Pulau Putri, Pulau Cantik Tawarkan Bawah Laut Dekat Jakarta

Ditulis oleh Dhini Oktavianti - Diperbaharui 23 November 2021

Kepulauan Seribu menjadi salah satu tempat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga maupun teman. Ada beberapa pulau yang menjadi rekomendasi berlibur tanpa harus jauh dari Jakarta. Kalau kalian mungkin sudah familiar dengan Pulau Tidung, Pulau Macan, Pulau Bidadari, maupun Pulau Pari untuk dikunjungi, saatnya pindah ke Pulau Putri.

Pulau Putri memiliki banyak hal yang bisa kamu dapatkan yang tidak ada di pulau lain di Kepulauan Seribu. Ini adalah pulau tak berpenduduk sehingga seluruh pulau dengan luas sekitar 8 hektar bisa dinikmati. Bahkan beberapa titik terasa vibe Pulau Komodo. Makin penasaran? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Inilah 10 Tempat Indah yang Mirip Maldives di Indonesia

Spot Menarik di Pulau Putri

Ada beberapa spot menarik yang bisa kamu kunjungi saat di Pulau Putri, beberapa tempat itu adalah:

  •  Snorkeling
Snorkeling

Saat berada di pulau, menikmati bawah laut wajib hukumnya. Bila beberapa pulau di Kepulauan Seribu lebih condong kegiatan snorkeling, berbeda dengan Pulau Putri. Di sini, kamu bisa snorkeling maupun diving. Tentu saja spotnya berbeda. Tetapi pemandangan bawah laut yang dirindukan pun akan terobati.

Lokasi Pulau Putri yang cukup jauh dari pulau Jawa bisa membantumu menikmati pemandangan laut dengan jarak pandang cukup jauh. Tak usah takut bila tak membawa alat snorkel, kamu bisa menyewa kepada pengelola.

Saking mudahnya snorkeling di sini, hanya dekat dermaga pun bisa langsung menceburkan diri. Terumbu karang dan ikan bawah laut menjadi daya tarik tersendiri untuk berpetualang di bawah laut. 

  • Undersea Tunnel Aquarium
Undersea Tunnel Aquarium

Satu-satunya pulau di Kepulauan Seribu yang memiliki spot menarik satu ini. Undersea Tunnel Aquarium adalah  sebuah lorong bawah laut dalam berbentuk kaca. Dengan menggunakan ini, kamu bisa menikmati keindahan bawah laut tanpa harus basah atau ganti baju. Bisa juga sebagai alternatif bila tak jago berenang. Ada terumbu karang serta ikan-ikan yang bisa dikagumi.

Lokasinya masih di Pulau Putri. Untuk menuju ke Undersea Tunnel Aquarium, kamu perlu mencari patung Pulau Putri yang berseberangan dengan kantor pengelola. Tempatnya tak jauh dari patung tersebut bahkan bisa dikatakan bersebelahan. Panjangnya sekitar 100 meter jadi tak akan membuatmu bosan.

  • Glass Bottom Boat
Glass Bottom Boat

Ada banyak cara menikmati keindahan bawah laut di Pulau Putri. Selain snorkeling, diving, maupun Undersea Tunnel Aquarium, bisa memilih Glass Bottom Boat. Glass Bottom Boat adalah aktivitas yang perlu kamu lakukan dengan menaiki kapal. Kapal ini berkapasitas maksimal 30 orang.

Ada ruang duduk penumpang kemudian terdapat bangku duduk. Sekelilingnya adalah dinding kapal dipasang jendela dengan kaca tebal. Nah, kaca di dinding kapal bisa tembus pandang langsung ke laut. Sembari menikmati keindahan laut dari atas  kapal juga bisa menikmati bawah laut dari kapal.

  • Sunset Cruise
Sunset Cruise

Selain bawah laut, menikmati pemandangan matahari terbenam menjadi agenda yang wajib dilakukan saat kamu berada di pulau. Kalau kamu terbiasa menikmati matahari terbenam dari tempat penginapan atau mungkin pinggir pantai, kali ini bisa mencoba sensasi lain.

Sensasi menikmati matahari terbenam dari kapal atau cruise bisa menjadi pilihan. Kalau ini salah satu dream list bisa dicoret saat kamu berada di Pulau Putri.

Sebelum menikmati matahari terbenam, kamu akan berkeliling ke Pualu terdekat dari Pulau Putri. Kemudian kamu akan mendapatkan pengalaman sunset di atas kapal. Perjalanan Sunset Cruise ini dilakukan kurang lebih selama 60 menit. Menarik, bukan?

  • Mini Waterboom dan Kolam Renang
Mini Waterboom dan Kolam Renang

Satu lagi yang bisa kamu nikmati saat berada di Pulau Putri adalah berenang dengan berbatasan langsung ke laut. Bahkan ada Mini Waterboom yang bisa kamu coba. Siapkan adrenalin dan keberanianmu ya. Dijamin, pengalaman ini tak akan terlupakan. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat beberapa penangkaran dan juga hewan-hewan lain seperti biawak serta belut.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket dan Jam Operasional

Bila kamu berpikir untuk menikmati keeksotisan Pulau Putri, luangkan waktu minimal satu hari. Ini karena perlu itinerary atau provider yang membantu kamu jalan dari Pantai Marina ke Pulau Putri.

  • Harga Tiket Masuk: mulai dari Rp 750.000 untuk anak usia 2-9 tahun dan Rp 1.000.000 untuk dewasa
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08.00 WIB dari Marina Ancol Dermaga 9 dan 14.00 WIB dari Pulau Putri

Untuk ke Pulau Putri, kamu memang perlu mencari provider yang terkontrak dengan Pulau Putri. Ini karena mereka sudah punya jadwal sendiri sekaligus fasilitas kesenangan yang bisa dinikmati di sana. Harga tiket masuk yang dikenakan berbeda. Namun, sebenarnya ini bukan hanya tok tiket masuk. Ada beberapa di dalamnya yang termasuk.

Misalnya saja kamu ingin one day trip ke Pulau Putri, bisa menyiapkan budget sekitar Rp 750.000 untuk anak usia 2-9 tahun dan Rp 1.000.000 untuk dewasa. Biaya ini sudah termasuk dengan Boat Round Trip (Marina-Pulau Putri-Marina), makan siang, Undersea Aquarium, dan Glass Bottom Boat. Beberapa provider menambahkan berenang di kolam renang dan Water Boom.

Fasilitas

Fasilitas
  • Toko Suvenir. Tenang saja, ada tempat menjual oleh-oleh yang berkaitan dengan Pulau Putri. Tempatnya berada di dalam kantor pengelola. Kamu hanya perlu masuk lalu memilih souvenir yang diinginkan untuk dibawa pulang. Jangan lupa membawa uang cash ya.
  • Tempat Makan. Di Pulau Putri kamu tak perlu khawatir kelaparan. Ada tempat makan atau restoran yang berada di atas laut. Untuk menuju ke sana, kamu perlu menuju kantor pengelola. Lalu jalan ke dermaga di seberang kantor. Ikuti saja deck karena lokasinya ada di atas laut. Ciri-cirinya berbentuk gazebo besar.
  • Lahan Parkir. Tak ada lahan parkir untuk mobil atau motor. Hanya dermaga untuk kapal. Namun, kamu bisa memarkirkan kendaraan dengan aman di area parkir di dermaga Pantai Marina Ancol. Tentu saja, tarif yang berlaku disesuaikan dengan pengelola dari Ancol.
  • Fasilitas lain. Fasilitas lain seperti toilet dan mushola disediakan secara lengkap. Kamu hanya cukup bawa diri, pakaian sendiri, dan kebutuhan esensial sendiri. 

Alamat dan Akses Transportasi ke Pulau Putri

Alamat dan Akses Transportasi ke Pulau Putri

Ada dua pilihan untuk mengakses Pulau Putri. Kamu bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Yang penting, kamu mengetahui tujuanmu ke Ancol.

  • Alamat: Pulau Putri, Kepulauan Seribu
  • Telepon: (021) 6903573

Sebelum sampai ke Pulau Putri, kamu perlu menuju ke dermaga 9 Pantai Marina di Ancol. Menggunakan angkutan umum pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunakan TransJakarta dengan rute akhir Halte Ancol. Transjakarta nomor 5 Kampung Melayu - Ancol, 5D PGC 1 – Ancol, 5E Kampung Rambutan - Ancol, dan 5H Harmoni – Ancol bisa kamu pilih.

Dari Halte TransJakarta Ancol, kamu bisa keluar dari Halte lalu jalan kaki sedikit ke Dermaga Pantai Marina. Namun, kamu juga bisa menaiki Bus Wara Wiri lalu turun di Pantai Marina menuju Dermaga 9. Usahakan datang sebelum jam 8 pagi agar tak terlewat kapal menuju Pulau Putri.

Bila datang menggunakan kendaraan pribadi, kamu perlu masuk ke Jalan Tol Jakarta Inner Ring Road atau Tol Cawang yang menuju Ancol. Kemudian ambil exit di Ancol-Seneng/ Gn.Sahari/ Mangga Dua.

Lanjutkan perjalanan ke Jalan Lodan Raya,ambil Jalan Pelabuhan Ratu lalu ke Jalan Pantai Indah. Pada bundaran, ambil exit pertama yang langsung menuju ke Dermaga. Ciri-cirinya adalah banyaknya boat yang bersandar di dermaga.

Tempat Menginap di Pulau Putri

Tempat Menginap di Pulau Putri

Tentu saja, kalau kamu ingin menikmati semua hal yang ditawarkan Pulau Putri bisa memilih menginap setidaknya satu malam. Pulau Putri memiliki penginapan berbentuk cottage. Tentu saja pemandangan laut menjadi nilai jualnya. Namun, cottage yang ada tak berbatasan langsung dengan laut.

Untuk menginap di sini, kamu bisa menghubungi provider Pulau Putri dan memilih paket menginap 2 hari satu malam atau 3 hari dua malam. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan. Dengan paket itu, sudah termasuk menginap di cottage, makan, dan menikmati berbagai fasilitas dan kegiatan menarik di Pulau Putri.

Cottage Pulau Putri (Provider Sheila Tour)

  • Alamat: Lobby Hotel Discovery Ancol, Jalan Lodan Timur Nomor 7, Ancol, Jakarta Utara
  • Telepon: (021) 6903573

Siap untuk menghabiskan waktu di Pulau Putri? Jangan lupa membawa kamera dan charger nya agar momen berharga di sini tidak terlewatkan.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram