Keluyuran / Kuliner Thailand / Selain Thai Tea, 10 Minuman Khas Thailand Ini Wajib Dicoba!

Selain Thai Tea, 10 Minuman Khas Thailand Ini Wajib Dicoba!

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 April 2019

Kalau ditanya soal minuman khas Thailand, maka Thai Tea menjadi nama pertama yang pasti disebut. Ini tentu tak lepas dari namanya yang kian populer, terutama di Indonesia. Tapi tahukah kamu, kalau Thailand masih punya sederet minuman khas lainnya?

Bila kamu belum tahu, Keluyuran akan memberimu sejumlah list minuman khas Thailand, selain Thai Tea tentunya. Sejumlah list tersebut bisa kamu simak di bawah ini!

1. King Mango Tea

King Mango Tea

Minuman satu ini kini mulai populer di Indonesia. Ini tak lepas dari kelezatan yang terkandung di dalamnya. Sesuai dengan namanya, bahan dasar dari minuman ini adalah buah mangga. Pada minuman ini, buah mangga tak hanya dipakai sebagai bahan utama. Tetapi, juga dijadikan topping pemanis.

Tak perlu repot-repot ke Thailand untuk menikmati minuman ini. Soalnya, minuman ini sudah tersaji di sejumlah kafe atau outlet di Indonesia. Salah satunya adalah Kafe King Mango Thai Paskal yang ada di Mal Paskal 23 Bandung. Alamat lengkap kafe ini sendiri adalah di Jalan Pasir Kaliki No. 25 – 27, Kebon Jeruk, Andir, Kota Bandung.

2. Oliang

Oliang

Bagi kamu pecinta kopi, minuman ini sangatlah kami rekomendasikan. Oliang sendiri merupakan es kopi yang dicampur dengan sejumlah bahan. Dalam secangkir Oliang, terdapat jagung, kedelai, kapulaga, beras, dan biji wijen yang berpadu bersama biji kopi dan es batu. Bagi yang suka kopi manis, minuman ini bisa ditambahkan susu kental atau juga sirup.

3. Cha Manao

Cha Manao

Sama seperti hanya Thai Tea, minuman satu ini juga menjadikan teh sebagai bahan utamanya. Berbeda dengan Thai Tea, Cha Manao tak hanya dibuat dari campuran teh dan susu. Tetapi, juga menggunakan sentuhan perasan jeruk nipis di dalamnya. Hal itu membuat minuman satu ini punya perpaduan manis dan asam yang cukup kuat.

4. Nam Manao

Nam Manao

Seperti minuman sebelumnya, minuman ini juga sama-sama menggunakan perasan jeruk. Bedanya, minuman satu ini memakai perasan lemon sebagai bahan utamanya. Dan tak seperti minuman lainnya, minuman ini tidak menggunakan bahan teh sama sekali.

Pada minuman ini, perasan air lemon diolah dengan mencampurkannya dengan sejumlah bahan. Bahan-bahan tersebut adalah gula, air, es batu, hingga daun mint sebagai hiasan. Minuman ini sangat cocok diminum saat musim panas tiba di Thailand. Atau, untuk menemanimu menyantap makanan khas Thailand yang bercita rasa pedas.

5. Nam Dok Anchan

Nam Dok Anchan

Bisa dibilang, ini adalah minuman khas Thailand yang cukup unik. Keunikan minuman ini bisa dilihat dari warnanya yang amat keunguan. Usut punya usut, minuman satu ini ternyata terbuat dari kelopak bunga telang yang dicampur dengan jus lemon. Perpaduan kedua bahan tersebutlah yang membuat minuman ini bisa berwarna keunguan.

Minuman ini tak hanya cocok sebagai teman makan atau penumpas dahagamu saja. Minuman ini juga cocok untuk kesehatan tubuhmu. Hal itu dikarenakan adanya penggunaan bunga telang yang kaya akan khasiat.

6. Thai Coconut Shake

Thai Coconut Shake

Minuman satu ini tak kalah menarik dari minuman sebelumnya. Minuman ini dibuat dari air dan daging kelapa muda yang diolah dengan diblender dan dicampur susu serta es. Cukup mirip dengan cara membuat milkshake pada umumnya. Penggunaan air dan daging kelapa sebagai bahan utama membuat minuman ini memiliki cita rasa manis sekaligus gurih.

7. Nam Som

Nam Som

Ingin menikmati jus jeruk dengan tampilan dan rasa menarik? Coba saja minuman ini! Berbeda dari jus jeruk pada umumnya, Nam Som dijual dan dikonsumsi dalam kemasan berbentuk botol-botol plastik. Ini membuat Nam Som menjadi jus jeruk yang menarik sekaligus bisa diminum di mana pun dan kapan pun.

Tak seperti jus jeruk lainnya, jus jeruk ini justru tak bercita rasa manis. Nam Som justru didominasi oleh rasa asin. Cita rasa tersebut didapat dari penggunaan garam pada minuman khas Thailand ini. Meskipun asin, minuman ini tetap enak untuk dicoba. Jadi, kamu tak usah khawatir, ya!

8. Pomegranate Juice

Pomegranate Juice

Sesuai namanya, ini adalah sebuah jus dengan bahan dasar buah delima. Buah delima pada minuman ini diperas langsung oleh pembuatnya tanpa proses-proses lainnya. Di Thailand sana, minuman ini biasanya dikemas dalam botol-botol plastik. Minuman ini bisa kamu jumpai di beberapa sudut kota Thailand. Dan bila kamu beruntung, kamu bisa melihat proses pembuatan minuman ini secara langsung dari para penjualnya.

9. Nom Yen

Nom Yen

Di Thailand sana, minuman ini sangat mudah ditemukan. Sebab, penjual minuman ini terhitung banyak di Negeri Gajah Putih tersebut. Keunggulan minuman ini terlihat dari warnanya yang mencolok. Didominasi warna merah muda, minuman ini terlihat begitu menarik dan menggoda untuk diminum.

Warna merah muda pada minuman ini konon berasal dari bahan utamanya. Bahan utama minuman ini adalah sirop salak yang berwarna agak kemerahan. Agar menjadi merah muda, bahan utama tersebut lalu ditambahkan dengan susu segar atau susu kental manis.

10. Nam Matoom

Nam Matoom

Ini adalah minuman khas Thailand yang dibuat dari buah matoom atau maja. Buah maja sendiri punya sejumlah khasiat di dalamnya. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan penyakit pencernaan seperti diare atau pembengkakan lambung. Khasiat tersebut membuat Nam Matoom menjadi minuman yang selain lezat, juga berkhasiat.

Maja sendiri dikenal sebagai buah yang pahit. Namun, setelah diolah jadi Nam Matoom, kepahitan buah maja pun tak akan terlalu kamu rasakan. Jadi, kamu pun bisa menikmati segelas minuman ini tanpa takut merasakan pahitnya maja.

11. Nam Dang-Mu Pan

Nam Dang-Mu Pan

Bagi kamu pecinta buah semangka, maka minuman ini harus kamu coba. Ini adalah jus semangka a la Thailand yang enak dan bertekstur unik. Buah semangka pada minuman ini dibuat dengan cara diblender hingga tak terlalu halus. Setelah itu, diblender lagi dengan es batu namun tidak sampai halus pula.

Cara pembuatan tersebut membuat minuman ini memiliki tekstur agak kasar. Meski kasar, namun minuman ini sangat segar dan enak untuk diminum.

12. Nam Bi Tua

Nam Bi Tua

Selain Nom Yen, ada minuman berkhasiat khas Thailand lainnya yang patut dicoba: Nam Bi Tua. Minuman ini terbuat dari daun Bi Tua atau yang kita kenal dengan alang-alang. Daun alang-alang sendiri punya sejumlah khasiat.

Pada minuman ini, daun alang-alang diolah dengan cara direbus terlebih dulu. Kemudian, dicampur dengan sejumlah bahan, sehingga jadilah Nam Bi Tua yang lezat dan berkhasiat.

Selain Thai Tea, Thailand ternyata punya sejumlah minuman khas lainnya. Dan bila kamu ingin mencoba minuman-minuman tersebut, kamu bisa mencoba sejumlah list minuman khas Thailand yang sudah Keluyuran sampaikan di atas. Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar