10 Rekomendasi Taman di Jakarta Selatan, Liburan Murah Meriah

Dulu, untuk rekreasi di taman di tengah kota masih cukup sulit. Sekalipun ada, tamannya kurang terawat. Namun sekarang, pemerintah sudah lebih serius dalam mempercantik taman di tengah-tengah kota sehingga masyarakat bisa menikmati waktu senggangnya di taman kota tanpa harus pergi jauh dari rumah.

Di DKI Jakarta, sudah banyak taman-taman yang dibuat maupun yang direnovasi. Semuanya memiliki keistimewaannya tersendiri. Untuk kamu yang tinggal di daerah Jakarta Selatan, mungkin sudah pernah kesini. Tapi, buat yang belum tahu, yuk, cek rekomendasi Keluyuran berikut ini!

1. Taman Tangkuban Perahu

  • Alamat: Tangkuban Perahu No. 1, RT 5/RW 1, Guntur, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12980
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Telepon: -
  • Harga Tiket: Gratis

Taman yang satu ini berada di dalam perumahan, tepatnya berada di Tangkuban Perahu No. 1, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan Ada area playground yang bisa dinikmati oleh anak-anak.

Serta jalan setapak yang bisa digunakan sebagai track jogging maupun bersepeda. Tamannya cukup teduh dan bersih, karena pengunjung diwajibkan menjaga kebersihan juga. Taman ini juga berdekatan dengan masjid, jadi memudahkan pengunjung untuk beribadah.

Untuk kamu yang datang kesini untuk sekedar jalan-jalan atau berolahraga, tidak usah khawatir akan kelaparan atau kehausan karena banyak pedagang yang menjajakan dagangannya di sekitar area taman. Area parkir juga memadai. Dan, kamu tidak dipungut biaya untuk masuk ke taman ini.

2. Taman Tebet

  • Alamat: Jl. Tebet Barat Raya No. 49C, RT 10/RW 4, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 6 pagi - 9 malam
  • Telepon: 0899-7171-702
  • Harga Tiket: -

Dulu namanya adalah Taman Honda, namun setelah dikelola oleh pemerintah berganti nama menjadi Taman Tebet. Saat ini, sedang dalam tahap revitalisasi untuk menjadi Tebet Eco Garden.

Seperti yang terlihat di foto, sudah dibangun Infinity Connecting Bridge yang menjadi akses jalan dari Taman Tebet Selatan ke Taman Tebet Utara.

Sungai yang berada di area taman pun sedang dilebarkan untuk bisa menjadi kolam untuk penampungan air hujan. Taman ini merupakan bagian ketiga dari program Taman Maju Bersama (TMB) setelah TMB Mataram dan TMB Puring.

Dengan mengusung konsep memaksimalkan fungsi ekologi, ruang sosial, edukasi dan rekreasi, rencananya, taman ini akan dibagi menjadi 8 area.

Thematic Garden, Forest Buffer, Community Garden, Link Bridge, Plaza, Wetland Boardwalk, dan Children Playground adalah pembagiannya. Jadi tidak sabar menunggu semuanya rampung!

3. Taman Mataram

Taman Mataram_Sumber: twitter.com
  • Alamat: Jl. Sisingamangaraja, RT.2/RW.1, Selong, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12110
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Telepon: -
  • Harga Tiket: Gratis

Di Jl. Sisingamangaraja ada public park bernama Taman Mataram. Sebuah ruang terbuka hijau yang asri, sejuk, dan bersih. Dilengkapi dengan area bermain anak, track untuk jogging atau sekedar jalan-jalan. Serta, dilengkapi pula dengan area gym minimalis yang bisa digunakan oleh siapa saja.

Tersedia kursi di setiap penjuru taman, ada juga yang dilengkapi dengan kanopi, loh. Buat yang membawa kendaraan pun tidak perlu repot, karena sudah ada area parkir yang luas. Disediakan juga toilet yang bersih, dan free WiFi. Buat yang suka baca, ada book station yang bisa kamu kunjungi.

4. Taman Langsat

  • Alamat: Jl. Barito, RT.1/RW.1, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Telepon: -
  • Harga Tiket: Gratis

Taman Langsat berada tepat di seberang Taman Ayodya. Lokasinya cukup berdekatan dengan Pasar Burung Barito dan Pasar Mayestik. Taman ini tidak memungut biaya tiket masuk, tapi jam kunjungan dibatasi dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore saja.

Taman yang diresmikan pada tahun 2010 ini, difasilitasi dengan arena rekreasi yang menyenangkan. Di taman ini, kurang lebih ada 500 jenis tanaman hias maupun pepohonan langka. Di sini ada Gedung Bina Taman, sehingga pengunjung bisa menambah pengetahuan mengenai bibit tanaman.

Terdapat danau kecil serta sungai buatan, yang ditanami dengan tanaman bunga teratai di permukaannya. Karena banyak pohon rindang, kamu bisa berpiknik di area taman ini juga, loh.

Ada jalan setapak dengan paving blok yang bisa digunakan untuk jogging, ada spot untuk refleksi kaki, dan lapangan bulu tangkis. Area playground untuk anak-anak juga ada. Namun, karena di sekitar area taman ini tidak ada penjual makanan, sebaiknya kamu membawa bekal sendiri, ya.

5. Taman Ayodya

  • Alamat: Lembaga Pendidikan Sukses Internasional. Jalan Lamandau III No. 7, RT 4/RW 7, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Telepon: -
  • Harga Tiket: Gratis

Dulu, tempat ini merupakan pasar ikan. Namun sekarang, lahan seluas 7500 meter ini telah menjadi sebuah taman yang asri, namanya Taman Ayodya atau lebih dikenal dengan sebutan Taman Ayodya Barito.

Di sini, ada kolam yang cukup besar dengan beberapa air mancur di tengahnya. Disekelilingnya ada taman dengan tempat duduk dan juga gazebo.

Lampu-lampunya terlihat cantik di malam hari. Jalan setapaknya pun dibuat ramah untuk penyandang disabilitas serta ada toilet khususnya juga.

Buat yang suka jogging, juga bisa menikmati udara yang segar dan sejuk di sini. Ada area playground yang cukup luas untuk dinikmati anak-anak, dan spot gym sederhana yang bisa dipakai oleh publik.

6. Taman Tabebuya

Taman Tabebuya_Sumber: dolanyok.com
  • Alamat: Jalan Muhammad Kafi No. 1, RT 1/RW 2, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 7 pagi - 5.30 sore
  • Telepon: -
  • Harga Tiket: Gratis

Taman Tabebuya adalah salah satu taman dengan banyak spot yang Instagramable. Tamannya sangat asri, bersih, dan sejuk. Ada area bermain untuk anak-anak, dan memberi makan ikan, namun harus membawa sendiri pakannya, ya. Tersedia jalur bersepeda dan jogging.

Bahkan hanya untuk sekedar duduk-duduk di area taman, pun, cukup menyenangkan. Menghirup udara segar di pagi hari, atau menghilangkan penat setelah bekerja bisa kamu lakukan di sini.

Atau mungkin, untuk mau cari inspirasi, datang saja ke sini. Taman ini memang buka setiap hari, tapi hanya dari jam 7 pagi sampai jam setengah enam sore saja, ya.

7. Taman Spathodea

  • Alamat: Gg. Kriep No.13, RT.13/RW.5, Jagakarsa, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12620
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 5 pagi - 5 sore
  • Telepon: -
  • Harga Tiket: Gratis

Taman yang satu ini tak kalah cantiknya dengan taman-taman yang lain di sekitar Jakarta Selatan. Taman Spathodea terletak di Gg. Kriep No. 13. Taman ini dibuka setiap hari dari jam 5 pagi sampai jam 6 sore.

Seperti taman yang lainnya, di sini juga ada area playground, dan sarana olahraga seperti outdoor gym, dan track untuk jogging atau bersepeda. Warga lanjut usia pun bisa ikut menikmati taman ini.

Selain itu, ada kolam ikan yang ikan-ikannya boleh kamu beri makan, tapi ikannya tidak boleh dibawa pulang, ya. Tersedia juga fasilitas toilet dan lahan parkir.

8. Taman Puring

  • Alamat: LBUK Taman Puring. Jalan Kyai Maja, RT.7/RW.1, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 9 pagi - 5 sore
  • Telepon: (021) 99147441
  • Harga Tiket: Gratis

Anak-anak pasti suka kalau diajak ke Taman Puring. Karena di sini adalah teman wisata yang ramah anak. Terdapat area playground modern seperti panjat dinding, cargo net climbing, perosotan, ayunan, dan rocking elephant.

Ada trek untuk jalan di atas area bermain yang tentunya aman karena dikelilingi oleh pagar, asyiknya lagi, ada arena skateboard juga! Tapi, bisa dibilang tidak lengkap karena tak ada arena jogging. Tips: jangan lupa bawa baju ganti untuk anak-anak, karena ada area air mancur serunya di sana!

9. Taman Swadharma

Taman Swadharma jakarta_Sumber: mapsus.net
  • Alamat: Jalan Swadarma 6 No. 21, Pesanggrahan, RT 6/RW 4, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12260
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 6 pagi - 5 sore
  • Telepon: -
  • Harga Tiket: Gratis

Taman ini buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore. Berdekatan dengan RPTRA yang dilengkapi dengan playground yang pastinya  anak-anak akan antusias bermain di sana.

Tamannya cukup asri, ada tempat duduk atau buat yang mau piknik juga bisa. Di dalam taman, ditanami berbagai pepohonan dan tanaman bunga yang cantik.

Serta disediakan spot foto yang instagramable, loh. Selain itu, difasilitasi dengan toilet, track jogging, lapangan futsal, lapangan bulu tangkis, lapangan basket, outdoor gym, mushola, dan kantin. Dan, ada track refleksi kaki dengan jalur yang cukup panjang.

10. Taman Margasatwa Ragunan

  • Alamat: Markas Bonbin. Jalan Harsono RM No. 1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Jam Operasional: Selasa - Minggu jam 7 pagi - 2 siang, Senin tutup
  • Telepon: (021) 78847114
  • Harga Tiket: Anak-anak Rp3.000, Dewasa Rp4.000

Taman yang satu ini memang sudah ada sejak tahun 1864, atau lebih dikenal dengan sebutan Kebun Binatang Ragunan. Selain taman, disini juga ada beragam jenis satwa yang bisa kamu kunjungi.

Namun, untuk sekarang jumlah pengunjungnya dibatasi. Serta jam buka hanya dari jam 7 pagi sampai jam 2 siang, dan libur pada hari Senin.

Untuk tiket masuk, kamu wajib daftar online H-1 melalui tautan bit.ly/PesantiketTMR. Tapi, pembayaran tiket tetap dilakukan di pintu masuk, ya.

Kamu juga sudah harus vaksin Covid-19 minimal dosis yang pertama, juga berlaku untuk anak usia 6-12 tahun. KTP luar Jakarta, sudah bisa masuk taman ini, begitu juga untuk ibu hamil serta tidak ada batasan usia.

Di Taman Margasatwa Ragunan terdapat beraneka ragam flora dan fauna. Serta ada Pusat Primata Schmutzer, taman refleksi, taman satwa anak, dan sarana rekreasi lainnya.

Kamu bisa berpiknik dengan keluarga di area taman, atau melihat gajah, komodo dan gorila diberi makan pada jam-jam tertentu.

Nah, itulah 10 rekomendasi taman di Jakarta Selatan yang bisa kamu kunjungi. Namun, dalam kondisi pandemi saat ini, kamu wajib menaati protokol kesehatan, ya.

Jaga kelestarian alam dan lingkungan. Serta buang sampahmu sendiri ke tempat yang sudah disediakan ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram