu Bun Cha Huong Lien Restaurant. Anda bisa memesan beberapa menu sekaligus seperti bun cha danlumpia isi daging kepiting, udang, babi dan sayuran hanya dengan harga Rp55.000. Murah, bukan? Berdasarkan hal tersebut, estimasi biaya makan di Vietnam bisa dihitung mulai dari Rp100.000 – Rp200.000/orang untuk satu hari sudah termasuk ngopi dan jajan.

Tempat Makan Terjangkau di Vietnam

Tempat Makan Terjangkau di Vietnam
*

Mencari tempat makan murah di Vietnam tidak terlalu sulit. Hanya, bagi wisatawan muslim, jangan lupa perhatikan kehalalannya juga ya. Menu yang ditawarkan sangat bervariasi. Soal citarasa pasti cukup familiar dengan lidah orang Indonesia karena rempah yang digunakan pun kurang lebih sama.

Pilihan tempat makan di Vietnam sangat beragam. Anda bisa memilih mau makan dan jajan di night market, pasar tradisional, tempat makan pinggir jalan atau restaurant dan café. Menu serta harganya tentu tidak kalah variatif. Apa sajakah itu?

Harga Makanan di Night Market Vietnam

Harga Makanan di Night Market Vietnam
*

Liburan ke suatu negara, terlebih masih di Asia, memang tidak lengkap tanpa jalan-jalan dan jajan di night market setempat. Di Vietnam terdapat beberapa pasar malam yang bisa dikunjungi, antara lain night market Old Quarter dan night market di kawasan Ben Thanh, Ho Chi Minh. Keduanya merupakan surga belanja dan jajanan yang murah-meriah.

Anda akan menemukan banyak sekali makanan tradisional Vietnam saat berada di sini, seperti Banh Mi atau sandwich ala Vietnam seharga mulai dari VND 20.000 (Rp12.270), Nem Ran/Cha Gio atau sejenis lumpia goreng berisi sayur dan daging khas Vietnam yang harganya sekitar VND 25.000 (Rp 15.338). Terjangkau, kan?

Harga Makanan di Street Food di Vietnam

Harga Makanan di Street Food di Vietnam

Satu lagi tujuan yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur ke Vietnam. Apalagi jika bukan puas-puas jajan menikmati makanan ala street food yang selalu tampak menggiurkan. Di Vietnam sendiri terdapat beberapa lokasi atau area yang terkenal dengan makanan pinggir jalannya.

Anda bisa sepuasnya jajan di kawasan Jalan Tran Quang Dieu sebab di sini terdapat Banh Canh Cua sejenis Udon khas Vietnam dengan harga sekitar Rp22.000/porsi. Bisa juga mengunjungi kawasan Tran Nhat Duat di District 11 untuk mencicipi Cuon Diep atau salad roll berisi sayuran, udang, sohun dan kemangi yang dibungkus daun selada seharga kurang lebih Rp15.000/porsi.

Murah, bukan? Bahkan untuk satu porsi Com Tam atau seperti steak daging babi, Anda cukup membayarnya dengan harga sekitar Rp40.000/porsi. Jika masih belum kenyang dan bosan dengan semangkuk pho, Anda juga bisa mendapatkan makanan tersebut di kedai pinggir jalan dengan harga sekitar VND 60.000 atau Rp37.000/porsi.

Harga Makanan di Pasar Tradisional Vietnam

Harga Makanan di Pasar Tradisional Vietnam
*

Harga makanan di pasar tradisional Vietnam seperti di Hanoi, Halong Bay, Lao Cai dan Sapa tidak kalah murah. Di sini mudah sekali menemukan makanan yang otentik seperti pho dengan aneka pilihan daging, yaitu sapi, ayam atau babi. Harganya juga sangat terjangkau dibanding yang dijual di resto atau pinggir jalan, yakni sekitar VND 40.000 (Rp24.567).

Bukan hanya harga semangkuk pho yang murah, di pasar tradisional sini seporsi spring roll khas Vietnam juga dijual dengan harga sekitar VND 30.000 (Rp18.425). Belum lagi aneka makanan dan ringan seperti ubi bakar, es jeruk, es tebu yang dijual sangat murah, sekitar VND 10.000 – VND 20.000 (Rp6.000 – Rp12.000). Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu ya.

Harga Makanan di Restaurant/Café

Harga Makanan di Restaurant
*

Lalu bagaimana dengan harga makanan di resto atau café di Vietnam? Apakah sama murahnya atau cenderung lebih mahal? Secara umum, tentu saja lebih mahal. Seporsi pho di Pho 10 dijual dengan harga VND 60.000 -  VND 85.000 atau Rp37.245 – Rp52.764. Meski lebih mahal dibanding di pinggir jalan, harga tersebut masih terhitung sangat terjangkau.

Jika Anda ingin mencoba makanan ala-ala café dan nongkrong atau menghabiskan waktu sembari melepas penat dengan suasana yang berbeda, harga yang harus dibayarkan cukup berbeda dengan harga makanan lokal.

Anda bisa menghabiskan sekitar Rp100.000 – Rp150.000 untuk satu porsi makanan. Pintar-pintar memilih saja. Harga makanan di Vietnam dijamin tidak akan membuat dompet Anda bobol sepulangnya dari liburan. Rata-rata, harganya berada di angka belasan hingga puluhan ribu.

Dengan uang sekitar Rp100.000 Anda bisa tiga kali makan enak selama berada di sini, bergantung pemilihan tempat dan menu. Harga tersebut tentu saja bisa berubah seiring waktu ya. Tertarik wisata kuliner ke sini? Agendakan segera ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram