Catat! Inilah 8 Oleh-Oleh Khas Bekasi yang Wajib Dibeli

Ditulis oleh Anggie Warsito

Lagi piknik di Bekasi? Bingung mau beli apa sebagai buah tangan nanti? Jangan khawatir! Soalnya, kali ini Keluyuran bakal memberimu sejumlah rekomendasi oleh-oleh dari salah satu kota di Jabodetabek tersebut. Penasaran? Yuk simak saja langsung list di bawah ini.

1. Bandeng Rorod

Instagram

*Sumber: https://www.instagram.com/bandengrorodofficial/

Bila Semarang punya Bandeng Presto, maka Bekasi juga punya bandeng yang tak kalah ikonik. Bandeng Rorod adalah nama bandeng tersebut. Sama seperti Bandeng Presto, bandeng satu ini juga disajikan tanpa tulang dengan isian yang padat. Hanya saja, tulang bandeng pada sajian bandeng ini dikeluarkan dengan cara yang unik.

Pada Bandeng Rorod, tulang bandeng ditarik paksa menggunakan tangan. Teknik tersebut sering dinamai sebagai “Rorod” oleh orang-orang Bekasi. Seiring waktu, teknik “rorod” ini sudah tidak dilakukan secara manual. Kini, teknik “rorod” dilakukan dengan menggunakan mesin khusus yang mampu melepaskan tulang bandeng secara efisien.

Secara isian, ikan bandeng ini punya isian berupa daging bandeng yang dicampur sejumlah bumbu. Di Bekasi, sajian bandeng ini bisa kamu temui di tiap sudutnya. Adapun tempat yang recommended buat membeli bandeng ini adalah toko Bandeng Rorod Mpok Omah. Penjaja Bandeng Rorod yang cukup kesohor ini bisa kamu temui di Jalan Maluku Raya Blok C1 No. 5, Perumnas 3, Aren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.

2. Kue Biji Ketapang

Kue Biji Ketapang

*

Kue ini dinamai demikian bukan karena bahannya yang berupa biji Ketapang. Akan tetapi, bentuk kuenya yang serupa biji Ketapang lah yang menyebabkannya dinamai demikian. Kue ini sendiri berbahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan kelapa parut dan bahan-bahan lainnya. Kue ini biasanya disajikan dalam dua rasa berbeda: manis ataupun asin.

Di Bekasi sana, kue ini lazim sekali dipakai sebagai kudapan di Hari Raya Idul Fitri. Namun, kamu tetap masih bisa membelinya sebagai buah tanganmu nanti. Mau beli? Coba saja datang ke Warung Mpok Nini di Jalan Belanak 2 Ujung No. 57, Perumnas 2, Kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Bekasi, Jawa Barat.

3. Kue Duit

Kue Duit

*

Jika nanti kamu ke Warung Mpok Nini, maka jangan lupa untuk membeli satu oleh-oleh khas lainnya. Kue Duit adalah buah tangan yang dimaksud. Kue Duit merupakan sebuah kue yang berbahan dasar tepung terigu, gula, dan juga telur. Kue ini dibentuk bulat tipis layaknya koin 100 atau 500 Rupiah. Bentuknya yang bulat tipis itulah yang menjadikan kue ini bernama Kue Duit.

Ciri khas lainnya pada kue ini adalah bagan permukaannya yang bermotif unik. motif tersebut membuat kue ini punya daya tarik tersendiri. Kue Duit sangat cocok sebagai oleh-oleh untuk sanak saudaramu yang suka makanan ringan tradisional yang bentuknya mungil.

4. Kue Akar Kelapa

Kue Akar Kelapa

*

Masih ingin membeli kue khas Bekasi lainnya? Coba saja membeli kue satu ini! kue satu ini sebetulnya amat populer di Betawi alias Jakarta. Namun, kue ini juga ternyata ada di daerah sekitar Jakarta, termasuk Bekasi tentunya.

Meskipun berasal dari Betawi/Jakarta, namun Bekasi justru menjadi daerah yang paling produktif menghasilkan kue ini. Kue Akar Kelapa terbuat dari tepung ketan putih yang dicampur wijen, serta berbentuk layaknya akar kelapa. Rasa kue ini umumnya manis. Namun, seiring waktu, rasa kue ini mulai variatif, mulai dari asin hingga rasa gurih.

Kue khas Bekasi ini ternyata juga bisa kamu temui di Warung Mpok Nini. Jadi, kalau kamu nanti ke sana, coba sekalian saja membeli kue ini, selain membeli Kue Duit dan Kue Biji Ketapang.

5. Kue Kembang Goyang Wijen

Kue Kembang Goyang Wijen

*

Sama seperti kue sebelumnya, kue ini juga merupakan kue khas Betawi yang ada di Bekasi. Bahan utama yang dipakai sendiri tak jauh beda dengan Kue Kembang Goyang yang di Jakarta. Letak perbedaannya ada di penggunaan wijen di dalamnya. Adanya bahan tersebut membuat kue ini punya cita rasa yang manis, serta dilengkapi taburan wijen di atasnya.

6. Kue Dongkal

Kue Dongkal

Ini adalah sebuah buah tangan yang bentuknya mirip Awug khas Bandung. Bahan dasar kue ini adalah tepung beras yang diberi campuran kelapa yang diparut, daun pandan, gula pasir, dan gula aren. Di Bekasi, kue ini lazim dipakai sebagai teman minum teh di sore hari.

Bila ingin membeli kue ini, kamu bisa membelinya di tiga tempat berikut ini:

  • Kue Dongkal Rawalumbu, di Jalan Dasa Darma, Bojong Rawalumbu, Bekasi, Jawa Barat.
  • Kue Dongkal Eahayu, Jalan Cemerlang, Jatibening Baru, Jatibening, Pondokgede, Bekasi, Jawa Barat.
  • Kue Dongkal Pak Dono, Jalan Raya Kaliabang Tengah, Bahagia, Babelan, Bekasi, Jawa Barat.\

7. Kue Rangi

Kue Rangi

*

Bila kue sebelumnya berbahan tepung beras, maka kue satu ini bahan dasarnya adalah tepung sagu. Pada kue ini, tepung sagu dicampur dengan parutan kelapa yang agak kasar. Setelah jadi, kue ini lantas diberi siraman cairan gula merah yang manis.

Kue ini bisa menjadi jajanan yang bisa kamu beli di Bekasi. Kamu pun juga amat bisa menjadikannya sebagai buah tanganmu kelak. Ada dua tempat yang bisa kamu datangi untuk membeli kue ini, yaitu:

  • Kue Rangi & Sate Kikil Assoy, Jalan KH. Agus salim No. 185, Bekasi Jaya, Bekasi Timur, Bekasi, Jawa Barat.
  • Seruput Bekasi, Summarecon Mal Bekasi, Downtown Walk Area 110, Jalan Boulevard Ahmad Yani, Marga Mulya, Bekasi Utara, Bekasi, Jawa Barat.

8. Kue Jalabia

Kue Jalabia

Oleh-oleh terakhir yang bisa kamu bawa dari Bekasi adalah Kue Jalabia. Kue ini berbentuk layaknya donat, sehingga banyak yang menjulukinya sebagai donatnya Bekasi. Ciri khas lainnya pada kue ini adalah warnanya yang agak kehitaman. Kue Jalabia sendiri berbahan dasar tepung ketan hitam yang dicampur tepung beras, kelapa, santan, dan gula merah.

Penjual kue satu ini kini tergolong sedikit. Salah satunya yang masih bertahan adalah Bang Jali. Pria yang dulunya seorang kuli bangunan ini menjual kue jalabira di sekitaran Jalan Mochtar Thabrani, Perwira, Bekasi Utara, Bekasi Jawa Barat.

Beliau menjual kue ini dengan memakai gerobak buatannya sendiri. Pelanggan kue Jalabia Bang Jali sendiri lumayan banyak. Jadi, kalau tak mau kehabisan, cobalah untuk mendatangi gerobaknya sepagi mungkin, ya!

Bekasi tak hanya sekadar tempat wisata. Kota yang masuk daerah Jabodetabek ini sendiri punya sejumlah buah tangan yang bisa kamu beli. Adapun delapan di antaranya sudah kami jelaskan di atas. Jadi, kamu tak perlu bingung lagi mau beli oleh-oleh apa saat di Bekasi nanti.

Oh ya, di antara delapan oleh-oleh di atas, mana yang menurutmu menarik? Yuk beri tahu kami di kolom komentar! Kalau kamu ingin membeli kue di Bekasi, baca artikel toko kue di Bekasi ini untuk mencari referensinya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram