10 Istilah di Café dan Restoran yang Perlu Kamu Ketahui

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 29 Juli 2021

Café atau restoran adalah tempat yang biasa dikunjungi oleh orang-orang saat mereka hendak menyantap suatu hidangan. Bahkan saat ini pergi ke café atau restoran juga sudah menjadi sebuah tren tersendiri. Tak hanya menjadi tempat untuk makan, café dan restoran kini juga sering menjadi tempat yang dipilih untuk melakukan banyak kegiatan.

Banyak orang yang kini memilih café atau restoran untuk menjadi tempat bertemu dengan teman-teman atau mengadakan pertemuan bersama rekan kerja. Banyak juga orang-orang yang datang ke café atau restoran untuk sekedar menghabiskan waktu dan menikmati berbagai fasilitas di tempat tersebut.

Saat kamu hendak makan di café atau restoran, kamu juga akan menemukan banyak istilah-istilah yang mungkin belum kamu ketahui.

Jadi, ada baiknya kamu ketahui dulu beberapa istilah yang sering digunakan pada café atau restoran supaya kamu tidak salah pilih saat melakukan pemesanan makanan. Berikut beberapa istilah yang umum digunakan di sebuah café atau restoran yang harus kamu ketahui.

1. Dine In

Dine in merupakan istilah yang cukup umum ditemukan di berbagai café, restoran, atau pun tempat makan lainnya. Istilah dine in merupakan istilah yang digunakan untuk makan di tempat. Jika kamu pergi ke sebuah café atau restoran dan berniat untuk makan langsung di restoran dan café tersebut, maka kamu bisa memilih pilihan dine in.

Di beberapa restoran atau café, kamu akan ditanya hal ini oleh pelayan sebelum kamu memesan makanan. Apabila kamu memilih untuk dine in, umumnya pelayan akan menanyakan jumlah orang yang akan makan di tempat tersebut dan kamu pun bisa memilih meja yang tersedia.

2. Take Away

Sama seperti dine in, istilah take away juga merupakan istilah yang cukup umum ditemui di berbagai café atau restoran. Istilah ini adalah kebalikan dari istilah  dine in. Jika dine in berarti kamu akan makan langsung di tempat tersebut, maka take away artinya kamu akan membawa pulang makanan yang kamu beli di restoran tersebut.

Pilihan untuk take away juga biasanya akan ditanyakan pada pengunjung saat baru mendatangi café atau restoran tersebut. Beberapa café atau restoran juga memiliki kasir dan tempat order tersendiri khusus untuk pengunjung yang ingin melakukan take away. Kamu juga bisa memesan makanan untuk take away setelah kamu makan restoran tersebut.

3. Waiting List

Saat kamu mengunjungi sebuah café atau restoran, ada kalanya semua meja di café atau restoran tersebut sudah penuh oleh para pengunjung lainnya. Saat semua meja masih penuh dan ada pengunjung baru yang datang, biasanya pelayan café atau restoran tersebut akan menawarkan waiting list untuk pengunjung tersebut.

Waiting list berarti jika kamu harus menunggu beberapa saat sampai ada meja yang kosong di café atau restoran tersebut. Apabila jumlah pengunjung yang waiting list lebih dari satu, pelayan biasanya akan mencatat nama pengunjung yang lebih dulu sampai. Kamu pun tinggal menunggu hingga namamu dipanggil saat ada meja yang tersedia.

4. Close Bill

Close Bill

Bill merupakan sebuah nota yang berisikan tagihan dari semua makanan dan minuman yang telah dipesan di café atau restoran tersebut. Maka, istilah close bill berarti bahwa orang tersebut sudah selesai melakukan pemesanan dan tidak berniat untuk menambah pesanan makanan atau minuman di restoran tersebut.

Kamu bisa melakukan close bill apabila kamu merasa tidak akan lagi melakukan pesanan lain dalam kunjungan kamu di café atau restoran tersebut. Apabila kamu hendak melakukan close bill, kamu bisa memberi tahukannya pada pelayan atau kasir tempat tersebut.

5. Close Order

Close Order

Sebuah café atau restoran pasti memiliki jam operasional masing-masing. Apabila jam operasional café dan restoran tersebut akan berakhir, biasanya mereka tidak lagi menerima pesanan dari pengunjung yang masih berada di tempat tersebut. Hal ini dinamakan close order atau penutupan pesanan.

Apabila restoran atau café tersebut telah mengumumkan close order, maka itu berarti kamu tidak bisa lagi melakukan penambahan pesanan. Close order biasanya disampaikan oleh pelayan restoran kepada para pengunjung beberapa saat sebelum restoran atau café tersebut akan tutup.

6. Reserved

Reserved

Istilah reserved biasanya digunakan oleh pihak café atau restoran untuk menandai bahwa sebuah meja atau tempat tertentu sudah dipesan atau direservasi oleh seseorang. Biasanya pelayan akan memberikan tanda reserved pada meja yang sudah dipesan. Tanda ini menunjukkan bahwa meja tersebut tidak bisa digunakan pengunjung lain meskipun masih kosong.

Apabila kamu melihat tanda ini di sebuah meja, maka kamu harus mencari meja lain yang masih free. Di beberapa restoran atau café, kamu juga bisa melakukan reservasi dengan menelepon dan memesan terlebih dahulu restoran tersebut. Apabila sudah melakukan reservasi, pihak restoran akan menyiapkan meja sebelum kamu datang ke tempat tersebut.

7. Appetizer

Saat melihat daftar menu makanan di café atau restoran, umumnya kamu akan melihat menu-menu makanan dalam berbagai kategori, salah satunya adalah menu appetizer. Appetizer merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut menu-menu pembuka yang tersedia di café atau restoran tersebut.

Menu-menu appetizer biasanya akan disajikan dengan porsi kecil. Hidangan appetizer dimaksudkan sebagai hidangan untuk pembuka selera dan perangsang nafsu makan sebelum hidangan utama disajikan. Appetizer juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu cold appetizer seperti fruit salad atau hot appetizer seperti croquette atau risoles.

8. Main Course

Setelah menyantap appetizer, umumnya para pengunjung café atau restoran akan lanjut untuk memesan main course. Main course adalah istilah untuk menyebut menu-menu yang menjadi hidangan utama di restoran tersebut. Menu-menu main course biasanya disantap pada waktu makan siang atau makan malam.

Porsi pada hidangan main course akan lebih besar dibanding dengan porsi pada hidangan appetizer. Menu-menu main course juga biasanya beragam. Umumnya satu porsi main course akan terdiri dari karbohidrat seperti nasi, kentang, atau pasta dan dilengkapi dengan protein seperti daging serta dilengkapi sayuran.

9. Dessert

Setelah menyantap main course, hidangan selanjutnya yang biasa disantap saat orang-orang berada di café atau restoran adalah dessert. Dessert merupakan istilah untuk menyebut menu-menu yang menjadi hidangan penutup atau pencuci mulut. Di beberapa tempat, dessert juga dikenal dengan istilah the final course atau the last course. Hidangan dessert biasa berupa sajian manis.

Ada dua macam dessert yang biasa disajikan di berbagai café atau restoran, yaitu cold dessert dan hot dessert. Cold dessert adalah dessert yang disajikan dalam suhu dingin, seperti es krim, pudding, atau mousses. Sementara hot dessert adalah dessert yang disajikan dalam suhu hangat seperti apple pie.

10. Buffet

Buffet adalah istilah yang merujuk pada konsep penempatan makanan di sebuah restoran yang diletakkan pada sebuah meja panjang. Di Indonesia, istilah buffet juga dikenal dengan istilah prasmanan. Pada restoran berkonsep buffet, para pengunjung bisa memilih sendiri menu yang mereka inginkan.

Pada restoran berkonsep buffet, kamu tidak menunggu pelayan datang mengantarkan makanan ke meja, melainkan kamu sendiri yang mengunjungi meja buffet untuk mengambil menu yang kamu inginkan. Biasanya kasir akan menghitung total tagihan saat pengunjung selesai memilih makanan yang mereka ambil dari meja buffet.

Itulah beberapa istilah yang umum digunakan di berbagai café dan restoran. Sebaiknya kamu hafalkan istilah-istilah tadi supaya tidak kebingungan saat berkunjung ke café atau restoran ya! Apakah kamu punya istilah tambahan lainnya yang pernah kamu temui saat berkunjung ke café dan restoran? Beritahu yang lainnya di kolom komentar yuk!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram