Keluyuran / Thailand / 10 Oleh-Oleh Khas Thailand yang Wajib Anda Beli

10 Oleh-Oleh Khas Thailand yang Wajib Anda Beli

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juni 2019

Budget terbatas tapi ingin liburan ke luar negeri? Yuk, berlibur ke Thailand! Negeri Gajah Putih ini merupakan destinasi wisata yang sangat ekonomis. Jika dibandingkan dengan Singapura atau Malaysia, biaya berlibur di Thailand jauh lebih murah.

Thailand menyediakan paket lengkap untuk sebuah perjalanan liburan, mulai dari pusat perbelanjaan, wisata alam, tempat hiburan malam, hingga surga kuliner yang beraneka ragam. Berdasarkan pengalaman kami, dengan uang 2,5 juta rupiah saja Anda sudah bisa berlibur ala backpacker di Thailand.

Jalan-jalan di Bangkok, Pattaya, atau Phuket memang menyenangkan, tapi jangan lupa dengan keluarga atau teman-teman yang ada di Indonesia. Anda bisa berbagi kebahagiaan kepada mereka yang di tanah air dengan membawakan oleh-oleh khas Thailand berikut ini.

10 Oleh-Oleh Khas Thailand yang Harus Dibeli

1. Kaos Thailand

oleh-oleh khas thailand

Membawa buah tangan berupa kaos khas Thailand akan adalah ide yang sangat tepat. Pasalnya, kaos adalah barang yang bermanfaat dan bisa digunakan oleh si penerima oleh-oleh. Anda bisa membeli kaos “I ♥ Thailand” atau kaos dengan gambar gajah dan landmark Thailand lainnya. Jika Anda sedang berada di Pattaya, kaos “I ♥ Pattaya” sebagai oleh-oleh khas Pattaya.

Satu buah kaos untuk anak-anak biasa dijual dengan harga 80 baht atau 30 ribu rupiah, sedangkan kaos untuk dewasa dibandrol dengan harga 100-110 baht atau sekitar 40 ribu rupiah. Sangat murah, bukan? Bila Anda membeli dalam jumlah banyak, Anda dapat meminta diskon dari si penjual.

2. Celana Muay Thai

celana muay thai

Pernah dengan olahraga Muay Thai? Ya, ini adalah olahraga yang berasal dari Negeri Gajah Putih. Bela diri kuno ini memang sangat populer akhir-akhir ini, termasuk di Indonesia. Meskipun Anda tidak bisa melakukan Muay Thai, tetapi Anda bisa membeli celana khas untuk olahraga kickboxing ini.

Celana Muay Thai memiliki tampilan yang unik dan sedikit ‘ramai’. Anda bisa memberikan celana ini kepada sanak keluarga yang ada di Indonesia. Celana ini dijual lebih mahal dari kaos, yakni sekitar 300 baht atau 115 ribu rupiah. Dengan memakainya, Anda pasti akan tampak gagah seperti para atlet kickboxing.

3. Mango Sticky Rice

Khao Niew Ma Muang

Ini adalah dessert khas Thailand yang secara tidak langsung dikenal sebagai oleh-oleh khas Bangkok. Di Bangkok, Anda bisa menemukan Mango Sticky Rice dengan sangat mudah. Orang Indonesia biasa menyebut makanan ini dengan nama Nasi Mangga atau Ketan Mangga karena bahan utamanya menggunakan nasi ketan.

Makanan yang memiliki nama asli Khao Niew Ma Muang ini terbuat dari ketan putih yang legit dan irisan buah mangga segar yang sangat manis. Di Thailand, Anda bisa membeli Mango Sticky Rice di pedagang kaki lima atau kedai yang khusus menjual Ketan Mangga ini. Ini adalah makanan yang wajib dibeli di Bangkok.

Jika Anda ingin membawa Mango Sticky Rice sebagai oleh-oleh belilah makanan ini sesaat sebelum Anda take off dan mintalah si pedagang agar membungkus dengan rapi. Sesampainya di tanah air, segera berikan Mango Sticky Rice kepada keluarga atau teman-teman untuk memastikan kesegarannya.

4. Keripik Durian

Keripik Durian

Salah satu oleh-oleh khas Thailand yang wajib dibeli adalah keripik durian. Keripik ini terbuat dari buah durian asli asal Thailand. Meskipun sama-sama durian, tentu saja durian Thailand memiliki rasa yang berbeda dengan durian yang biasa Anda makan di Indonesia.

Keripik durian adalah snack khas Thailand ini bisa Anda dapatkan dengan sangat mudah. Beberapa minimarket dan toko oleh-oleh di Thailand pasti menjual produk ini. Soal harga Anda tak perlu khawatir karena keripik durian ini dijual dengan harga 65-100 baht atau 25- 40 ribu rupiah saja.

5. Pajangan Dinding Berpayet

Pajangan Dinding Berpayet

Oleh-oleh khas Thailand lainnya adalah pajangan dinding berpayet. Ini adalah kerajinan seni yang menggunakan payet untuk membentuk sebuah gambar dan tulisan yang akan mengingatkan Anda kepada negeri gajah putih ini. Nah, motif pajangan dinding berpayet ini bisa bermacam-macam, tetapi yang paling favorit adalah motif gajah putih yang sangat mencerminkan oleh-oleh khas Thailand.

Pajangan dinding ini dibuat dengan kreativitas tinggi dan sangat hati-hati. Nantinya, pernak-pernik khas Thailand hasil kerajinan tangan ini akan dibingkai agar tidak mudah rusak dan kotor. Setelah itu, pajangan tersebut akan diletakkan di dinding rumah orang yang menerima oleh-oleh Anda ini.

6. Gantungan Kunci / Magnet Thailand

gantungan kunci thailand

Gantungan kunci atau magnet adalah oleh-oleh yang murah dan mudah diperoleh di setiap destinasi wisata. Carilah pernak pernik khas Thailand seperti gantungan kunci berbentuk gajah, Grand Palace, atau Wat Arun. Gantungan kunci banyak dijual dengan harga 100 baht isi 6 buah.

Selain gantungan kunci, Anda juga bisa membelikan magnet dengan peta Thailand atau gambar tempat wisata seperti Phuket. Semakin banyak Anda membeli souvenir Thailand ini, biasanya Anda juga akan memperoleh potongan harga dari si pedagang. Contohnya saja jika Anda membeli magnet dengan harga 40 baht per buah, Anda akan ditawari untuk membeli 3 sekaligus dengan harga 100 baht.

7. Thailand Nestea

Thailand Nestea

Apa itu Thailand Nestea? Nah, Thailand Nestea adalah minuman teh susu dalam kemasan. Minuman ini sangat terkenal di Thailand, lho. Bahkan, ada pula beberapa online shop di Indonesia yang menjual produk ini. Tentu saja akan lebih murah jika Anda membelinya langsung di Thailand dibanding membeli di toko online yang ada di Indonesia.

Thailand Nestea ini dapat dijadikan bingkisan untuk buah tangan. Selain enak, minuman ini juga tentunya sangat kaya akan gizi. Satu pak Thailand Nestea dijual dengan harga 99 baht. Harga ini termasuk murah karena satu pak berisi 12 sachet.

8. Miniatur Tuk Tuk

tuk tuk

Anda pasti tahu bahwa tuk tuk merupakan transportasi umum yang biasa digunakan di Thailand. Tuk tuk ini merupakan perpaduan antara bajaj dan becak. Jadi, bisa dikatakan bahwa Tuk Tuk ini merupakan kendaraan tradisional di negeri gajah putih ini.

Untuk membawakan oleh-oleh khas Thailand bagi keluarga dan sahabat di Indonesia, tak ada salahnya jika Anda membeli miniatur tuk tuk. Miniatur ini memiliki ukuran yang berbeda-beda. Namun, orang yang menerima miniatur tuk tuk ini bisa menjadikannya sebuah pajangan di lemari hias atau di meja kerja Anda. Oleh-oleh antik ini merupakan jenis buah tangan yang cukup favorit dari Thailand.

9. Celana Sarong

Celana Sarong

Celana sarong adalah celana yang biasa dikenakan oleh para wanita di Thailand. Bahan kain dari celana ini sangat adem sehingga membuatnya cocok digunakan untuk bersantai. Di Chatuchak Market Anda bisa menemukan celana ini dengan mudah. Sekedar informasi, Pasar Chatuchak ini merupakan pasar mingguan. Jadi, pasar ini hanya buka saat akhir pekan saja.

10. Sabun Beras

Sabun Beras

Meskipun banyak online shop di Indonesia yang menawarkan produk sabun beras, tapi tak ada salahnya jika Anda membeli sabun beras langsung di negara asalnya untuk dijadikan oleh-oleh. Terdapat banyak varian sabun beras yang bisa Anda dapatkan di Thailand.

Harga dari sabun beras ini cukup terjangkau yaitu sekitar 40 baht sehingga Anda bisa membelinya beberapa buah untuk keluarga dan sahabat di rumah. Sabun beras memiliki aroma yang sangat khas. Di samping itu, sabun beras diklaim dapat memutihkan dan menghaluskan kulit.

11. Snack Cumi-cumi Bento

Snack cumi-cumi atau yang akrab dikenal sebagai dendeng juhi adalah oleh-oleh khas Thailand yang murah, enak, dan wajib dibeli. Merk snack cumi-cumi yang paling terkenal di Thailand adalah Bento. Produk ini bisa diperoleh dengan mudah di supermarket, toko kelontong, dan toko oleh-oleh di Bangkok dan sekitarnya.

Ada tiga varian rasa dari snack cumi-cumi ini, mulai dari yang manis, pedas manis, sampai dengan yang super pedas. Snack ini sangat enak dimakan sebagai cemilan. Bahkan, snack cumi Bento juga sedap jika disantap dengan lauk dan nasi putih.

12. Permen Susu Royal Chitralada

Thailand adalah surganya kuliner. Kita bisa memberikan cemilan atau makanan khas Thailand sebagai oleh-oleh untuk kerabat di tanah air. Salah satu oleh-oleh wajib yang harus Anda beli jika ke Thailand adalah Permen Susu Royal Chitralada.

Permen yang bentuknya bulat-bulat dan sedikit pipih ini memiliki rasa manis susu yang sangat kaya. Kalau tidak suka susu, merk ini juga menyediakan varian cokelat, lho. Apapun variannya, Permen Susu Royal Chitralada adalah oleh-oleh yang murah meriah yang wajib masuk daftar belanja oleh-oleh Anda.

13. Miniatur Gajah Thailand

Anda pasti tahu kan jika Thailand memiliki julukan sebagai negeri gajah putih? Tentu saja oleh-oleh khas Thailand yang sangat mencerminkan ciri khas dari negara ini adalah semua hal yang berbau gajah. Apabila Anda ingin membelikan buah tangan yang cantik dan bisa disimpan jangka panjang, beli saja miniatur Gajah Thailand.

Harga miniatur gajah Thailand ini bervariasi sesuai dengan material dan ukurannya. Hampir di setiap pasar atau toko souvenir pasti menjual miniatur gajah Thailand. Tinggal pilih saja model dan harga miniatur gajah yang paling sesuai dengan keinginan Anda.

14. Kain Sutra Thailand

Hadiahkan barang spesial untuk orang yang memang spesial dalam hidup Anda. Salah satu oleh-oleh khas Thailand yang spesial dan bernilai tinggi adalah Kain Sutra Thailand. Proses menenun kain sutra khas Thailand benar-benar natural dan mengandalkan tenaga manusia. Selain itu, ulat sutranya pun menghasilkan serat protein alami karena menjalani diet ketat daun murbei.

Pemberian kain sutra khas Thailand ini cocok untuk memberikan orang tua, mertua, atau relasi bisnis Anda. Pilihan warna Kain Sutra Thailand juga cukup beragam. Jadi, Anda bisa memberikan beberapa meter kain sutra terbaik sebagai buah tangan yang sangat bernilai.

15. Produk Spa

Thailand terkenal dengan terapi pijat dan spanya yang tidak kalah dengan yang ada di tanah air. Bahkan, aromatherapy dan produk-produk spa dari negara ini juga banyak diburu oleh wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara dari Amerika, Eropa, dan Australia.

Aroma produk spa Thailand yang sangat khas bisa membuat siapapun yang menghirupnya jadu lebih rileks. Jika bingung mencari oleh-oleh khas Thailand yang dikemas secara cantik, beli saja produk spa dari Thailand yang biasanya sudah dikemas dengan mewah dan cocok dijadikan souvenir.

Masih banyak oleh-oleh khas Thailand yang belum dibahas disini, seperti passport cover, tas ala Thailand, dan miniatur bangunan yang merupakan landmark di Thailand, dll. Apakah Anda memiliki ide oleh-oleh khas Negeri Gajah Putih lainnya? Yuk, share dengan kami di kolom komentar agar dapat menjadi inspirasi bagi para pembaca lainnya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “10 Oleh-Oleh Khas Thailand yang Wajib Anda Beli”

  1. sabun beras yg ini namanya emang thai…tapi pabriknya dicurug deket rumah gw…masa gw ke thailand beli ginian ??

    biasanya klo kita travel ke luar negri harus peka juga mana yg barang made in indo sama made in daerah setempat yg beneran oleh2 ??

    • Terima kasih atas masukannya. 🙂

Tinggalkan komentar