10 Makanan Khas Jombang yang Enak dan Wajib Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jombang dikenal sebagai kota santri lantaran banyak pondok pesantren yang berdiri di wilayahnya. Bahkan, KH Abdurrahman Wahid yang merupakan presiden keempat Indonesia dimakamkan di Jombang. Banyak orang dari berbagai wilayah datang ke Jombang untuk berziarah ke makam beliau yang akrab disapa Gus Dur ini.

Selain wisata religinya, Jombang juga terkenal dengan makanan-makanan khasnya yang unik dan hampir sulit ditemukan di wilayah lain. Penasaran dengan makanan khas Jombang yang wajib untuk dicoba? Keluyuran sudah merangkumnya khusus untukmu, lho!

1. Soto Dok

Soto Dok

* sumber: traveltodayindonesia.com

Siapkan jantungmu ketika hendak menyantap soto ‘dok’ khas Jombang. Pasalnya, si penjual akan meletakkan botol dengan sangat keras di atas meja kayu sehingga menghasilkan suara ‘dok’ yang cukup keras. Si penjual soto tidak sedang marah-marah kok, melainkan ini memang merupakan ciri khas penyajian soto khas Jombang.

Soto dok sendiri merupakan soto daging atau jeroan. Umumnya, makanan ini dijual di warung kaki lima, meskipun ada juga yang menjual di depot rumahan. Seporsi soto dok ini dijual mulai harga 10 – 20 ribu rupiah, tergantung lauk yang kamu pilih.

2. Nasi Kikil (Sego Pincuk)

Nasi Kikil

* sumber: netz.id

Masyarakat Kabupaten Jombang lebih familiar dengan nama “Sego Pincuk” ketimbang nasi kikil. Dinamakan Sego Pincuk karena nasinya dibungkus dengan daun pisang yang berbentuk kerucut (pincuk). Sensasi makan di atas daun pisang diklaim lebih nikmat ketimbang menyantapnya di atas piring.

Bagi kamu yang belum tahu apa itu kikil, ini merupakan kulit di bagian kaki sapi. Untuk membuat kikil menjadi lebih empuk dibutuhkan waktu memasak yang cukup lama. Kemudian, kikil akan dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu lainnya.

Pada bagian akhir, kikil akan disajikan bersama dengan nasi putih, orek tempe dan tahu, sayur rebung (bambu muda), dan jeroan yang dimasak bacem. Soal rasa, nasi kikil khas Jombang ini benar-benar mantap!

3. Pecel Rengkek

Pecel Rengkek

* sumber: jombangcityguide.blogspot.com

Di mana biasa kamu menyantap nasi pecel favoritmu? Apakah di warung kaki lima, depot, atau restoran? Kalau kamu berkunjung ke Jombang, kamu wajib mencoba pecel rengkek. Tampilan dan rasanya mungkin sama saja dengan pecel-pecel di wilayah lainnya. Yang membuat makanan ini semakin unik, pedagangnya menjual dengan sepeda atau motor.

Di atas sepeda atau motor si penjual diletakkan sebuah box yang dinamakan rengkek. Penjualnya sendiri biasanya adalah ibu-ibu paruh baya. Mereka akan berjualan secara berkeliling dan kamu bisa memanggilnya untuk membeli nasi pecel yang harganya juga bisa dibilang murah meriah ini.

4. Tahu Pong Gloria

Tahu Pong Gloria

* sumber: jombangcityguide.blogspot.com

Kunjunganmu ke Jombang tidak akan lengkap tanpa mampir ke Tahu Pong Gloria. Tahu goreng dengan cita rasa yang khas ini bisa dijadikan cemilan saat jalan-jalan di Jombang atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Harga tahunya hanya sekitar 40 ribu rupiah per kotak.

Selain tahu goreng yang sudah matang, tempat ini juga menjual tahu mentah dan kerupuk tahu. Tempatnya sendiri sangat sederhana, tetapi tahu di sini benar-benar luar biasa enak. Jika penasaran dengan rasa tahu pong khas Jombang ini, silakan mampir ke tempatnya di Jalan Totok Kerot, Sawahan, Sambirejo, Kec. Sumobito, Kabupaten Jombang.

5. Ketan Merdeka

Ketan Merdeka

* sumber: jombangcityguide.blogspot.com

Pastikan kamu berkunjung kemari pada pagi hari karena Ketan Merdeka ini buka sejak pukul 05:30 pagi dan akan habis sekitar pukul 08:00. Jadi, kalau kamu ingin sarapan dengan menu ketan legit dan nagih ini, kamu harus sampai di sini paling telat pukul 06:00 pagi.

Apa sih keistimewaan Ketan Merdeka? Ini merupakan olahan ketan sederhana, mulai dari ketan hitam dan ketan putih. Namun, rasanya yang legit dan mantap membuat banyak orang ketagihan setelah pertama kali menyantap makanan ini. Ketan Merdeka adalah menu sarapan yang cocok untuk kamu yang tidak terbiasa menyantap makanan berat di pagi hari.

6. Sego Sadhukan

Sego Sadhukan

* sumber: www.idntimes.com

Yang satu ini adalah nasi kucing ala Jombang. Jika di Yogyakarta ada makanan bernama nasi kucing, sego sadhukan ini adalah nasi sejenis yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Jombang. Makanan ini merupakan nasi putih yang diberi lauk orek tahu tempe, mie, dan ikan teri. Kemudian, nasi akan dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Mengingat porsinya sangat sedikit, tentu saja kamu tidak akan kenyang hanya dengan menyantap satu bungkus nasi saja. Kamu perlu mengonsumsi beberapa bungkus sego sadhukan dengan tambahan lauk agar perut jadi lebih kenyang.

7. Onde-onde Kacang Merah

Onde-onde Kacang Merah

* sumber: blog.frameatrip.com

Onde-onde adalah kue yang bisa ditemukan di hampir semua wilayah di nusantara, khususnya Pulau Jawa. Akan tetapi, jika onde-onde lain biasanya diisi dengan kacang hijau, onde-onde khas Jombang ini diisi dengan kacang merah. Alhasil, cita rasanya unik dan beda banget dari onde-onde kacang hijau yang biasa kamu makan.

Untuk menikmati onde-onde kacang merah khas Jombang, kamu bisa membelinya di toko kue tradisional yang ada di Jombang. Ada juga pedagang jajan pasar yang menjajakan kue ini. Nikmati onde-onde kacang merah ini dengan teh hangat agar rasanya lebih mantap.

8. Sop Buntut Bakar

Sop Buntut Bakar

* sumber: www.veroathome.com

Siapa penggemar sop buntut di sini? Olahan buntut sapi berkuah ini memang selalu jadi primadona di mana-mana. Apalagi jika buntutnya berhasil dimasak dengan empuk, tentu rasanya bakal semakin nikmat.

Di Jombang, sop buntut menjadi salah satu makanan khasnya. Hanya saja, sop buntut yang disajikan sedikit berbeda karena buntutnya dibakar terlebih dahulu dan disajikan terpisah dari kuahnya. Buntutnya sendiri dibakar bersama bumbu rahasia sehingga cita rasanya semakin lezat.

Salah satu tempat makan sop buntut bakar paling terkenal di Jombang adalah Rumah Makan & Catering Henny. Lokasinya berada di Jalan Gatot Subroto No. 46, Jelakombo, Kec. Jombang, Kabupaten Jombang.

9. Es Degdur

Es Degdur

* sumber: berangkataja.com

Jombang tak hanya memiliki makanan khas berupa hidangan utama dan snack, ada juga hidangan penutup yang cukup favorit di Jombang, namanya Es Degdur. Bagi yang penasaran dengan namanya, es degdur ini adalah singkatan dari es degan durian.

Es degdur berisi daging kepala muda, air kelapa, dan potongan daging durian. Es yang satu ini sangat nikmat jika diminum pada siang hari. Di Jombang, kamu bisa menemukan warung atau gerobak yang menjual es degdur dengan sangat mudah.

10. Sate Ringin Contong

Sate Ringin Contong

* sumber: jombangcityguide.blogspot.com

Dinamakan Sate Ringin Contong karena pada mulanya si pedagang berjualan di dekat Bundaran Ringin Contong yang menjadi landmark Kabupaten Jombang. Sate Ringin Contong adalah sate kambing berbalut dengan bumbu kacang. Hanya saja, untuk menikmati sate ini sebaiknya kamu juga memesan sop kambingnya karena kombinasi sate dan sopnya sangat istimewa.

Saat ini, ada banyak penjual Sate Ringin Contong di Jombang. Hampir semua pedagang sate ini merupakan pedagang kaki lima. Jadi, kamu tidak bakal kesulitan saat mencari makanan ini.

Itulah 10 makanan khas Jombang yang enak dan wajib untuk dicoba. Jangan lupa untuk menulis rekomendasi makanan khas Jombang lainnya jika ada nama makanan yang belum disebutkan di sini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *