8 Tempat Nongkrong di Dekat Stasiun Bogor yang Nyaman

Ditulis oleh Siti Hasanah

Stasiun Bogor merupakan salah satu stasiun tertua yang ada di Indonesia. Stasiun ini dibangun pada masa penjajahan Belanda melalui perusahaan KA SS sekitar tahun 1881.

Stasiun ini ditetapkan sebagai salah satu bangunan bersejarah pada tahun 2007. Pesona stasiun KA bergaya Neoklasik ini tidak hanya terletak pada sejarahnya yang panjang. Ada banyak hal menarik yang bisa ditelisik dari tempat ini.

Salah satunya yakni fakta bahwa di sekitar stasiun Bogor terdapat banyak tempat nongkrong asyik untuk bersantai. Ketika kamu melangkahkan kaki dari stasiun ini, kamu akan mendapati rupa kota yang sibuk dengan beragam tempat hiburannya. Nah, ini dia beberapa tempat nongkrong yang tidak jauh dari Stasiun Bogor.

1. Third Wave Coffee Co

Third Wave Coffee CoSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Prof. Dr. H. Andi Hakim Nasoetion No.1, Rt.02/Rw.05, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor
  • Jam Buka: 10.00 - 22.00
  • Telepon: (0251) 8575930
  • Harga: Mulai dari Rp 20.000

Tempat nongkrong di Kota Hujan tidak lagi terbatas. Di masa ini banyak sekali tempat-tempat baru bermunculan untuk mengakomodasi anak nongkrong. Salah satunya tempat nongkrong favorit di Kota Bogor adalah Third Wave Coffee. Letaknya yang tidak jauh dari Stasiun Bogor membuat tempat ini mudah ditemukan.

Third Wave Coffee punya tempat yang nyaman. Ruangannya ditata sedemikian rupa sehingga memberikan kenyamanan pada siapa saja yang ingin berlama-lama di sini. Melihat kondisi ruangan, menu ala barat yang dihidangkan, tempat ini pasti cocok dengan selera kaum milenial.

2. Maraca Books & Coffee

Maraca Books & CoffeeSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Jalak Harupat No.9a, RT.05/RW.04, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor
  • Jam Buka: 08.00 - 22.00
  • Telepon: 0895-1558-3873
  • Harga: Mulai dari Rp 20.000

Maraca punya dua cabang di Bogor, yakni di Jalan Jalak Harupat, tak jauh dari stasiun Bogor, dan di sekitar Taman Kencana. Maraca di Jalan Harupat mempunyai lokasi yang strategis dan merupakan persinggahan yang nyaman saat akan melanjutkan perjalanan. Tempa ini punya ruangan yang luas dengan desain modern minimalis.

Maraca sangat meminimalkan penggunaan plastik. Oleh sebab itu, di sini tidak ada sedotan plastik dan alat makan plastik lainnya. Sebagai gantinya kamu bisa membeli sedotan stainless steel yang bisa kamu pakai berulang-ulang.

Bagian depan Maraca terdapat kursi dan meja besar yang ditempatkan untuk pemakaian bersama. Jangan kaget jika kamu duduk di sebelah pengunjung lain yang tidak kamu kenal. Kalau soal menu, di Maraca, kopi adalah menu utamanya. Ada banyak sajian kopi single origin dan kopi kekinian yang bisa kamu coba.

3. Baked And Brew Coffee & Kitchen

Baked And Brew Coffee & KitchenSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Salak No.6, Rt.05/Rw.04, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor
  • Jam Buka: 08.00 - 21.00
  • Telepon: 0812-1301-0393
  • Harga: Mulai dari Rp 25.000

Teras belakang Baked and Brewed Coffee & Kitchen adalah salah satu area favorit para pengunjung. Area semi outdoor ini dilindungi kanopi sehingga tidak akan kebasahan saat hujan turun. Lalu, bagian sampingnya pun dibuat nyaman agar pengunjung dapat leluasa menikmati waktu di café ini.

Seperti namanya, tempat ini menyajikan berbagai jenis kopi dengan teknik penyeduhan yang beragam. Lalu, ada pula makanan dan minuman non-kopi yang bisa kamu pesan jika kamu menyukai minuman berbasis kopi.


Oh ya, tempat ini juga menyediakan air putih gratis. Kalau-kalau kamu kenyang minum kopi, kamu bisa minta air putih untuk menetralkannya.

4. Kemenady Coffee and Co-Working Space

Kemenady Coffee and Co-Working SpaceSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Pengadilan No.23b, Rt.05/Rw.03, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor
  • Jam Buka: 08.00 - 21.00
  • Telepon: 0857-7688-5974
  • Harga: Mulai dari Rp 20.000

Desain ruangan yang cantik adalah nilai plus dari Kemenady Coffee and Co-Working Space. Sejatinya, tempat ini adalah kedai kopi merangkap working space yang mungil tapi punya atmosfer yang hangat. Jadi kalau kamu sedang banyak deadline dan tidak mau diganggu, kamu bisa sewa salah satu tempatnya dan tenang mengerjakan pekerjaanmu.

Selain menyajikan kopi-kopi premium dan dessert lezat, Kemenady juga sering mengadakan workshop dan talkshow lho. Ada banyak topik menarik yang diangkat di acara-acara tersebut. Kamu bisa dapatkan informasi tersebut melalui Instagram mereka.

Baca juga: 9 Kuliner dekat Stasiun Bogor yang Murah dan Enak

5. KUKI café

KUKI caféSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Halimun No. 6, Bogor Tengah, Bogor
  • Jam Buka: 11.30 – 24.00
  • Telepon: 081283439192, 081289073278
  • Harga: Mulai dari Rp 17.000

Melihat letak kafe yang tersembunyi, kafe ini pantas disebut sebagai hidden gem di Jalan Halimun. Sedikit berjalan kaki dari stasiun, kamu akan mendapat tempat yang tertutupi rimbunnya pepohonan yang jadi pagar pembatas kafe dengan jalan raya.

Ketika melangkahkan kaki ke dalam ruangan kafenya, kamu akan disambut dengan suasana yang hangat dan ruangan estetik bergaya modern.

KUKI Café punya menu-menu lezat yang bisa kamu pesan untuk teman nongkrong, yakni cake, pastry, gelato dan makanan lainnya. Kopi di sini pun lezat. Area belakang KUKI Café punya spot foto yang estetik, cocok untuk ber-selfie dan membuat video cinematic ala-ala anak Instagram.

6. NIJI Coffee Bar

NIJI Coffee BarSumber: nstagram.com
  • Alamat: Jl. Mayor Oking No.5, Rt.04/Rw.06, Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor
  • Jam Buka: 08.00 - 21.00
  • Telepon: 0888-2337-266
  • Harga: Mulai dari Rp 12.000

Untuk menemukan tempat ini, kamu bisa keluar dari pintu stasiun di dekat area parkir kendaraan stasiun. Dari arah ini, kamu akan mudah menemukan lokasi NIJI Coffee.

Bangunan mungil ini tampak manis dengan dominasi warna pastel yang lembut. Tempat duduknya menggunakan meja bundar yang sering digunakan di kafe-kafe modern. Tampak serasi dengan gaya desain ruangannya.

Untuk kamu yang tengah kelelahan menempuh perjalanan panjang naik kereta, kamu bisa segarkan kembali tubuh yang letih dengan secangkir kopi di sini. Ada berbagai sajian kopi nikmat berbagai jenis yang tersedia. Lengkapi acara minum kopimu dengan camilan pendamping seperti donat dan kue-kue manisnya.

7. KOBA Coffee.id

KOBA Coffee.idSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Paledang No. 41, Rt.01/Rw.02, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor
  • Jam Buka: 08.00 - 22.00
  • Telepon: 0812-9713-8000
  • Harga: Mulai dari Rp 23.000

Kedai kopi ini baru dibuka tahun 2019 lalu, masih tergolong baru di kota Bogor. Kehadiran tempat ini membuat pilihan tempat nongkrong di sekitar Stasiun Bogor lebih bervariasi.

KOBA Coffee menempati sebuah bangunan klasik bergaya Belanda. Suasana tenang langsung terasa ketika kamu melangkahkan kaki ke ruangan dalamnya. Di sini juga terdapat private room lho.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram