10 Roti Bakar Legendaris dan Terkenal di Bandung

Ditulis oleh Suci Maharani R

Roti bakar khas Bandung punya ciri khas tersendiri, yaitu rotinya yang lembut dan toppingnya yang beraneka ragam. Ada rasa manis, asin dan gurih yang bikin ketagihan.

Roti bakar ini sangat pas dinikmati saat malam, apalagi kalau cuacanya dingin. Kamu bisa menambahkan minuman hangat seperti kopi, teh atau susu untuk menemani roti bakar Bandung. Duh, jadi lapar, nih.

Kalau kamu penasaran dengan roti bakar Bandung, Keluyuran punya beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi. Tempat-tempat ini menyajikan roti bakar yang lezat dan menggugah selera. Mau tahu di mana saja? Simak daftar berikut ini.

1. Roti Gempol

Roti Gempol_

Roti Gempol merupakan tempat makan roti yang legendaris di Bandung. Nama tempat ini sudah sangat terkenal di penjuru kota Bandung, bahkan hingga orang luar kota pun banyak yang rela datang jauh-jauh untuk mencicipi Roti Gempol

Jenis roti di sini berbentuk kotak yang super gendut! Kamu bisa memilih, mau roti polos putih atau roti gandum. Kalau untuk pilihan rasanya hanya tersedia dua jenis, yaitu asin dan manis. Tapi, pilihan varian asin dan manis itu ada banyak banget, lho!

Kedai roti yang sudah berdiri sejak 1958 ini letaknya agak tersembunyi, karena gangnya berada di perkampungan penduduk yang padat. Untuk mudahnya, kamu masuk ke jalan ini dari Jalan Trunojoyo lalu lanjut ke Jalan Tirtayasa. Fyi, jangan kaget kalau melihat antrian dan tak jarang orang lebih memilih untuk dibungkus daripada makan di tempat.

2. Roti Bumbu Bakar Cari Rasa

Roti Bumbu Bakar Cari Rasa_

Roti Bumbu Bakar Cari Rasa terletak di bilangan Pasar Kosambi, Jalan Ahmad Yani. Toko roti ini sudah ada dari tahun 1960, loh! Menurut orang yang pernah mencicipi roti ini, katanya tidak bisa melupakan bagaimana enaknya roti bakar dari Cari Rasa walau sudah berpuluh-puluh tahun kemudian.

Kalau kamu datang ke Cari Rasa, siap-siap mengantri, karena kedai ini tidak pernah sepi baik itu di pagi hingga malam hari. Di sini ada tiga pilihan ukuran roti, yaitu yang kecil, sedang dan besar.

Selain roti bakar, kamu bisa mencicipi roti selai biasa atau roti kukusnya yang rasanya tidak kalah nikmat. Gimana, tertarik untuk mencobanya?

3. Roti Bakar 234 Gang Kote

Roti Bakar 234 Gang Kote_

Roti bakar legendaris lainnya yang ada di Bandung adalah Roti Bakar 234 Gang Kote yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman. Kamu bisa melihat sendiri visual dari roti bakarnya di gambar atas, terlihat sangat menggiurkan. 

Rotinya garing di luar, tapi empuk di dalam. Topping-nya melimpah dan manis, pas untuk disantap bersama kopi atau teh tawar hangat. Roti Bakar 234 Gang Kote menawarkan tiga pilihan ukuran roti, yaitu super, spesial dan biasa. 

Harganya sangat terjangkau dan sesuai dengan kualitas rasanya. Jika kamu penggemar roti bakar, kamu wajib mencoba roti bakar yang satu ini.

4. Bolu Bakar Tunggal

Bolu Bakar Tunggal_

Kalau kamu suka bolu, kamu pasti penasaran dengan Bolu Bakar Tunggal. Ini bukan bolu biasa, tapi bolu yang rasanya mirip roti bakar. Gimana bisa? Kamu harus mencicipinya sendiri untuk mengetahui rahasianya. 

Yang pasti, bolu bakar ini punya rasa butter yang gurih dan lezat, membuat rotinya terasa lebih mantap. Bolu Bakar Tunggal juga menawarkan berbagai pilihan rasa yang menggoda selera. Ada roombutter, keju spesial, coklat, smoke beef dan tuna pedas. 

Semua rasa ini dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi, sehingga bolu bakar ini memang berbeda dari yang lain. Harganya memang lebih pricey dari roti bakar biasa, tapi sebanding dengan kualitas dan kelezatannya.

5. Roti Bakar Duti

Roti Bakar Duti_

Roti Bakar Duti merupakan roti bakar Bandung yang sangat melegenda. Roti bakar ini terletak di Gardujati, di mana merupakan jalan yang tak pernah mati, karena sepanjang malam banyak kedai makanan di sepanjang jalan tersebut.

Walaupun sudah berdiri sejak lama dan sudah sangat terkenal, harga roti bakar di sini tidak mahal, loh. Seperti tempat makan roti lainnya, di sini tersedia pilihan asin dan manis untuk isiannya. Alamat lengkap Roti Bakar Duti adalah di Jalan Gardujati No. 14.

Kedai ini buka setiap hari sampai jam 2 subuh! Tuh, yang suka kalap alias kalaparan di jam malam, langsung aja ke Roti Duti. Oh, iya, untuk beli roti di sini perlu ditanya halal tidaknya, ya, karena ada beberapa menu yang non-halal seperti ham.

6. Cafe Madtari

Cafe Madtari_

Cafe Madtari merupakan tempat nongkrong favorit bagi para pecinta keju. Di sini, semua menu makanan disajikan dengan keju yang melimpah ruah. Kamu bisa menemukan berbagai macam menu, tapi menu favoritnya adalah roti bakar keju. 

Ya, roti bakar di Cafe Madtari memang tidak pernah mengecewakan. Rotinya memang standar tapi dibakar hingga benar-benar garing dan crispy. Topping kejunya membuat roti bakar ini lebih savory, jadi biar lebih manis bisa ditambah kacang atau selai. 

Cafe Madtari juga memiliki suasana yang nyaman dan lokasi yang strategis, yaitu di pusat kota dan dekat dengan beberapa kampus ternama. Tidak heran kalau banyak mahasiswa yang suka berkumpul di sini, apalagi dengan harga yang terjangkau.

7. Roti Bakar Aneka Sari

Roti Bakar Aneka Sari_

Kalau kelaparan di malam hari, roti bakar biasanya selalu berhasil jadi makanan pengganjal perut. Setuju? Nah, untuk kamu yang ingin cari roti bakar di Bandung yang enak, salah satu roti bakar yang mesti kamu coba adalah Roti Bakar Aneka Sari ini nih.

Kamu bisa dengan mudah menemukan roti bakar ini karena letaknya yang berada di pinggir jalan. Gerobak roti bakar satu ini nggak pernah sepi, lho! Rotinya yang lumayan lembut dan nggak pelit isian, jadi alasan kenapa Roti Bakar Aneka Sari ini selalu ramai pembeli. Penasaran?

8. Roti Bakar Mang Dodo

Roti Bakar Mang Dodo_

Roti Bakar Mang Dodo kerap disebut-sebut sebagai hidden gems roti bakar di Bandung. Tempat ini menawarkan berbagai macam pilihan roti bakar, baik yang manis maupun yang asin. 

Untuk jenis rotinya, kamu bisa memilih roti kadet yang tebal dan empuk, atau roti tawar yang tipis dan renyah. Kamu juga bisa memilih topping sesuai selera, mulai dari coklat, keju, hingga nutella yang lezat. 

Roti bakar favorit saya adalah roti bakar jadul yang menggunakan mentega dan gula sebagai topping. Apalagi kalau disantap bersama kopi atau teh tawar yang hangat, pasti bikin hari kamu lebih semangat.

9. Roti Bakar Panjo

Roti Bakar Panjo_

Roti Bakar Panjo merupakan kedai roti bakar yang terhitung paling baru diantara kedai roti bakar lainnya, tapi soal rasa sangat bisa diadu deh!

Roti Bakar Panjo ini bisa dikatakan roti bakar kekinian yang unik karena selainya. Mungkin di sini nggak terlalu banyak pilihan selai atau topping seperti roti bakar pada umumnya tapi semua pilihan roti bakar di sini dijamin ngga bikin kamu nyesel.

Rotinya juga berbeda dengan roti di tempat lainnya, Roti Bakar Panjo menggunakan roti premium yang lembut sekali. Roti bakar tuna mozzarela jadi roti bakar andalan di sini yang enak dan wajib banget dicoba!

10. Roti Bakar Yunus

Roti Bakar Yunus_

Kalau kamu mampir ke kawasan Jalan Pajajaran dan mencari roti bakar yang enak, cobalah datang ke Roti Bakar Yunus. Tempat makan roti bakar ini menyajikan aneka menu roti bakar enak seperti roti bakar blueberry, roti bakar cokelat, roti bakar kacang cokelat dan masih banyak lagi.

Selain roti, ada pula menu makanan lain seperti aneka mie instan dengan beragam topping dan juga cheese omelette, beef dan lainnya. Roti Bakar Yunus pun menyajikan aneka minuman seperti teh dan kopi. Starter pack nongkrong khas anak muda.

Selesai sudah pembahasan Keluyuran tentang  roti bakar Bandung yang recommended. Gimana, kamu tertarik untuk mencoba mengunjungi salah satu kedai roti bakar di atas?

Oh iya, jika kamu punya rekomendasi tempat makan roti bakar lainnya di Kota Bandung, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram